Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Butuh advice om-om dan teman-teman. Saya lagi bimbang untuk ngambil E39 atau W211, rencana nya mau untuk dipakai semi-daily (3-4x pemakaian seminggu). Untuk sekarang saya lagi peliara E30 dan baru ingin masuk ke ranah big sedan seperti E39 dan W211. Mungkin teman-teman yang sudah punya pengalaman dengan kedua mobil itu bisa share info dan pengalaman tentang daily maintenance, konsumsi bbm, dan common problem dengan dua mobil tersebut.
Dan salam kenal kepada semua nya karna ini post pertama saya di forum ini
Benernya E39 dan W211 beda generasi, tapi di masa2 itu sih belum ada perbedaan yg cukup berarti dari segi fitur, jadi menurut saya e39 ga kalah dibanding w211. Bokap pegang w211 dari 2007 dan cukup reliable, sampe sekitar taun 2019an mulai ada aneh2, dan berlanjut terus jadi banyak ngaconya haha. Mulai dari steering angle sensor, pompa bensin, power steering bocor, sampe yg paling parah ECU gosong haha. Yg versi prefacelift keluhannya remnya pake SBC, dan itu sering rusak. Kalo rusak mobil ga bisa ngerem. Dan yg saya ga suka dari w211 itu disetir kurang enak. Nyaman banget tapi agak2 kyk kapal kalo disetir karena saking empuknya.
E39 harus hati2 sama karat terutama di bagian pintu tangki bensin. Headlight juga pasti udah harus ganti karena umur segitu biasanya bowl udah gosong, dan kalo buka lampu e39 pasti ada yg patah, ga bisa dihindari, dan cari partnya susah. Kalo mesin sih cukup awet walaupun harus sering maintenance. Kalo saya pribadi sih lbh pilih E39 karena perawatan masih lebih gampang dan disetir msh lebih enak drpd w211 walaupun umurnya lebih tua. Tapi karena umur, ya pasti lbh banyak yg hrs dibenahi daripada w211.
farrelanz wrote: Sun Feb 04, 2024 17:13
Butuh advice om-om dan teman-teman. Saya lagi bimbang untuk ngambil E39 atau W211, rencana nya mau untuk dipakai semi-daily (3-4x pemakaian seminggu). Untuk sekarang saya lagi peliara E30 dan baru ingin masuk ke ranah big sedan seperti E39 dan W211. Mungkin teman-teman yang sudah punya pengalaman dengan kedua mobil itu bisa share info dan pengalaman tentang daily maintenance, konsumsi bbm, dan common problem dengan dua mobil tersebut.
Dan salam kenal kepada semua nya karna ini post pertama saya di forum ini
kalo saya tergantung kebutuhan, kl dah biasa sm e30, better ke e39 aja, driving feel, tarikan sm handlingnya lebih enak daripada w211 , w211 unggul di kenyamanan sm bantingan suspensi yg lebih empuk. kalo daily maintenance, gabakal jauh beda sm e30 , paling e39 lebih mahal aja dibanding w211 setau saya ( kl sama2 di spesialis) , kalo konsumsi bbm jg mirip2 sepertinya. kl common problem saya kurang tau
sy udah bandingin head on W211 E280 temen back to back dengan 528 E39 saya sendiri. E280 W211 jelas lebih modern krn beda 1 generasi. transmisi canggih 7-speed.
tapi pertama ada preferensi berkendara seperti apa? krn jaman ini BMW-mercedes itu karakter nyetirnya beda total. E280 segimanapun powernya beda 30hp dgn E39, in actual E39 bisa terasa lebih kenceng karena gearingnya lebih agresif walau cuma 5-speed vs 7-speed. dipadu suspensi enak buat selap selip.
kalau W211 rasanya kenceng smooth buat jarak panjang. ya kalau E280 sepertinya oem sudah lebih ceper dari E240/E260 jadi lebih enak buat sruntulan tapi tetep set suspensinya lebih ke comfort. buat macet-macetan W211 akan lebih relax. setir lebih enteng juga. kebetulan setup temen saya pake velg oem 17" dan ban conti MC6.
dan biasa pegang E30, W211 akan terasa lebih less maintenance. cuma sekali lagi namanya mobil berusia. canggih canggihnya W211 juga melibatkan lebih banyak sensor elektronik dari E39.
E39 cenderung lebih ngga ribet sebenernya cuma usia nya gak bohong. part lebih murah juga. sejauh ini saya repot repotnya ke bengkel itu ngurusin barang kemakan usia sih. terakhir jajan radiator baru. sama ni mobil perlu proper parking space di rumah. ngga rekomen mobil diparkir kehujanan apalagi di bawah pohon. jalur airnya kalo tersumbat ranting pohon sering korban ECU dan kawan kawannya.
E39 type favorit 530i jelas tapi harga cenderung lebih tinggi. 525i atau 528i lebih worth it. cuma 528i model pre-LCI harus teliti cari barang.
sylar wrote: Thu Feb 08, 2024 19:14
Benernya E39 dan W211 beda generasi, tapi di masa2 itu sih belum ada perbedaan yg cukup berarti dari segi fitur, jadi menurut saya e39 ga kalah dibanding w211. Bokap pegang w211 dari 2007 dan cukup reliable, sampe sekitar taun 2019an mulai ada aneh2, dan berlanjut terus jadi banyak ngaconya haha. Mulai dari steering angle sensor, pompa bensin, power steering bocor, sampe yg paling parah ECU gosong haha. Yg versi prefacelift keluhannya remnya pake SBC, dan itu sering rusak. Kalo rusak mobil ga bisa ngerem. Dan yg saya ga suka dari w211 itu disetir kurang enak. Nyaman banget tapi agak2 kyk kapal kalo disetir karena saking empuknya.
E39 harus hati2 sama karat terutama di bagian pintu tangki bensin. Headlight juga pasti udah harus ganti karena umur segitu biasanya bowl udah gosong, dan kalo buka lampu e39 pasti ada yg patah, ga bisa dihindari, dan cari partnya susah. Kalo mesin sih cukup awet walaupun harus sering maintenance. Kalo saya pribadi sih lbh pilih E39 karena perawatan masih lebih gampang dan disetir msh lebih enak drpd w211 walaupun umurnya lebih tua. Tapi karena umur, ya pasti lbh banyak yg hrs dibenahi daripada w211.
Nah itu mas salah satu konsiderasi saya tadinya, W211 Facelift dari kebanyakan pengalaman orang cukup reliable. Tapi sekalinya kena problem bikin boncos
Last edited by farrelanz on Thu Mar 21, 2024 14:48, edited 1 time in total.
ChZ wrote: Fri Feb 09, 2024 2:37
sy udah bandingin head on W211 E280 temen back to back dengan 528 E39 saya sendiri. E280 W211 jelas lebih modern krn beda 1 generasi. transmisi canggih 7-speed.
tapi pertama ada preferensi berkendara seperti apa? krn jaman ini BMW-mercedes itu karakter nyetirnya beda total. E280 segimanapun powernya beda 30hp dgn E39, in actual E39 bisa terasa lebih kenceng karena gearingnya lebih agresif walau cuma 5-speed vs 7-speed. dipadu suspensi enak buat selap selip.
kalau W211 rasanya kenceng smooth buat jarak panjang. ya kalau E280 sepertinya oem sudah lebih ceper dari E240/E260 jadi lebih enak buat sruntulan tapi tetep set suspensinya lebih ke comfort. buat macet-macetan W211 akan lebih relax. setir lebih enteng juga. kebetulan setup temen saya pake velg oem 17" dan ban conti MC6.
dan biasa pegang E30, W211 akan terasa lebih less maintenance. cuma sekali lagi namanya mobil berusia. canggih canggihnya W211 juga melibatkan lebih banyak sensor elektronik dari E39.
E39 cenderung lebih ngga ribet sebenernya cuma usia nya gak bohong. part lebih murah juga. sejauh ini saya repot repotnya ke bengkel itu ngurusin barang kemakan usia sih. terakhir jajan radiator baru. sama ni mobil perlu proper parking space di rumah. ngga rekomen mobil diparkir kehujanan apalagi di bawah pohon. jalur airnya kalo tersumbat ranting pohon sering korban ECU dan kawan kawannya.
E39 type favorit 530i jelas tapi harga cenderung lebih tinggi. 525i atau 528i lebih worth it. cuma 528i model pre-LCI harus teliti cari barang.
Soal driving preference kayanya gabisa bohong om dari dulu kecantol sama BMW, mungkin karena belom pernah nyoba merk sebelah hahahaha. Untuk E39 saya lagi nyari yang 525i tapi barang nya cukup jarang ya om ketimbang 530i. Untuk 528i nya jujur menggiurkan tapi denger dari cerita orang2 suka bermasalah di overheat m52 nya ya om?
ChZ wrote: Fri Feb 09, 2024 2:37
sy udah bandingin head on W211 E280 temen back to back dengan 528 E39 saya sendiri. E280 W211 jelas lebih modern krn beda 1 generasi. transmisi canggih 7-speed.
tapi pertama ada preferensi berkendara seperti apa? krn jaman ini BMW-mercedes itu karakter nyetirnya beda total. E280 segimanapun powernya beda 30hp dgn E39, in actual E39 bisa terasa lebih kenceng karena gearingnya lebih agresif walau cuma 5-speed vs 7-speed. dipadu suspensi enak buat selap selip.
kalau W211 rasanya kenceng smooth buat jarak panjang. ya kalau E280 sepertinya oem sudah lebih ceper dari E240/E260 jadi lebih enak buat sruntulan tapi tetep set suspensinya lebih ke comfort. buat macet-macetan W211 akan lebih relax. setir lebih enteng juga. kebetulan setup temen saya pake velg oem 17" dan ban conti MC6.
dan biasa pegang E30, W211 akan terasa lebih less maintenance. cuma sekali lagi namanya mobil berusia. canggih canggihnya W211 juga melibatkan lebih banyak sensor elektronik dari E39.
E39 cenderung lebih ngga ribet sebenernya cuma usia nya gak bohong. part lebih murah juga. sejauh ini saya repot repotnya ke bengkel itu ngurusin barang kemakan usia sih. terakhir jajan radiator baru. sama ni mobil perlu proper parking space di rumah. ngga rekomen mobil diparkir kehujanan apalagi di bawah pohon. jalur airnya kalo tersumbat ranting pohon sering korban ECU dan kawan kawannya.
E39 type favorit 530i jelas tapi harga cenderung lebih tinggi. 525i atau 528i lebih worth it. cuma 528i model pre-LCI harus teliti cari barang.
Soal driving preference kayanya gabisa bohong om dari dulu kecantol sama BMW, mungkin karena belom pernah nyoba merk sebelah hahahaha. Untuk E39 saya lagi nyari yang 525i tapi barang nya cukup jarang ya om ketimbang 530i. Untuk 528i nya jujur menggiurkan tapi denger dari cerita orang2 suka bermasalah di overheat m52 nya ya om?
Gw pake 525i
Mau cobain? Heuheu kali gw khilaf, emang lagi wts santai jarang soalnya cuma keluar sebentar taon 2001 n pasca krismon duit masi dikit
Mau seri berapa kalo dah tua gini ya bisa overheat karena komponen2 dah uzur dan kadang ada yg fail perlu diganti
farrelanz wrote: Thu Mar 21, 2024 13:14
Soal driving preference kayanya gabisa bohong om dari dulu kecantol sama BMW, mungkin karena belom pernah nyoba merk sebelah hahahaha. Untuk E39 saya lagi nyari yang 525i tapi barang nya cukup jarang ya om ketimbang 530i. Untuk 528i nya jujur menggiurkan tapi denger dari cerita orang2 suka bermasalah di overheat m52 nya ya om?
M52 overheat? Obatnya udah banyak om. Visconya ganti electric aja. Trs thermostat ganti yg ngebukanya cepet dan tutup radiator ganti ke 140 kpa
Oiya dapet lsg ganti waterpump dan fanbelt aja kalo gak tau historynya. Dijamin aman.
525i muncul cuma bentaran soalnya om 2001-2002 deh. Abis itu adanya type 520 dan 530 langsung.
Di saya mayoritas masalah terkait umur sih banyakan. Radiator kemaren bocor gegara berkarat ganti full semua 3.4jt.
Sharing 9 taun pake e39 528i, sampai akhirnya digantikan X5..
Dulu mobil kedua setelah e46. e39 enak banget klo naik dr seri 3..
secara teknis/perawatan pasti udah byk di info sama suhu2 diatas. Pastiin aja MAF sama kabel td nya bagus biar berasa tenaga nya, bedanya jauh rasanya klo 2 komponen ini error. Saran sih ambil yg facelift, selain udah double vanos, bumper lebih kece, lampu depan belakang lebih seger, stir nya jg udah multifunction (kecuali yg 520i). Bensin 1:5-6 lukot waktu itu 1:10 an bekasi-jogja. Asik banget ni mobil buat nyikat tanjakan, nyalip dan nyaman bgt buat jarak jauh.
Klo w211 dulu pake e260. Ni mobil canggih, ada easy entry, model elegant, multifunction steer, tp ga puas sama karakter mesinnya, kaya diurut gitu enaknya, ga yg instan.
Tinggal kebutuhannya aja sih. nyaman kayanya sama, tenaga vote e39, image jelas e39 facelift buat ane, klo technology, perawatan sama durability vote w211 facelift, bensin kayanya iritan mercy deh.
e39 tiati di jalur buangan air nya suka mampet banyak sampah, plastik cover jok suka patah, bgitu jg printilan lain yg mulai kemakan usia (cover tempat koin, cup holder), lampu utama ga terang, irigasi di perhatiin jgn beli radiator kw buat ni mobil
W211 pre fl soal sbc, klo yg facelift ecu panggang karena diatas mesin. Sama aki secondary nya di cek. dulu cuma pake sebentar jd ga sempet trouble.
pengalaman beberapa tahun pake E39 FL, ini mobil semacam serigala berbulu domba, dengan body sebongsor itu tapi akselerasi dan spontan nya luar biasa, jadi beneran deh pabrikan kasih jargon "business athlete" sewaktu produksi E39.
kalau soal tampilan prferensi masing masing sih, tapi kalau lebih sporty jelas E39, kalau lebih elegan dadn "dewasa" ya W211.
kalau saya, di opsi terakhir pertimbangkan pajak ya , karena nampaknya 2 unit tersebut beda pajaknya jauh.