Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km
Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km
HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)
So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul
Turboman wrote: Mon Apr 29, 2024 6:23
Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge
(Foto dari posting om Suryaputra)
Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal
Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km
Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km
HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)
So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul
kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli. Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
azu wrote: Mon Apr 29, 2024 8:07
kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
kalo suhu coolant lumayan tinggi gini mestinya bisa mainin di sensor extra fan & fine tune bukaan termostat kl ya?
dulu jaman maen peugeot biasa montirnya pada mainin pake resistor
azu wrote: Mon Apr 29, 2024 8:07
kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
kl di 1NZ saya, pas colok OBD jg suhu kerja maen nya di 88 -92 derajat om, masi jauh dibawah hrv atau apalagi si mahadewa super lipindut
curiga ai sehh lebi ke arah long drain yah, apalagi kl aliran ikutin ceban km ala beres
azu wrote: Mon Apr 29, 2024 8:07
kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
kl di 1NZ saya, pas colok OBD jg suhu kerja maen nya di 88 -92 derajat om, masi jauh dibawah hrv atau apalagi si mahadewa super lipindut
curiga ai sehh lebi ke arah long drain yah, apalagi kl aliran ikutin ceban km ala beres
Iyaa mbah
biasanya coolant temp mesin bensin 90 - 95C
cc imut
Brio
Mobilio
Xpander
Segituan.
Varnish krn pk oli beres dan dihajar long drain itu sih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
Kalo generasi avanza cvt, mau signifikan oli cvtnya ganti aja Om
Fyi AN Veloz saya tap oli cvtnya di km 12rban, pakai Q8 CVT Evo..saya ukur keluar ya 2,2 literan, saya masukin 2,3 liter..itu ngaruh seh, berasa dengung di speed rendah sedikit berkurang dan jeduk ringan kalo tuas geser dari D ke N juga jadi halus...
Tadinya mau saya ganti oli CVTnya di Bquick, cuma hanya tersedia shell s5 cvt dan repsol automator cvt, koq ga yakin2 amat saya sama 2 tipe oli cvt itu, hehe
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
Kalo generasi avanza cvt, mau signifikan oli cvtnya ganti aja Om
Fyi AN Veloz saya tap oli cvtnya di km 12rban, pakai Q8 CVT Evo..saya ukur keluar ya 2,2 literan, saya masukin 2,3 liter..itu ngaruh seh, berasa dengung di speed rendah sedikit berkurang dan jeduk ringan kalo tuas geser dari D ke N juga jadi halus...
Tadinya mau saya ganti oli CVTnya di Bquick, cuma hanya tersedia shell s5 cvt dan repsol automator cvt, koq ga yakin2 amat saya sama 2 tipe oli cvt itu, hehe
Noted om..avanza sy belom 4000km..pas baru pake ni mobil rada ga enak kalo jalan pelan <20km..kayak kadang ngerem sendiri ga ngeloyor kayak matik non cvt (browsing2 mungkin istilahnya jerking ya)..tp ga ada noise atau jeduk pas geser tuas...
Sambil belajar2 sy iseng nambahin kabel ground ke ecu, TB & apron kiri, plus lepas corong udara ke grill..ya lumayanlah gejala ndut2an lebih jarang muncul
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2