Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

infineum
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Sep 14, 2022 14:37
Location: Tangerang
Daily Vehicle: S class W223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by infineum »

Turboman wrote: Tue May 07, 2024 12:55 Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
Yang bener om, bukan endors?

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:
Screenshot_20240513-191514_YouTube.jpg
Screenshot_20240513-190506_YouTube.jpg


Bagusan polosan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
BronanTheBrobarian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by BronanTheBrobarian »

Berhubung OCI mendekati, mau tanya ini udah varnish ya?
20240514_112429.jpg
20240514_112357.jpg
20240514_112326.jpg
Solusi lebih bagus flushing oil ato pake diesel oil ya? Soalnya harga flushing oil ptt sama diesel oil beda 80rb
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by yanuarra »

BronanTheBrobarian wrote: Tue May 14, 2024 4:53 Berhubung OCI mendekati, mau tanya ini udah varnish ya?

20240514_112429.jpg20240514_112357.jpg20240514_112326.jpg

Solusi lebih bagus flushing oil ato pake diesel oil ya? Soalnya harga flushing oil ptt sama diesel oil beda 80rb
Menurut nubie udah ada deposit/sludge itu kayaknya cmiiw..

Klo ga ada keluhan berkendaranya, dipake aja sprti biasa :big_biglaugh: :big_slap:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9871
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39
Turboman wrote: Tue May 07, 2024 12:55 Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
Yang bener om, bukan endors?

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:
Screenshot_20240513-191514_YouTube.jpg
Screenshot_20240513-190506_YouTube.jpg



Bagusan polosan
Sama aja kaya mannol ester

Benefitnya minus
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1889
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

BronanTheBrobarian wrote: Tue May 14, 2024 4:53 Berhubung OCI mendekati, mau tanya ini udah varnish ya?

20240514_112429.jpg20240514_112357.jpg20240514_112326.jpg

Solusi lebih bagus flushing oil ato pake diesel oil ya? Soalnya harga flushing oil ptt sama diesel oil beda 80rb
Sekarang mesin normal ato ada gejala om? Kalo bebas gejala pake oli diesel aja ato oli bensin full saps yang detergentnya bagus. Oci di perpendek dulu. Ane pribadi sih gak yakin kalo namanya flushing apalagi dengan oli segitu encer :big_peace: , kalo cuma bentar juga gak sebrapa yang ke buang kotorannya. Cuma kadang memang satisfying keliatannya dari bening keluar kotor.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1889
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39
Turboman wrote: Tue May 07, 2024 12:55 Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
Yang bener om, bukan endors?

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:
Screenshot_20240513-191514_YouTube.jpg
Screenshot_20240513-190506_YouTube.jpg



Bagusan polosan
:big_biglaugh: oxinya udah kyk campur migor ya?

Kan ane pernah bilang, bikin oli tuh ada seni, r&d. Kombinasinya udah teruji (at least kalo oli bener ya). Ngapain mereka susah payah keluarin duit riset kalo cuma dengan bahan bagus di campur sendiri bisa jadi lebih bagus.

Ibaratnya makan steak di resto michelin star , trus bawa kecap manis karena selera. Apa gak di usir tuh sama si Chef.
BronanTheBrobarian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by BronanTheBrobarian »

yanuarra wrote: Tue May 14, 2024 5:48 Menurut nubie udah ada deposit/sludge itu kayaknya cmiiw..

Klo ga ada keluhan berkendaranya, dipake aja sprti biasa :big_biglaugh: :big_slap:
sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 6:31 Sekarang mesin normal ato ada gejala om? Kalo bebas gejala pake oli diesel aja ato oli bensin full saps yang detergentnya bagus. Oci di perpendek dulu. Ane pribadi sih gak yakin kalo namanya flushing apalagi dengan oli segitu encer :big_peace: , kalo cuma bentar juga gak sebrapa yang ke buang kotorannya. Cuma kadang memang satisfying keliatannya dari bening keluar kotor.
Mesin masih oke, lancar2 aja sih, paling pas pindah gigi 1 ke 2 kalo gasnya ga ditahan alias lepas ato nambah dikit aga kasar gantinya, tapi itu kyknya lebih ke transmisi oli yang emang udh perlu diganti juga sih

jadi kyknya pake oli diesel dulu kl ya? ganti tetep di 2-3k? soalnya ni mobil tiap hari nyangkut macet dari kantor sampe rumah
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 461
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by saturday »

infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39
Turboman wrote: Tue May 07, 2024 12:55 Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
Yang bener om, bukan endors?

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:
Screenshot_20240513-191514_YouTube.jpg
Screenshot_20240513-190506_YouTube.jpg



Bagusan polosan
Saya juga suka nonton channel ini. Video satu sebelum terakhir yang bahas ZDDP/Zinc ada statement yang menarik

"Friction ≠ wear"

Bisa saja gesekan berkurang, oli loncer, di mesin responsif, tapi urusan metal wear/proteksi lebih unggul yang lebih besar frictionnya.

Ternyata terbukti di hasil pengujian FR3 ini. Friksi berkurang, tapi metal wear bertambah.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1199
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39
Turboman wrote: Tue May 07, 2024 12:55 Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
Yang bener om, bukan endors?

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:
Screenshot_20240513-191514_YouTube.jpg
Screenshot_20240513-190506_YouTube.jpg



Bagusan polosan
oh [cencored] :big_biglaugh:

padahal se-crot doang tapi mahal yah, bukanya oli nambah bagus tapi malah ngerusak komposisi oli nya. Dulu sempet rame wacana yg oli murah dicampur manol jadi lebih "enak". Ga tau udah ada beberapa yg coba belum, kalo saya tetep aliran oli murah dibawah 100rb/l polosan :big_peace:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1889
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Tue May 14, 2024 8:31
infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39
Turboman wrote: Tue May 07, 2024 12:55 Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
Yang bener om, bukan endors?

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:
Screenshot_20240513-191514_YouTube.jpg
Screenshot_20240513-190506_YouTube.jpg



Bagusan polosan
oh [cencored] :big_biglaugh:

padahal se-crot doang tapi mahal yah, bukanya oli nambah bagus tapi malah ngerusak komposisi oli nya. Dulu sempet rame wacana yg oli murah dicampur manol jadi lebih "enak". Ga tau udah ada beberapa yg coba belum, kalo saya tetep aliran oli murah dibawah 100rb/l polosan :big_peace:
Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:

Bagusan polosan
Kalo saya pribadi sih so far pake FR3 hasil positive yah, terutama pada suara mesin dan dimana saat oli sudah jalan di atas 6000 km, inipun pakek-nya gak sampe 4 Oz utk 6,5 L oli (under dosage)

Lalu hasil test lab UOA dr oli2 tsb juga angka Oxidation nya di level normal. Juga tidak ada peningkatan angka Fe / Al

FR3 saya pakai pada oli
- Mineral
- Semi Synth
- Full Syn yg harga terjangkau (yg under 100 rb / L)

Dan oli2 tsb kalo cek MSDS nya gak ada kandungan Ester nya

Btw kalo olinya udah pake kelas sultan spt Ams / Redline sekelas ya gak usah pake FR3 lah.........tidak ada seorangpun yg sarankan oli Sultan dikasi campuran2 lagi..........kadang oli Sultan udah mengandung Ester, kalo kita tambah Ester lagi maka mungkin Ester nya jadi over-dosage dan melejitlah angka OXI nya.......termasuk ada bbrp oli kelas menengah spt Q8 T 7000 - 10w30 itu udah ada Esternya atau spt oli X-TEN, nah itu jangan dikasi tambahan Ester apapun. Produk oli dr Redline / M1 biasa udah ada Ester-nya, apalagi Motul Ester......itu strictly forbidden bagi Ester additip tambahan merek apapun.

Kalo saya pernah jadikan Amsoil Heavy Duty Diesel 10W30 sebagai "additive" saat test oli Mobil 1000 - 10W30 mineral......1 Qt Ams 10W30 mix 5,5 L Mobil 1000 ......ha ha

saya juga pernah test Ams ATF Universal (tulisan merah) mix X*DO 120 (utk ATF) dan nyaris gak terasa bedanya....Ams Univ ATF pada dasarnya memang dah OK bgt.
Sedangkan test ATF Q8 A*to JK + XADO 120 bedanya kerasa signifikan, selip kopling berkurang jauh sekali & Q8 A*to JK kinerja jadi mirip Ams ATF Universal......sejauh feel Butt - O - meter.......ATF A*to JK + XADO 120 saya pake sampe 50 rb-an km dan saat dibuang pun selip kopling masih sgt minim sekali......enak bgt selama pake kombinasi tsb

Bukan ajakan membeli yah

Btw itu yutub channel bapak atau yutub-nya orang ?
Last edited by Turboman on Tue May 14, 2024 17:48, edited 7 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 6:36
:big_biglaugh: oxinya udah kyk campur migor ya?

Kan ane pernah bilang, bikin oli tuh ada seni, r&d. Kombinasinya udah teruji (at least kalo oli bener ya). Ngapain mereka susah payah keluarin duit riset kalo cuma dengan bahan bagus di campur sendiri bisa jadi lebih bagus.

Ibaratnya makan steak di resto michelin star , trus bawa kecap manis karena selera. Apa gak di usir tuh sama si Chef.
Ini hasil test oli 15W40 mix additip Ester "overdose" di level 12% (Dosis pabrik 10%)

Image

Ini additipnya merek M buatan German

Additip yg sama jika dosis 25% angka OXI nya melejit ke 37 & Sulphation ke 21 (udah pernah test)........OXI di atas 34 ya udah ancur......ha ha

OXI level (menurut Trakindo SOS)
0 - 23 = Normal
24 - 33 = mulai demam
34 / up = udah gak normal

* Bukan seles addit M *
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Info Amsoil ASL 5W30 Signature harga miring

https://tokopedia.link/dVDVHTv0AJb

Utk harga miring-nya bisa chat si seller

Dexos 1 Gen 3 / ACEA A5 & B5 / Honda HTO-06

https://amsoilcontent.com/ams/lit/datab ... /g2880.pdf

B5 means bisa juga dipake di 2GD / 1GD / 4N15

Btw ini oli Sultan maka jangan dikasi campuran apapun yee.........wkwkwkwkwk

sekedar info ajah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
infineum
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Sep 14, 2022 14:37
Location: Tangerang
Daily Vehicle: S class W223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by infineum »

Turboman wrote: Tue May 14, 2024 16:31
infineum wrote: Mon May 13, 2024 12:39

Gw nyobain FR3 aja nyesel. Jangankan oli murah jadi bagus. Oli mahal aja jadi Ancur :wkkk:

Bagusan polosan
Kalo saya pribadi sih so far pake FR3 hasil positive yah, terutama pada suara mesin dan dimana saat oli sudah jalan di atas 6000 km, inipun pakek-nya gak sampe 4 Oz utk 6,5 L oli (under dosage)

Lalu hasil test lab UOA dr oli2 tsb juga angka Oxidation nya di level normal.

FR3 saya pakai pada oli
- Mineral
- Semi Synth
- Full Syn yg harga terjangkau (yg under 100 rb / L)

Btw kalo olinya udah pake kelas sultan spt Ams / Redline sekelas ya gak usah pake FR3 lah.........tidak ada seorangpun yg sarankan oli Sultan dikasi campuran2 lagi..........malah kalo saya pernah jadikan Amsoil Heavy Duty Diesel 10W30 sebagai "additive" saat test oli Mobil 1000 - 10W30 mineral......1 Qt Ams 10W30 mix 5,5 L Mobil 1000 ......ha ha

saya juga pernah test Ams ATF Universal (tulisan merah) mix X*DO 120 (utk ATF) dan nyaris gak terasa bedanya....Ams Univ ATF pada dasarnya memang dah OK bgt.
Sedangkan test ATF Q8 A*to JK + XADO 120 bedanya kerasa signifikan, selip kopling berkurang jauh sekali & Q8 A*to JK kinerja jadi mirip Ams ATF Universal......sejauh feel Butt - O - meter.......ATF A*to JK + XADO 120 saya pake sampe 50 rb-an km dan saat dibuang pun selip kopling masih sgt minim sekali......enak bgt selama pake kombinasi tsb

Bukan ajakan membeli yah

Btw itu yutub channel bapak atau yutub-nya orang ?
Kok oli sultan jadi disalahin? Om Turbo sendiri loh yang bilang ester tidak merubah keseimbangan komposisi aditip oli.
Screenshot_20240515_000803.jpg
viewtopic.php?p=1240065#p1240065
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

saturday wrote: Tue May 14, 2024 8:10

Saya juga suka nonton channel ini. Video satu sebelum terakhir yang bahas ZDDP/Zinc ada statement yang menarik

"Friction ≠ wear"

Bisa saja gesekan berkurang, oli loncer, di mesin responsif, tapi urusan metal wear/proteksi lebih unggul yang lebih besar frictionnya.

Ternyata terbukti di hasil pengujian FR3 ini. Friksi berkurang, tapi metal wear bertambah.
Over dosage Ester bersifat Oxidatif thd logam

Oli dgn kandungan Ester yg sgt tinggi, kalo ada logam direndam di oli, didiamkan aja pun akan meng oxidasi logam scr pelan2

Banyak oli Sultan yg dari lahirnya udah mengandung Ester dan jika dikasi ester additip tambahan scr full dosage (apapun merek-nya) ya berisiko jadi over limit dan angka OXI naik

Skg oli harga terjangkau udah ada yg mengandung Ester salah 1 nya merek Gasonix & juga X-TEN

Hal yg mirip juga spt Gear oli dengan kandungan additive EP yg tinggi (EP additive = senyawa Sulphur), semakin tinggi kadar EP additive = kemampuan anti shear makin baik TAPI cenderung meng-oxidasi logam2 tertentu semisal logam Kuningan, maka itu Gear Oil industri kalo yg utk Worm Gear bahan logam Kuningan pakek-nya jenis Circulating Gear oil (less EP additip) dan gak boleh pake Gear oil yg EP additipnya full.

Oli yg Base Oil nya Grup V (Ester) itu salah 1 nya jet Oil utk mesin Pesawat, ini gak cocok utk mesin ICE mobil.

Jet Oil Ester based mengandung Metal Passivator additive.......apa itu.......mangga di gugel aja

Semoga bermanfaat
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Amsoil dan Ester

Mobil and Amsoil continue to use Group IV PAOs (Amsoil blends Ester with PAO) with Redline oils coming primarily from Group V Esters.

https://thelubepage.com/amsoil-magazine ... -additives

Kalo udah tahu olinya ada Ester-nya malah ditambah lagi Ester additip..........ini mah ibarat makan Daging berlemak tinggi abis itu lu minum minuman yg kadar gula tinggi + makan Martabak manis yg byk pake Blue Band.......wkwkwkwkwkw

Semoga bermanfaat
* Bukan ajakan Beli *
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 461
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by saturday »

Turboman wrote: Tue May 14, 2024 18:56 Amsoil dan Ester

Mobil and Amsoil continue to use Group IV PAOs (Amsoil blends Ester with PAO) with Redline oils coming primarily from Group V Esters.

https://thelubepage.com/amsoil-magazine ... -additives

Kalo udah tahu olinya ada Ester-nya malah ditambah lagi Ester additip..........ini mah ibarat makan Daging berlemak tinggi abis itu lu minum minuman yg kadar gula tinggi + makan Martabak manis yg byk pake Blue Band.......wkwkwkwkwkw

Semoga bermanfaat
Itu dalam konteks "kelebihan gizi" atau gizi yang bertabrakan.

Hasil tes menunjukkan FR3 tidak mengandung antiwear additive sama sekali. Kalau kita ganti sebagian dari oli mesin yang mengandung aditif antiwear dengan FR3 yang tidak ada antiwearnya sama sekali, kita malah kehilangan sebagian antiwear yang seharusnya kita dapatkan.

Apakah oli yang ditambah FR3 menjadi semakin short drain dibanding oli mesin murni ketika penggunaan berat?
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1458
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 8:40 Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
Saya ikut aliran OCI di atas saja.
Addtitive bensin yes, additive oli mesin no.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1889
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Wed May 15, 2024 0:59
sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 8:40 Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
Saya ikut aliran OCI di atas saja.
Addtitive bensin yes, additive oli mesin no.
Setuju, impactnya additive bensin sangat justifiable. Kalo mobilnya gak pernah tune up apa lagi, langsung berkesan.

Kalo additif oli nih gini (padahal kita jual duaduanya ya oli dan additif tapi saya gak akan merekomendasikan sesuatu combinasi yang saya sendiri gak pake) kalo ane pikir pikir habis liat hasil UOA pribadi Q8 D1 FE 0w20 12rbkm, apa sih yang ingin di achieve dengan tambahan supplement?

Wear level? Lah wear level 12rb km iron cuma 9ppm , gak sampe 1ppm per 1000km. Mau sebagus apa lagi :big_biglaugh:

Masa pakai lebih lama? Jelas additive malah memperpendek umur wkwkwk

Suara mesin lebih halus? Ya kalo mau halus tinggal pake 0w20 spek eropa ato 5w30 aja.

Ujung-ujungnya gak ada juga sih yang dicari, polosan udah sangat cukup.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

saturday wrote: Tue May 14, 2024 23:57

Itu dalam konteks "kelebihan gizi" atau gizi yang bertabrakan.

Hasil tes menunjukkan FR3 tidak mengandung antiwear additive sama sekali. Kalau kita ganti sebagian dari oli mesin yang mengandung aditif antiwear dengan FR3 yang tidak ada antiwearnya sama sekali, kita malah kehilangan sebagian antiwear yang seharusnya kita dapatkan.

Apakah oli yang ditambah FR3 menjadi semakin short drain dibanding oli mesin murni ketika penggunaan berat?
ini perlu diluruskan dulu agar kembali ke pemahaman yg benar

yg dimaksud Antiwear dalam dunia pelumasan :
- Zinc ZDDP
- Molybdenum
- Boron
- Titanium

Additive Ester (apapun mereknya) ya jelas tidak mengandung unsur metals antiwear, kecuali yg tertulis Ester + C*ram*c misal. Juga volume oil carrier di additip Ester aftermarket ya sgt kecil, yg digunakan hanya sekitar 100 - 450 ml aja, gak sampe liter2-an.

Sejauh ini unsur ZDDP itu wajib ada di setiap engine oil, walau makin lama makin dikurangi (low SAPS requirement) dan rendahnya kadar ZDDP dikompensasi dgn ditambahkannya Molybdenum / Boron dan bahkan Titanium (jarang yg pake Ti)

Ester di dunia pelumasan termasuk golongan Base oil Grup V, digunakan pada engine oil sebagai "tambahan", jadi boleh ada / boleh engga.....cara kerja Ester bagaimana, bisa di gugel

Ester ditambah ke oli mesin dan impactnya = makanya hanya ditambahkan dalam jumlah yg sgt sedikit sejauh angka Oxidation masih di zona aman, kalo ditambah kebanyakan hingga angka OXI melejit tinggi ya maka akan ada Trade Off. Oli racing yg kadar Ester tinggi hanya dipake saat race saja.

Sama spt ZDDP juga jika kelewat tinggi konon berpotensi bikin endapan di ruang bakar, juga Molyb & Boron gak boleh kelewat banyak juga. Racing Oil kadar ZDDP sgt tinggi bisa 1400 ppm up, makanya gak cocok buat oli mesin harian.

Nah skg ada teknik baru di era oli Low SAPS, yang disebut Organic Friction Modifier (mangga di gugel aja), konon OFM ini nanti akan diposisikan utk mengganti peranan Metals Antiwear jika engine oil dituntut utk tidak mengandung ZDDP lagi atau kadar ZDDP diturunkan sampe kecil sekali.

OFM ada macam2 senyawa, sifatnya Organik & non metals, produsen OFM rata2 skala besar & mereka supply OFM utamanya ke produsen pelumas, ini sgt menarik

Semoga bermanfaat
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1889
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 1:55
saturday wrote: Tue May 14, 2024 23:57

Itu dalam konteks "kelebihan gizi" atau gizi yang bertabrakan.

Hasil tes menunjukkan FR3 tidak mengandung antiwear additive sama sekali. Kalau kita ganti sebagian dari oli mesin yang mengandung aditif antiwear dengan FR3 yang tidak ada antiwearnya sama sekali, kita malah kehilangan sebagian antiwear yang seharusnya kita dapatkan.

Apakah oli yang ditambah FR3 menjadi semakin short drain dibanding oli mesin murni ketika penggunaan berat?
ini perlu diluruskan dulu agar kembali ke pemahaman yg benar

yg dimaksud Antiwear dalam dunia pelumasan :
- Zinc ZDDP
- Molybdenum
- Boron
- Titanium

Additive Ester (apapun mereknya) ya jelas tidak mengandung unsur metals antiwear, kecuali yg tertulis Ester + C*ram*c misal. Juga volume oil carrier di additip Ester aftermarket ya sgt kecil, yg digunakan hanya sekitar 100 - 450 ml aja, gak sampe liter2-an.

Sejauh ini unsur ZDDP itu wajib ada di setiap engine oil, walau makin lama makin dikurangi (low SAPS requirement) dan rendahnya kadar ZDDP dikompensasi dgn ditambahkannya Molybdenum / Boron dan bahkan Titanium (jarang yg pake Ti)

Ester di dunia pelumasan termasuk golongan Base oil Grup V, digunakan pada engine oil sebagai "tambahan", jadi boleh ada / boleh engga.....cara kerja Ester bagaimana, bisa di gugel

Ester ditambah ke oli mesin dan impactnya = makanya hanya ditambahkan dalam jumlah yg sgt sedikit sejauh angka Oxidation masih di zona aman, kalo ditambah kebanyakan hingga angka OXI melejit tinggi ya maka akan ada Trade Off. Oli racing yg kadar Ester tinggi hanya dipake saat race saja.

Sama spt ZDDP juga jika kelewat tinggi konon berpotensi bikin endapan di ruang bakar, juga Molyb & Boron gak boleh kelewat banyak juga. Racing Oil kadar ZDDP sgt tinggi bisa 1400 ppm up, makanya gak cocok buat oli mesin harian.

Nah skg ada teknik baru di era oli Low SAPS, yang disebut Organic Friction Modifier (mangga di gugel aja), konon OFM ini nanti akan diposisikan utk mengganti peranan Metals Antiwear jika engine oil dituntut utk tidak mengandung ZDDP lagi atau kadar ZDDP diturunkan sampe kecil sekali.

OFM ada macam2 senyawa, sifatnya Organik & non metals, produsen OFM rata2 skala besar & mereka supply OFM utamanya ke produsen pelumas, ini sgt menarik

Semoga bermanfaat
Kyknya yang maksud om Saturday adalah justru karena Ester tidak pengandung antiwear. Saat oli campuran di rata² , additive packagenya jadi ke dilute sehingga tetep lebih dikit dari originalnya, dalam kata lain lebih kurang robust. Bener begitu mbah @Saturday?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9871
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 2:53
Turboman wrote: Wed May 15, 2024 1:55
saturday wrote: Tue May 14, 2024 23:57

Itu dalam konteks "kelebihan gizi" atau gizi yang bertabrakan.

Hasil tes menunjukkan FR3 tidak mengandung antiwear additive sama sekali. Kalau kita ganti sebagian dari oli mesin yang mengandung aditif antiwear dengan FR3 yang tidak ada antiwearnya sama sekali, kita malah kehilangan sebagian antiwear yang seharusnya kita dapatkan.

Apakah oli yang ditambah FR3 menjadi semakin short drain dibanding oli mesin murni ketika penggunaan berat?
ini perlu diluruskan dulu agar kembali ke pemahaman yg benar

yg dimaksud Antiwear dalam dunia pelumasan :
- Zinc ZDDP
- Molybdenum
- Boron
- Titanium

Additive Ester (apapun mereknya) ya jelas tidak mengandung unsur metals antiwear, kecuali yg tertulis Ester + C*ram*c misal. Juga volume oil carrier di additip Ester aftermarket ya sgt kecil, yg digunakan hanya sekitar 100 - 450 ml aja, gak sampe liter2-an.

Sejauh ini unsur ZDDP itu wajib ada di setiap engine oil, walau makin lama makin dikurangi (low SAPS requirement) dan rendahnya kadar ZDDP dikompensasi dgn ditambahkannya Molybdenum / Boron dan bahkan Titanium (jarang yg pake Ti)

Ester di dunia pelumasan termasuk golongan Base oil Grup V, digunakan pada engine oil sebagai "tambahan", jadi boleh ada / boleh engga.....cara kerja Ester bagaimana, bisa di gugel

Ester ditambah ke oli mesin dan impactnya = makanya hanya ditambahkan dalam jumlah yg sgt sedikit sejauh angka Oxidation masih di zona aman, kalo ditambah kebanyakan hingga angka OXI melejit tinggi ya maka akan ada Trade Off. Oli racing yg kadar Ester tinggi hanya dipake saat race saja.

Sama spt ZDDP juga jika kelewat tinggi konon berpotensi bikin endapan di ruang bakar, juga Molyb & Boron gak boleh kelewat banyak juga. Racing Oil kadar ZDDP sgt tinggi bisa 1400 ppm up, makanya gak cocok buat oli mesin harian.

Nah skg ada teknik baru di era oli Low SAPS, yang disebut Organic Friction Modifier (mangga di gugel aja), konon OFM ini nanti akan diposisikan utk mengganti peranan Metals Antiwear jika engine oil dituntut utk tidak mengandung ZDDP lagi atau kadar ZDDP diturunkan sampe kecil sekali.

OFM ada macam2 senyawa, sifatnya Organik & non metals, produsen OFM rata2 skala besar & mereka supply OFM utamanya ke produsen pelumas, ini sgt menarik

Semoga bermanfaat
Kyknya yang maksud om Saturday adalah justru karena Ester tidak pengandung antiwear. Saat oli campuran di rata² , additive packagenya jadi ke dilute sehingga tetep lebih dikit dari originalnya, dalam kata lain lebih kurang robust. Bener begitu mbah @Saturday?
intinya setelah ada data pendukung dan hasil lab yg saya alami sendiri:
- aditif oli itu buang duit
- aditif oli itu mendilute komposisi aditif oli yg udah di RnD oleh produsen
- aditif oli itu useless, bahkan untuk oli kelas <100rb seliter, atau oli sultan sekalipun malah bikin short drain

jadi bisa dibilang, aditif oli itu:
- teknik upsell dr produsen aditif oli
- marketing "gimmick" yg bisa dicounter oleh data dan lab
Last edited by Suryaputra on Wed May 15, 2024 3:01, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5736
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 8:40 Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
Kalau yg level 50an ribu kayak si Re*sol atau oli eco jadi cuma 2500 kilo dong om?

:big_weee:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 2:53
Kyknya yang maksud om Saturday adalah justru karena Ester tidak pengandung antiwear. Saat oli campuran di rata² , additive packagenya jadi ke dilute sehingga tetep lebih dikit dari originalnya, dalam kata lain lebih kurang robust. Bener begitu mbah @Saturday?
Kan udah ditulis kalo volume oil carrier di additip Ester yg dituang ke oli mesin hanya sekitar 100 - 450 ml aja

Paling gampang ya lakukan test lab aja misal oli Full katakan 5 L oli VS oli 4,7 L + 300 cc additip Ester, diliat aja nanti perbedaan angka Zn / Mo / Bo nya brp banyak, apakah misal Zn dari 900 ppm jeblok jadi 800 ppm ? (misalnya aja)

Kalo saya pribadi krn kasih addit Esternya under Dosage dan kebetulan addit Ester yg saya pake volume oil carrier nya cuman 90 - 120 ml utk 6,5 L oli mesin, jadi ya saya lgs tuang ke oli tanpa perlu pengurangan volume oli mesin

Oli pake polosan pun biasa saya tuang ke mesin hanya sekitar 80 - 90% level F (kalo sampe F = berat)......odo udah 185 rb km aman tuh, test UOA kadar Fe / Al tetap di level sgt aman

hheehheheh
* Bukan ajakan Beli *
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1199
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

sintoni wrote: Wed May 15, 2024 3:00
sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 8:40 Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
Kalau yg level 50an ribu kayak si Re*sol atau oli eco jadi cuma 2500 kilo dong om?

:big_weee:
udah kaya ganti oli motor :big_biglaugh:
oli harga 80 - 90 rban aja saya pakai 7000km++/8 bulan, 2 tahun 3 kali ganti oli mesin lah kira2, oli transmisi manual nih yg kadang bablas :big_biglaugh: