Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Juke SKIP
Camry enak nih, tapi boros
Yaris ok
Mazda 2 non skyactive lumayan irit dan fun to drive, fitur jg ok
Baleno dapet lumayan muda tahunnya , ok, irit
Camry enak nih, tapi boros
Yaris ok
Mazda 2 non skyactive lumayan irit dan fun to drive, fitur jg ok
Baleno dapet lumayan muda tahunnya , ok, irit
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Kalo listrik brhubung ane masih cupu biasanya serahkan ke bengkel kelistrikan buat cek ad kabel yg bekas potong / bekas jumper ngga.galihb wrote: Thu Mar 28, 2024 14:14ngecek bekas diceperin atau bekas modif kelistrikan bisa kelihatan dimana ini omzylo14 wrote: Thu Mar 28, 2024 8:30 Nambah saran aja sih kalo beneran mau cari yaris bakpao, cek bekas modifan atau ngga terutama di kabel kabel nya. Orang biasa bnyk gonta ganti lampu & audio tpi pemasangan ala kadarnya wkwk. Biasala budget mahasiswa
Sama frame & kaki-kaki, just in case bekas diceperin dulu. Cek frame bengkok / engga. Karena yaris bakpao ini sering di ceper ceper in
Kalau ngecek bekas ceper mah ngolong aja om. Kalo bekas ceper dan suka ngejeduk polisi tidur, ntar ad bekas gores / bopak dikit di chassis & lips bawah ky punya brio ane

Lantas mslhnya apa kalau mobil bekas diceperin? ada kemungkinan umur kaki-kaki seperti shock, rack steer, akan bisa berkurang karena dia nahan pressure yang berlebihan. Yg tadinya jarak dari tanah 15-20 cm, kita paksa press turun ke 10cm selama bertahun-tahun.
Pengalaman di ane sih gitu ya, shock & per belakang jdi mampus wkwk karena turun 4 jari dari standarnya. Cuma mampusnya itupun nunggu 5 tahun juga sih, jdi gak langsung rusak juga. Berkurang umur aja dibanding standarnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Kalo saya anti pake2 engine flush, paling interval penggantian oli dipercepat dan pakai oli 5w30 yg bagus ajagalihb wrote: Thu Mar 28, 2024 14:18sludge apa kelar hanya dikuras atau apa itu namanya yang katanya bisa ngilanginChr1stm1 wrote: Thu Mar 28, 2024 2:13 Vote Yaris, tahun segitu mesin 1NZ nya enak tuh, jauh lebih responsif dari pada era Yaris Joker keatas ( mesin 2NR FE lemot )
Tinggal pastikan unit bagus, bukan bekas tabrakan parah dan banjir
Untuk Sludge, kayaknya pasti ada deh tipis2 mah, pertimbangan mobil berumur dan mesin 1NZ ada bakat bikin sludge![]()
efek negatifnya apa om
Sludge kalo belum parah2 amat sih lama2 menipis kalo oli bagus dan oci diperpendek
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Mending Innova bensin yg agak muda 2012/2013 an
Kalau pengen masuk kemana2 ( nyaman , relatif irit, perawatan gak susah) bisa lirik altis gen e170 , apalagi yg manual terjun bebas dia pasarannya , barusan cék th 2017 cuma 155jt... Seharga Veloz doang wkwkwk
Diesel agak tricky apalagi buat mobil pertama
Kalau pengen masuk kemana2 ( nyaman , relatif irit, perawatan gak susah) bisa lirik altis gen e170 , apalagi yg manual terjun bebas dia pasarannya , barusan cék th 2017 cuma 155jt... Seharga Veloz doang wkwkwk
Diesel agak tricky apalagi buat mobil pertama
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
- Location: bandung
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Kalo boleh saran coba cek ignis manual yg tahun mudaan. Beres- beres sama biaya bbn kayaknya 150jt masih ada sisa. Sempat kepikiran ignis atau sirion buat dipake istri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
mnrt sy .... iklan ini mengandung kebenaran ... trutama di negara-negara susah (termasuk indo)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Iklannya kreatif sekalinewrubble wrote: Sun Mar 31, 2024 16:41 mnrt sy .... iklan ini mengandung kebenaran ... trutama di negara-negara susah (termasuk indo)

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Adalah setuju...newrubble wrote: Sun Mar 31, 2024 16:41 mnrt sy .... iklan ini mengandung kebenaran ... trutama di negara-negara susah (termasuk indo)

*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Selamat, om Galih atas Yarisnya. Mudah-mudahan awet serta bisa memberi manfaat bagi om Galih.galihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
aamiin terima kasih omkemalmakbar wrote: Sat Jul 06, 2024 3:19Selamat, om Galih atas Yarisnya. Mudah-mudahan awet serta bisa memberi manfaat bagi om Galih.galihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
selamat om buat mobil barunyagalihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
thank omPboyz97 wrote: Sun Jul 07, 2024 8:47selamat om buat mobil barunyagalihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Selamat mobil barunya, sudah 2 bulan pakai bagaimana impresinya bang Galih ? Anak istri dan mobilnya sdh diajak jalan ke mana aja ?galihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
alhamdulillah nyaman untuk kendaraannya dibanding lcgc yang dulu sempet jadi incaran jugaGreenhunter wrote: Mon Sep 16, 2024 0:58Selamat mobil barunya, sudah 2 bulan pakai bagaimana impresinya bang Galih ? Anak istri dan mobilnya sdh diajak jalan ke mana aja ?galihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()
pernah dibawa bandung isi mobil gasoline 92 + Redline cfsc full tank masih sisa 2 strip pas perjalanan pulang menurut saya irit
cara menghitung fuel cons gimana ya gan?
untuk remote keylessnya dapat 2 dan 2 2 nya cepat habis untuk baterainya, entah apa yang salah atau mungkin remotenya yang rusak, setiap 3 hari sekali ganti baterai remote, maks 1 minggu
untuk perawatan waktu pertama dapet langsung ganti semua cairan dan tune up, tapi masih ada sedikit gelitik dirpm 1700 an
untuk kaki-kaki kebetulan dapat unit yang perlu ganti support shock, sama sedikit basah untuk karet boot drive shaftnya dan sudah bunyi bletok saat belok full, belum diganti karena belum ada waktu untuk nungguin dibengkelnya
udah menginjak 5 bulan ini giliran kompresor ac ngorok, ini juga belum ane ganti karena ac masih dingin, dan sempet tanya di denso hargnya lumayan full sekalian ganti evap bisa kena 8-9 jt jadi nabung dulu biar nanti ganti sekalian
untuk mesin dan transmisi masih oke dan responsif, oli pakai motul htec 5w-30, atf pakai tmo
sebelumnya saat pertama dapet unit ganti pakai shell astra penguapan lumayan tinggi, ganti motul udah jalan 1500km cek dipstick masih di posisi F
coolant pakai tmo 30/70 cek rutin 1 minggu sekali direservoir ga berkurang
untuk socket-socket ini mobil karena sudah umur jadi banyak yang getas, jadi mau sekalian tanya disini untuk socket koil dan injektor apa bisa hanya diganti socketnya aja
ban pakai champiro eco masih standar 185/60 R15 , menurut saya berisik, rencana nabung pengin ganti yang senyap apa ya barangkali suhu disini ada rekomendasi
overall untuk mobil nyaman dan low maintenance

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Mantab om...galihb wrote: Wed Oct 09, 2024 1:42alhamdulillah nyaman untuk kendaraannya dibanding lcgc yang dulu sempet jadi incaran jugaGreenhunter wrote: Mon Sep 16, 2024 0:58Selamat mobil barunya, sudah 2 bulan pakai bagaimana impresinya bang Galih ? Anak istri dan mobilnya sdh diajak jalan ke mana aja ?galihb wrote: Sat Jul 06, 2024 1:19 terima kasih suhu SM semua, akhirnya sudah dapat untuk unitnya
yaris s limited tahun 2007, setelah cek beberapa unit dapat zonk, ini pilihan yang terbaik dari unit yang zonk
dan yang pasti masih dalam area kota ane![]()
pernah dibawa bandung isi mobil gasoline 92 + Redline cfsc full tank masih sisa 2 strip pas perjalanan pulang menurut saya irit
cara menghitung fuel cons gimana ya gan?
untuk remote keylessnya dapat 2 dan 2 2 nya cepat habis untuk baterainya, entah apa yang salah atau mungkin remotenya yang rusak, setiap 3 hari sekali ganti baterai remote, maks 1 minggu
untuk perawatan waktu pertama dapet langsung ganti semua cairan dan tune up, tapi masih ada sedikit gelitik dirpm 1700 an
untuk kaki-kaki kebetulan dapat unit yang perlu ganti support shock, sama sedikit basah untuk karet boot drive shaftnya dan sudah bunyi bletok saat belok full, belum diganti karena belum ada waktu untuk nungguin dibengkelnya
udah menginjak 5 bulan ini giliran kompresor ac ngorok, ini juga belum ane ganti karena ac masih dingin, dan sempet tanya di denso hargnya lumayan full sekalian ganti evap bisa kena 8-9 jt jadi nabung dulu biar nanti ganti sekalian
untuk mesin dan transmisi masih oke dan responsif, oli pakai motul htec 5w-30, atf pakai tmo
sebelumnya saat pertama dapet unit ganti pakai shell astra penguapan lumayan tinggi, ganti motul udah jalan 1500km cek dipstick masih di posisi F
coolant pakai tmo 30/70 cek rutin 1 minggu sekali direservoir ga berkurang
untuk socket-socket ini mobil karena sudah umur jadi banyak yang getas, jadi mau sekalian tanya disini untuk socket koil dan injektor apa bisa hanya diganti socketnya aja
ban pakai champiro eco masih standar 185/60 R15 , menurut saya berisik, rencana nabung pengin ganti yang senyap apa ya barangkali suhu disini ada rekomendasi
overall untuk mobil nyaman dan low maintenance![]()
Kalo ngitung FC, saya biasanya sih pake metode full to full, lebih akurat....
Buat ban, mbah2 disini seringnya nyaranin : hankook, bfgoodrich, GY ATM2, michelin...

*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Budget 150jt vote mending cari Brio atau Ignis. Dua2nya pernah punya, dan cukup untuk harga seegitu. Dibawa luar kota ga masalah (kalau saya Jakarta-Bandung-Bogor-Cirebon) masih asik.
Brio:
Plus: Mesin kuenceenggg, enak banget buat nyetir sendiri
Minus: Suara jangkrik di tengah kemacetan kanan kiri kontainer masih masuk, wkwkwkw
Ignis:
Plus: GC tinggi, Dalem luas, bentuk ga ngebosenin, lucu pokoknya, hahaha
Minus: AGS...AGS...AGS (kalo beli yang AGS) harus bener2 dibiasain biar halus nyetirnya, dan ada batch yang sling AGS nya putus (contohnya yang saya)
Dibanding pilihan om diatas, dengan 150jt, saya kira mobil dengan tahun lebih muda bisa kasih ketenangan batin yang lebih. Apalagi ini mobil pertama yang saya assume om ga terlalu banyak pengalaman dengan mobil kan?
Brio:
Plus: Mesin kuenceenggg, enak banget buat nyetir sendiri
Minus: Suara jangkrik di tengah kemacetan kanan kiri kontainer masih masuk, wkwkwkw
Ignis:
Plus: GC tinggi, Dalem luas, bentuk ga ngebosenin, lucu pokoknya, hahaha
Minus: AGS...AGS...AGS (kalo beli yang AGS) harus bener2 dibiasain biar halus nyetirnya, dan ada batch yang sling AGS nya putus (contohnya yang saya)
Dibanding pilihan om diatas, dengan 150jt, saya kira mobil dengan tahun lebih muda bisa kasih ketenangan batin yang lebih. Apalagi ini mobil pertama yang saya assume om ga terlalu banyak pengalaman dengan mobil kan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Selamat mobil barunya omgalihb wrote: Wed Oct 09, 2024 1:42
alhamdulillah nyaman untuk kendaraannya dibanding lcgc yang dulu sempet jadi incaran juga
pernah dibawa bandung isi mobil gasoline 92 + Redline cfsc full tank masih sisa 2 strip pas perjalanan pulang menurut saya irit
cara menghitung fuel cons gimana ya gan?
untuk remote keylessnya dapat 2 dan 2 2 nya cepat habis untuk baterainya, entah apa yang salah atau mungkin remotenya yang rusak, setiap 3 hari sekali ganti baterai remote, maks 1 minggu
untuk perawatan waktu pertama dapet langsung ganti semua cairan dan tune up, tapi masih ada sedikit gelitik dirpm 1700 an
untuk kaki-kaki kebetulan dapat unit yang perlu ganti support shock, sama sedikit basah untuk karet boot drive shaftnya dan sudah bunyi bletok saat belok full, belum diganti karena belum ada waktu untuk nungguin dibengkelnya
udah menginjak 5 bulan ini giliran kompresor ac ngorok, ini juga belum ane ganti karena ac masih dingin, dan sempet tanya di denso hargnya lumayan full sekalian ganti evap bisa kena 8-9 jt jadi nabung dulu biar nanti ganti sekalian
untuk mesin dan transmisi masih oke dan responsif, oli pakai motul htec 5w-30, atf pakai tmo
sebelumnya saat pertama dapet unit ganti pakai shell astra penguapan lumayan tinggi, ganti motul udah jalan 1500km cek dipstick masih di posisi F
coolant pakai tmo 30/70 cek rutin 1 minggu sekali direservoir ga berkurang
untuk socket-socket ini mobil karena sudah umur jadi banyak yang getas, jadi mau sekalian tanya disini untuk socket koil dan injektor apa bisa hanya diganti socketnya aja
ban pakai champiro eco masih standar 185/60 R15 , menurut saya berisik, rencana nabung pengin ganti yang senyap apa ya barangkali suhu disini ada rekomendasi
overall untuk mobil nyaman dan low maintenance![]()

Sebelumnya saya juga sempet lumayan lama pakai sodaranya yg sedan, jadi sedikit hapal lah gimana ngerawat mobil ini

- Cara hitung Fuel Cons
MID mobil ini lumayan akurat sih om.. kalau mau lebih akurat ya full to full om (Km Akhir Isi Full - Km Awal Isi Full)/Liter Pengisian Akhir
- Untuk remote Keyless nya saya lihat ini mirip dengan Nav1 saya, ada kemungkinan itu dapet batere yg KW atau Palsu juga om krn cepat bgt habisnya. di Nav1 saya sih sekitar 8 bulanan udah habis lagi itu batre keyless, kayanya dapet batere palsu juga

- Untuk kaki-kaki support shock, kalau pakai orinya mahal banget itu sekitar 800an/pcs

Kalau berdasarkan pengalaman saya, pakai RBI aja om sekitar 200an per pcs, jangan pakai RC krn ga awet bgt padahal harganya ga jauh juga dengan RBI. jangan lupa ganti bearing supportnya juga, murah sih ini mah yg ori juga..
Untuk boot drive shaft bisa pakai Seiken ataupun RBI om harganya lumayan terjangkau. tapi cek juga sih itu kondisi CV Jointnya kalau pas belok sudah bunyi.. mungkin cek komponen kaki2 lainnya juga om, biasanya udah harus rekondisi juga.. kalau saya pribadi sih pakainya kombinasi produk 555 dan Aisin, untuk karet bushing pakai RBI

- untuk kompresor AC terakhir juga di Vios sama mulai ada bunyi desingan halus terus agak lama dingin kalau kondisi udara panas bgt, padahal sudah diflushing juga. saya diemin sih sampe dijual, soalnya kalau ganti semua Evap Kompresor lumayan ya, saran saya kalau mau agak murah cari spesialis AC yg terpercaya om. Kalau di Denso mah ya pasti mahal, di Frigia sini dulu flushing Ertiga aja biayanya 1,2jt hahaha
- oli betul pakai 5W-30 aja om, kalau saya sih dalam 5000Km biasanya nambah sekitar 500-700ml. untuk mesin udh mau 190rb Km sih masih acceptable lah ya

- coolant saya sendiri pakai TMO yg SLLC Pink 50/50 ganti setiap 2 tahun om. paling ganti radiator cap aja, harganya juga murah maks 50ribuan yg Denso.
- Socket2 di ruang mesin ya begitulah om


kalau mau belinya yg set soket dan sekun belum terpasang, jgn yg sudah terpasang kabel om seperti ini
https://tokopedia.link/ESSZaGoozNb
- kalau Ban pengalaman saya yg cukup senyap sih Dunlop LM705 om. Terakhir sih ganti dulu 2 ban pakai Goodyear Assurance Maxguard, masih kalah senyap dibanding LM. bisa coba juga BFGoodrich Advantage Touring atau kalau masih ada stok bisa cari Continental CC6 atau CC7. Setahu saya harganya di range under 1jt semua.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
thx om ngumpulin budget dulusuketcell wrote: Wed Oct 09, 2024 6:21Mantab om...galihb wrote: Wed Oct 09, 2024 1:42alhamdulillah nyaman untuk kendaraannya dibanding lcgc yang dulu sempet jadi incaran jugaGreenhunter wrote: Mon Sep 16, 2024 0:58
Selamat mobil barunya, sudah 2 bulan pakai bagaimana impresinya bang Galih ? Anak istri dan mobilnya sdh diajak jalan ke mana aja ?
pernah dibawa bandung isi mobil gasoline 92 + Redline cfsc full tank masih sisa 2 strip pas perjalanan pulang menurut saya irit
cara menghitung fuel cons gimana ya gan?
untuk remote keylessnya dapat 2 dan 2 2 nya cepat habis untuk baterainya, entah apa yang salah atau mungkin remotenya yang rusak, setiap 3 hari sekali ganti baterai remote, maks 1 minggu
untuk perawatan waktu pertama dapet langsung ganti semua cairan dan tune up, tapi masih ada sedikit gelitik dirpm 1700 an
untuk kaki-kaki kebetulan dapat unit yang perlu ganti support shock, sama sedikit basah untuk karet boot drive shaftnya dan sudah bunyi bletok saat belok full, belum diganti karena belum ada waktu untuk nungguin dibengkelnya
udah menginjak 5 bulan ini giliran kompresor ac ngorok, ini juga belum ane ganti karena ac masih dingin, dan sempet tanya di denso hargnya lumayan full sekalian ganti evap bisa kena 8-9 jt jadi nabung dulu biar nanti ganti sekalian
untuk mesin dan transmisi masih oke dan responsif, oli pakai motul htec 5w-30, atf pakai tmo
sebelumnya saat pertama dapet unit ganti pakai shell astra penguapan lumayan tinggi, ganti motul udah jalan 1500km cek dipstick masih di posisi F
coolant pakai tmo 30/70 cek rutin 1 minggu sekali direservoir ga berkurang
untuk socket-socket ini mobil karena sudah umur jadi banyak yang getas, jadi mau sekalian tanya disini untuk socket koil dan injektor apa bisa hanya diganti socketnya aja
ban pakai champiro eco masih standar 185/60 R15 , menurut saya berisik, rencana nabung pengin ganti yang senyap apa ya barangkali suhu disini ada rekomendasi
overall untuk mobil nyaman dan low maintenance![]()
Kalo ngitung FC, saya biasanya sih pake metode full to full, lebih akurat....
Buat ban, mbah2 disini seringnya nyaranin : hankook, bfgoodrich, GY ATM2, michelin...
![]()


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
thx om sharingnyaazu wrote: Thu Oct 10, 2024 2:51Selamat mobil barunya omgalihb wrote: Wed Oct 09, 2024 1:42
alhamdulillah nyaman untuk kendaraannya dibanding lcgc yang dulu sempet jadi incaran juga
pernah dibawa bandung isi mobil gasoline 92 + Redline cfsc full tank masih sisa 2 strip pas perjalanan pulang menurut saya irit
cara menghitung fuel cons gimana ya gan?
untuk remote keylessnya dapat 2 dan 2 2 nya cepat habis untuk baterainya, entah apa yang salah atau mungkin remotenya yang rusak, setiap 3 hari sekali ganti baterai remote, maks 1 minggu
untuk perawatan waktu pertama dapet langsung ganti semua cairan dan tune up, tapi masih ada sedikit gelitik dirpm 1700 an
untuk kaki-kaki kebetulan dapat unit yang perlu ganti support shock, sama sedikit basah untuk karet boot drive shaftnya dan sudah bunyi bletok saat belok full, belum diganti karena belum ada waktu untuk nungguin dibengkelnya
udah menginjak 5 bulan ini giliran kompresor ac ngorok, ini juga belum ane ganti karena ac masih dingin, dan sempet tanya di denso hargnya lumayan full sekalian ganti evap bisa kena 8-9 jt jadi nabung dulu biar nanti ganti sekalian
untuk mesin dan transmisi masih oke dan responsif, oli pakai motul htec 5w-30, atf pakai tmo
sebelumnya saat pertama dapet unit ganti pakai shell astra penguapan lumayan tinggi, ganti motul udah jalan 1500km cek dipstick masih di posisi F
coolant pakai tmo 30/70 cek rutin 1 minggu sekali direservoir ga berkurang
untuk socket-socket ini mobil karena sudah umur jadi banyak yang getas, jadi mau sekalian tanya disini untuk socket koil dan injektor apa bisa hanya diganti socketnya aja
ban pakai champiro eco masih standar 185/60 R15 , menurut saya berisik, rencana nabung pengin ganti yang senyap apa ya barangkali suhu disini ada rekomendasi
overall untuk mobil nyaman dan low maintenance![]()
![]()
Sebelumnya saya juga sempet lumayan lama pakai sodaranya yg sedan, jadi sedikit hapal lah gimana ngerawat mobil ini![]()
- Cara hitung Fuel Cons
MID mobil ini lumayan akurat sih om.. kalau mau lebih akurat ya full to full om (Km Akhir Isi Full - Km Awal Isi Full)/Liter Pengisian Akhir
- Untuk remote Keyless nya saya lihat ini mirip dengan Nav1 saya, ada kemungkinan itu dapet batere yg KW atau Palsu juga om krn cepat bgt habisnya. di Nav1 saya sih sekitar 8 bulanan udah habis lagi itu batre keyless, kayanya dapet batere palsu juga![]()
- Untuk kaki-kaki support shock, kalau pakai orinya mahal banget itu sekitar 800an/pcs![]()
Kalau berdasarkan pengalaman saya, pakai RBI aja om sekitar 200an per pcs, jangan pakai RC krn ga awet bgt padahal harganya ga jauh juga dengan RBI. jangan lupa ganti bearing supportnya juga, murah sih ini mah yg ori juga..
Untuk boot drive shaft bisa pakai Seiken ataupun RBI om harganya lumayan terjangkau. tapi cek juga sih itu kondisi CV Jointnya kalau pas belok sudah bunyi.. mungkin cek komponen kaki2 lainnya juga om, biasanya udah harus rekondisi juga.. kalau saya pribadi sih pakainya kombinasi produk 555 dan Aisin, untuk karet bushing pakai RBI![]()
- untuk kompresor AC terakhir juga di Vios sama mulai ada bunyi desingan halus terus agak lama dingin kalau kondisi udara panas bgt, padahal sudah diflushing juga. saya diemin sih sampe dijual, soalnya kalau ganti semua Evap Kompresor lumayan ya, saran saya kalau mau agak murah cari spesialis AC yg terpercaya om. Kalau di Denso mah ya pasti mahal, di Frigia sini dulu flushing Ertiga aja biayanya 1,2jt hahaha
- oli betul pakai 5W-30 aja om, kalau saya sih dalam 5000Km biasanya nambah sekitar 500-700ml. untuk mesin udh mau 190rb Km sih masih acceptable lah ya![]()
- coolant saya sendiri pakai TMO yg SLLC Pink 50/50 ganti setiap 2 tahun om. paling ganti radiator cap aja, harganya juga murah maks 50ribuan yg Denso.
- Socket2 di ruang mesin ya begitulah omsaya juga pengennya ganti soket, tapi kalau untuk koil dan TB rasanya kok belum berani crimping sendiri
![]()
kalau mau belinya yg set soket dan sekun belum terpasang, jgn yg sudah terpasang kabel om seperti ini
https://tokopedia.link/ESSZaGoozNb
- kalau Ban pengalaman saya yg cukup senyap sih Dunlop LM705 om. Terakhir sih ganti dulu 2 ban pakai Goodyear Assurance Maxguard, masih kalah senyap dibanding LM. bisa coba juga BFGoodrich Advantage Touring atau kalau masih ada stok bisa cari Continental CC6 atau CC7. Setahu saya harganya di range under 1jt semua.

haruskah kalau ganti support shock ganti bearingnya om
btw untuk baterai remote ada link pembelian om, atau beli di beres?
5000 km itu sampai 6 bulan atau lebih om, btw dulu pakai oli apa
untuk socketnya aja yang diganti bisa tidak ya, kabel dan skun bawaan ori nya
sempet waktu udah bunyi kompresor ac mau diflushing tp kata bengkel ac sudah telat karena sudah bunyi, harusnya rutin setiap 1 tahun sekali flushing ac, btw didaerah ane flushing ac 300-400k
untuk ban belum coba cek stock disini, karena budget belum cukup jadi belum berani

thx

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
Kalau ganti support shock, saran saya sekalian bearingnya juga om. Karena bongkarnya sekalian dan harusnya sih umur pakai komponen tsb sama ya.galihb wrote: Fri Oct 11, 2024 15:32thx om sharingnyaazu wrote: Thu Oct 10, 2024 2:51
Selamat mobil barunya om![]()
Sebelumnya saya juga sempet lumayan lama pakai sodaranya yg sedan, jadi sedikit hapal lah gimana ngerawat mobil ini![]()
- Cara hitung Fuel Cons
MID mobil ini lumayan akurat sih om.. kalau mau lebih akurat ya full to full om (Km Akhir Isi Full - Km Awal Isi Full)/Liter Pengisian Akhir
- Untuk remote Keyless nya saya lihat ini mirip dengan Nav1 saya, ada kemungkinan itu dapet batere yg KW atau Palsu juga om krn cepat bgt habisnya. di Nav1 saya sih sekitar 8 bulanan udah habis lagi itu batre keyless, kayanya dapet batere palsu juga![]()
- Untuk kaki-kaki support shock, kalau pakai orinya mahal banget itu sekitar 800an/pcs![]()
Kalau berdasarkan pengalaman saya, pakai RBI aja om sekitar 200an per pcs, jangan pakai RC krn ga awet bgt padahal harganya ga jauh juga dengan RBI. jangan lupa ganti bearing supportnya juga, murah sih ini mah yg ori juga..
Untuk boot drive shaft bisa pakai Seiken ataupun RBI om harganya lumayan terjangkau. tapi cek juga sih itu kondisi CV Jointnya kalau pas belok sudah bunyi.. mungkin cek komponen kaki2 lainnya juga om, biasanya udah harus rekondisi juga.. kalau saya pribadi sih pakainya kombinasi produk 555 dan Aisin, untuk karet bushing pakai RBI![]()
- untuk kompresor AC terakhir juga di Vios sama mulai ada bunyi desingan halus terus agak lama dingin kalau kondisi udara panas bgt, padahal sudah diflushing juga. saya diemin sih sampe dijual, soalnya kalau ganti semua Evap Kompresor lumayan ya, saran saya kalau mau agak murah cari spesialis AC yg terpercaya om. Kalau di Denso mah ya pasti mahal, di Frigia sini dulu flushing Ertiga aja biayanya 1,2jt hahaha
- oli betul pakai 5W-30 aja om, kalau saya sih dalam 5000Km biasanya nambah sekitar 500-700ml. untuk mesin udh mau 190rb Km sih masih acceptable lah ya![]()
- coolant saya sendiri pakai TMO yg SLLC Pink 50/50 ganti setiap 2 tahun om. paling ganti radiator cap aja, harganya juga murah maks 50ribuan yg Denso.
- Socket2 di ruang mesin ya begitulah omsaya juga pengennya ganti soket, tapi kalau untuk koil dan TB rasanya kok belum berani crimping sendiri
![]()
kalau mau belinya yg set soket dan sekun belum terpasang, jgn yg sudah terpasang kabel om seperti ini
https://tokopedia.link/ESSZaGoozNb
- kalau Ban pengalaman saya yg cukup senyap sih Dunlop LM705 om. Terakhir sih ganti dulu 2 ban pakai Goodyear Assurance Maxguard, masih kalah senyap dibanding LM. bisa coba juga BFGoodrich Advantage Touring atau kalau masih ada stok bisa cari Continental CC6 atau CC7. Setahu saya harganya di range under 1jt semua.![]()
haruskah kalau ganti support shock ganti bearingnya om
btw untuk baterai remote ada link pembelian om, atau beli di beres?
5000 km itu sampai 6 bulan atau lebih om, btw dulu pakai oli apa
untuk socketnya aja yang diganti bisa tidak ya, kabel dan skun bawaan ori nya
sempet waktu udah bunyi kompresor ac mau diflushing tp kata bengkel ac sudah telat karena sudah bunyi, harusnya rutin setiap 1 tahun sekali flushing ac, btw didaerah ane flushing ac 300-400k
untuk ban belum coba cek stock disini, karena budget belum cukup jadi belum berani![]()
thx![]()
Kalau baterai remote sampai sekarang saya belum dpt yg bisa dibilang 100% asli utk Batere CR1620

Kalau oli sih macem2 om, terakhir pakai Kixx ganti di 6rb Km dan rasanya sih sebenernya masih enak. Minggu kemaren baru gantiin kakak pakainya Petronas Syntium 3100XS yg murmer aja

Pengalaman saya di kelistrikan, kalau ganti soket sekunnya harus ganti juga karena biasanya si pengunci di sekunnya rusak itu pas ngelepas dari soket lamanya

Kalau AC sih perawatannya lebih ke ganti filter rutin ya.. Sama kalau servis ac pastiin bengkelnya terpercaya, karena bengkel AC lebih banyak yg ga benernya daripada yg bener mirip2 bengkel kaki2

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
galihb wrote: Fri Oct 11, 2024 15:32thx om sharingnyaazu wrote: Thu Oct 10, 2024 2:51Selamat mobil barunya omgalihb wrote: Wed Oct 09, 2024 1:42
alhamdulillah nyaman untuk kendaraannya dibanding lcgc yang dulu sempet jadi incaran juga
pernah dibawa bandung isi mobil gasoline 92 + Redline cfsc full tank masih sisa 2 strip pas perjalanan pulang menurut saya irit
cara menghitung fuel cons gimana ya gan?
untuk remote keylessnya dapat 2 dan 2 2 nya cepat habis untuk baterainya, entah apa yang salah atau mungkin remotenya yang rusak, setiap 3 hari sekali ganti baterai remote, maks 1 minggu
untuk perawatan waktu pertama dapet langsung ganti semua cairan dan tune up, tapi masih ada sedikit gelitik dirpm 1700 an
untuk kaki-kaki kebetulan dapat unit yang perlu ganti support shock, sama sedikit basah untuk karet boot drive shaftnya dan sudah bunyi bletok saat belok full, belum diganti karena belum ada waktu untuk nungguin dibengkelnya
udah menginjak 5 bulan ini giliran kompresor ac ngorok, ini juga belum ane ganti karena ac masih dingin, dan sempet tanya di denso hargnya lumayan full sekalian ganti evap bisa kena 8-9 jt jadi nabung dulu biar nanti ganti sekalian
untuk mesin dan transmisi masih oke dan responsif, oli pakai motul htec 5w-30, atf pakai tmo
sebelumnya saat pertama dapet unit ganti pakai shell astra penguapan lumayan tinggi, ganti motul udah jalan 1500km cek dipstick masih di posisi F
coolant pakai tmo 30/70 cek rutin 1 minggu sekali direservoir ga berkurang
untuk socket-socket ini mobil karena sudah umur jadi banyak yang getas, jadi mau sekalian tanya disini untuk socket koil dan injektor apa bisa hanya diganti socketnya aja
ban pakai champiro eco masih standar 185/60 R15 , menurut saya berisik, rencana nabung pengin ganti yang senyap apa ya barangkali suhu disini ada rekomendasi
overall untuk mobil nyaman dan low maintenance![]()
![]()
Sebelumnya saya juga sempet lumayan lama pakai sodaranya yg sedan, jadi sedikit hapal lah gimana ngerawat mobil ini![]()
- Cara hitung Fuel Cons
MID mobil ini lumayan akurat sih om.. kalau mau lebih akurat ya full to full om (Km Akhir Isi Full - Km Awal Isi Full)/Liter Pengisian Akhir
- Untuk remote Keyless nya saya lihat ini mirip dengan Nav1 saya, ada kemungkinan itu dapet batere yg KW atau Palsu juga om krn cepat bgt habisnya. di Nav1 saya sih sekitar 8 bulanan udah habis lagi itu batre keyless, kayanya dapet batere palsu juga![]()
- Untuk kaki-kaki support shock, kalau pakai orinya mahal banget itu sekitar 800an/pcs![]()
Kalau berdasarkan pengalaman saya, pakai RBI aja om sekitar 200an per pcs, jangan pakai RC krn ga awet bgt padahal harganya ga jauh juga dengan RBI. jangan lupa ganti bearing supportnya juga, murah sih ini mah yg ori juga..
Untuk boot drive shaft bisa pakai Seiken ataupun RBI om harganya lumayan terjangkau. tapi cek juga sih itu kondisi CV Jointnya kalau pas belok sudah bunyi.. mungkin cek komponen kaki2 lainnya juga om, biasanya udah harus rekondisi juga.. kalau saya pribadi sih pakainya kombinasi produk 555 dan Aisin, untuk karet bushing pakai RBI![]()
- untuk kompresor AC terakhir juga di Vios sama mulai ada bunyi desingan halus terus agak lama dingin kalau kondisi udara panas bgt, padahal sudah diflushing juga. saya diemin sih sampe dijual, soalnya kalau ganti semua Evap Kompresor lumayan ya, saran saya kalau mau agak murah cari spesialis AC yg terpercaya om. Kalau di Denso mah ya pasti mahal, di Frigia sini dulu flushing Ertiga aja biayanya 1,2jt hahaha
- oli betul pakai 5W-30 aja om, kalau saya sih dalam 5000Km biasanya nambah sekitar 500-700ml. untuk mesin udh mau 190rb Km sih masih acceptable lah ya![]()
- coolant saya sendiri pakai TMO yg SLLC Pink 50/50 ganti setiap 2 tahun om. paling ganti radiator cap aja, harganya juga murah maks 50ribuan yg Denso.
- Socket2 di ruang mesin ya begitulah omsaya juga pengennya ganti soket, tapi kalau untuk koil dan TB rasanya kok belum berani crimping sendiri
![]()
kalau mau belinya yg set soket dan sekun belum terpasang, jgn yg sudah terpasang kabel om seperti ini
https://tokopedia.link/ESSZaGoozNb
- kalau Ban pengalaman saya yg cukup senyap sih Dunlop LM705 om. Terakhir sih ganti dulu 2 ban pakai Goodyear Assurance Maxguard, masih kalah senyap dibanding LM. bisa coba juga BFGoodrich Advantage Touring atau kalau masih ada stok bisa cari Continental CC6 atau CC7. Setahu saya harganya di range under 1jt semua.![]()
haruskah kalau ganti support shock ganti bearingnya om
btw untuk baterai remote ada link pembelian om, atau beli di beres?
5000 km itu sampai 6 bulan atau lebih om, btw dulu pakai oli apa
untuk socketnya aja yang diganti bisa tidak ya, kabel dan skun bawaan ori nya
sempet waktu udah bunyi kompresor ac mau diflushing tp kata bengkel ac sudah telat karena sudah bunyi, harusnya rutin setiap 1 tahun sekali flushing ac, btw didaerah ane flushing ac 300-400k
untuk ban belum coba cek stock disini, karena budget belum cukup jadi belum berani![]()
thx![]()
Baterai bisa beli di internet bisa juga beli di toko jam om.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
ok om thanksazu wrote: Sun Oct 13, 2024 8:19Kalau ganti support shock, saran saya sekalian bearingnya juga om. Karena bongkarnya sekalian dan harusnya sih umur pakai komponen tsb sama ya.galihb wrote: Fri Oct 11, 2024 15:32thx om sharingnyaazu wrote: Thu Oct 10, 2024 2:51
Selamat mobil barunya om![]()
Sebelumnya saya juga sempet lumayan lama pakai sodaranya yg sedan, jadi sedikit hapal lah gimana ngerawat mobil ini![]()
- Cara hitung Fuel Cons
MID mobil ini lumayan akurat sih om.. kalau mau lebih akurat ya full to full om (Km Akhir Isi Full - Km Awal Isi Full)/Liter Pengisian Akhir
- Untuk remote Keyless nya saya lihat ini mirip dengan Nav1 saya, ada kemungkinan itu dapet batere yg KW atau Palsu juga om krn cepat bgt habisnya. di Nav1 saya sih sekitar 8 bulanan udah habis lagi itu batre keyless, kayanya dapet batere palsu juga![]()
- Untuk kaki-kaki support shock, kalau pakai orinya mahal banget itu sekitar 800an/pcs![]()
Kalau berdasarkan pengalaman saya, pakai RBI aja om sekitar 200an per pcs, jangan pakai RC krn ga awet bgt padahal harganya ga jauh juga dengan RBI. jangan lupa ganti bearing supportnya juga, murah sih ini mah yg ori juga..
Untuk boot drive shaft bisa pakai Seiken ataupun RBI om harganya lumayan terjangkau. tapi cek juga sih itu kondisi CV Jointnya kalau pas belok sudah bunyi.. mungkin cek komponen kaki2 lainnya juga om, biasanya udah harus rekondisi juga.. kalau saya pribadi sih pakainya kombinasi produk 555 dan Aisin, untuk karet bushing pakai RBI![]()
- untuk kompresor AC terakhir juga di Vios sama mulai ada bunyi desingan halus terus agak lama dingin kalau kondisi udara panas bgt, padahal sudah diflushing juga. saya diemin sih sampe dijual, soalnya kalau ganti semua Evap Kompresor lumayan ya, saran saya kalau mau agak murah cari spesialis AC yg terpercaya om. Kalau di Denso mah ya pasti mahal, di Frigia sini dulu flushing Ertiga aja biayanya 1,2jt hahaha
- oli betul pakai 5W-30 aja om, kalau saya sih dalam 5000Km biasanya nambah sekitar 500-700ml. untuk mesin udh mau 190rb Km sih masih acceptable lah ya![]()
- coolant saya sendiri pakai TMO yg SLLC Pink 50/50 ganti setiap 2 tahun om. paling ganti radiator cap aja, harganya juga murah maks 50ribuan yg Denso.
- Socket2 di ruang mesin ya begitulah omsaya juga pengennya ganti soket, tapi kalau untuk koil dan TB rasanya kok belum berani crimping sendiri
![]()
kalau mau belinya yg set soket dan sekun belum terpasang, jgn yg sudah terpasang kabel om seperti ini
https://tokopedia.link/ESSZaGoozNb
- kalau Ban pengalaman saya yg cukup senyap sih Dunlop LM705 om. Terakhir sih ganti dulu 2 ban pakai Goodyear Assurance Maxguard, masih kalah senyap dibanding LM. bisa coba juga BFGoodrich Advantage Touring atau kalau masih ada stok bisa cari Continental CC6 atau CC7. Setahu saya harganya di range under 1jt semua.![]()
haruskah kalau ganti support shock ganti bearingnya om
btw untuk baterai remote ada link pembelian om, atau beli di beres?
5000 km itu sampai 6 bulan atau lebih om, btw dulu pakai oli apa
untuk socketnya aja yang diganti bisa tidak ya, kabel dan skun bawaan ori nya
sempet waktu udah bunyi kompresor ac mau diflushing tp kata bengkel ac sudah telat karena sudah bunyi, harusnya rutin setiap 1 tahun sekali flushing ac, btw didaerah ane flushing ac 300-400k
untuk ban belum coba cek stock disini, karena budget belum cukup jadi belum berani![]()
thx![]()
Kalau baterai remote sampai sekarang saya belum dpt yg bisa dibilang 100% asli utk Batere CR1620paling nanti saya mau coba beli di toko jam yg lumayan gede aja
Kalau oli sih macem2 om, terakhir pakai Kixx ganti di 6rb Km dan rasanya sih sebenernya masih enak. Minggu kemaren baru gantiin kakak pakainya Petronas Syntium 3100XS yg murmer aja
Pengalaman saya di kelistrikan, kalau ganti soket sekunnya harus ganti juga karena biasanya si pengunci di sekunnya rusak itu pas ngelepas dari soket lamanya
Kalau AC sih perawatannya lebih ke ganti filter rutin ya.. Sama kalau servis ac pastiin bengkelnya terpercaya, karena bengkel AC lebih banyak yg ga benernya daripada yg bener mirip2 bengkel kaki2![]()

baterai beli online merk tidak terkenal dan murah sekalian beli 20 biji buat jaga-jaga
ada rencana next oli mau nyoba ganti petronas syntium 3000xs
setelah ane rasa kemahalan untuk motulnya kanyanya nambah dikit dapat Q8

untuk ac lagi coba cari bengkel yang kalo ganti part tersebut paling masuk harga dan prosedur penanganannya

untuk socket harus ganti skun berarti harus dicrimping ya om

coba cari tutorial di youtube dulu untuk ganti socketnya

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Wed Mar 27, 2024 2:41
- Location: Purwokerto
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
sudah beli online omHaiqalesha wrote: Sun Oct 13, 2024 9:50galihb wrote: Fri Oct 11, 2024 15:32thx om sharingnyaazu wrote: Thu Oct 10, 2024 2:51
Selamat mobil barunya om![]()
Sebelumnya saya juga sempet lumayan lama pakai sodaranya yg sedan, jadi sedikit hapal lah gimana ngerawat mobil ini![]()
- Cara hitung Fuel Cons
MID mobil ini lumayan akurat sih om.. kalau mau lebih akurat ya full to full om (Km Akhir Isi Full - Km Awal Isi Full)/Liter Pengisian Akhir
- Untuk remote Keyless nya saya lihat ini mirip dengan Nav1 saya, ada kemungkinan itu dapet batere yg KW atau Palsu juga om krn cepat bgt habisnya. di Nav1 saya sih sekitar 8 bulanan udah habis lagi itu batre keyless, kayanya dapet batere palsu juga![]()
- Untuk kaki-kaki support shock, kalau pakai orinya mahal banget itu sekitar 800an/pcs![]()
Kalau berdasarkan pengalaman saya, pakai RBI aja om sekitar 200an per pcs, jangan pakai RC krn ga awet bgt padahal harganya ga jauh juga dengan RBI. jangan lupa ganti bearing supportnya juga, murah sih ini mah yg ori juga..
Untuk boot drive shaft bisa pakai Seiken ataupun RBI om harganya lumayan terjangkau. tapi cek juga sih itu kondisi CV Jointnya kalau pas belok sudah bunyi.. mungkin cek komponen kaki2 lainnya juga om, biasanya udah harus rekondisi juga.. kalau saya pribadi sih pakainya kombinasi produk 555 dan Aisin, untuk karet bushing pakai RBI![]()
- untuk kompresor AC terakhir juga di Vios sama mulai ada bunyi desingan halus terus agak lama dingin kalau kondisi udara panas bgt, padahal sudah diflushing juga. saya diemin sih sampe dijual, soalnya kalau ganti semua Evap Kompresor lumayan ya, saran saya kalau mau agak murah cari spesialis AC yg terpercaya om. Kalau di Denso mah ya pasti mahal, di Frigia sini dulu flushing Ertiga aja biayanya 1,2jt hahaha
- oli betul pakai 5W-30 aja om, kalau saya sih dalam 5000Km biasanya nambah sekitar 500-700ml. untuk mesin udh mau 190rb Km sih masih acceptable lah ya![]()
- coolant saya sendiri pakai TMO yg SLLC Pink 50/50 ganti setiap 2 tahun om. paling ganti radiator cap aja, harganya juga murah maks 50ribuan yg Denso.
- Socket2 di ruang mesin ya begitulah omsaya juga pengennya ganti soket, tapi kalau untuk koil dan TB rasanya kok belum berani crimping sendiri
![]()
kalau mau belinya yg set soket dan sekun belum terpasang, jgn yg sudah terpasang kabel om seperti ini
https://tokopedia.link/ESSZaGoozNb
- kalau Ban pengalaman saya yg cukup senyap sih Dunlop LM705 om. Terakhir sih ganti dulu 2 ban pakai Goodyear Assurance Maxguard, masih kalah senyap dibanding LM. bisa coba juga BFGoodrich Advantage Touring atau kalau masih ada stok bisa cari Continental CC6 atau CC7. Setahu saya harganya di range under 1jt semua.![]()
haruskah kalau ganti support shock ganti bearingnya om
btw untuk baterai remote ada link pembelian om, atau beli di beres?
5000 km itu sampai 6 bulan atau lebih om, btw dulu pakai oli apa
untuk socketnya aja yang diganti bisa tidak ya, kabel dan skun bawaan ori nya
sempet waktu udah bunyi kompresor ac mau diflushing tp kata bengkel ac sudah telat karena sudah bunyi, harusnya rutin setiap 1 tahun sekali flushing ac, btw didaerah ane flushing ac 300-400k
untuk ban belum coba cek stock disini, karena budget belum cukup jadi belum berani![]()
thx![]()
Baterai bisa beli di internet bisa juga beli di toko jam om.
sekalian beli 20 biji buat jaga-jaga, sambil lihat 1 biji tahan berapa lama

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Butuh saran mobil bekas untuk mobil pertama
beli 20 banyak amat omgalihb wrote: Tue Oct 15, 2024 15:40
ok om thanks![]()
baterai beli online merk tidak terkenal dan murah sekalian beli 20 biji buat jaga-jaga
ada rencana next oli mau nyoba ganti petronas syntium 3000xs
setelah ane rasa kemahalan untuk motulnya kanyanya nambah dikit dapat Q8![]()
untuk ac lagi coba cari bengkel yang kalo ganti part tersebut paling masuk harga dan prosedur penanganannya![]()
untuk socket harus ganti skun berarti harus dicrimping ya om![]()
coba cari tutorial di youtube dulu untuk ganti socketnya![]()

untuk 1NZ ini saya akhirnya milih oli biasa tapi interval penggantian di max 5.000Km aja sih om

saya juga waktu itu pernah ke bengkel AC gara2 mulai ada bunyi dengung pelan gitu, vonisnya langsung ganti evaporator, kompresor, dan biayanya lumayan juga itu


betul om harus dicrimping, dan saat crimping sekun pakai seal karet juga untuk soket coil tuh. sejujurnya saya takut crimpingnya ga bagus kalau crimping sendiri, mana koil biasanya cukup sensitif dengan persoketan gini

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.