2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
alvinnt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 16 Aug 2022, 22:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Evalia

2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by alvinnt »

Setelah hampir 1 tahun (tepatnya 10 bulan) bersama neng Eva, dan setelah mencoba bawa dia ke berbagai medan, gw mau coba sharing soal mobil ini. Kayaknya di sini jarang yang bahas tentang mobil ini ya.

Hunting

Sebenarnya yang awalnya suka dengan mobil ini adalah bokap. Sekitar 2018/2019, dia awalnya mau cari mobil untuk niaga. Awalnya kepincut mau beli Evalia. Sudah sempat mau menemui pemiliknya. Tapi karena pas waktu itu pemiliknya ga di tempat, akhirnya dia memilih Luxio.

Selang 2023, dan karena sudah mau nikah, diputuskan untuk beli mobil dengan budget 80-an juta (exclude perbaikan dan jajan sana sini). Awalnya kepikiran untuk beli antara GranLiv, Yaris, dan Altis, tapi susah untuk mencari unit yang relatif segar. Setelah lihat dari O*X, ada yang menawarkan unit ini. Bokap kemudian menyarankan untuk beli mobil yang lebih besar, agar ga kerepotan kalo nanti punya anak (walaupun sebenarnya crossover/small SUV harusnya cukup sih). Jadilah hunting antara Serena dan Evalia (kenapa banyak Nissan? saya juga bingung).

Sempat lihat Serena C24 di salah satu bursa mobil bekas, kondisi oke, tapi harganya kurang menarik dan boros. Akhirnya di-skip dulu.

Saat jalan ke bursa mobil bekas yang lain, coba lihat GranLiv, tapi kondisinya ga ada yang bagus (mengenaskan semua). Buka harga juga out-of-budget. Coba lihat akhirnya ketemulah neng Eva ini. Setelah tawar-menawar, akhirnya dibungkus dengan harga 86.

Plus
  • Sangat spacious. Dari bagasi hingga ke penumpang depan, mobilnya rata dengan lantai. Sempat bawa dispenser berdiri dengan ini, muat berdiri. Di FB malah sempat lihat orang masukin NMax dalam mobil ini. Dulu bawa 5 orang untuk photoshoot + berbagai dress untuk prewed, tidak ada masalah (walaupun kalo pake AvXen juga bakal ga ada issue)
  • Jarak ke tanah (ground clearance) relatif rendah. Kalo mau naikin barang oke banget.
  • Harga mobil relatif murah. Posisi mobil ini sebenarnya di antara AvXen dan Luxio. Tapi, kalo dibanding dengan lawannya yang di tahun serupa, mobilnya masih lebih murah. Evalia XV di sekitar 75-90 jt, sementara AvXen dan Luxio setara harga 100an kecil. Bingung sih kenapa dulu ATPMnya mau nyoba nyandingin mobil ini dengan Innova. Yang sebanding secara harga mungkin APV, tapi mobil itu fiturnya jauh di bawah mobil ini.
  • Build quality relatif baik. Body terasa lebih solid ketimbang rekan-rekan sejawatnya. Peredaman lebih baik dari merek H tegak. Suara motor masih masuk kabin, tapi peredamannya termasuk cukup.
  • Baik untuk cruising. Mobil ini termasuk stabil pas di 120km/h. Bisa digeber sampe 140km/h dengan sedikit getaran. Pastinya tidak senyaman Xpander (untuk kecepatan segitu), tapi karena bodynya juga lebih besar, ya bisa dimaklumi.
  • (khusus trim XV) Fitur sudah lengkap. Keyless, kamera belakang, sensor parkir, ABS + BA, Double Blower, Airbag (sayangnya cuma 1 untuk supir)
Minus
  • Tenaga agak kurang. Mesin dan body kayaknya kurang seimbang. Kalo nanjak ke tempat yang terjal bakal butuh pake momentum atau zig-zag. Ngeden kalo lagi diajak nanjak berat. Kemarin baru saja dibawa ke daerah Curug Leuwi Hejo, Sentul. Mobilnya bisa nanjak, tapi ada momen-momen mengkhawatirkan (takut ga bisa naik).
  • Power band dan transmisi mobilnya agak ga nyambung sama peruntukan mobilnya. Mobil ini lebih cocok untuk dalam kota, tapi peak powernya baru keluar ketika RPM tinggi (3500-4000an). Plus, sepertinya gear rationya ga sependek Grand Livina. Jadinya, mobil ini enak untuk cruising ke luar kota, tapi ga enak kalo diajak sruntulan di tengah-tengah Jakarta (perlu lebih kalem).
  • Boros. Di rute macet-macetan dalam kota Jakarta, BBM rata-rata sekitar 1:8-10 dengan RON 90/RON 92 (subsidi dan non-subsidi). Pake RON 98 ada sedikit peningkatan, tapi tetap saja ga terlalu signifikan perubahannya. Luar kota bisa mencapai 1:13-15, selama lancar.
  • Posisi double blower ga umum. Aneh aja double blowernya di kanan, bukan di atas. jadi kalo naikin penumpang di baris ketiga, yang ada di kanan akan kedinginan.
  • Ngelitik. Mesin HR15DE terkenal dengan ngelitiknya, apalagi kalo dikasih RON 90, baik yang subsidi maupun non subsidi. Solusi paling oke ya pake RON 92 + sesekali digeber buat ngerontokin kerak karbon dalam mesin. Pastikan juga busi & koil dalam keadaan baik, serta pakai oli yang sesuai spek (sekarang pake 5W-30).
  • Interior sangat barebones. Karena ambil versi 2012 (batch awal), mobilnya minim sekali untuk segmen interior. Tidak ada vanity mirror baik driver maupun penumpang, cuma ada LED di tengah (agak redup pula), tidak ada lampu sisi driver/penumpang (cuma ada 1 di tengah, di posisi dekat monitor), ruang tengah driver kosong melompong (ga ada console box), dan storage bagian penumpang depan tidak diberi penutup. Ada sedikit perbaikan di versi facelift 2014 untuk bagian interior, tapi tetap saja kurang.
  • Kursi tebal, tapi kurang ergonomis. Kalo nyetir lama bakal capek.
  • Stir kurang enak. Ada tilt adjustment, tapi pengaturannya akan membuat perlu mengorbankan salah satu antara driving position dan visibility ke instrument cluster. Kalo dipentok ke bawah, driving position lebih enak, tapi sebagian instrument cluster jadi kurang kelihatan, khususnya kamera mundur (akan dibahas di poin berikutnya)
  • Instrument cluster aneh. Kalo dibandingkan dengan Luxio, lebih enak lihat speedometernya (lengkap, konvensional). Ada layar TFT kecil di sebelah kanan yang multifungsi (tachometer, fuel economy, odometer, trip meter), tapi kamera belakang yang dicolok ke sana membuat mobil ini terasa aneh.
  • Sparepart lebih mahal dibanding merek sebelah. Akan kelihatan nanti di history jajan.
Oke ini dulu ya, akan book post kedua untuk maintenance history
alvinnt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 16 Aug 2022, 22:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Evalia

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by alvinnt »

Maintenance/Upgrade History

Jun 2023: Maintenance Besar 1

Ga lama setelah beli, AC ada indikasi ga dingin. Awalnya dikira freon kurang. Setelah isi ulang freon, ya membaik, tapi masalah ga tuntas. Waktu itu karena relatif awam, jadinya cari-cari deh rekomendasi dari forum sebelah. Dapet nama salah satu bengkel di jl. Panjang yang belakangan baru tahu, biasa megang mobil mahal (BMW, Merc, LC, etc.). Alhasil, service charge rata-rata termasuk mahal. Di sisi lain, yang megang termasuk rapi pengerjaannya.

Dari cek total, ditemukan beberapa masalah:
  • Evaporator AC perlu dicuci karena berlendir. Otomatis perlu isi ulang freon & ganti oli AC
  • Expansion valve AC perlu diganti
  • Master rem belakang perlu diganti
  • Ganti semua cairan, kecuali coolant dan oli ATF
  • Ganti filter-filter (AC, oli, udara)
Bengkel mengatakan mesin dalam kondisi baik, ga kena sludge, jadi mobil relatif aman. Total kena sekitar 5 jutaan.

Jul 2023: Perbaikan tipis-tipis

Ga banyak yang diperbaiki saat ini. Hanya masalah lampu rem dan lampu mundur, sekalian upgrade klakson pakai klakson keong. Total-total sekitar 300 ribu-an.

Ags 2023: Kaca Film dan Lampu

KF yang lama masih pake SG bawaan. Sudah tidak nahan panas, karena umur. Dapet promo dari GIIAS untuk KF Ice-u. Full depan SKKB untuk yang model CT, dapet di 2.2jt. Setelah dipasang, panas mobil jadi lebih adem. Sayangnya pasangnya kegelapan (40 depan, 60 SKKB), jadinya kalo beli mobil berikutnya bakal perlu diturunin nih.

Sekalian ganti lampu ke LED Osram. Penggantian dilakukan sendiri. Harga 550k. Karena masih awam, jari sempat kebakar (karena perlu setel alignment). Tapi sejauh ini masih aman.

Sep 2023: Upgrade Kaki-kaki, ngelitik, oli meler

Tambah spacer di shock untuk menghadapi polisi tidur yang dibuat sembarangan di dekat tempat tinggal, yang saking tingginya membuat sedan ga bisa lewat polisi tidur tersebut, dan Brio perlu zig-zag biar ga kepentok dek bawahnya. Part sekitar 300, jasa 200.

Di sini sebenarnya sudah mulai terasa isu di kaki-kaki: freeplay di stir ketika belok kiri-kanan, dan kalo lewat jalan kurang bagus getarannya terasa sekali. Jadinya mau coba bawa ke bengkel kaki-kaki, tapi (sepertinya) salah diagnosa, karena mereka mengatakan itu masalahnya dari steering column. Selain itu, karena mulai muncul masalah ngelitik, akhirnya coba memberanikan diri untuk ke bengkel resmi.

Dari bengkel resmi mereka mengatakan
  • Rack steer kena (tapi masih minor)
  • Rocker valve sudah kena, perlu diganti
  • Oli berkurang banyak (sebelumnya pake FK 5W-30)
  • Busi tipis
Bengkel resmi mengutip biaya estimasi 2.3jt untuk penggantian rocker valve. Akhirnya di sana diputuskan untuk ganti oli ke yang lebih kental (10W-30) dan dilakukan tune up. Total kena sekitar 1.4jt-an. Ternyata masih tidak menyelesaikan masalah, karena selang beberapa minggu kemudian ngelitik muncul lagi.

Setelah cari-cari lagi, ditemukan bengkel spesialis Nissan yang ada di daerah meruya. Untuk masalah rocker valve bisa diselesaikan dengan biaya lebih murah. Sekalian ganti PCV valve. Total-total kena 1.8jt

Des 2023: Maintenace Besar 2, dan musibah ban

AT mulai agak selip, dan mulai ada bunyi ngiing berfrekuensi tinggi dari mesin. Sepertinya sudah waktunya masuk bengkel lagi. Dari bengkel dilakukan tune up (carbon clean), ganti oli mesin + filter, dan flushing matic. Pas dicek ternyata salah satu ignition coil sudah minta diganti. Akhirnya sekalian diganti. Total kena 1.8jt.

Ga lama setelah maintenance tersebut, sayangnya ban depan minta jajan dengan mendadak. Ban kanan depan kena paku dan dipaksa jalan, jadi kempes rata. Untunglah kempesnya dekat dengan bengkel ban, jadinya bisa dibantu. Saat mau coba dongkrak bawaan mobil, ternyata sudah tidak bisa dipakai, karena dongkraknya sudah bocor. Akhirnya ganti ban di bengkel, sekalian ganti ban serep yang ternyata masih bawaan. Upgrade ban dari Dunlop SP10 jadi LM705.

Total biaya yang keluar untuk masalah ban:
  • Ban LM705 R14 185/70 sepasang: 1.6jt
  • Spooring: 150k
  • Dongkrak: 300k
Jan 2024: Dashcam dan Radiator

Pas ini kepengen pasang dashcam, karena perlu buat pengamanan. Setelah pesan dari tokoijo, meluncurlah ke bengkel yang kemarin pasang spacer shock untuk pasang dashcam. Pas buka kap mesin (mau cari kotak sekring buat hardware kit), kaget ada bekas cairan di bagian atas intake manifold. Plus, tempat pasang dashcam lupa pasang sekring yang ke magnetic clutch, jadi pas bawa ke luar bengkel ACnya panas lagi. Akhirnya buru-buru ke bengkel spesialis (yang jadi langganan sekarang), untuk ganti radiator. Sekalian pasang sekring ke tempat yang seharusnya.

Total biaya yang keluar:
  • Dashcam + SD Card + Hardware kit: 1.7jt
  • Top up oli 1L: 100k
  • Radiator: 1.5jt
  • Dudukan radiator: 50k
Feb 2024: Olinya ke mana ya?

Terkait sama perbaikan bulan sebelumnya, sempat curiga saat cek dipstik, oli berkurang hampir mendekati level min. Pas tanya bengkel langganan, dia mengatakan, selama konsumsi olinya ga berkurang setengah setelah 1000km, itu masih wajar. Jadinya cukup top-up oli sebelumnya. Hal ini dilakukan sendiri. Kena 100rb.

Mar 2024: Maintenance Besar 3

Setelah sekian lama ditunda, di interval servis berikutnya, diputuskan untuk melakukan hal berikut
  • Ganti oli dan filter. Oli pake Amsoil 5W-30 OE, beli di IIMS.
  • Servis rack steer
  • Link stabilizer dan Bushing Arm
  • Ganti semua busi
Saat dicek, ternyata fan belt juga minta ganti, karena ada bunyi berdecit dari mesin. Jadinya sekalian deh.

Total-total kena 2.8 (untuk kaki-kaki, busi, jasa ganti oli, filter, fanbelt, dsb) + 660k (untuk oli). Sempat ada issue bunyi berdecit muncul lagi setelah dibawa pulang mobilnya. Pas kembali ke bengkel, ternyata hanya masalah setelan pulley/tensioner. Sekarang aman sentosa.

Total-total cukup banyak juga ya jajannya 1 tahun terakhir ini :big_childish:
SOFIAN
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 19 Apr 2017, 16:23
Location: DKI Jakarta

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by SOFIAN »

yang dirasain sama Om, pake livina 2013 so far yg Om rasain sama dirasain semua soal mesin
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3178
Joined: 30 Mar 2013, 07:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by walid_007 »

luar biasa ya jajan nya., 20 jt sepintas
antara om dapet unit kurang seger ato mmg hal ini yg buat nissan skrg disini udah antara ada dan tiada
engine roaring!
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by Greenhunter »

Kalau jajannya sebanyak itu habis 20jt ya wajarlah, yg gak wajar mengapa sebanyak itu item yg diganti untuk unit tahun 2012 ? Kayaknya dapet unit yg agak sakit. Skrg sdh diobatin semoga sehat dan panjang umur.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4687
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by Pboyz97 »

nice review & congrats buat mobil barunya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1975
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by alvin23 »

Greenhunter wrote: 14 Apr 2024, 09:01 Kalau jajannya sebanyak itu habis 20jt ya wajarlah, yg gak wajar mengapa sebanyak itu item yg diganti untuk unit tahun 2012 ? Kayaknya dapet unit yg agak sakit. Skrg sdh diobatin semoga sehat dan panjang umur.
saya sih sepintas liat, ya itulah kualitas nissan tahun segitu. Menurut saya bukan kategori rongsok nih yg dibeli TS, tapi ya emang aneh2 aja deh part2 Nissan tahun segitu.

Mau pake Xtrail rapih juga, kalau pelihara T31 bakal boncos ukuran mobil merk jepang lainnya :big_weee:
Rocky R ADS CVT 2021
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by Ibet »

jadi sedikit paham soal mobil ini om, thanks reviewnya ya om ..

jadi ngerti juga kenapa mobil ini 2nd hand nya cenderung jatuh, mungkin karena ga bisa nenggak RON90 kali ya,
sementara musuhnya kaya luxio / granmax bisa selang putih, spare part murah meriah
indraisk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 28 Jan 2015, 23:21

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by indraisk »

pernah naik ops kantor cabang di semarang, dan punya temen jalan bandung-pangalengan, lumayan enak dudukannya (saya user grand livina l11 saat itu), yang kurang suka dari mobil ini salah satunya lampu belakang dan bemper belakang yang tifiiis banget
latif13
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 19 May 2016, 19:16

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by latif13 »

Nice review Om, semoga setelah perbaikan sana-sini makin panjang umur masa bakti neg-Eva. Pernah coba bawa mobil saudara, karena posisi sodara mudik ke daerah dan kecapean minta disopirin muter-muter tempat wisata seharian. Keadaan mobil udah naik ukuran sepatu, makin gambot dan besar, yang saya rasakan sebagai sopir bantingannya empuk tapi tetap stabil dikecepatan sedang-tinggi. Cukup amaze setelah tahu kalau kaki belakang masih rigid-leaf spring. Untuk pilihan mobil keluarga cocok si, bagasi dan tempat penyimpanan banyak.
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by esaka »

apresiasi dengan thread seperti ini, berguna buat nanti calon pembeli Evalia lainnya yg masih awam soal perawatan.
Saya sendiri sih pakenya 1TR agak kaget liat biaya maintenance besarnya nyampe 5 juta itupun udah bengkel spesialis yg bagus.
udah di bengkel spesialis juga tetep lebih mahal ya jatuhnya.
Sempet minat Nissan Altima/Maxima karena dianggap sebagai sedan menengah yang paling nyaman bahkan ngalahin beberapa sedan kelas di atasnya.
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: 11 May 2016, 15:40

Re: 2012 Nissan Evalia XV Owner Review

Post by diidoot »

Selamat om sama mobilnya :big_okay:

Pengalaman ngerawat grand livina 2011 yaa mirip mirip lah Nissan 10 tahun emang begitu penyakitnya, termasuk bengkelnya kayaknya sama2 langganan juga walaupun udah ga pake Nissan lagi kadang masih ke situ hehehe kebetulan alhamdulillahnya mobil saya yang sekarang ga rewel kayak Livina jadi udah jarang mampir :big_peace:

Jangan lupa rajin cek ketinggian oli ya om, mesin HR15DE itu mesin resing jadi oli juga diminum :big_biglaugh:
-
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post