Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Nyari penyakit klo gantiny sm air lagi, karena air (H2O) itu penyebab korosi dan karat dalam engine water block
1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
2. Pakai mobilnya bbrp hari
3. Ulangi nomer 1
4. Paka mobilnya 2 tahun ke depan, sambil cek komponen cooling system yg lain
5. Klo gakda masalah, ganti coolant fresh tiap 2 tahun lagi
Kalo kerjain DIY ati2 orangnya ngerti cara buang anginnya ga ni..avanza tahun segini ada cap bleedingnya kan om...ga tau kl rush..
Takutnya salah SOP malah berabe
1. Buang yg lama dan isi coolant baru 2. nyalain mesin sampai suhu coolant nyentuh >90 C
3. gelembung mulai keluar, monitor sampai gelembung udara udah hilang (artinya kantung udara udah gak ada)
4. matikan mesin
5. tutup spillproof funnel kit, dan ganti pakai radiator cap asli
klo di case saya, mesin honda 1500cc, proses #2 - 4 butuh waktu (max) 45 menit
klo ragu ya ke bengkel terdekat atau sekitar yg paham
Nambahin, kalo engine 2NR VE wajib buka baut bleeder, atau siap2....
Kalo kerjain DIY ati2 orangnya ngerti cara buang anginnya ga ni..avanza tahun segini ada cap bleedingnya kan om...ga tau kl rush..
Takutnya salah SOP malah berabe
1. Buang yg lama dan isi coolant baru 2. nyalain mesin sampai suhu coolant nyentuh >90 C
3. gelembung mulai keluar, monitor sampai gelembung udara udah hilang (artinya kantung udara udah gak ada)
4. matikan mesin
5. tutup spillproof funnel kit, dan ganti pakai radiator cap asli
klo di case saya, mesin honda 1500cc, proses #2 - 4 butuh waktu (max) 45 menit
klo ragu ya ke bengkel terdekat atau sekitar yg paham
kl d enjin2 yg masi ad baut bleeder macam enjin 4G1x, 4g9x mitsu jadul, honda F, D, B series jadul, afansa rush K3 enjin, tetep wajip buka tu baut bleeder walaupun ud pake tu corong
Om.
Di mesin 2GD ada bleeder. Perlu dibuka gak yah?
Pernah buka? Posisi dimana.
PM yah om
1. Buang yg lama dan isi coolant baru 2. nyalain mesin sampai suhu coolant nyentuh >90 C
3. gelembung mulai keluar, monitor sampai gelembung udara udah hilang (artinya kantung udara udah gak ada)
4. matikan mesin
5. tutup spillproof funnel kit, dan ganti pakai radiator cap asli
klo di case saya, mesin honda 1500cc, proses #2 - 4 butuh waktu (max) 45 menit
klo ragu ya ke bengkel terdekat atau sekitar yg paham
kl d enjin2 yg masi ad baut bleeder macam enjin 4G1x, 4g9x mitsu jadul, honda F, D, B series jadul, afansa rush K3 enjin, tetep wajip buka tu baut bleeder walaupun ud pake tu corong
Om.
Di mesin 2GD ada bleeder. Perlu dibuka gak yah?
Pernah buka? Posisi dimana.
PM yah om
1. Buang yg lama dan isi coolant baru 2. nyalain mesin sampai suhu coolant nyentuh >90 C
3. gelembung mulai keluar, monitor sampai gelembung udara udah hilang (artinya kantung udara udah gak ada)
4. matikan mesin
5. tutup spillproof funnel kit, dan ganti pakai radiator cap asli
klo di case saya, mesin honda 1500cc, proses #2 - 4 butuh waktu (max) 45 menit
klo ragu ya ke bengkel terdekat atau sekitar yg paham
kl d enjin2 yg masi ad baut bleeder macam enjin 4G1x, 4g9x mitsu jadul, honda F, D, B series jadul, afansa rush K3 enjin, tetep wajip buka tu baut bleeder walaupun ud pake tu corong
Om.
Di mesin 2GD ada bleeder. Perlu dibuka gak yah?
Pernah buka? Posisi dimana.
PM yah om
kebayang tiap hari nanya ke org rumah gibolan taro mana. kapan belinya. beli dimana. harganya brp. bagusan mana gibolan vs vi4gra. terakhir gibolan buat apa ya.
kebayang tiap hari nanya ke org rumah gibolan taro mana. kapan belinya. beli dimana. harganya brp. bagusan mana gibolan vs vi4gra. terakhir gibolan buat apa ya.
kl d enjin2 yg masi ad baut bleeder macam enjin 4G1x, 4g9x mitsu jadul, honda F, D, B series jadul, afansa rush K3 enjin, tetep wajip buka tu baut bleeder walaupun ud pake tu corong
Om.
Di mesin 2GD ada bleeder. Perlu dibuka gak yah?
Pernah buka? Posisi dimana.
PM yah om
kayanya sy pernah jelasin om deh
Ingetnya bautnya keras .... kuatir selek.
Jadinya mikir waktu itu gak berani juga, makanya gak kemasuk ingetan drpd selek.
Kayanya gak buka baut itupun udara gak kejebak ya?
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
tergantung isi dompet pak....
kalo dompetnya kaya yg di kamar sebelah, sah² aja tiap hari ganti coolant.
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
tergantung isi dompet pak....
kalo dompetnya kaya yg di kamar sebelah, sah² aja tiap hari ganti coolant.
patokanya isi dompet berarti yak
kalo itu mah tiap tahun ganti coolant + radiator juga ga masalah.
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
enjin blok nya bahan apa dl
kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15
Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
enjin blok nya bahan apa dl
kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...