Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
eternorockstar wrote:bung penyu apa ga lebih enak dan lebih baik dicampur pakai avgas aja,kan ga perlu repot2 nyampur segala n biaya yg dikeluarkan jauh lebih hemat (denger2 1 liter avgas 'cuma' 20rb)
AVGAS (Aviation Gasoline) memang mempunyai Octane tinggi ... dalam kisaran RON100 ... namun disini masih mengadung campuran timbal pada batas-batas yang diperbolehkan ... namanya menjadi 100LL ... Gasoline RON 100 Low Lead (100LL). Yang kedua additive untuk AVGAS ini lebih banyak mengandung XYLENE yang memang cocok untuk mesin piston pesawat terbang yang pistonnya mempunyai BORE yang besar ... tujuannya bagus untuk CRUISING. Sedang untuk Boil kurang sesuai karena ukuran BORE piston untuk mesin boil adalah kecil ... terlebih lagi yang diutamakan adalah THROTTLE RESPONSE ... maka XYLENE gak sesuai untuk objektif seperti ini.
Kalaulah XYLENE ini mau dicampurkan ke ADONAN untuk MOGAS (Motor Gasoline) ... sah sah saja ... kagak dilarang ... cuman gak boleh terlalu banyak ... nanti Response Mesin jadi Lambat (gak Bagus) ... Mesti sedikit memberikan korban waktu untuk nyampur-nyampur sekiranya ingin mendapatkan yang OPTIMAL.
Misalnya saja .... 1750 cc Toluene + 100 cc Acetone + 100 cc ATF + 250 cc Xylene.
saya kemaren masukin boil kebengkel, ya overhoul, eh rupanya dibengkel itu nyimpen mesin 4G63T alias mesin buat EVO III (Turbo 2000cc), kabarnya di indo cuman ada 6 biji, salah satunya dibengkel itu, ... lama nggak dipakai bekas rally, body eterna. ada yg minat nggak hehehe....
mansetha wrote:saya kemaren masukin boil kebengkel, ya overhoul, eh rupanya dibengkel itu nyimpen mesin 4G63T alias mesin buat EVO III (Turbo 2000cc), kabarnya di indo cuman ada 6 biji, salah satunya dibengkel itu, ... lama nggak dipakai bekas rally, body eterna. ada yg minat nggak hehehe....
knp gak di ambil sampeyan pak? drpd overhoul yg biasanya makan biaya bnyk lebih baik swap aja pasti Mangstap!!!!
mansetha wrote:saya kemaren masukin boil kebengkel, ya overhoul, eh rupanya dibengkel itu nyimpen mesin 4G63T alias mesin buat EVO III (Turbo 2000cc), kabarnya di indo cuman ada 6 biji, salah satunya dibengkel itu, ... lama nggak dipakai bekas rally, body eterna. ada yg minat nggak hehehe....
knp gak di ambil sampeyan pak? drpd overhoul yg biasanya makan biaya bnyk lebih baik swap aja pasti Mangstap!!!!
utk pake harian nggak kuat bro, BBM nya tuh.... buat ngedrag tmp ane dah dilarang ... dikejer2 ompol (om pulisi), hehehe...
Mohon maaf klo sudah pernah dibahas sebelumnya. Saya punya crv 2003 a/t, karena saya termasuk awam (bego) dalam urusan mesin, selama ini cukup dipercayakan kepada bengkel resminya, namun kok hasil kerjanya kurang memuaskan... melalui forum ini, saya ingin menanyakan kenapa mesin crv saya ngelitik kalo digas ya terutama pada rpm rendah dan rpm tinggi... menurut analisa bengkel resmi dikarenakan masih ada sisa2 pembakaran bahan bakar yang lama (FYI, saya tadinya pengguna premium, dan sudah 3 bulan beralih ke shell super). Sudah bolak balik tuneup (ganti busi, ganti filter bensin dan udara), tetap nggak ada hasil, atau kalaupun ada hasil cuma bertahan 3 hari setelah itu kembali ngelitik. Dan konsumsi bahan bakar dalam kota Jakarta rata-rata 1:5.5.... ini irit atau boros? Kl boros, ada cara untuk mengatasinya? Mohon pencerahan para rekan senior...
bwidayatmo wrote:Mohon maaf klo sudah pernah dibahas sebelumnya. Saya punya crv 2003 a/t, karena saya termasuk awam (bego) dalam urusan mesin, selama ini cukup dipercayakan kepada bengkel resminya, namun kok hasil kerjanya kurang memuaskan... melalui forum ini, saya ingin menanyakan kenapa mesin crv saya ngelitik kalo digas ya terutama pada rpm rendah dan rpm tinggi... menurut analisa bengkel resmi dikarenakan masih ada sisa2 pembakaran bahan bakar yang lama (FYI, saya tadinya pengguna premium, dan sudah 3 bulan beralih ke shell super). Sudah bolak balik tuneup (ganti busi, ganti filter bensin dan udara), tetap nggak ada hasil, atau kalaupun ada hasil cuma bertahan 3 hari setelah itu kembali ngelitik. Dan konsumsi bahan bakar dalam kota Jakarta rata-rata 1:5.5.... ini irit atau boros? Kl boros, ada cara untuk mengatasinya? Mohon pencerahan para rekan senior...
Coba ganti Oxygen Sensornya (O2S) ... mudah-mudahan permasalahan akan selesai. Jika O2S nya ada dua (sebelum dan sesudah Catalytic COnverter) ... yang diganti O2S sebelum Catalytic COnverter.
bwidayatmo wrote:Mohon maaf klo sudah pernah dibahas sebelumnya. Saya punya crv 2003 a/t, karena saya termasuk awam (bego) dalam urusan mesin, selama ini cukup dipercayakan kepada bengkel resminya, namun kok hasil kerjanya kurang memuaskan... melalui forum ini, saya ingin menanyakan kenapa mesin crv saya ngelitik kalo digas ya terutama pada rpm rendah dan rpm tinggi... menurut analisa bengkel resmi dikarenakan masih ada sisa2 pembakaran bahan bakar yang lama (FYI, saya tadinya pengguna premium, dan sudah 3 bulan beralih ke shell super). Sudah bolak balik tuneup (ganti busi, ganti filter bensin dan udara), tetap nggak ada hasil, atau kalaupun ada hasil cuma bertahan 3 hari setelah itu kembali ngelitik. Dan konsumsi bahan bakar dalam kota Jakarta rata-rata 1:5.5.... ini irit atau boros? Kl boros, ada cara untuk mengatasinya? Mohon pencerahan para rekan senior...
Coba ganti Oxygen Sensornya (O2S) ... mudah-mudahan permasalahan akan selesai. Jika O2S nya ada dua (sebelum dan sesudah Catalytic COnverter) ... yang diganti O2S sebelum Catalytic COnverter.
Apakah penggantian O2S tsb harus dibarengi dengan tune up atau tanpa tune up? Dan apakah penggantian harus di bengkel resmi? Saya khawatir kalau di bengkel resmi nanti mereka gak ketrima diajarin....
Maaf, baru inget, apakah faktor dinamo ampere turut mempengaruhi ngelitik yang terjadi? Sekitar 4 bulanan lalu tanpa sebab yang jelas adik saya main ganti dinamo ampere yang standar bawaan dengan yang lebih gede amperenya tapi seken. Alasannya sih waktu itu cuma karena dia pasang power utk sound system, dan dikasih strobelight, takutnya kalo pake dinamo ampere yang standar takut gak kuat. Sekali lagi karena saya nggak ngerti yah cuma bisa manggut manggut aja... adik saya juga nggak tau sih, cuma sok tau aja...
Last edited by bwidayatmo on Tue Nov 13, 2007 11:29, edited 1 time in total.
bwidayatmo wrote:Mohon maaf klo sudah pernah dibahas sebelumnya. Saya punya crv 2003 a/t, karena saya termasuk awam (bego) dalam urusan mesin, selama ini cukup dipercayakan kepada bengkel resminya, namun kok hasil kerjanya kurang memuaskan... melalui forum ini, saya ingin menanyakan kenapa mesin crv saya ngelitik kalo digas ya terutama pada rpm rendah dan rpm tinggi... menurut analisa bengkel resmi dikarenakan masih ada sisa2 pembakaran bahan bakar yang lama (FYI, saya tadinya pengguna premium, dan sudah 3 bulan beralih ke shell super). Sudah bolak balik tuneup (ganti busi, ganti filter bensin dan udara), tetap nggak ada hasil, atau kalaupun ada hasil cuma bertahan 3 hari setelah itu kembali ngelitik. Dan konsumsi bahan bakar dalam kota Jakarta rata-rata 1:5.5.... ini irit atau boros? Kl boros, ada cara untuk mengatasinya? Mohon pencerahan para rekan senior...
Coba ganti Oxygen Sensornya (O2S) ... mudah-mudahan permasalahan akan selesai. Jika O2S nya ada dua (sebelum dan sesudah Catalytic COnverter) ... yang diganti O2S sebelum Catalytic COnverter.
Apakah penggantian O2S tsb harus dibarengi dengan tune up atau tanpa tune up? Dan apakah penggantian harus di bengkel resmi? Saya khawatir kalau di bengkel resmi nanti mereka gak ketrima diajarin....
Gak perlu di bengkel resmi ... cukup di bengkel knalpot ... Periksa dulu jumlah (tipe) kabel O2S nya ... 1 kabel ... atau 2 kabel ... atau 3 kabel ... atau 4 kabel ... untuk boil 2003 ... kelihatannya 4 kabel. Beli dari tipe yang sama ... mungkin Denso atau NGK ... mau ganti dengan merek BOSH pun bisa juga. Nggak perlu dibarengi dengan tune up dulu ... Check Konsumsi BBM setelah ganti O2S .... baru setelah itu langkah selanjutnya ... bersambung .... Oooh yaa sebelum lupa ... setelah ganti O2S yang baru ... reset dulu ECU nya ... cukup dengan melepas terminal negatif aki beberapa menit (5 menit) ... lalu pasang kembali ... atau supaya efisien pada saat pergantian O2S ... terminal negatif aki dilepas ... tapi jangan lupa masang lagi ... ntar gak bisa di start .... hehehehehhehee.
Siap pak PenyuTurbo.... terimakasih banyak atas sarannya... Saya coba dulu, perkembangan lebih lanjut saya 87 kan ke pak PenyuTurbo.... hhehehehhe.....
bwidayatmo wrote:Siap pak PenyuTurbo.... terimakasih banyak atas sarannya... Saya coba dulu, perkembangan lebih lanjut saya 87 kan ke pak PenyuTurbo.... hhehehehhe.....
Oleh karena O2S itu cukup mahal, cara yang paling murah adalah mengganti terlebih dahulu FUEL FILTER atau FUEL SCREEN ... Jika ... problem sudah selesai dengan cara murah ini ... O2S bisa ditangguhkan dulu ... sayang duit ... hehehehe ... gw selalu pakai cara yang paling murah dulu ... sebelum yang mahal.
tolong donk para member disini, mgkn bisa bantu2 kasih pencerahan ttg accetone dicampur ke premium
Kalo ga salah baca postingan dr member lain, takarannya 100ml accetone = 40liter bensin.
pertanyaan saya :
1. apa ada efek samping yg merugikan utk jangka panjang ?
2. takarannya apa sdh tepat ?
3. apa keuntungannya dicampur accetone ?
4. accetone dicampur seblon isi bensin atau sesudah ?
5. apabila campurnya seblon isi bensin, brp lama waktu toleransinya setelah accetone dimasukin ke tangki ? sejam ? setengah hari ? atau hrs langsung dicampur bensin?
terimakasih utk input anda semua
OOT : livina saya 1,5 AT bener2 boros yah. Mo ganti mobil tp dananya sdh kepake. 1liter : 7,5km skrg, pdhl saya ga kebut2in. Kecewa abis ama livina. Apa boleh buat, stuck deh ama nissan.
bwidayatmo wrote:Siap pak PenyuTurbo.... terimakasih banyak atas sarannya... Saya coba dulu, perkembangan lebih lanjut saya 87 kan ke pak PenyuTurbo.... hhehehehhe.....
Oleh karena O2S itu cukup mahal, cara yang paling murah adalah mengganti terlebih dahulu FUEL FILTER atau FUEL SCREEN ... Jika ... problem sudah selesai dengan cara murah ini ... O2S bisa ditangguhkan dulu ... sayang duit ... hehehehe ... gw selalu pakai cara yang paling murah dulu ... sebelum yang mahal.
Lapor pak, saat ini saya sedang di bengkel untuk penggantian O2S... hasil lebh ljt saya info lagi.
Pak PenyuTurbo,
Saya sudah ke 2 bengkel, bengkel knalpot dan bengkel resmi honda. Kok semuanya bilang CRV tahun 2003 / 2004 ndak ada O2S nya? Yang ada O2S-nya crv tahun 2005 ke atas... Gimana Pak?
Dan kata bengkel resminya klo ngelitik di crv itu kebanyakan yang diservis itu knock sensornya meskipun nggak ada kepastian juga.
Mohon arahan lebih lanjut pak....