Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Coba pasang breath deflector atau pasang pinlock antifog om kalo buat antisipasi pengembunan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Iya, masalahnya ga semua kaca helm itu pinlock ready.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
hackers11 wrote: Fri Oct 27, 2023 16:17 Coba pasang breath deflector atau pasang pinlock antifog om kalo buat antisipasi pengembunan.
Nah itu dia ga semua helm pinlock ready. So far yg belum dicoba ya pakai wax di bagian dlm helmnya atau rain-x yg anti-rain (cm mihil) dan gatau bikin mata pedih atau engga
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Bener, tp kalo helm Masi 2-3 tahun apalagi KYT/ngk ada visor replacement biasanya yg support pinlock atau pinlock kw.
Dan pinlock kw juga ada yg stiker doang kok om, jadi ga perlu visor yg support.
Contoh.
https://tokopedia.link/mVeXT4eThEb
Dan pinlock kw juga ada yg stiker doang kok om, jadi ga perlu visor yg support.
Contoh.
https://tokopedia.link/mVeXT4eThEb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah trit
belakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya
? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari


mohon pencerahannya suhu2 dimari
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah tritbelakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya
? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?
tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Nah motor nubi sama nih kaya gini. Senapsaran juga soalnya kalo dibilang bocor alus lha wong ban dalemnya baru ganti kok. Udah nyoba pake nitro juga ga ngaruh banyak. Akhirnya yauda rajin2 nambah angin aja, sekalian kalo di awal bulan ane isi bensin di SPBU kerang soalnya ane dapet cashback 20% sebulan sekali kalo pake octo mobile, sekalian isi angin di kerang kan gratisdaimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah tritbelakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya
? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari

FYI kalo ane ban dalemnya pake IRC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Emangnya kalo pake ban dalem bibir sidewall ban luar dan bibir velg ngaruh?Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 4:25klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah tritbelakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya
? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?
tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
oh sorry, keskip.rakyatwkwkland wrote: Tue Dec 26, 2023 10:24Emangnya kalo pake ban dalem bibir sidewall ban luar dan bibir velg ngaruh?Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 4:25klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.daimler wrote: Tue Dec 26, 2023 2:40 Karena nubie bingung mau post di mana, sori sbelumnya kalo salah tritbelakangan hampir tiap hari ngantor pake motor, model ban masih blm tubeless kok tiap minggu berkurang 1~3 psi ya
? apakah normal itu atau ada bocor halus dr ban dalamnya?? usia bannya 1.5tahun, udh jalan skitar 8000km. soalnya dlu pakai mobil tiap hari biasanya tekanan ban berkurang 1~3 psi kurun waktunya 1bulan walo usianya dah 4thn lbih pemakaian skitar 15rb km rutenya sama, kalo cm 1minggu dipakai atau engga tekanannya ga berkurang.
mohon pencerahannya suhu2 dimari
coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?
tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.![]()
ini konteksnya klo ban tubeless
klo ban dalem emg cepet.
tapi gak pernah itung rate deflate nya brp banyak per minggu.
makanya sy gak pernah pakai ban dalam.
Pernah beli motor, dapat ban dalam, lgs sy ganti ke ban tubeless.
klo pengalaman pribadi, ban tubeless kondisinya spt itu.
bocornya halus di bibir velg, dan ternyata peyang dikit.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
nah iya mikirnya apa ban dalemnya bocor alus ya? tapi karena ada yg senasib udh ganti ban dalem ga ngaruh, diisi pk nitro ga ngaruh yahsudah rajin2 mantau dan dipompa dehrakyatwkwkland wrote: Tue Dec 26, 2023 10:23 Nah motor nubi sama nih kaya gini. Senapsaran juga soalnya kalo dibilang bocor alus lha wong ban dalemnya baru ganti kok. Udah nyoba pake nitro juga ga ngaruh banyak. Akhirnya yauda rajin2 nambah angin aja, sekalian kalo di awal bulan ane isi bensin di SPBU kerang soalnya ane dapet cashback 20% sebulan sekali kalo pake octo mobile, sekalian isi angin di kerang kan gratis![]()
FYI kalo ane ban dalemnya pake IRC


mungkin karena volume udara ban dalem cm bs nampung dikit ya dibanding tubeless atau ban mobil

ohya velgnya masih tipe ruji jd klo mau ganti tubeless mesti ganti velg tipe cw, yg rekomen aman no peyang2 apa ya suhu?
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenyaSuryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 10:30oh sorry, keskip.rakyatwkwkland wrote: Tue Dec 26, 2023 10:24Emangnya kalo pake ban dalem bibir sidewall ban luar dan bibir velg ngaruh?Suryaputra wrote: Tue Dec 26, 2023 4:25
klo tiap minggu, bisa jadi bocor alus di bibir sidewall yg ketemu sama bibir velg.
coba cek bibir velg nya, ada peyang atau dent gak?
tekanan ban motor hindari di bawah 30 psi,
klo di bawah itu, rentan bocor klo sering hantam lubang (pengalaman pribadi as biker).
krn impactnya bisa lgs kena ke bibir velg dan velg motor itu bibir velgnya lebih gampang dent.![]()
ini konteksnya klo ban tubeless
klo ban dalem emg cepet.
tapi gak pernah itung rate deflate nya brp banyak per minggu.
makanya sy gak pernah pakai ban dalam.
Pernah beli motor, dapat ban dalam, lgs sy ganti ke ban tubeless.
klo pengalaman pribadi, ban tubeless kondisinya spt itu.
bocornya halus di bibir velg, dan ternyata peyang dikit.![]()

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenyamau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornyaSuryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenyamau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph

Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Ngerirakyatwkwkland wrote: Wed Dec 27, 2023 11:53Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornyaSuryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenyamau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph![]()
Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta![]()
Amit2 klo meletus krn injek ranjau tu ban dalam ngerii.
Klo tubeless kan bertahap kempes nya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Hahaha iya mbah tobat dah besok2Suryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 12:32Ngerirakyatwkwkland wrote: Wed Dec 27, 2023 11:53Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornyaSuryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39
ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.
jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph![]()
Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta![]()
Amit2 klo meletus krn injek ranjau tu ban dalam ngerii.
Klo tubeless kan bertahap kempes nya![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
wah sama gan, klo di daerah ane ungaran atau pantura jg suga geber sampe 80, bahkan kadang 100 di speedonyarakyatwkwkland wrote: Wed Dec 27, 2023 11:53Naini alasan paling makesense. Kalo mau anginnya awet mungkin bener harus ganti velg kali ya? Cuma ane memang sengaja gamau ganti velg biar mempertahankan orisinalitas motornyaSuryaputra wrote: Wed Dec 27, 2023 2:39ban dalam itu lbh tipis, hanya karet, dan Tidak ada konstruksi plyester, nylon dan steel belt.daimler wrote: Wed Dec 27, 2023 1:40
nah iya mbah klo tubeless emg dlu sempet request ke bengkel mobil pas pasang ban baru bagian bibir velgnya diamplas, soalnya emg rawan bocor alus dr situ. cm kalo ban dalem ini kan harusnya engga ya, cm kok cepet amat deflatenyamau ganti tubeless, velgnya masih tipe ruji yg blm support ban tubeless.kudu ganti velgnya sekalian
jadi wajar lbh cepet kempes, karena pori2nya jg lbh banyak.
ditambah konstruksinya sendiri lemah, dan cocoknya buat dalam kota atau kecepatan rendah <50-60 kph![]()
Wah perkara kecepatan ane baru tahu itu. Selama ini kadang2 ini supra bappack ane geber sampe 80-90 kph juga, biasanya kalo lewat daerah yg kendaraannya memang cenderung kenceng2 kaya layang pasupati atau soetta![]()

memang ga rekomen sih velg ruji ban dalem geber di speed sgitu, cm katanya buat ngelewatin jalan jelek lbih aman pake ruji denger2

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Wed Dec 20, 2017 16:15
- Location: Bekasi
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
c*tx y om?solidgear wrote: Mon Jan 08, 2024 6:33 Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Wed Dec 20, 2017 16:15
- Location: Bekasi
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Abetull....satriakarisma wrote: Mon Jan 08, 2024 7:32c*tx y om?solidgear wrote: Mon Jan 08, 2024 6:33 Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
sipp ditunggu updatenya gan, keren jg kalo bisa sampe 3000 km. di motor bebek ogut aja yg kapasitas oli cm 0.8ltr beraninya cm 2000 km, di 1500 km dah engga enak pakai oli ptt, castrol ultimate 4t, oli diesel macem rimula 4x, delvac mxsolidgear wrote: Mon Jan 08, 2024 6:33 Nyobain oli lokal, yang infonya produksi di Indonesia dengan formulasi Kanada.
warananya merah, dan agak wangi mirip oli 2T, wangi strawberry
so far enak, akselerasi cukup oke, shifting mulus. Mau nyoba sampe 3000 km, kalo masih enak lanjut ke 5000.
basenya semi sintetik, per liter 80 ribuan, ada kemasan 0.8L, 1L
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
@VanzMatic Om, bedanya enduro matic dengan matic-s apaan yah?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Brio Satya 18
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Halo om om semua
Untuk mesin yamaha 125 blue core (fazzio) apakah aman pakai 5w40? Karena secara buku manual patokan nya 10w40.
Kalau bawaan kemarin dapat yamalube matic 10w40, saya drain di 2000km lalu ganti ke shell advance scooter 5w40.
Sejauh ini udah jalan 100 km oli shell advance scooter ini enak, tarikan lebih halus dan lebih jambak
Untuk mesin yamaha 125 blue core (fazzio) apakah aman pakai 5w40? Karena secara buku manual patokan nya 10w40.
Kalau bawaan kemarin dapat yamalube matic 10w40, saya drain di 2000km lalu ganti ke shell advance scooter 5w40.
Sejauh ini udah jalan 100 km oli shell advance scooter ini enak, tarikan lebih halus dan lebih jambak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Amanbloodwingg2 wrote: Mon Mar 11, 2024 9:28 Halo om om semua
Untuk mesin yamaha 125 blue core (fazzio) apakah aman pakai 5w40? Karena secara buku manual patokan nya 10w40.
Kalau bawaan kemarin dapat yamalube matic 10w40, saya drain di 2000km lalu ganti ke shell advance scooter 5w40.
Sejauh ini udah jalan 100 km oli shell advance scooter ini enak, tarikan lebih halus dan lebih jambak
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Siangg om om semua,
Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:
1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.
Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?
Mohon pencerahannya om2 semua
Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:
1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.
Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?
Mohon pencerahannya om2 semua
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Ganti oli gak masalah, gak perlu flushingchain90s wrote: Sun Mar 24, 2024 7:07 Siangg om om semua,
Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:
1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.
Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?
Mohon pencerahannya om2 semua
1. Bisa aja, tapi kyk luka di plester cuma temporary fix aja gak jadi bagus seperti semula
Kalo piston aus, oli yang terakhir² dipake mungkin jelek pelumasannya. Dulu dulu kan fine aja?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat May 27, 2023 14:20
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII
Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor
Hmm gitu ya om, ok deh tar THR klo ada sisa ane budgetin buat turun mesin (service berat) karena motor mungkin sudah capek hehesahabatq8 wrote: Sun Mar 24, 2024 7:32
Ganti oli gak masalah, gak perlu flushingchain90s wrote: Sun Mar 24, 2024 7:07 Siangg om om semua,
Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:
1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.
Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?
Mohon pencerahannya om2 semua
1. Bisa aja, tapi kyk luka di plester cuma temporary fix aja gak jadi bagus seperti semula
Kalo piston aus, oli yang terakhir² dipake mungkin jelek pelumasannya. Dulu dulu kan fine aja?
Nah niatnya om klo mesin udh sehat lagi ane tertarik pakai oli mobil 5W30 yg full sintetis. Itu utk daily 1500km / 3 bulan cukupan om? (Asumsi dengan 70% lancar 30% macet)