BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
- Location: Indonesia
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Kalo ngobrol sama temen petrolhead sih sama sekali gak tertarik ev. Walaupun macam seal yg 3.8s, ktnya ga ada sensasinya, enak nissan gtr kemana2.
Tapi kalo obrol sama yg suka ev yah pasti anggep mesin ice kuno, polusi, berisik, getar2 sana sini, gak bisa instan, dll.
Intinya kalo saya liat, ice itu sdh mencapai tekonologi paling matangnya (mentok), sedangkan ev itu baru mulai dan masih berkembang. Kalau mau cari aman tetep pakai ice dulu sementara, lihat lagi perkembangan ev 2-3 thn kedepan hrsnya berubah lagi.
Tapi kalo obrol sama yg suka ev yah pasti anggep mesin ice kuno, polusi, berisik, getar2 sana sini, gak bisa instan, dll.
Intinya kalo saya liat, ice itu sdh mencapai tekonologi paling matangnya (mentok), sedangkan ev itu baru mulai dan masih berkembang. Kalau mau cari aman tetep pakai ice dulu sementara, lihat lagi perkembangan ev 2-3 thn kedepan hrsnya berubah lagi.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
2-3 thn gak cukupBpurna wrote: Thu Mar 07, 2024 8:09 Kalo ngobrol sama temen petrolhead sih sama sekali gak tertarik ev. Walaupun macam seal yg 3.8s, ktnya ga ada sensasinya, enak nissan gtr kemana2.
Tapi kalo obrol sama yg suka ev yah pasti anggep mesin ice kuno, polusi, berisik, getar2 sana sini, gak bisa instan, dll.
Intinya kalo saya liat, ice itu sdh mencapai tekonologi paling matangnya (mentok), sedangkan ev itu baru mulai dan masih berkembang. Kalau mau cari aman tetep pakai ice dulu sementara, lihat lagi perkembangan ev 2-3 thn kedepan hrsnya berubah lagi.
2 dekade sekalian
hahahaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
EV baru mulai gimana?Bpurna wrote: Thu Mar 07, 2024 8:09 Kalo ngobrol sama temen petrolhead sih sama sekali gak tertarik ev. Walaupun macam seal yg 3.8s, ktnya ga ada sensasinya, enak nissan gtr kemana2.
Tapi kalo obrol sama yg suka ev yah pasti anggep mesin ice kuno, polusi, berisik, getar2 sana sini, gak bisa instan, dll.
Intinya kalo saya liat, ice itu sdh mencapai tekonologi paling matangnya (mentok), sedangkan ev itu baru mulai dan masih berkembang. Kalau mau cari aman tetep pakai ice dulu sementara, lihat lagi perkembangan ev 2-3 thn kedepan hrsnya berubah lagi.
dari awal mobil lahir EV juga udah ada

EV dan ICE arah perkembangannya ya sama. paling gimana supaya larger motor gak membebani range terlalu banyak. battery mo kayak gimana sih. sama kan kyk gimana mesin 2500cc bensinnya bisa irit skrg ya 2500cc bisa 1:10 udah banyak.
mslhnya EV itu punya kurva efisiensi berbeda dgn ICE, dikasih beban dia langsung anjlok efisiensinya. mo dikembangin kayak gimanapun, ICE atau hybrid akan lebih feasible jika digunakan utk beban berat (tanjakan, heavy accel, towing, dll). hybrid bisa bagi beban dgn mesin ICE ketika penggunaan beban. tp balik lg : akhirnya kan pake bensin atau diesel, ujungnya iritnya ya mirip2 diesel juga makanya orang buat heavy load lebih suka pake diesel.
TLDR ; EV itu bukan next step perkembangan dari ICE. dia barang yang berbeda total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Maaf om, apa iya samseng ke geser oppo meneh? soalnya hp2 cokin yg baru2 udah pada kagak ada yg masukin flagship lagi, mgkn hanya oppo meneh yg ngetes dgn find x3 lipetnya, itupun dgn harga hampir 30 juta, rasa2nya org bakal beli samseng kalo keluarin duit 30 jt buat oppo meneh. macam xiomay sama vivo udah ngk ada lagi yg flagshipnya.Suryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 4:45 https://gs.statcounter.com/vendor-marke ... nesia/2023
Gadget Phone (indonesia market),
- Samsung mulai kegeser sama Oppo
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
mungkin market pie terbesar gadget itu, ada di seri low-midAsfur wrote: Thu Mar 07, 2024 8:43Maaf om, apa iya samseng ke geser oppo meneh? soalnya hp2 cokin yg baru2 udah pada kagak ada yg masukin flagship lagi, mgkn hanya oppo meneh yg ngetes dgn find x3 lipetnya, itupun dgn harga hampir 30 juta, rasa2nya org bakal beli samseng kalo keluarin duit 30 jt buat oppo meneh. macam xiomay sama vivo udah ngk ada lagi yg flagshipnya.Suryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 4:45 https://gs.statcounter.com/vendor-marke ... nesia/2023
Gadget Phone (indonesia market),
- Samsung mulai kegeser sama Oppo
![]()
klo low-mid, emg samsung ngos2an sih ngejer fitur nya Oppo
Klo top line, lbh sedikit yg pakai.
makanya ketika diaverage, ya Oppo cenderung bisa ngejer

ya sama aja ibarat Rakyat suatu negara, yg mayoritas penduduknya lbh butuh pemimpin yg bisa kasih makan gratis, dibanding pendidikan gratis dan fasilitas untuk mengembangkan SDM

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
- Location: KB
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 8:27 mslhnya EV itu punya kurva efisiensi berbeda dgn ICE, dikasih beban dia langsung anjlok efisiensinya. mo dikembangin kayak gimanapun, ICE atau hybrid akan lebih feasible jika digunakan utk beban berat (tanjakan, heavy accel, towing, dll). hybrid bisa bagi beban dgn mesin ICE ketika penggunaan beban. tp balik lg : akhirnya kan pake bensin atau diesel, ujungnya iritnya ya mirip2 diesel juga makanya orang buat heavy load lebih suka pake diesel.
Pak Chz benar, bisa ditonton di sini, belum lowbat pun computernya akan reduce power,
parameternya mungkin bisa karena suhu baterai,
ataupun logic computer nya yang demi jaga range.
Tetapi pandangan lain juga bisa bahwa EV ini cocok untuk di jakarta ataupun kota besar lain nya.
Dengan privileges:
Bebas ganjil genap
Pajak tahunan murah
Ga perlu antri spbu (di daerah rumah / tempat kerja saya selalu antri karena spbu nya kecil jadi akses masuk nya antri bareng semua)
Ditambah fitur2 dari mobilnya sendiri yang kalo di lihat dari price bracket nya, mopang terasa low value.
Jadi kalo mau bicara driving pleasure dan teknikalitas nya ICE > EV.
Tapi kalo peruntukan dalam kota, daily driving di kemacetan, saat ini chinese EV layak dipertimbangkan.
Pribadi saya tetap berharap mopang akan keluarin phev nya
rav4 phev, crv phev, prius phev
Seharga atto3 ataupun ya tambah dikit aja ya jangan banyak2

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Justru sehat mbah, jantung jd deg2an horror macem lg treadmillSuryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 8:04Lebih gak aman jantung klo macam gini mbah![]()
![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Kebanyakan liat orng2 pake hp flagship sih malah ke ipon yak, sunsang lebih jarang liat. Tp gatau sih angka penjualan pastinya brp. Logika ane orng2 pada sayang beli hp >20 jt tp interfacenya sama kayak hp 1 jutaan. Kalo ipon kan emang jual eksklusifitas sama brand imagenya. Jd mo tuh teknologi agak ketinggalan 1 langkah drpd sunsang tetep aja orng nyari ipon bwat social status CMIIWSuryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 9:11mungkin market pie terbesar gadget itu, ada di seri low-midAsfur wrote: Thu Mar 07, 2024 8:43Maaf om, apa iya samseng ke geser oppo meneh? soalnya hp2 cokin yg baru2 udah pada kagak ada yg masukin flagship lagi, mgkn hanya oppo meneh yg ngetes dgn find x3 lipetnya, itupun dgn harga hampir 30 juta, rasa2nya org bakal beli samseng kalo keluarin duit 30 jt buat oppo meneh. macam xiomay sama vivo udah ngk ada lagi yg flagshipnya.Suryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 4:45 https://gs.statcounter.com/vendor-marke ... nesia/2023
Gadget Phone (indonesia market),
- Samsung mulai kegeser sama Oppo
![]()
klo low-mid, emg samsung ngos2an sih ngejer fitur nya Oppo
Klo top line, lbh sedikit yg pakai.
makanya ketika diaverage, ya Oppo cenderung bisa ngejer
ya sama aja ibarat Rakyat suatu negara, yg mayoritas penduduknya lbh butuh pemimpin yg bisa kasih makan gratis, dibanding pendidikan gratis dan fasilitas untuk mengembangkan SDM![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
iphone exclusive.kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 9:58Kebanyakan liat orng2 pake hp flagship sih malah ke ipon yak, sunsang lebih jarang liat. Tp gatau sih angka penjualan pastinya brp. Logika ane orng2 pada sayang beli hp >20 jt tp interfacenya sama kayak hp 1 jutaan. Kalo ipon kan emang jual eksklusifitas sama brand imagenya. Jd mo tuh teknologi agak ketinggalan 1 langkah drpd sunsang tetep aja orng nyari ipon bwat social status CMIIWSuryaputra wrote: Thu Mar 07, 2024 9:11mungkin market pie terbesar gadget itu, ada di seri low-midAsfur wrote: Thu Mar 07, 2024 8:43
Maaf om, apa iya samseng ke geser oppo meneh? soalnya hp2 cokin yg baru2 udah pada kagak ada yg masukin flagship lagi, mgkn hanya oppo meneh yg ngetes dgn find x3 lipetnya, itupun dgn harga hampir 30 juta, rasa2nya org bakal beli samseng kalo keluarin duit 30 jt buat oppo meneh. macam xiomay sama vivo udah ngk ada lagi yg flagshipnya.
klo low-mid, emg samsung ngos2an sih ngejer fitur nya Oppo
Klo top line, lbh sedikit yg pakai.
makanya ketika diaverage, ya Oppo cenderung bisa ngejer
ya sama aja ibarat Rakyat suatu negara, yg mayoritas penduduknya lbh butuh pemimpin yg bisa kasih makan gratis, dibanding pendidikan gratis dan fasilitas untuk mengembangkan SDM![]()
jd "cenderung" lebih stabil performa OS + hardwarenya.
klo android kan bisa diperkosa ramai2 sm developer open source

pernah pakai iphone 5s dan 7, tapi ujungnya balik ke Samsung lagi.
lbh fleksibel dan luas aja, kmn2 enak

Samsung kameranya oversaturated.
iphone "apa adanya" skin tone dan warnanya.
Buat creative things, iphone lbh stabil, efisien dan luas editing curvenya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ITU 500jt di jepang juga mahal om harganya di atas hilux mau land cruiser juga RNDnya ud cuan emang mungkin mahal di material dll cuma tetep aja mobil tua dijual mahal itu kalo yotoya mau kan bisa di RND kek G wagen tampang doank tua bangka isinya masih muda semua interior, chasis mesin elektronik lah ini speedo aja baru taon ini di ganti sama panel ac dari jaman jebot gitu2x aja ,saking aja toyota ud keenakan jualan kek gitukendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 3:34 Ya iya lah gw kasih link harga di jepang, lu kan blg mo tua masih dijual mahal, dijual mahalnya gara2 apa dlu. Jgn lu pake harga disini yg uda kena skema pajak ga kira2 sama goreng2annya. Kalo mo pake harga disini jdnya mahal gara2 apa dlu nih? Gara2 emang nilai barangnya sendiri yg mahal apa gara2 masuk dari IU, cbu, kena skema pajak ga kira2 trus nambah gorengan lg?Lagian 490jt dpt hilux ya mending ambil LC lah gmn seh
![]()
Mobil tua kulitnya doang, jeroannya apa dlu bos? Ga liat apa tuh mesinnya apaan? Uda ga valid jg lu blg itu mbl tua. Wong jeroan sama ini itunya aja uda beda semua kok dari originalnya
Makanya gw blg sekali lg sblm nyerocos baca konteks pembicaraan orng dlu ngomongin apa jgn kaya kaset rombeng ngomong diulang-ulang. Fomo lah, homo lah, meledug lah, propaganda lah, kasi link meledug lah![]()
Orng jg ga sebego yg lu bilang beli barang gara2 foma-fomo doang, tiap orng punya kebutuhan yg beda. Lu ga pgn beli EV blm tentu orng lain harus sepemikiran sama loe, bisa aja dia punya kebutuhan dan pertimbangan yg beda. Jgn pake kacamata kuda makanya
Sekali lg gw blg, jgn flight of idea, kapan gw ngomong berharap harga EV bisa kuat?![]()

lah katanya yotoya kek nokia dikasih toyota baru yang lebih modern lebih refined malah milih toyota tua bangka mahal pulak

lagian gw ngomongin J70 konteksnya juga di pasaran luar ud mahal tua indent pula di indo mana ada kek gini pasarnya kan di ausie sama arab sono itu video kan cuma kasih liat aja itu mobil masih ada barunya dan harganya gak murah

oloe yakin bukan fomo??? gw belakangan si liatin banyak air ev km belom 10rb ud sliweran dijual dimana2x ntah ganti ev lagi atau kapok beli kopi pas charging kalo menurut kata dr mobil lagian bedanya sama espresso sih 70jtan masih enakan espresso bonus 2 pintu lagi minusnya espreso kebayar lah sama mines 70jtnya itu

loe gak ngomong harga ev bisa kuat tapi loe ngomong orang bakalan nerima kalo market mobilnya balakan jadi rongsok dan akhirnya gak ad valuenya gw kan cuma ngomong diluar aja banyak yang ngoceh2xnya EVnya jeblok parah pas dijual dan gw bilang jgn ngarep bisa tinggi

ini baru namanya mobil tua isi muda
lah ini apaan???


justru laku ya gara2 bapuknya ini gak rewel gampang di benerin gak banyak drama gak kayak yang diatas

pertaiin aja tuh pintu masih pake pintu tipis situ yakin lebih mili ini daripada hilux

mending beli ini murah meriah


bahkan rama rangga pickup aja lebih kerenan rangga

hp mana ada laku gara2x kek gitu

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Capek ah diskusi ama loe semua asumsi mulu.b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 10:15ITU 500jt di jepang juga mahal om harganya di atas hilux mau land cruiser juga RNDnya ud cuan emang mungkin mahal di material dll cuma tetep aja mobil tua dijual mahal itu kalo yotoya mau kan bisa di RND kek G wagen tampang doank tua bangka isinya masih muda semua interior, chasis mesin elektronik lah ini speedo aja baru taon ini di ganti sama panel ac dari jaman jebot gitu2x aja ,saking aja toyota ud keenakan jualan kek gitukendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 3:34 Ya iya lah gw kasih link harga di jepang, lu kan blg mo tua masih dijual mahal, dijual mahalnya gara2 apa dlu. Jgn lu pake harga disini yg uda kena skema pajak ga kira2 sama goreng2annya. Kalo mo pake harga disini jdnya mahal gara2 apa dlu nih? Gara2 emang nilai barangnya sendiri yg mahal apa gara2 masuk dari IU, cbu, kena skema pajak ga kira2 trus nambah gorengan lg?Lagian 490jt dpt hilux ya mending ambil LC lah gmn seh
![]()
Mobil tua kulitnya doang, jeroannya apa dlu bos? Ga liat apa tuh mesinnya apaan? Uda ga valid jg lu blg itu mbl tua. Wong jeroan sama ini itunya aja uda beda semua kok dari originalnya
Makanya gw blg sekali lg sblm nyerocos baca konteks pembicaraan orng dlu ngomongin apa jgn kaya kaset rombeng ngomong diulang-ulang. Fomo lah, homo lah, meledug lah, propaganda lah, kasi link meledug lah![]()
Orng jg ga sebego yg lu bilang beli barang gara2 foma-fomo doang, tiap orng punya kebutuhan yg beda. Lu ga pgn beli EV blm tentu orng lain harus sepemikiran sama loe, bisa aja dia punya kebutuhan dan pertimbangan yg beda. Jgn pake kacamata kuda makanya
Sekali lg gw blg, jgn flight of idea, kapan gw ngomong berharap harga EV bisa kuat?![]()
![]()
lah katanya yotoya kek nokia dikasih toyota baru yang lebih modern lebih refined malah milih toyota tua bangka mahal pulak![]()
lagian gw ngomongin J70 konteksnya juga di pasaran luar ud mahal tua indent pula di indo mana ada kek gini pasarnya kan di ausie sama arab sono itu video kan cuma kasih liat aja itu mobil masih ada barunya dan harganya gak murah![]()
oloe yakin bukan fomo??? gw belakangan si liatin banyak air ev km belom 10rb ud sliweran dijual dimana2x ntah ganti ev lagi atau kapok beli kopi pas charging kalo menurut kata dr mobil lagian bedanya sama espresso sih 70jtan masih enakan espresso bonus 2 pintu lagi minusnya espreso kebayar lah sama mines 70jtnya itu
![]()
loe gak ngomong harga ev bisa kuat tapi loe ngomong orang bakalan nerima kalo market mobilnya balakan jadi rongsok dan akhirnya gak ad valuenya gw kan cuma ngomong diluar aja banyak yang ngoceh2xnya EVnya jeblok parah pas dijual dan gw bilang jgn ngarep bisa tinggi![]()
ini baru namanya mobil tua isi muda
lah ini apaan???![]()
justru laku ya gara2 bapuknya ini gak rewel gampang di benerin gak banyak drama gak kayak yang diatas
pertaiin aja tuh pintu masih pake pintu tipis situ yakin lebih mili ini daripada hilux![]()
mending beli ini murah meriah![]()
bahkan rama rangga pickup aja lebih kerenan rangga![]()
hp mana ada laku gara2x kek gitu![]()
Air ev banyak dijual=fomo. Tau darimana ownernya ngejual gara2 fomo? Kalo gw liat di olx banyak avanza baru pd dijual bs jg gw bilang pd fomo? Apa loe double standar cuman EV doang yg dblg fomo? Punya data ga air ev yg dijual brp persen dari pembelian sampe loe bisa ngmng orng pd fomo doang? Standar loe blg orng fomo apa? Emang loe ngadain survey orng jual air ev gara2 pd fomo doang?
FJ70 masih dijual = masih laku, toyota gawsa RnD. Tau drmana loe dia ga RnD lg? Sasisnya sama persis plek kaya pertama toyota jual? Mesin jg sama persis? Mo blg mesin dipake di model laen jd gawsa rnd? Lah itu hilux jg sasis sebasis ma fortie, mesin jg sama. Sama dong gawsa Rnd mahal2.
FJ70 pd indent jg ga lu blg fomo tuh, giliran EV indent lu blg fomo. Jd parameter loe blg fomo apaan ya?

Orng luar pd ngoceh2 EV dijual nyungsep mana datanya? Brp persen dr pemilik EV yg ngeluh? Apa 1-2 orng doang ngoceh2 EV nyungsep harganya di internet lu asumsiin semua orng ngeluh? Blm tentu jg tuh orng punya EV beneran tp biasa lah koar2nya paling gede

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
loh di cungkok byd beneran dikomplen abis2an om....kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 10:58Capek ah diskusi ama loe semua asumsi mulu.b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 10:15ITU 500jt di jepang juga mahal om harganya di atas hilux mau land cruiser juga RNDnya ud cuan emang mungkin mahal di material dll cuma tetep aja mobil tua dijual mahal itu kalo yotoya mau kan bisa di RND kek G wagen tampang doank tua bangka isinya masih muda semua interior, chasis mesin elektronik lah ini speedo aja baru taon ini di ganti sama panel ac dari jaman jebot gitu2x aja ,saking aja toyota ud keenakan jualan kek gitukendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 3:34 Ya iya lah gw kasih link harga di jepang, lu kan blg mo tua masih dijual mahal, dijual mahalnya gara2 apa dlu. Jgn lu pake harga disini yg uda kena skema pajak ga kira2 sama goreng2annya. Kalo mo pake harga disini jdnya mahal gara2 apa dlu nih? Gara2 emang nilai barangnya sendiri yg mahal apa gara2 masuk dari IU, cbu, kena skema pajak ga kira2 trus nambah gorengan lg?Lagian 490jt dpt hilux ya mending ambil LC lah gmn seh
![]()
Mobil tua kulitnya doang, jeroannya apa dlu bos? Ga liat apa tuh mesinnya apaan? Uda ga valid jg lu blg itu mbl tua. Wong jeroan sama ini itunya aja uda beda semua kok dari originalnya
Makanya gw blg sekali lg sblm nyerocos baca konteks pembicaraan orng dlu ngomongin apa jgn kaya kaset rombeng ngomong diulang-ulang. Fomo lah, homo lah, meledug lah, propaganda lah, kasi link meledug lah![]()
Orng jg ga sebego yg lu bilang beli barang gara2 foma-fomo doang, tiap orng punya kebutuhan yg beda. Lu ga pgn beli EV blm tentu orng lain harus sepemikiran sama loe, bisa aja dia punya kebutuhan dan pertimbangan yg beda. Jgn pake kacamata kuda makanya
Sekali lg gw blg, jgn flight of idea, kapan gw ngomong berharap harga EV bisa kuat?![]()
![]()
lah katanya yotoya kek nokia dikasih toyota baru yang lebih modern lebih refined malah milih toyota tua bangka mahal pulak![]()
lagian gw ngomongin J70 konteksnya juga di pasaran luar ud mahal tua indent pula di indo mana ada kek gini pasarnya kan di ausie sama arab sono itu video kan cuma kasih liat aja itu mobil masih ada barunya dan harganya gak murah![]()
oloe yakin bukan fomo??? gw belakangan si liatin banyak air ev km belom 10rb ud sliweran dijual dimana2x ntah ganti ev lagi atau kapok beli kopi pas charging kalo menurut kata dr mobil lagian bedanya sama espresso sih 70jtan masih enakan espresso bonus 2 pintu lagi minusnya espreso kebayar lah sama mines 70jtnya itu
![]()
loe gak ngomong harga ev bisa kuat tapi loe ngomong orang bakalan nerima kalo market mobilnya balakan jadi rongsok dan akhirnya gak ad valuenya gw kan cuma ngomong diluar aja banyak yang ngoceh2xnya EVnya jeblok parah pas dijual dan gw bilang jgn ngarep bisa tinggi![]()
ini baru namanya mobil tua isi muda
lah ini apaan???![]()
justru laku ya gara2 bapuknya ini gak rewel gampang di benerin gak banyak drama gak kayak yang diatas
pertaiin aja tuh pintu masih pake pintu tipis situ yakin lebih mili ini daripada hilux![]()
mending beli ini murah meriah![]()
bahkan rama rangga pickup aja lebih kerenan rangga![]()
hp mana ada laku gara2x kek gitu![]()
Air ev banyak dijual=fomo. Tau darimana ownernya ngejual gara2 fomo? Kalo gw liat di olx banyak avanza baru pd dijual bs jg gw bilang pd fomo? Apa loe double standar cuman EV doang yg dblg fomo? Punya data ga air ev yg dijual brp persen dari pembelian sampe loe bisa ngmng orng pd fomo doang? Standar loe blg orng fomo apa? Emang loe ngadain survey orng jual air ev gara2 pd fomo doang?
FJ70 masih dijual = masih laku, toyota gawsa RnD. Tau drmana loe dia ga RnD lg? Sasisnya sama persis plek kaya pertama toyota jual? Mesin jg sama persis? Mo blg mesin dipake di model laen jd gawsa rnd? Lah itu hilux jg sasis sebasis ma fortie, mesin jg sama. Sama dong gawsa Rnd mahal2.
FJ70 pd indent jg ga lu blg fomo tuh, giliran EV indent lu blg fomo. Jd parameter loe blg fomo apaan ya?![]()
Orng luar pd ngoceh2 EV dijual nyungsep mana datanya? Brp persen dr pemilik EV yg ngeluh? Apa 1-2 orng doang ngoceh2 EV nyungsep harganya di internet lu asumsiin semua orng ngeluh? Blm tentu jg tuh orng punya EV beneran tp biasa lah koar2nya paling gede![]()
gara2 inden mpe 6 bulan lewat ga dikirim2

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Nah, malah kalo buat saya room improvement-nya EV masih banyak. Contoh : Kalo ICE kan dah sejak awal 2000an mentok di resep overhead camshaft+4 valve+variable timing+direct injection+turbo apapun mereknya, mulai dari BMW sampe Rocky, transmisi tinggal 2 pilihan : CVT attau TQ (tinggal VAG yg ngeyel ama DCT). Dulu, OHV, OHC, 3 valve, karburator, injector, direct injector. Kalo otto vs atkinson sih cuma tweaking biasa kan...ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 8:27 EV baru mulai gimana?
dari awal mobil lahir EV juga udah adatesla ud bukan barang baru lagi, masspro EV tuh nissan leaf udah dari 2008.
EV dan ICE arah perkembangannya ya sama. paling gimana supaya larger motor gak membebani range terlalu banyak. battery mo kayak gimana sih. sama kan kyk gimana mesin 2500cc bensinnya bisa irit skrg ya 2500cc bisa 1:10 udah banyak.
mslhnya EV itu punya kurva efisiensi berbeda dgn ICE, dikasih beban dia langsung anjlok efisiensinya. mo dikembangin kayak gimanapun, ICE atau hybrid akan lebih feasible jika digunakan utk beban berat (tanjakan, heavy accel, towing, dll). hybrid bisa bagi beban dgn mesin ICE ketika penggunaan beban. tp balik lg : akhirnya kan pake bensin atau diesel, ujungnya iritnya ya mirip2 diesel juga makanya orang buat heavy load lebih suka pake diesel.
TLDR ; EV itu bukan next step perkembangan dari ICE. dia barang yang berbeda total.
EV : Ndak usah ngomong jauh2 vaporware-nya Toyota si solid state battery, dari sisi hardware, yang implementasi teknologi dah deket aja macam dasar arsitektur belum duduk antara 400V (rest of the world) atau 800V (cuma Hyundai & Taican). Motor controller masih ada MOSFET Si atau SiC, sama IGBT. Ini ngaruh ke RPM, buat chopper DC-AC, bisa handel frekuensi+volt tinggi (I5 RWD pake SiC), jadi kalo pake SiC mentok di 10.000RPM, pake IGBT bisa lebih. Cooling mau model serpentine (Tesla), pack cooling plate (I5 dkk), immersion (Rivian). Konstruksi motor antara AC induction (Tesla) ama permanent magnet (rest of the world), belum winding-nya, stranded, bar, braided.
Belum coding-an controller, buat saya ini nyawa-nya, salah kalo dibilang EV ndak ada nyawa. Mulai dari gaya santai si I5, sampe sprightly si Polestar 2. Tukang tuner masa depan ya 60-70% ada disini kerjanya.
Bakal seru kalo ada pabrikan bikin semi open source buat software controllernya, jangan2 sama2 dikasih stock, hasil di sirkuit bisa beda jauh, ndak jauh2 dr F1 & Formula E, https://www.goodwood.com/grr/race/moder ... -2024/amp/ F1 23 balapan cuma 2 juara, Formula E 16 balapan 6 juara....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
lebih cape dengerin orang halu asumsi toyota bakalan jadi nokiakendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 10:58
Capek ah diskusi ama loe semua asumsi mulu.
Air ev banyak dijual=fomo. Tau darimana ownernya ngejual gara2 fomo? Kalo gw liat di olx banyak avanza baru pd dijual bs jg gw bilang pd fomo? Apa loe double standar cuman EV doang yg dblg fomo? Punya data ga air ev yg dijual brp persen dari pembelian sampe loe bisa ngmng orng pd fomo doang? Standar loe blg orng fomo apa? Emang loe ngadain survey orng jual air ev gara2 pd fomo doang?
FJ70 masih dijual = masih laku, toyota gawsa RnD. Tau drmana loe dia ga RnD lg? Sasisnya sama persis plek kaya pertama toyota jual? Mesin jg sama persis? Mo blg mesin dipake di model laen jd gawsa rnd? Lah itu hilux jg sasis sebasis ma fortie, mesin jg sama. Sama dong gawsa Rnd mahal2.
FJ70 pd indent jg ga lu blg fomo tuh, giliran EV indent lu blg fomo. Jd parameter loe blg fomo apaan ya?![]()
Orng luar pd ngoceh2 EV dijual nyungsep mana datanya? Brp persen dr pemilik EV yg ngeluh? Apa 1-2 orng doang ngoceh2 EV nyungsep harganya di internet lu asumsiin semua orng ngeluh? Blm tentu jg tuh orng punya EV beneran tp biasa lah koar2nya paling gede![]()

jualan aja vw si no 2 ud ampir ketinggalan 50%
byd ada di urutan ke 10
mana byd itu top salesnya di china model DM-I cari tau aja itu apa

ya minimal j70 chasis ud kagak rnd lagi kan paling mahal rnd chasis kalo cuma nempel aksesoris sama gonta ganti mesin loe suruh bengkel jeep juga bisa isi aja mesin pajero sport juga bisa asal situ mau

om liat aja ubahan interiornya aja kayak ud kagak niat gitu biarpun tau si tujuannya

bandingin lah sama G wagen tampang gitu2x aja tapi sebenernya ud banyak revisian yang bikin tuh mobil malah ngejelimet

J70 dijual puluhan tahun masih ident itu namanya bukan fomo itu namanya emang ada pasarnya mobil tua masih laku aja , itu laku bukan karena barang baru gimane seh

FOMO tuh kayak seal aneh banget jualannya bisa no1 di BYD indo padahal harusnya ATTO bisa lebih laku punya, bisa jadi seal lagi pada FOMO kena 3.8det ntar liat aja kalo ud stabil lakuan mana paling antara atto atau dolphin harusnya si atto3 lagian di china seal itu jualannya meble banget di bawah dolphin, btw tahukah anda ATTO3 DM-i model byd terlaris no 2 di china


bisa jadi yang jualan avanza sekarang yang dulu fomo pas baru launching tapi ya jualannya stabil kenceng mulu sih avanza itu

cari tau aja dulu DM-I apa

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ya ud 2 bulan ini lagi meluncur kek prosotan si jualannya maklum sincialinschneider wrote: Thu Mar 07, 2024 11:05 loh di cungkok byd beneran dikomplen abis2an om....
gara2 inden mpe 6 bulan lewat ga dikirim2![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ngomongin EV kalo masih pake batre itu artinya ud mentok karena batre seputaran di charge pake listrik, nah paling rangenya nambah bisa 1000km 10.000km sehebat apapun itu tetep batre loe butuh charge dan charge itu makan waktu mau charge cepet ya butuh watt besar ngegenerate watt gede itu gak gampang paling praktis ujung2xnya pake mesin pembakaran internal ntah itu GaS, BENSIN atau batubaraBpurna wrote: Thu Mar 07, 2024 8:09 Kalo ngobrol sama temen petrolhead sih sama sekali gak tertarik ev. Walaupun macam seal yg 3.8s, ktnya ga ada sensasinya, enak nissan gtr kemana2.
Tapi kalo obrol sama yg suka ev yah pasti anggep mesin ice kuno, polusi, berisik, getar2 sana sini, gak bisa instan, dll.
Intinya kalo saya liat, ice itu sdh mencapai tekonologi paling matangnya (mentok), sedangkan ev itu baru mulai dan masih berkembang. Kalau mau cari aman tetep pakai ice dulu sementara, lihat lagi perkembangan ev 2-3 thn kedepan hrsnya berubah lagi.

karena namanya batre itu tempat penampungan energi, bukan generator kalo pake generator namanya bukan batre tapi jadi mesin, nah EV itu suatu hari bakalan evolusi salah satunya yang masih jelek ya hidrogen karena tangkinya gede kagak praktis itupun masih pake batre

mungkin ada source laen kayak batu ajaib bisa keluar gledek gitu

taro sini aah.........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Iya aja deh gw drpd debat kusir pake data gamau.b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 12:56lebih cape dengerin orang halu asumsi toyota bakalan jadi nokiakendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 10:58
Capek ah diskusi ama loe semua asumsi mulu.
Air ev banyak dijual=fomo. Tau darimana ownernya ngejual gara2 fomo? Kalo gw liat di olx banyak avanza baru pd dijual bs jg gw bilang pd fomo? Apa loe double standar cuman EV doang yg dblg fomo? Punya data ga air ev yg dijual brp persen dari pembelian sampe loe bisa ngmng orng pd fomo doang? Standar loe blg orng fomo apa? Emang loe ngadain survey orng jual air ev gara2 pd fomo doang?
FJ70 masih dijual = masih laku, toyota gawsa RnD. Tau drmana loe dia ga RnD lg? Sasisnya sama persis plek kaya pertama toyota jual? Mesin jg sama persis? Mo blg mesin dipake di model laen jd gawsa rnd? Lah itu hilux jg sasis sebasis ma fortie, mesin jg sama. Sama dong gawsa Rnd mahal2.
FJ70 pd indent jg ga lu blg fomo tuh, giliran EV indent lu blg fomo. Jd parameter loe blg fomo apaan ya?![]()
Orng luar pd ngoceh2 EV dijual nyungsep mana datanya? Brp persen dr pemilik EV yg ngeluh? Apa 1-2 orng doang ngoceh2 EV nyungsep harganya di internet lu asumsiin semua orng ngeluh? Blm tentu jg tuh orng punya EV beneran tp biasa lah koar2nya paling gede![]()
![]()
jualan aja vw si no 2 ud ampir ketinggalan 50%
byd ada di urutan ke 10
mana byd itu top salesnya di china model DM-I cari tau aja itu apa![]()
ya minimal j70 chasis ud kagak rnd lagi kan paling mahal rnd chasis kalo cuma nempel aksesoris sama gonta ganti mesin loe suruh bengkel jeep juga bisa isi aja mesin pajero sport juga bisa asal situ mau![]()
om liat aja ubahan interiornya aja kayak ud kagak niat gitu biarpun tau si tujuannya![]()
bandingin lah sama G wagen tampang gitu2x aja tapi sebenernya ud banyak revisian yang bikin tuh mobil malah ngejelimet![]()
J70 dijual puluhan tahun masih ident itu namanya bukan fomo itu namanya emang ada pasarnya mobil tua masih laku aja , itu laku bukan karena barang baru gimane seh![]()
FOMO tuh kayak seal aneh banget jualannya bisa no1 di BYD indo padahal harusnya ATTO bisa lebih laku punya, bisa jadi seal lagi pada FOMO kena 3.8det ntar liat aja kalo ud stabil lakuan mana paling antara atto atau dolphin harusnya si atto3 lagian di china seal itu jualannya meble banget di bawah dolphin, btw tahukah anda ATTO3 DM-i model byd terlaris no 2 di chinaapa itu DM-I??? cek aja sendiri
![]()
bisa jadi yang jualan avanza sekarang yang dulu fomo pas baru launching tapi ya jualannya stabil kenceng mulu sih avanza itu![]()
cari tau aja dulu DM-I apa![]()
Coba gw mo tau pendapat lu gmn ttg ini
https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ITU kan jaman FOMOkendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 13:48
Iya aja deh gw drpd debat kusir pake data gamau.
Coba gw mo tau pendapat lu gmn ttg ini
https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study
![]()

INI donk

https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study
sesuai prediksi makin rame malah makin jelek studynya karena di awal biased semua nyaman charging gak ngantri karena masih sepi makin kesini makin banyak yang pake chargingnya gak akan bisa follow demand akhirnya rebutan alias ngantri itu jadi salah faktor jeleknya karena ud ngantri akan ngabisin waktu lagi 15menit-2jem buat charging tergantung chargernya

lah emang gw bisa tau lakuan dm-i dari mana kalo gak baca data situ sendiri kasih saya artikel basi

mau saya buka om data jualan di china ud sering saya ngomong sampe nyerocos pokoknya 2-4 itu VW-TOYOTA-HONDA itu 4 merek jualan hybrid aja memble apalagi jualan EV

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
nah setuju om, vcu tuh yg ntar bisa dimaininBibieight wrote: Thu Mar 07, 2024 12:06Nah, malah kalo buat saya room improvement-nya EV masih banyak. Contoh : Kalo ICE kan dah sejak awal 2000an mentok di resep overhead camshaft+4 valve+variable timing+direct injection+turbo apapun mereknya, mulai dari BMW sampe Rocky, transmisi tinggal 2 pilihan : CVT attau TQ (tinggal VAG yg ngeyel ama DCT). Dulu, OHV, OHC, 3 valve, karburator, injector, direct injector. Kalo otto vs atkinson sih cuma tweaking biasa kan...ChZ wrote: Thu Mar 07, 2024 8:27 EV baru mulai gimana?
dari awal mobil lahir EV juga udah adatesla ud bukan barang baru lagi, masspro EV tuh nissan leaf udah dari 2008.
EV dan ICE arah perkembangannya ya sama. paling gimana supaya larger motor gak membebani range terlalu banyak. battery mo kayak gimana sih. sama kan kyk gimana mesin 2500cc bensinnya bisa irit skrg ya 2500cc bisa 1:10 udah banyak.
mslhnya EV itu punya kurva efisiensi berbeda dgn ICE, dikasih beban dia langsung anjlok efisiensinya. mo dikembangin kayak gimanapun, ICE atau hybrid akan lebih feasible jika digunakan utk beban berat (tanjakan, heavy accel, towing, dll). hybrid bisa bagi beban dgn mesin ICE ketika penggunaan beban. tp balik lg : akhirnya kan pake bensin atau diesel, ujungnya iritnya ya mirip2 diesel juga makanya orang buat heavy load lebih suka pake diesel.
TLDR ; EV itu bukan next step perkembangan dari ICE. dia barang yang berbeda total.
EV : Ndak usah ngomong jauh2 vaporware-nya Toyota si solid state battery, dari sisi hardware, yang implementasi teknologi dah deket aja macam dasar arsitektur belum duduk antara 400V (rest of the world) atau 800V (cuma Hyundai & Taican). Motor controller masih ada MOSFET Si atau SiC, sama IGBT. Ini ngaruh ke RPM, buat chopper DC-AC, bisa handel frekuensi+volt tinggi (I5 RWD pake SiC), jadi kalo pake SiC mentok di 10.000RPM, pake IGBT bisa lebih. Cooling mau model serpentine (Tesla), pack cooling plate (I5 dkk), immersion (Rivian). Konstruksi motor antara AC induction (Tesla) ama permanent magnet (rest of the world), belum winding-nya, stranded, bar, braided.
Belum coding-an controller, buat saya ini nyawa-nya, salah kalo dibilang EV ndak ada nyawa. Mulai dari gaya santai si I5, sampe sprightly si Polestar 2. Tukang tuner masa depan ya 60-70% ada disini kerjanya.
Bakal seru kalo ada pabrikan bikin semi open source buat software controllernya, jangan2 sama2 dikasih stock, hasil di sirkuit bisa beda jauh, ndak jauh2 dr F1 & Formula E, https://www.goodwood.com/grr/race/moder ... -2024/amp/ F1 23 balapan cuma 2 juara, Formula E 16 balapan 6 juara....

klo ngga diopen ama pabrikan moga2 ada orang2 usil bikin standalone. contoh mod aneh2 uda kliatan di fitur gimik2 ioniq N, ky tombol nos2an (benernya output boost selama 10 detik) ama shift semu (permainan di torque output). masih banyak area oprek yg bisa dijelajahi tapi sebelum pintu hobbyis dan enthusias terbuka lebar semua bergantung pada perkembangan performa batray dulu

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Konsisten aja dulu jd menurut loe 2022 masih jaman fomo trus 2023 uda ga fomo nih berdasarkan link yg lu kasih?b0ku wrote: Thu Mar 07, 2024 14:15ITU kan jaman FOMOkendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 13:48
Iya aja deh gw drpd debat kusir pake data gamau.
Coba gw mo tau pendapat lu gmn ttg ini
https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study
![]()
![]()
INI donk![]()
https://www.jdpower.com/business/press- ... ship-study
sesuai prediksi makin rame malah makin jelek studynya karena di awal biased semua nyaman charging gak ngantri karena masih sepi makin kesini makin banyak yang pake chargingnya gak akan bisa follow demand akhirnya rebutan alias ngantri itu jadi salah faktor jeleknya karena ud ngantri akan ngabisin waktu lagi 15menit-2jem buat charging tergantung chargernya
lah emang gw bisa tau lakuan dm-i dari mana kalo gak baca data situ sendiri kasih saya artikel basi![]()
mau saya buka om data jualan di china ud sering saya ngomong sampe nyerocos pokoknya 2-4 itu VW-TOYOTA-HONDA itu 4 merek jualan hybrid aja memble apalagi jualan EV![]()
Nih gw kasih data lg biar lu bs baca
https://asia.nikkei.com/Business/Automo ... on%20units.
China naek trus penjualan EV
https://theicct.org/us-ev-sales-soar-into-24-jan24/
Nih di us masih ngegas aja tuh jualan EV.
Jd 2023-2024 masi fomo gak?

Biar lu ga bingung makanya tentuin dlu deh parameter yg lu blg fomo2an gmn. Jgn2 sampe 2030 andaikata masih naek trus penjualan EV lu masih ngotot fomo2an doang lg

Btw link yg lu kasih coba dibaca bener2 jgn baca judul doang. Kasian yg buat susah2

Disitu ga ada tuh kesimpulan orng makin ga puas sama EV. Masalah yg muncul iya ada tp by data ga semua orng makin ga puas ma EV. Average segment premium EV betul ada penurunan kepuasan tp yg mass production fine2 aja tuh malah customer satisfactorynya naek. Jd data mana yg bisa lu pake bwat ambil kesimpulan semua orng makin ga puas sama EV? Orng yg buat analisis aja ga berani nyimpulin

Masalah public charging station bermasalah ya pasti karena makin banyak yg pake. Balik lg supply n demand, justru muncul masalah ginian karena EV naek penjualannya. Btw loe pernah jalan2 ke kalimantan? Pernah liat ga truck2 ngantri solar sampe berhari2. Kalo mo cherrypick sama aja kan tuh mobil ICE jg susah nyari bahan bakar. Tp kn ini simpel emang demand >> supply. Siapa tau spklu bisa nambah signifikan kalo emang pengguna EV banyak. Sebenernya emang ga feasible gw bandingin kaya ginian sama ngecharge ev, tp mo cherrypick problem ice jg bisa dicari2

Btw dm-i apaan seh? Kalo gw google PHEV ya? Kalo gw google kok overall taon lalu byd tetep lebih banyak jualan ev (1,6jt) vs phev (1,4jt) nya ya. Jd lakuan dm-i itu mana ya datanya?
Last edited by kendibocor on Thu Mar 07, 2024 16:33, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Feb 29, 2024 4:47
- Location: KB
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Untuk sekarang ini kalo sekitar saya banyakan indent atto3
https://www.google.com/amp/s/otomotif.t ... -indonesia
Bulan feb menurut link di atas, juga masih atto3
tapi ga tau udah basi blm ya data nya.
Penggunaan EV charging lama mengganggu ya mungkin buat yang jarak tempuhnya tinggi dalam 1hari.
Kalo keseharian warga kota Jakarta macet paling jauh berapa km,
Pulang pergi kerja masih cukup.
Bebas gage, pulang rumah tinggal colok, ga perlu buang waktu ke pom,dan pajak murah.
https://www.google.com/amp/s/otomotif.t ... -indonesia
Bulan feb menurut link di atas, juga masih atto3
tapi ga tau udah basi blm ya data nya.
Penggunaan EV charging lama mengganggu ya mungkin buat yang jarak tempuhnya tinggi dalam 1hari.
Kalo keseharian warga kota Jakarta macet paling jauh berapa km,
Pulang pergi kerja masih cukup.
Bebas gage, pulang rumah tinggal colok, ga perlu buang waktu ke pom,dan pajak murah.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Berbobot neh trit 

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 412
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
Mungkin lebih relevan kalau bandinginnya...kendibocor wrote: Thu Mar 07, 2024 15:53
Masalah public charging station bermasalah ya pasti karena makin banyak yg pake. Balik lg supply n demand, justru muncul masalah ginian karena EV naek penjualannya. Btw loe pernah jalan2 ke kalimantan? Pernah liat ga truck2 ngantri solar sampe berhari2. Kalo mo cherrypick sama aja kan tuh mobil ICE jg susah nyari bahan bakar. Tp kn ini simpel emang demand >> supply. Siapa tau spklu bisa nambah signifikan kalo emang pengguna EV banyak. Sebenernya emang ga feasible gw bandingin kaya ginian sama ngecharge ev, tp mo cherrypick problem ice jg bisa dicari2
1. Daya charger dan ketersediaan BBM
2. Jumlah charging bay dan jumlah pompa BBM
Dua2nya punya pros and cons
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
ikut beropini: selama indo masih RHD gempuran mobcin msh bisa diatasin, d CN penjualan mobil EV gila2an krn subsidi n modelnya macem2, mau masuk sini harus bikin versi RHD yg biayanya gak sedikit n utk masuk skala ekonomis hitungnya harus matang krna menangnya d sana ya krna mass product. direct impor setir kiri jg ga akan bsa.Achien wrote: Wed Mar 06, 2024 1:37Ya betul memang seperti itu ada nya, tapi dari sisi calon pembeli mobil sekarang jadi banyak pilihan,ChZ wrote: Tue Mar 05, 2024 8:15wkwkwkwkwk terus kalo ada ekonom kritik kebijakan EV atau kereta cepat yg notabene bisnis ma china malah dibilang anti rezimKrucilatoz wrote: Tue Mar 05, 2024 4:20
Metode yg sama dilakukan sama china skrg ke Indo, kasih bagi hasil ke penguasa skrg, hasil bumi dikirim ke mainland (misal nikel), lalu produknya dijual ke indo (misal ev). Kalau ada calon penguasa yang ga sesuai "agenda" ya tinggal di-gembosi gimana caranya agar gagal.
![]()
dr awal EV boom di wakanda jg ane sebenernya gak terlalu percaya ini buat "hilirisasi industri dalam negeri" dalam itungan bisnis manapun nggak masuk. wong mobil listrik yang bakal beli orang jakarta jakarta juga. mo balik modal kapan. apa ngga cuma buat jadi tukang jahit dan hasilnya mayoritas ngga buat kita, emang kita punya ilmunya buat ngolah, emang kebijakan pemerintah wakanda udah sampe level bakal bertukar teknologi wong selama ini jadi tukang jahitnya jepang jg gak bisa2 bikin mobil.
tuh kan bener salah satu ekonom senior pada bilang ini tuh duit china dibantu pajak ringan dll, trs hasilnya ya ke china china lagi duitnya. mobil es*mk* aja yg katanya mobnas jg bentuknya ganti-ganti, ternyata rebadge mobil china juga kan![]()
yang saya harapkan chinese ev ya berkembang, sehingga makin memaksa jp carmaker memperbaiki diri.
Menurut Pak Chz, bagaimana sebaiknya posisi Indonesia dalam menghadapi gempuran China brand, yang terjadi bukan cuman di mobil tetapi electronic, dan barang2 sehari2 kita, yang mana beberapa merek besar jepang / eropa sudah dibeli juga oleh China.
Dan apa harapan anda terhadap otomotif di Indonesia ke depan nya.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?
jadi mending tomoro coffee / point coffee um?
