Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Halo gan,
Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor
Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram
Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..
Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya
mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor
Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram
Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..
Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya
mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya
mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
faktor utamanya bukan antikarat terbaik bawaan mbl jd hilang, tp seberapa banyak saldo di rekening anda?
krn jasa ngerok cat itu nggak murah pak, dan makan waktu.
kalopun dlm prosesnya nanti dikerok total, setelah itu di epoxy. bengkel cat beneran nggak akan main² persiapan tiap lapisannya. dan yg bener ya ngerjain semua itu di ruang tertutup steril dr debu.
saran saya, pilih bengkel cat yg tidak ngerjain di luar ruangan, punya alat proper (spray gun beneran, anti static gun, dll), painter dan kru lainnnya update dgn ilmu supaya hasil maksimal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
motubanya apa nih om kalo boleh tau?sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32 Halo gan,
Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor
Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram
Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..
Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya
mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Kerok total tu cocok kalo si om hobbyist yg saldo rekening rada unlimit..dikerjakan di bengkel hobbyist jg
Memang bener antikarat mobil tu menurut sy yg terbaik krn dr bare metal lsg di treatment
Keroknya juga ribet krn sebaiknya panel dilepas dari body mobil dst
Memang bener antikarat mobil tu menurut sy yg terbaik krn dr bare metal lsg di treatment
Keroknya juga ribet krn sebaiknya panel dilepas dari body mobil dst
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
setau saya jasa kerok mulai 20-25 jt tergantung kondisi.
sisanya, pakai base coat apa, pakai clear coat apa, brp layer, pakai spray gun apa, menentukan harga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
temen ada si yg repaint bmw sampe 150 jutahotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Makasih gan atas masukanya..marmut wrote: Wed May 22, 2024 12:58sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya
mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
faktor utamanya bukan antikarat terbaik bawaan mbl jd hilang, tp seberapa banyak saldo di rekening anda?
krn jasa ngerok cat itu nggak murah pak, dan makan waktu.
kalopun dlm prosesnya nanti dikerok total, setelah itu di epoxy. bengkel cat beneran nggak akan main² persiapan tiap lapisannya. dan yg bener ya ngerjain semua itu di ruang tertutup steril dr debu.
saran saya, pilih bengkel cat yg tidak ngerjain di luar ruangan, punya alat proper (spray gun beneran, anti static gun, dll), painter dan kru lainnnya update dgn ilmu supaya hasil maksimal.
Untuk harga, sy sudah tanya bbrp bengkel cat yg lumayan namanya.. karena ngejar warna aslinya, maka rencana bahan mau pakai sikk*ns/spi*s h*ck*r
Untuk siram sj start dari 15jt-an untuk kerok di 20-an
Karena startnya aja udh lumayan harganya, jd buat sy pribadi nanggung kl ga di kerok total.. tp sy concernnya adalah udah nambah2 biaya untuk kerok total.. eh 1-2 tahun kemudian muncul titik karat..
Kalau ada rekomendasi bengkel cat di jabodetabek yg ok menurut agan boleh diinfokan.. nanti sy cb tanya2 ke bengkelnya.. terima kasih
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
E30 om…AbdulHakim wrote: Wed May 22, 2024 13:34motubanya apa nih om kalo boleh tau?sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32 Halo gan,
Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor
Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram
Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..
Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya
mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Kalo bengkel kenamaan emg ada sih segitu.. tp ada juga kok yg start di 20-anhotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Ini di bengkel cat yg nawarin produk coating permanen itu ya.. sy si blm sanggup om kesana hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Si om pembalap itu waktu itu repaint bmw tuanya sampe 3 digit jg kan kalo harga aslinya.
@om ts: motubanya rare dan collectible ga? Kalo motuba bwat workhorse harian doang dan ga rare atau collectible mah sirem aja lah. Kecuali OCD, atau motubanya punya nilai nostalgia yg tinggi ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
tergantung kondisi permukaan cat yg lama, kalo masih bagus semua tinggal dimatiin aja trus siram epoxy.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Kayaknya bener sih, kalo kerok total mesti cari bengkel yg emang mengerti dan proper ngerjainnya, soalnya kalo namanya bengkel mah mgkn bilang bisa2 aja tentu proper. Dulu pernah ngecat kap mesin accord di bengkel resmi honda, warnanya meresap terus jadi warnanya terkesan "mati", katanya ini krn kap mesin emang rasa susah, dan kemungkinan dempulnya msh basah, ane bilang dikerok total aja (soalnya udah 2x balik), trus sama bengkelnya bilang kalo kerok ngk berani om, takut ngk keburu kerjain ntr karatan, nanti saya amplas aja sampe ketemu cat dasaran, jadi cat2 diatasnya biar kebuang dan masuk cat baru. Dan akhirnya berhasil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
20jt tu feeling sy bukan kerok sampe ktm bare metal
Ini kerok sampe ketemu epoxy pabrik...feeling ya
Metode ngerok pun macem2...ada yg pake api las sampe pake neorever
Ini kerok sampe ketemu epoxy pabrik...feeling ya
Metode ngerok pun macem2...ada yg pake api las sampe pake neorever
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
sdf wrote: Wed May 22, 2024 18:44
Makasih gan atas masukanya..
Untuk harga, sy sudah tanya bbrp bengkel cat yg lumayan namanya.. karena ngejar warna aslinya, maka rencana bahan mau pakai sikk*ns/spi*s h*ck*r
Untuk siram sj start dari 15jt-an untuk kerok di 20-an
Karena startnya aja udh lumayan harganya, jd buat sy pribadi nanggung kl ga di kerok total.. tp sy concernnya adalah udah nambah2 biaya untuk kerok total.. eh 1-2 tahun kemudian muncul titik karat..
Kalau ada rekomendasi bengkel cat di jabodetabek yg ok menurut agan boleh diinfokan.. nanti sy cb tanya2 ke bengkelnya.. terima kasih
yakin mau pake sikkens atau spies?
awal pandemi, di tempat saya dulu ngerjain repaint e30 sama CJ7, keduanya minta pake spies 1 set.
waktu baru selesai spray, wow banget kilapnya. makin kesana, makin redup kaya pake cat NC.
dan ini emang ciri khas merk itu.
jd kalo ngejar kilau yg wow banget, jgn pake spies.
btw aslinya bmw bukannya pake glasurit ya?
rekomendasi bengkel, mohon maaf ga brani kasih. tp kalo mau tanya² boleh PM saya.
p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Asfur wrote: Thu May 23, 2024 3:12
. Dulu pernah ngecat kap mesin accord di bengkel resmi honda, warnanya meresap terus jadi warnanya terkesan "mati", katanya ini krn kap mesin emang rasa susah, dan kemungkinan dempulnya msh basah, ane bilang dikerok total aja (soalnya udah 2x balik), trus sama bengkelnya bilang kalo kerok ngk berani om, takut ngk keburu kerjain ntr karatan, nanti saya amplas aja sampe ketemu cat dasaran, jadi cat2 diatasnya biar kebuang dan masuk cat baru. Dan akhirnya berhasil.
hal yg paling sering kejadian karena ngga ikutin S.O.P.
kalo diingetin, mereka tutup telinga krn merasa sudah paling jago.
nanti pas kejadian (absorb), segala disalahin.....

-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Makasih om masukanya..marmut wrote: Thu May 23, 2024 4:46sdf wrote: Wed May 22, 2024 18:44
Makasih gan atas masukanya..
Untuk harga, sy sudah tanya bbrp bengkel cat yg lumayan namanya.. karena ngejar warna aslinya, maka rencana bahan mau pakai sikk*ns/spi*s h*ck*r
Untuk siram sj start dari 15jt-an untuk kerok di 20-an
Karena startnya aja udh lumayan harganya, jd buat sy pribadi nanggung kl ga di kerok total.. tp sy concernnya adalah udah nambah2 biaya untuk kerok total.. eh 1-2 tahun kemudian muncul titik karat..
Kalau ada rekomendasi bengkel cat di jabodetabek yg ok menurut agan boleh diinfokan.. nanti sy cb tanya2 ke bengkelnya.. terima kasih
yakin mau pake sikkens atau spies?
awal pandemi, di tempat saya dulu ngerjain repaint e30 sama CJ7, keduanya minta pake spies 1 set.
waktu baru selesai spray, wow banget kilapnya. makin kesana, makin redup kaya pake cat NC.
dan ini emang ciri khas merk itu.
jd kalo ngejar kilau yg wow banget, jgn pake spies.
btw aslinya bmw bukannya pake glasurit ya?
rekomendasi bengkel, mohon maaf ga brani kasih. tp kalo mau tanya² boleh PM saya.
p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
Kalo e30 indo sptnya pakai glasu.. tp di luaran kl baca2 oemnya ada yg pake ppg, spies, sikkens juga.. buat sy sih selama mereka ada formulanya nge mix (bukan pake mata/feeling) campur sana sini sy sih ok2 aja..
Oh gt ya om? Kl boleh tau dulu pake SH yang apa? Yg sy baca sih SH HS Diamond 8450 dia yg paling ok (dan paling mahal)..
Kl boleh tau knp om dengan wet sanding? Apa harus yg pake dry guide coat gt kah?
Wah kebetulan pernah repaint e30 nih.. sy ijin japri yah..
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Ngga rare sih.. tp cuma karena startnya udh mahal makanya kepikiran knp ga sekalian aja kl bisa lebih bagus lg kl kerok total (meskipun ga full restore sampai turun mesin, interior, & karet2kendibocor wrote: Thu May 23, 2024 0:52Si om pembalap itu waktu itu repaint bmw tuanya sampe 3 digit jg kan kalo harga aslinya.
@om ts: motubanya rare dan collectible ga? Kalo motuba bwat workhorse harian doang dan ga rare atau collectible mah sirem aja lah. Kecuali OCD, atau motubanya punya nilai nostalgia yg tinggi ya
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
Ini sy referensi price list dr suatu bengkel kenamaan di bogor (yg suka bikin kitcar).. untuk full sikkens start dr 15, kerok total + 3,5.. yaa plus las las dikit jd sy asumsikan aja 20MSU wrote: Thu May 23, 2024 4:32 20jt tu feeling sy bukan kerok sampe ktm bare metal
Ini kerok sampe ketemu epoxy pabrik...feeling ya
Metode ngerok pun macem2...ada yg pake api las sampe pake neorever
Kalo liat proses di youtubenya sih sptnya masih sistem kerok di bakar.. tp kyknya dikasih rust stopper dl sblm epoxy
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Wed May 22, 2024 9:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
@om marmut.. sy gabisa klik profile om terus mau pm.. tulisanya “You are not authorised to view the member list or profiles.” Gmn cara pm nya ya? Jd bingung apa gabisa pake hp ya.. maaf sy agak katrok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7651
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
mo di kerok total mau di guyur saja dijamin hasilnya tdk akan lbh bagus saat kluar dari lini produksi dulu
percuma pertahankan electro / asphalt coating bawaan lahir krn dari bolong maupun retak yg disebut, besi yg ada udah kalah
body ground up resto yg pernah sy tau dr bengkel langganan adalah rp 280 juta (body doang) krn bengkel itu kasih gaji painter rp 12 juta per bln
(ga usah tanya dimana, percuma). kalo yg paling aneh (di indo ya) yg pernah sy liat adalah usd 300 per sq.ft. n kalo udah bolong korosi mrk ganti / bikin panel dgn mesin pres modular yg mrk punya
percuma pertahankan electro / asphalt coating bawaan lahir krn dari bolong maupun retak yg disebut, besi yg ada udah kalah
body ground up resto yg pernah sy tau dr bengkel langganan adalah rp 280 juta (body doang) krn bengkel itu kasih gaji painter rp 12 juta per bln
(ga usah tanya dimana, percuma). kalo yg paling aneh (di indo ya) yg pernah sy liat adalah usd 300 per sq.ft. n kalo udah bolong korosi mrk ganti / bikin panel dgn mesin pres modular yg mrk punya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?
kalo udh yakin mau full kerok..pastiin dpt bengkel hobby om yg ga diuber2 target unit entry
biasa abis epoxy diemin dulu bbrp hari, naik dempul diemin lg bbrp hari, bahkan sampe kelar cat full body kl bisa juga diemin dl bbrp minggu spy bener2 kering sempurna
ama pastiin bahannya misal sikkens..itu benar dari cat, clear coat sampe thinner-nya sikkens...krn banyak bengkel pake thinner galonan
setelah itu semua tergantung dari manpower yg kerjain...krn ini semua-nya sebetulnya bukan tukang...tapi seniman
biasa abis epoxy diemin dulu bbrp hari, naik dempul diemin lg bbrp hari, bahkan sampe kelar cat full body kl bisa juga diemin dl bbrp minggu spy bener2 kering sempurna
ama pastiin bahannya misal sikkens..itu benar dari cat, clear coat sampe thinner-nya sikkens...krn banyak bengkel pake thinner galonan
setelah itu semua tergantung dari manpower yg kerjain...krn ini semua-nya sebetulnya bukan tukang...tapi seniman