ini mobil baru aja abis dipake. everyday dalkot, hampir ga pernah tol. gunung2an jarang.sahabatq8 wrote: ↑Fri May 10, 2024 5:17
Iya kyk di xtrail jg heat exchanger yang menghangatkan oli cvt menggunakan kehangatan coolant tapi kalo coolantnya lebih dingin, mendinginkan cvtf.
Btw pernah coba liat pake obd gak? Kalo mobil om itu biasanya cvtfnya berapa celsius. Kalo di Xtrail Cvtfnya adem, cuma kalo abis nanjak dan rem aja itu CVTF diatas suhu bukaan thermostat 4-5c
Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11384
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1908
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Yang penting dinginSuryaputra wrote: ↑Fri May 10, 2024 9:22gak segitunya sih wkwkwkwkwOmnibus wrote: ↑Fri May 10, 2024 9:12heatsink ngana watercooled ngga?Suryaputra wrote: ↑Fri May 10, 2024 4:56
Bercanda coolernya mbah
Gak lebih gede dr heatsink prosesor pc gaming ane
gamer sejati dong kl watercooled
ngerinya bochorr.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5753
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 560
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Livina L10 spek bawaannya nissan matic D yang memang setara dengan dex lll, jadi sdh diisi oli valvoline Dex lll cocok cocok saja, gak usah kepikiran. Lanjut pakai 20.000 km baru flush lagi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Lipindut diminta nissan D tapi di march 1.5 minta nissan S yang enceran
Matic sama l10
Bisa pakai dex6
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Terima kasih jawaban2 nya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
11 meitrebla88 wrote: ↑Sun Sep 10, 2023 11:51 Screenshot_20230910_184440.jpg
Serbuk² kotoran
Screenshot_20230910_184504.jpg
Hitam
Baru ke cakra di bekasi, lipindut L11 kondsi oli oktober 2022 ganti strainer+filter diisi q8 cvt
Km sudah 30rban 11 bulan ya
Hitam legam gini ama banyak gram
Sehari² ngetoll dan dpt di 16.8km/ltr terakhir trek kombinasi
Coba diisi amsoil cvt sekarang, kayanya perlu cvt cooler jg kalau cepet item gini
8 bulan nih amsoil cvt
Nempuh 33rb km
Dibuka masih bening
Zkrang diisi shell spirax cvt made in thai
120rb/ltr
Ok nih feel nya sementara
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat May 11, 2024 14:07
- Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1908
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mitsubishi emang agak sesat tuh, manual booknya kopas. Dari Xpander lama Mitsubishi MA-1 , cvtnya jadi ikutan MA-1.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 14:26 Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Klo lihat manual booknya versi UK, cek di bagian Specificationsahabatq8 wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:14Mitsubishi emang agak sesat tuh, manual booknya kopas. Dari Xpander lama Mitsubishi MA-1 , cvtnya jadi ikutan MA-1.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 14:26 Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
IMG-20231201-WA0039.jpg
mitsu lancer pakainya CVTF J1
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... fmXvIUS3vm
Eclipse Cross pakainya CVTF J4
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... Manual.pdf
Intinya generasi 2010 mitsu, CVTF nya punya spec CVTF J1
Klo generasi kekinian pakainya J4
Tp kedua hal tsb comply ke spec CVTF di pasaran jaman now.
Jadi emang mitsu indonesia sesat sih manual booknya
Sok copas aja ke forum / mitsu owners club, biar sekalian
dibaca sm PT KTB
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat May 11, 2024 14:07
- Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Ganti oli dimana om?sahabatq8 wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:14Mitsubishi emang agak sesat tuh, manual booknya kopas. Dari Xpander lama Mitsubishi MA-1 , cvtnya jadi ikutan MA-1.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 14:26 Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
IMG-20231201-WA0039.jpg
Sekali ganti oli cvt dibutuhkan berapa liter untuk xpander?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1211
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mitsubishi motors di dunia lg ngedrop yah kayanya, laku di beberapa negara aja. Untuk truck & bus udah diambil sama daimler saham mayoritasSuryaputra wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:28Klo lihat manual booknya versi UK, cek di bagian Specificationsahabatq8 wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:14Mitsubishi emang agak sesat tuh, manual booknya kopas. Dari Xpander lama Mitsubishi MA-1 , cvtnya jadi ikutan MA-1.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 14:26 Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
IMG-20231201-WA0039.jpg
mitsu lancer pakainya CVTF J1
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... fmXvIUS3vm
Eclipse Cross pakainya CVTF J4
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... Manual.pdf
Intinya generasi 2010 mitsu, CVTF nya punya spec CVTF J1
Klo generasi kekinian pakainya J4
Tp kedua hal tsb comply ke spec CVTF di pasaran jaman now.
Jadi emang mitsu indonesia sesat sih manual booknya
Sok copas aja ke forum / mitsu owners club, biar sekalian
dibaca sm PT KTB
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Kondisi serba sulit yaht105erd wrote: ↑Sun May 12, 2024 0:04Mitsubishi motors di dunia lg ngedrop yah kayanya, laku di beberapa negara aja. Untuk truck & bus udah diambil sama daimler saham mayoritasSuryaputra wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:28Klo lihat manual booknya versi UK, cek di bagian Specification
mitsu lancer pakainya CVTF J1
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... fmXvIUS3vm
Eclipse Cross pakainya CVTF J4
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... Manual.pdf
Intinya generasi 2010 mitsu, CVTF nya punya spec CVTF J1
Klo generasi kekinian pakainya J4
Tp kedua hal tsb comply ke spec CVTF di pasaran jaman now.
Jadi emang mitsu indonesia sesat sih manual booknya
Sok copas aja ke forum / mitsu owners club, biar sekalian
dibaca sm PT KTB
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat May 11, 2024 14:07
- Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Jadi bisa pake J4 om?Suryaputra wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:28Klo lihat manual booknya versi UK, cek di bagian Specificationsahabatq8 wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:14Mitsubishi emang agak sesat tuh, manual booknya kopas. Dari Xpander lama Mitsubishi MA-1 , cvtnya jadi ikutan MA-1.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 14:26 Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
IMG-20231201-WA0039.jpg
mitsu lancer pakainya CVTF J1
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... fmXvIUS3vm
Eclipse Cross pakainya CVTF J4
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... Manual.pdf
Intinya generasi 2010 mitsu, CVTF nya punya spec CVTF J1
Klo generasi kekinian pakainya J4
Tp kedua hal tsb comply ke spec CVTF di pasaran jaman now.
Jadi emang mitsu indonesia sesat sih manual booknya
Sok copas aja ke forum / mitsu owners club, biar sekalian
dibaca sm PT KTB
Atau ada oli transmisi alternatif selain dari pabrikan?
Kalau ganti merk musti flush kah om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Banyak mbahbayp4amd wrote: ↑Sun May 12, 2024 1:15Jadi bisa pake J4 om?Suryaputra wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:28Klo lihat manual booknya versi UK, cek di bagian Specification
mitsu lancer pakainya CVTF J1
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... fmXvIUS3vm
Eclipse Cross pakainya CVTF J4
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... Manual.pdf
Intinya generasi 2010 mitsu, CVTF nya punya spec CVTF J1
Klo generasi kekinian pakainya J4
Tp kedua hal tsb comply ke spec CVTF di pasaran jaman now.
Jadi emang mitsu indonesia sesat sih manual booknya
Sok copas aja ke forum / mitsu owners club, biar sekalian
dibaca sm PT KTB
Atau ada oli transmisi alternatif selain dari pabrikan?
Kalau ganti merk musti flush kah om?
Cek aja yg comply ke CVTF J4.
Mitsu CVT seri terbaru di seluruh dunia rata2 pakai J4.
Total CVT MV
PTT CVTF
Q8 CVT Evo
Sampai Amsoil CVTF
klo saya pribadi, Cukup drain and refill 2x
Drain and refill 1x juga sah sah aja.
Dalam waktu dekat drain and refill lagi.
Daripada gak diganti samsek
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat May 11, 2024 14:07
- Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Thank you om infonyaSuryaputra wrote: ↑Sun May 12, 2024 2:00Banyak mbahbayp4amd wrote: ↑Sun May 12, 2024 1:15Jadi bisa pake J4 om?Suryaputra wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:28
Klo lihat manual booknya versi UK, cek di bagian Specification
mitsu lancer pakainya CVTF J1
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... fmXvIUS3vm
Eclipse Cross pakainya CVTF J4
https://mitsubishi-motors.co.uk/wp-cont ... Manual.pdf
Intinya generasi 2010 mitsu, CVTF nya punya spec CVTF J1
Klo generasi kekinian pakainya J4
Tp kedua hal tsb comply ke spec CVTF di pasaran jaman now.
Jadi emang mitsu indonesia sesat sih manual booknya
Sok copas aja ke forum / mitsu owners club, biar sekalian
dibaca sm PT KTB
Atau ada oli transmisi alternatif selain dari pabrikan?
Kalau ganti merk musti flush kah om?
Cek aja yg comply ke CVTF J4.
Mitsu CVT seri terbaru di seluruh dunia rata2 pakai J4.
Total CVT MV
PTT CVTF
Q8 CVT Evo
Sampai Amsoil CVTF
klo saya pribadi, Cukup drain and refill 2x
Drain and refill 1x juga sah sah aja.
Dalam waktu dekat drain and refill lagi.
Daripada gak diganti samsek
Sekali drain & refill untuk xpander kena berapa liter om?
Apa ada bengkel rekomendasi ganti oli transmisi sekitaran depok & jakarta?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9911
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
ke sini ajabayp4amd wrote: ↑Sun May 12, 2024 2:28Thank you om infonyaSuryaputra wrote: ↑Sun May 12, 2024 2:00Banyak mbah
Cek aja yg comply ke CVTF J4.
Mitsu CVT seri terbaru di seluruh dunia rata2 pakai J4.
Total CVT MV
PTT CVTF
Q8 CVT Evo
Sampai Amsoil CVTF
klo saya pribadi, Cukup drain and refill 2x
Drain and refill 1x juga sah sah aja.
Dalam waktu dekat drain and refill lagi.
Daripada gak diganti samsek
Sekali drain & refill untuk xpander kena berapa liter om?
Apa ada bengkel rekomendasi ganti oli transmisi sekitaran depok & jakarta?
https://g.co/kgs/iaPTywi
cakra motor salah satu rekomendasi warga SM.
survey aja dl.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1908
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Di toko oli TODA bisa. Kalo drain n refill 3liter , kalo mobil yang bisa atf changer cvtnya 8liter.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 23:10Ganti oli dimana om?sahabatq8 wrote: ↑Sat May 11, 2024 16:14Mitsubishi emang agak sesat tuh, manual booknya kopas. Dari Xpander lama Mitsubishi MA-1 , cvtnya jadi ikutan MA-1.bayp4amd wrote: ↑Sat May 11, 2024 14:26 Permisi. Mau tanya
Saya ada mobil xpander cross 2021 tapi sudah cvt
Sudah mendekati 20rb km dan mau ganti oli cvt
Apa ada rekomendasi oli cvt yang bagus & comply untuk xpander cvt?
Soalnya oli bawaan pabrik untuk xpander cvt gak jelas, di buku manual disebut cvtf ma1, tapi saya search gak ada yg jual. Kalo ganti di beres mungkin akan ditolak ganti oli cvt krn belum 100rb km
Sekalian tanya adakah rekomendasi bengkel ganti oli transmisi sekitaran depok?
IMG-20231201-WA0039.jpg
Sekali ganti oli cvt dibutuhkan berapa liter untuk xpander?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Feb 25, 2021 4:29
- Location: tangerang selatan
- Daily Vehicle: Xpander Cvt
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
saya pengalaman 3x ganti, habis nya kurang lebih hampir 3 liter Om.bayp4amd wrote: ↑Sun May 12, 2024 2:28Thank you om infonyaSuryaputra wrote: ↑Sun May 12, 2024 2:00Banyak mbah
Cek aja yg comply ke CVTF J4.
Mitsu CVT seri terbaru di seluruh dunia rata2 pakai J4.
Total CVT MV
PTT CVTF
Q8 CVT Evo
Sampai Amsoil CVTF
klo saya pribadi, Cukup drain and refill 2x
Drain and refill 1x juga sah sah aja.
Dalam waktu dekat drain and refill lagi.
Daripada gak diganti samsek
Sekali drain & refill untuk xpander kena berapa liter om?
Apa ada bengkel rekomendasi ganti oli transmisi sekitaran depok & jakarta?
biasa saya ganti di mbah Marmut, kalau mau ke daerah BSD bisa hubungi beliau...
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon May 13, 2024 12:18
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Misi om2 smua, sebelumnya mohon maaf atas ketidaktahuan dan kebodohan dr saya ini
Kendaraan saya fortuner vrz thn 2018 matic
Mau tanya volume oli transmisi nya berapa liter ya kalo di drain secara normal (bukan dikuras atau flushing)?
Saya menanyakan hal tsb di atas karena saya sendiri bingung volume yg benar pengisiannya seberapa banyak.
Ceritanya begini:
1. Sy drain normal, kluar volume oli bekasnya sekitar 3,8ltr kemudian sy isi dengan oli tmo ws yg baru sejumlah 3,8ltr juga
2. Bbrp hr kemudian sy cek volumenya dgn membuka baut L (baut level oli), saat kondisi mesin idle dan panas. Ternyata oli mengucur keluar sekitar 1,8 liter (sy kaget kok banyak amat ngucurnya). Jadi isi oli barunya skr tinggal 2liter an.
3. Karena takut kurang volumenya, akhirnya sy isi kembali dari oli yg ngucur tadi ke dalam transmisi sebanyak 1,3 liter. Jadi asumsinya skr di dalam oli transmisi ada 2 + 1,3 = 3,3 liter oli transmisi
4. Karena sy bingung takut dan risau, akhirnya saya bawa ke bengkel auto2000 dan disarankan flushing. Berarti sy buang duit sejumlah 1 galon tmo ws.
5. Proses flushing menggunakan 8liter (2 galon ), dan setelah selesai flushing ternyata ada oli sisa 0,5liter dikembalikan ke saya.
6. Setelah itu dipake buat jalan , terasa ga enak, perpindahan transmisi dari P ke R agak alot (keras). Posisi D naik dr 1 ke 2 agak terasa ada hentakan. Kemudian perpindahan dari D ke N jg terasa ada hentakan.
Sekarang saya jadi takut volume oli transmisinya kurang dari standar pabrik (setelah flushing), karena kok transmisinya malah jd ga enak. Saya juga tdk tahu saat flushing olinya diisi berapa liter oli riilnya (kalo dilihat dr sisa oli di kemasan galonnya sisa 0,5ltr asumsi sy diisi 3,5 liter mungkin ya)
Apakah ada cara mengetahui volume sudah sesuai standar pabrik (mungkin ada alat buat scan nya)?
Terima kasih banyak buat sarannya
Kendaraan saya fortuner vrz thn 2018 matic
Mau tanya volume oli transmisi nya berapa liter ya kalo di drain secara normal (bukan dikuras atau flushing)?
Saya menanyakan hal tsb di atas karena saya sendiri bingung volume yg benar pengisiannya seberapa banyak.
Ceritanya begini:
1. Sy drain normal, kluar volume oli bekasnya sekitar 3,8ltr kemudian sy isi dengan oli tmo ws yg baru sejumlah 3,8ltr juga
2. Bbrp hr kemudian sy cek volumenya dgn membuka baut L (baut level oli), saat kondisi mesin idle dan panas. Ternyata oli mengucur keluar sekitar 1,8 liter (sy kaget kok banyak amat ngucurnya). Jadi isi oli barunya skr tinggal 2liter an.
3. Karena takut kurang volumenya, akhirnya sy isi kembali dari oli yg ngucur tadi ke dalam transmisi sebanyak 1,3 liter. Jadi asumsinya skr di dalam oli transmisi ada 2 + 1,3 = 3,3 liter oli transmisi
4. Karena sy bingung takut dan risau, akhirnya saya bawa ke bengkel auto2000 dan disarankan flushing. Berarti sy buang duit sejumlah 1 galon tmo ws.
5. Proses flushing menggunakan 8liter (2 galon ), dan setelah selesai flushing ternyata ada oli sisa 0,5liter dikembalikan ke saya.
6. Setelah itu dipake buat jalan , terasa ga enak, perpindahan transmisi dari P ke R agak alot (keras). Posisi D naik dr 1 ke 2 agak terasa ada hentakan. Kemudian perpindahan dari D ke N jg terasa ada hentakan.
Sekarang saya jadi takut volume oli transmisinya kurang dari standar pabrik (setelah flushing), karena kok transmisinya malah jd ga enak. Saya juga tdk tahu saat flushing olinya diisi berapa liter oli riilnya (kalo dilihat dr sisa oli di kemasan galonnya sisa 0,5ltr asumsi sy diisi 3,5 liter mungkin ya)
Apakah ada cara mengetahui volume sudah sesuai standar pabrik (mungkin ada alat buat scan nya)?
Terima kasih banyak buat sarannya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Sifuyono wrote: ↑Mon May 13, 2024 12:37 Misi om2 smua, sebelumnya mohon maaf atas ketidaktahuan dan kebodohan dr saya ini
Kendaraan saya fortuner vrz thn 2018 matic
Mau tanya volume oli transmisi nya berapa liter ya kalo di drain secara normal (bukan dikuras atau flushing)?
Saya menanyakan hal tsb di atas karena saya sendiri bingung volume yg benar pengisiannya seberapa banyak.
Ceritanya begini:
1. Sy drain normal, kluar volume oli bekasnya sekitar 3,8ltr kemudian sy isi dengan oli tmo ws yg baru sejumlah 3,8ltr juga
2. Bbrp hr kemudian sy cek volumenya dgn membuka baut L (baut level oli), saat kondisi mesin idle dan panas. Ternyata oli mengucur keluar sekitar 1,8 liter (sy kaget kok banyak amat ngucurnya). Jadi isi oli barunya skr tinggal 2liter an.
3. Karena takut kurang volumenya, akhirnya sy isi kembali dari oli yg ngucur tadi ke dalam transmisi sebanyak 1,3 liter. Jadi asumsinya skr di dalam oli transmisi ada 2 + 1,3 = 3,3 liter oli transmisi
4. Karena sy bingung takut dan risau, akhirnya saya bawa ke bengkel auto2000 dan disarankan flushing. Berarti sy buang duit sejumlah 1 galon tmo ws.
5. Proses flushing menggunakan 8liter (2 galon ), dan setelah selesai flushing ternyata ada oli sisa 0,5liter dikembalikan ke saya.
6. Setelah itu dipake buat jalan , terasa ga enak, perpindahan transmisi dari P ke R agak alot (keras). Posisi D naik dr 1 ke 2 agak terasa ada hentakan. Kemudian perpindahan dari D ke N jg terasa ada hentakan.
Sekarang saya jadi takut volume oli transmisinya kurang dari standar pabrik (setelah flushing), karena kok transmisinya malah jd ga enak. Saya juga tdk tahu saat flushing olinya diisi berapa liter oli riilnya (kalo dilihat dr sisa oli di kemasan galonnya sisa 0,5ltr asumsi sy diisi 3,5 liter mungkin ya)
Apakah ada cara mengetahui volume sudah sesuai standar pabrik (mungkin ada alat buat scan nya)?
Terima kasih banyak buat sarannya
Kalo gejala ada terasa hentakan,umumnya karena kurang oli, top up aja dulu kira2 500ml liat ada bedanya gak.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon May 13, 2024 12:18
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oh gitu ya omChr1stm1 wrote: ↑Tue May 14, 2024 8:51Sifuyono wrote: ↑Mon May 13, 2024 12:37 Misi om2 smua, sebelumnya mohon maaf atas ketidaktahuan dan kebodohan dr saya ini
Kendaraan saya fortuner vrz thn 2018 matic
Mau tanya volume oli transmisi nya berapa liter ya kalo di drain secara normal (bukan dikuras atau flushing)?
Saya menanyakan hal tsb di atas karena saya sendiri bingung volume yg benar pengisiannya seberapa banyak.
Ceritanya begini:
1. Sy drain normal, kluar volume oli bekasnya sekitar 3,8ltr kemudian sy isi dengan oli tmo ws yg baru sejumlah 3,8ltr juga
2. Bbrp hr kemudian sy cek volumenya dgn membuka baut L (baut level oli), saat kondisi mesin idle dan panas. Ternyata oli mengucur keluar sekitar 1,8 liter (sy kaget kok banyak amat ngucurnya). Jadi isi oli barunya skr tinggal 2liter an.
3. Karena takut kurang volumenya, akhirnya sy isi kembali dari oli yg ngucur tadi ke dalam transmisi sebanyak 1,3 liter. Jadi asumsinya skr di dalam oli transmisi ada 2 + 1,3 = 3,3 liter oli transmisi
4. Karena sy bingung takut dan risau, akhirnya saya bawa ke bengkel auto2000 dan disarankan flushing. Berarti sy buang duit sejumlah 1 galon tmo ws.
5. Proses flushing menggunakan 8liter (2 galon ), dan setelah selesai flushing ternyata ada oli sisa 0,5liter dikembalikan ke saya.
6. Setelah itu dipake buat jalan , terasa ga enak, perpindahan transmisi dari P ke R agak alot (keras). Posisi D naik dr 1 ke 2 agak terasa ada hentakan. Kemudian perpindahan dari D ke N jg terasa ada hentakan.
Sekarang saya jadi takut volume oli transmisinya kurang dari standar pabrik (setelah flushing), karena kok transmisinya malah jd ga enak. Saya juga tdk tahu saat flushing olinya diisi berapa liter oli riilnya (kalo dilihat dr sisa oli di kemasan galonnya sisa 0,5ltr asumsi sy diisi 3,5 liter mungkin ya)
Apakah ada cara mengetahui volume sudah sesuai standar pabrik (mungkin ada alat buat scan nya)?
Terima kasih banyak buat sarannya
Kalo gejala ada terasa hentakan,umumnya karena kurang oli, top up aja dulu kira2 500ml liat ada bedanya gak.
Jadi fortuner vrz ini ga ada patokannya ya volume oli transmisinya berapa tiap x ganti?