Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Or4cle wrote: Mon Feb 26, 2024 9:59
Makanya ane senyum2 aja yg mintanya terlalu utopia, mbah
Service mobilnya itu esensial-nya apa ? Ongkos jasa service di bengkel Indo termasuk murah, yang bikin mahal itu spareparts-nya
Mknya banyak mobil tuwir yg masih wara-wiri, kalo di luar sdh dijadiin scrap, beli baru, gak kuat buat bayar ongkos bengkelnya
bener mbah. yg masuk bengkel umum kan mobil2 yg udah ga garansi. bahkan yg udah ga diproduksi
even mobil yurop2 juga berarti ngejarnya servis murah murah murah.
capcay deh kl owner bengkel keblinger mau menghadirkan utopia pdhl customernya ngirit rit rittt
mendingan buka speed shop sekalian. yg dateng org bawa duit mau spending. lah bengkel biasa yg dateng org suntuk mobilnya rusak. emosi juga beda org dateng bawa duit buat awur2 sama dateng mikir abis duit berapa nih nyervis mobil.
Betul mbah, lebih enak buka speed shop sekalian. Kalau buat yg hobby, sawerannya lebih kenceng gak ada puasnya, nambah terus
Pernah sekali ibu negara ikut ke bengkel. Saat kelar servis, disodorin bon tagihan dia kaget aku langsung bayar. Katanya knpa gak ditawar ongkos jasanya ?
Aku bilang ongkos jasanya sdh fix rates. Eeehh dia ngotot, mestinya minta discount, kan sdh langganan service di situ. Kesel aku balas tanya, you ke salon gunting rambut, cuma 15-20 menit di-charge 1,5jt pernah ditawar ? minta discount gak ? Dia mesem2 gak bisa jawab
darrelund wrote: Mon Feb 26, 2024 15:06
very fair argument um, oe agree
tapi setelah pikir" 90-150rb kemurahan yak, klo dipikir dengan skill & tools yg sudah di invest
kyk yg um bilang bener, bengkel mesti milih, mau ikutin profit / nyari murah. susah sih klo mau ikutin maunya cust serba murmer, memang harus cari balancenya
tapi oe terakir kali sih melipir ke bengkel yg ada liftnya, per hour 150-250rb sih, jadi ya bener masih masup range yg um sebutin
kalau perlu bikin model membership. mirip asuransi. regular maintenance tiap menghadap bayar 1jt jasanya tp nanti kl kena ganti bearing, ganti rack steer atau apapun yg berat2 dpt diskon besar.
menarik nih, kyknya diluar populer ya um model ginian?
kemurahan atau engga, jujurly agak susah kl urusan harga om
mau pasang harga tinggi dikit ntar pelanggan kabur ke bengkel lain. volume ga tercapai akhirnya rugi buat cost bulanan aja ga nutup. apalagi pelanggannya tipe yg price sensitive, beda goban pindah ke lain hati.
masalahnya sering customer krn ketidakpeduliannya bener2 ga peduli sm metode kerja, skill, dan tools yg dipake. jadi kl ada yg murah langsung sikat. ya ga jamin jg sih yg mahal kerjanya lebih bagus. bingung emang.
sh00t wrote: Mon Feb 26, 2024 11:35
Nah, ini yang punya bengkel sudah diam" saja duduk sambil ngudud dan ngopi. Sambil memantau saja tools yang masih kinclong.
ngelap² dongkrak kuning dulu pak, nanti malem jumat mau dimandiin air kembang. dupa nunggu kiriman dr koh
DOHC
masih di kawi katanya.
Jangan lupa teman"nya yang di Asem Reges dibawa sekalian pak.
terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?
Tata krama sih udah otomatis lah om kan kita orang timur, secukupnya aj kg usah sampe kek satpam bca wkwkwkwkwk
Yg penting profesionalitas aja seh klo ane yah..
Paling males bengkel tuh klo udah kenal deket sama ownernya, malah jadi ngegampangin mobil kita. Kek ada apa2 ntar aj gampang, di anggurin dulu
Beda sama pas pertama kali dateng sebagai customer baru, pelayanannya hati2 & profesional
terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?
Tata krama sih udah otomatis lah om kan kita orang timur, secukupnya aj kg usah sampe kek satpam bca wkwkwkwkwk
Yg penting profesionalitas aja seh klo ane yah..
Paling males bengkel tuh klo udah kenal deket sama ownernya, malah jadi ngegampangin mobil kita. Kek ada apa2 ntar aj gampang, di anggurin dulu
Beda sama pas pertama kali dateng sebagai customer baru, pelayanannya hati2 & profesional
Pasti banyak yg kek gitu ya ga ?
Bukannya klo kenal sm owner / org dalam, malah dapat layanan / diskon VVIP ?
apalagi klo kenal sama ketua Emka, mantap #ehh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Paling males bengkel tuh klo udah kenal deket sama ownernya, malah jadi ngegampangin mobil kita. Kek ada apa2 ntar aj gampang, di anggurin dulu
Beda sama pas pertama kali dateng sebagai customer baru, pelayanannya hati2 & profesional
Pasti banyak yg kek gitu ya ga ?
tidak salah.
tp ada jg yg sebaliknya, mentang² customer sudah merasa dekat dgn pihak bengkel, bisa dengan seenaknya dateng ngambil perkakas, make dongkrak, maenan semprotan angin dr kompresor, udahnya cuman kasih "tanggal 5" alias dadah dowang.
kan gblk yg kek gitu...
terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?
Tata krama sih udah otomatis lah om kan kita orang timur, secukupnya aj kg usah sampe kek satpam bca wkwkwkwkwk
Yg penting profesionalitas aja seh klo ane yah..
Paling males bengkel tuh klo udah kenal deket sama ownernya, malah jadi ngegampangin mobil kita. Kek ada apa2 ntar aj gampang, di anggurin dulu
Beda sama pas pertama kali dateng sebagai customer baru, pelayanannya hati2 & profesional
Pasti banyak yg kek gitu ya ga ?
Bukannya klo kenal sm owner / org dalam, malah dapat layanan / diskon VVIP ?
apalagi klo kenal sama ketua Emka, mantap #ehh
Salah kaprah " harga teman ", dalam dagang gak berlaku itu
Nanti kalau gak puas, kita jadi sungkan buat komplain kan teman
kalo bengkel mobil jerman, datang2 kaum BPJS bawa E46 velg besar dan gaul ceper. biasa anak muda budget cekak pengen gaya yg di SPBU aja antrinya pertalite.
tp repair aja ongkos masi nawar nawar cuma mau bayar uang rokok. malu ma velg woi apalagi kalo sebelahnya ada yang bawa E30 apa E36 tua standar tapi bayar ongkos malah dilebihin kasi tip ke mekanik
Paling males bengkel tuh klo udah kenal deket sama ownernya, malah jadi ngegampangin mobil kita. Kek ada apa2 ntar aj gampang, di anggurin dulu
Beda sama pas pertama kali dateng sebagai customer baru, pelayanannya hati2 & profesional
Pasti banyak yg kek gitu ya ga ?
tidak salah.
tp ada jg yg sebaliknya, mentang² customer sudah merasa dekat dgn pihak bengkel, bisa dengan seenaknya dateng ngambil perkakas, make dongkrak, maenan semprotan angin dr kompresor, udahnya cuman kasih "tanggal 5" alias dadah dowang.
kan gblk yg kek gitu...
makanya kasih cover charge kang. goban dpt kupon bisa tukerin kopi sama ubi goreng sebiji di dalem.
enak aja pake fasilitas gretongan. emang kl token listrik nangis siapa yg diemin.
KielConstantine wrote: Tue Feb 27, 2024 3:36
Tata krama sih udah otomatis lah om kan kita orang timur, secukupnya aj kg usah sampe kek satpam bca wkwkwkwkwk
Yg penting profesionalitas aja seh klo ane yah..
Paling males bengkel tuh klo udah kenal deket sama ownernya, malah jadi ngegampangin mobil kita. Kek ada apa2 ntar aj gampang, di anggurin dulu
Beda sama pas pertama kali dateng sebagai customer baru, pelayanannya hati2 & profesional
Pasti banyak yg kek gitu ya ga ?
Bukannya klo kenal sm owner / org dalam, malah dapat layanan / diskon VVIP ?
apalagi klo kenal sama ketua Emka, mantap #ehh
Salah kaprah " harga teman ", dalam dagang gak berlaku itu
Nanti kalau gak puas, kita jadi sungkan buat komplain kan teman
Nah itu dia, bisnis dan teman adalah 2 hal yg berbeda
Justru klo support teman, kasih lebih lahh, buat uang rokok tim lapangan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
owner bengkel kl punya mekanik yg jago apalagi hasil training inhouse, eh dibajak sama bengkel lain. capcay udah. itu udah sering denger.
ada lagi nih, mekanik main mata sama customer. dideketin alias pdkt minta nomer hape. abis itu janjian benerin di rumah customer. kangtaw bengkel melayang diambil pegawai sendiri, perusahaan dalam perusahaan. perusahaan bayangan.
makanya di beres ada tulisan tuh customer dilarang masuk ke area bengkel. ya krn itu, pdkt ama mekanik. selain dr malah gangguin org kerja atau ga ngelepto tools.
Bengkel modern kaya bqui* ok tuh buat sekedar sporing perbaikan kaki2 ringan, bersih, terang, alat angkat mobil ada 4 + 1 tempat sporing, lantai epoxi, tool lumayan komplit & modern, buka sampe jam 9 malem lagi 7hari seminggu nonstop
Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 9:53
ya gitu ga ada entry barrier ... siapapun bisa jd mekanik asal bisa/berani buka murbaut. yg begini yg ngancurin harga, mending kl kerjanya betul. itu liat yutubnya ST mobi tv paling banyak benerin avansa yg abis turun mesin di bengkel gaje terpaksa turun mesin lagi. lifter valve lah digerinda2. imam wahyudi nemu potongan sendal jepit di dalam cv joint, akal2an buat ngilangin bunyi.
memang sih balik lg ke segmentasi. di luar negri juga ada kok shade tree / back yard mechanics. masing2 punya pangsa pasarnya sendiri2.
ini jadi inget bisnis rimep tuning... segala bengkel variasi jok ma lampu aja bisa jualan rimep. ilmu darimane, basicnya aja entahlah belajar dimana dari orok juga kaga pernah pegang mesin mentok2 copot aki. tuningan bener kaga entahlah nyocot aja pokoknya tenaga nambah gede konsumen puasss. bisa pertalet? bisaaaa. bisa solar? bisaaaa.
jual harga 1.5jt modal map copy paste, yang proper beneran belajar ampe ke thailen atau ostrali 3jt 4jt dibilang mahal.
nanti segala check engine light fungsinya dimatiin lah kalo dikomplen trs jackpot ambyarrrrr gegara safety parameter ditabrak semua
sayangnya betul itu mbah, di wakanda hard labor skill gini gak dipandang butuh sertifikasi profesi yang proper. montir dimari mirip kang cukur madura persaingan bisnisnya modal mindset doang pada ogah ke jebolan salon terkenal soalnya buka rate jasa mahal, maunya ceban udah rapi
terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?
gold standard tuh tapi emang satpam BCA, masalah kecil aja kita kadang nanya satpam ud kelar urusan. kalo ada admin kayak gitu minimal udah menyelesaikan 80% problem komunikasi dengan pelanggan om. field managernya minimal musti orang yang bisa gini. ada keluhan catet langsung bikin WO.
biasa orang yg pernah meniti karier di bengkel resmi dan puncak kariernya jadi SA yang terlatih gini.
sh00t wrote: Mon Feb 26, 2024 11:35
Nah, ini yang punya bengkel sudah diam" saja duduk sambil ngudud dan ngopi. Sambil memantau saja tools yang masih kinclong.
ngelap² dongkrak kuning dulu pak, nanti malem jumat mau dimandiin air kembang. dupa nunggu kiriman dr koh
DOHC
masih di kawi katanya.
itu dupa ud d gantung depan pintu blom ??
ama jangan lupa ntar pas tutup toko, kepretin aer bunga ama minyak wangi tjap bunga ros, trus bakar roko kretek tjap gledek di jepit di sela2 pintu
1. barang palagi oli wajip aseli, kl kw pun, kl bsa jgn ampe tralu ngawur utk parts. Misal, filter oli minimal paling ampas2 nya sekelas denso biru atau sakura, jgn lebi ancur dri itu
2. harga sewajar nya, jgn ngegetok gila2an, misal kaya tu bengkel embel2 sepit sepit an resing2 an dokter2an, bahlul itu namanya
3. jangan ngasi info ngawur ngidul yg bahkan melawan kodrat manual book, misal smua girbok metik wajib di flushing pake mesin ini itu, semprot ini itu biar daleman bersih, ganti oli sambil pake alat apalah itu... tolong ya, jualan bole, cuan bole, tp jgn ngebodohin orang kelewatan jg
4. betulin mobil sesuai kapasitas, kl bsa di kerjain monggo, kl ga bsa, jujur blg ga bsa.. misal, mobil kastemer bolak balik ke bengkel sampeyan, kl utk servis rutin gapapa, tp kl mala bolak balik rusak ganti parts ini itu, trus ujug2 nya nyalahin mobil nya (e.g. biem mah tiap 100 rebu emg wajip turun deksel, honda tua mah emg umum rembes oli sana sini), ini yg bahlul (dan bodoh) bengkel nya
DOHC wrote: Tue Feb 27, 2024 22:15
2. harga sewajar nya, jgn ngegetok gila2an, misal kaya tu bengkel embel2 sepit sepit an resing2 an dokter2an, bahlul itu namanya
3. jangan ngasi info ngawur ngidul yg bahkan melawan kodrat manual book, misal smua girbok metik wajib di flushing pake mesin ini itu, semprot ini itu biar daleman bersih, ganti oli sambil pake alat apalah itu... tolong ya, jualan bole, cuan bole, tp jgn ngebodohin orang kelewatan jg
biasa ada semacam kontrak si bengkel ma supplier produk tertentu kl bisa jualin produk X sekian units doi bisa dapet bonus atau jalan jalan k luar negeri. terus hardsellnya gila gilaan orang ditawarin segala macem cairan atau produk aditif aneh-aneh segala bisa gak perlu ganti oli selamanya mesin awet ampe beranakcucu dst
kl bengkel modif abal abal sih praktek ginian banyak, masih mending hardsell sekalian barang2 knalpot macem downpipe jelas gunanya. kadang barang macem baling baling intake ampe volt stabilizer yg terus ditakut takutin tar gampang tekor lah akinya tar loyo lah mobilnya.
Wah selamat yaa om Fordbadak sudah open bengkelnya, di daerah Bekasi Utara yah? deket sama rumah tadi ngelewatin. next InsyaAllah mampir kesana. Good Luck
Malam suhu".. ijin membuka thread baru. Maaf jika ada salah judul / tempat.
Terkait dengan rencana membuat workshop offline (setelah sekian purnama hanya jualan online saja) ijin bertanya terkait masukan dan saran apa aja yg penting untuk di aplikasikan di workshop agar bisa memberikan layanan terbaik dan memuaskan konsumen? Terima kasih suhu salam hormat
kapan2 kita mampir, sama2 di Teluk Pucung nih...
sukses selalu bengkel baru nya...
t105erd wrote: Fri Mar 29, 2024 11:34
Wah selamat yaa om Fordbadak sudah open bengkelnya, di daerah Bekasi Utara yah? deket sama rumah tadi ngelewatin. next InsyaAllah mampir kesana. Good Luck