Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:54
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19
KielConstantine wrote: Thu Apr 25, 2024 2:34 Stage 2, bacaan di mainline dyno punya dalvin jd brapa whp om 520d nya?

Sama pas standart oem spek brapa whp ya wkwkwk
On paper wikipedia seh n47 181 hp seinget ane
kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Iya pake faktor kali 1.3 rata2 dari bacaan whp

Mantep jg lah f10 520d nyerempet 200whp. Udah ngacir bener power segitu klo di gas. Top speed harusnya gampang ya ke 250 km/h :off_good_job:

Om botak seh emang tukang kompor ya wkwkwk. Tuh Audi A4 quatttonya masih ada kan? Inspirasi banget buat ngebuild ky gitu


Btw, nunggu muncul di youtube ah 520d nya :ngacir:
masih ada, kenceng bgt itu audi a4 dia. blm pernah cobain top speed, udh punya anak takut wakakaka
cuma ya kalo ditoll tiba2 pgn laju, 200 mah gampang, kalo std sih mulai 180an udah berat tuh. torsi nya sih yg kerasa mobil jadi ringan bgt
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 3:12
KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:44
sahabatq8 wrote: Thu Apr 25, 2024 14:35 Elika sama Speedcraft 22nya pake Q8 untuk customer dan untuk mobil pribadi mereka juga :big_exellent:
Kalo ane recommend pake Q8 Excel Long life 0w40 . Kalo stage 1 pake Q8 G long life 5w30 ato VX long life 5w30 cukup
Pake Q8 ft8800 udah kg ngangkat lg dong om?

Nih ane pake ft8800 di kijang 2kd spek 3xx hp mantep bener pdhl.
Mo coba long drain sampe 10rb kilo / 1 tahun. Baru jalan 6 bulan.. masih sisa 6 bulan lg

Apa tuh FT cocoknya buat mesin diesel kelas truck.. klo bmw kan mesin diesel mobil beneran. Jadi beda spek olinya :big_biglaugh:
Iya , kalo mobil eropa cerewet dan rumit. Udah deh, daripada kalo ada masalah yang disalahin olinya mending kita pake yang Approval Aja :big_biglaugh:
Kalo di diesel Toyota mah, 10rb aman di mesin upgrade turbo jg. Gas om
wkwk iya om bener, liat approval nya aja lgs, pusing baca api sl sn acea dll wkwk
sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 3:17
KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:54
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19 kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Iya pake faktor kali 1.3 rata2 dari bacaan whp

Mantep jg lah f10 520d nyerempet 200whp. Udah ngacir bener power segitu klo di gas. Top speed harusnya gampang ya ke 250 km/h :off_good_job:

Om botak seh emang tukang kompor ya wkwkwk. Tuh Audi A4 quatttonya masih ada kan? Inspirasi banget buat ngebuild ky gitu


Btw, nunggu muncul di youtube ah 520d nya :ngacir:
Om Resya emang gitu, seru sih berimaginasi bareng possiblity upgrade asal tahan godaan :big_weee: .
A4nya , A4ron kemaren abis drag di event pik dapet best 201m 7 detik. Tapi kemaren belom full potential, dia mobilnya spek udah forged bisa naikin rpm limit ke 8000rpm, olinya dari 0w40 up jadi Q8 f1 10w60. Kemaren abis ane kasih coba oli gardan Q8, khusus buat mobil eropa.

Ayo om, hunting A4 quattro. Resepnya udah ada tuh tinggal kopas.
ada pgnnya sih naikin ke stage 3, turbo apa, cam performance, upgrade injector mah tinggal beli, cm hitung2 mantep jg bisa nambah 100jt lah.
enak si build audi q5 gen pertama/x3 f25 yang 35i aja kalo mau kebut2an murah meriah, modal nya ga terlalu tinggi

ane lg penasaran sama vt supercharger buat alphard 2.5 agh30 sebenernya, suka gedeg kl bawa ke tanjakan/lukot hahaha atau mana ya yang bs build supercharger kit yg fix reliable.

sorry oot
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 14:07 Ane ikutin spec manual book aja gans, disuruh bmw ll04. Katanya kl ga ada dpt ya pake spec oli bmw ll01 cukup

520d ane mah kl jalan toll mulu 1:18-22 kmpl gampang. Misal rata2 20kmpl ya baru abis di 1400km.

Ini mesin ane stage 2 tp kl full toll nyetir santai terakhir masih tembus 1:25 gede, kmrn sempet foto dpt 1:25,9 kmpl avg speed 75,4 kmph

Cm dalem kota jd agak borosan dikit, biasa bs dpt 1:11-12 sekarang paling 1:9-10 aja rute kemang tebet yg mayan macet
Mangstab om, trims rekom nya

sahabatq8 wrote: Thu Apr 25, 2024 14:35 Elika sama Speedcraft 22nya pake Q8 untuk customer dan untuk mobil pribadi mereka juga :big_exellent:
Kalo ane recommend pake Q8 Excel Long life 0w40 . Kalo stage 1 pake Q8 G long life 5w30 ato VX long life 5w30 cukup
Siaaap, makasih rekom nya om

ChZ wrote: Fri Apr 26, 2024 1:59
z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 8:09
rencananya bakal sering dipakai keluar kota om, makanya ane jadi bimbang :big_cry:
Transjawa cruiser pada cocok tuh sama adeknya, 520d. Range nya bisa cover jakarta surabaya fulltank. 730Ld kayaknya bisa kurleb sama dgn asumsi cc dan bobot lebih besar.

Tp kalo tipikal mau sesekali pedal to the kampret kayaknya 740Li lebih enak, bensin inline six BMW :big_grin: cuma bbm pastinya lebih boros N55.
Ada pengalaman pribadi atau kenal yg pengalaman piara N55 om? Ane coba2 dengerin dari yutub ada yg bilang masih 11-12 & ada yg bilang jauh lebih baik reliability nya ama generasi N54 yg sebelumnya, walau belum sebaik b48 (yang dipake G12 740li ... & Toyota Supra)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: Fri Apr 26, 2024 4:43
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 14:07 Ane ikutin spec manual book aja gans, disuruh bmw ll04. Katanya kl ga ada dpt ya pake spec oli bmw ll01 cukup

520d ane mah kl jalan toll mulu 1:18-22 kmpl gampang. Misal rata2 20kmpl ya baru abis di 1400km.

Ini mesin ane stage 2 tp kl full toll nyetir santai terakhir masih tembus 1:25 gede, kmrn sempet foto dpt 1:25,9 kmpl avg speed 75,4 kmph

Cm dalem kota jd agak borosan dikit, biasa bs dpt 1:11-12 sekarang paling 1:9-10 aja rute kemang tebet yg mayan macet
Mangstab om, trims rekom nya

sahabatq8 wrote: Thu Apr 25, 2024 14:35 Elika sama Speedcraft 22nya pake Q8 untuk customer dan untuk mobil pribadi mereka juga :big_exellent:
Kalo ane recommend pake Q8 Excel Long life 0w40 . Kalo stage 1 pake Q8 G long life 5w30 ato VX long life 5w30 cukup
Siaaap, makasih rekom nya om

ChZ wrote: Fri Apr 26, 2024 1:59
z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 8:09
rencananya bakal sering dipakai keluar kota om, makanya ane jadi bimbang :big_cry:
Transjawa cruiser pada cocok tuh sama adeknya, 520d. Range nya bisa cover jakarta surabaya fulltank. 730Ld kayaknya bisa kurleb sama dgn asumsi cc dan bobot lebih besar.

Tp kalo tipikal mau sesekali pedal to the kampret kayaknya 740Li lebih enak, bensin inline six BMW :big_grin: cuma bbm pastinya lebih boros N55.
Ada pengalaman pribadi atau kenal yg pengalaman piara N55 om? Ane coba2 dengerin dari yutub ada yg bilang masih 11-12 & ada yg bilang jauh lebih baik reliability nya ama generasi N54 yg sebelumnya, walau belum sebaik b48 (yang dipake G12 740li ... & Toyota Supra)
cuma pernah rawat bmw mesin N54 di X6. reliability mesin sih so-so lah ya, ga rusakan, yg rusakan di cooling system radiator water pump aja. other than that oke lah.

mesin enak tenaga oke, bini ane aja dl jd suka kebut2an naik itu
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Fri Apr 26, 2024 6:50 cuma pernah rawat bmw mesin N54 di X6. reliability mesin sih so-so lah ya, ga rusakan, yg rusakan di cooling system radiator water pump aja. other than that oke lah.

mesin enak tenaga oke, bini ane aja dl jd suka kebut2an naik itu
Engine N54 itu water pump-nya udah sistem elektronik ya om? bukan manual ikut putaran mesin?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1808
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by sahabatq8 »

farizfsa wrote: Fri Apr 26, 2024 3:53
sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 3:12
KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:44
Pake Q8 ft8800 udah kg ngangkat lg dong om?

Nih ane pake ft8800 di kijang 2kd spek 3xx hp mantep bener pdhl.
Mo coba long drain sampe 10rb kilo / 1 tahun. Baru jalan 6 bulan.. masih sisa 6 bulan lg

Apa tuh FT cocoknya buat mesin diesel kelas truck.. klo bmw kan mesin diesel mobil beneran. Jadi beda spek olinya :big_biglaugh:
Iya , kalo mobil eropa cerewet dan rumit. Udah deh, daripada kalo ada masalah yang disalahin olinya mending kita pake yang Approval Aja :big_biglaugh:
Kalo di diesel Toyota mah, 10rb aman di mesin upgrade turbo jg. Gas om
wkwk iya om bener, liat approval nya aja lgs, pusing baca api sl sn acea dll wkwk
sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 3:17
KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:54

Iya pake faktor kali 1.3 rata2 dari bacaan whp

Mantep jg lah f10 520d nyerempet 200whp. Udah ngacir bener power segitu klo di gas. Top speed harusnya gampang ya ke 250 km/h :off_good_job:

Om botak seh emang tukang kompor ya wkwkwk. Tuh Audi A4 quatttonya masih ada kan? Inspirasi banget buat ngebuild ky gitu


Btw, nunggu muncul di youtube ah 520d nya :ngacir:
Om Resya emang gitu, seru sih berimaginasi bareng possiblity upgrade asal tahan godaan :big_weee: .
A4nya , A4ron kemaren abis drag di event pik dapet best 201m 7 detik. Tapi kemaren belom full potential, dia mobilnya spek udah forged bisa naikin rpm limit ke 8000rpm, olinya dari 0w40 up jadi Q8 f1 10w60. Kemaren abis ane kasih coba oli gardan Q8, khusus buat mobil eropa.

Ayo om, hunting A4 quattro. Resepnya udah ada tuh tinggal kopas.
ada pgnnya sih naikin ke stage 3, turbo apa, cam performance, upgrade injector mah tinggal beli, cm hitung2 mantep jg bisa nambah 100jt lah.
enak si build audi q5 gen pertama/x3 f25 yang 35i aja kalo mau kebut2an murah meriah, modal nya ga terlalu tinggi

ane lg penasaran sama vt supercharger buat alphard 2.5 agh30 sebenernya, suka gedeg kl bawa ke tanjakan/lukot hahaha atau mana ya yang bs build supercharger kit yg fix reliable.

sorry oot
Kyknya kasih supercharger sayang, cvtnya cepet jebol nanti :big_cry:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2608
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 7:19
farizfsa wrote: Fri Apr 26, 2024 3:53
sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 3:12

Iya , kalo mobil eropa cerewet dan rumit. Udah deh, daripada kalo ada masalah yang disalahin olinya mending kita pake yang Approval Aja :big_biglaugh:
Kalo di diesel Toyota mah, 10rb aman di mesin upgrade turbo jg. Gas om
wkwk iya om bener, liat approval nya aja lgs, pusing baca api sl sn acea dll wkwk
sahabatq8 wrote: Fri Apr 26, 2024 3:17

Om Resya emang gitu, seru sih berimaginasi bareng possiblity upgrade asal tahan godaan :big_weee: .
A4nya , A4ron kemaren abis drag di event pik dapet best 201m 7 detik. Tapi kemaren belom full potential, dia mobilnya spek udah forged bisa naikin rpm limit ke 8000rpm, olinya dari 0w40 up jadi Q8 f1 10w60. Kemaren abis ane kasih coba oli gardan Q8, khusus buat mobil eropa.

Ayo om, hunting A4 quattro. Resepnya udah ada tuh tinggal kopas.
ada pgnnya sih naikin ke stage 3, turbo apa, cam performance, upgrade injector mah tinggal beli, cm hitung2 mantep jg bisa nambah 100jt lah.
enak si build audi q5 gen pertama/x3 f25 yang 35i aja kalo mau kebut2an murah meriah, modal nya ga terlalu tinggi

ane lg penasaran sama vt supercharger buat alphard 2.5 agh30 sebenernya, suka gedeg kl bawa ke tanjakan/lukot hahaha atau mana ya yang bs build supercharger kit yg fix reliable.

sorry oot
Kyknya kasih supercharger sayang, cvtnya cepet jebol nanti :big_cry:
saya yakin sih aman kok, perawatan aja yg bener. toh mobil bukan buat di betot terus, cuma biar lebih ngankat aja. di alphard gen sebelumnya mesin 2az banyak yg bikin supercharger kit. itu alphard mah kebantu speedo cuma mentok 180 jadi kerasanya naik cepet wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)