darrelund wrote: Mon Feb 26, 2024 8:39
oe setuju um, memang harusnya dibayar proper yah. cuma emg alasan oe ke bengkel luar ya karena mahalnya jasa tsb *jujur
jadi oe sih mau bayar 90-150rb/jam, bisa lebih klo emg kerjaannya susah
patokan oe sih klo regular maintenance spt ganti oli + tuneup max jasa 1jt, lewat itu buat oe agak syulit
atau ya modelannya kek bengkel oren itu, biaya jasa ud dimasukin ke harga barang, jadi kesannya "free jasa"
klo di beres kan ud jasa mahal, parts di gudang kena ppn, di kita jg pas bayar kena ppn. alamakkkk
berarti 50% off dr harga jasa hourly di beres ya om. dan tanpa ppn.
utk ngejar omset yg sehat spy bengkel bisa bertahan berkesinambungan artinya hrs ngejar volume. yg mana akan sangat berat kalau space property/jml bay dan jumlah mekanik ga mencukupi. akhirnya nutupin dgn praktek yg kurang terpuji, a.l. parts kw dijual harga ori, barang ga rusak dibilang rusak hrs ganti, dsb.
kecuali bengkelnya punya mindset "penghasilan hari ini asal cukup utk makan besok. makan lusa gimana nanti."
diluaran banyak bgt yg punya mindset spt itu akhirnya pasang harga kemurahan dan memicu persaingan ga sehat alias main murah2an. jd bengkel swasta yg proper akhirnya kalah saing dr segi volume. knp bisa punya mindset spt itu, krn pelaku bisnisnya kebanyakan dr org teknik yg kaga ngerti bisnis / bagaimana mengelola bisnis termasuk ngeset harga.
buat customer, kan lbh enak punya bengkel langganan yg ga terlalu murah (keuntungan yg cukup) tp jujur, berintegritas dan ahli. dgn begitu dia bisa upgrade skill, upgrade tools, upgrade fasilitas yg ujung2nya utk benefit si pelanggan setianya juga.
daripada bengkel murah utk regular maintenance tp giliran mobil kita kena trouble berat harga jasa digetok. ini jg kan bikin kapok krn cash flow si customer ga selalu siap setiap saat. belom lagi kl hal tsb krn ulah isengnya si bengkel itu sendiri buat nambah pemasukan. tentu utk jangka panjang lebih bagus yg pertama. kalau perlu bikin model membership. mirip asuransi. regular maintenance tiap menghadap bayar 1jt jasanya tp nanti kl kena ganti bearing, ganti rack steer atau apapun yg berat2 dpt diskon besar.
that's why menurut sy harga jasa hourly itu sebaiknya maksimal 30% off dr rate nya beres for the sake of ample profit.
btw hourly rate kl di negara bule diatur bgt ga boleh kurang dr certain limit. ga kaya disini bengkel proper disuruh perang harga sama siapapun yg punya "mindset gimana nanti".
