Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mohon sarannya, saya sedang mempertimbangkan untuk mengganti HRV RU 1.5L SE (Special Edition) 2020 , KM saat ini 15K dengan Yaris Cross Hybrid GR karena penawaran diskon dari kantor yang cukup menggiurkan (>50 JT).
Yarcross ini akan menggantikan HRV RU dan menemani Innova Diesel V 2021 sebagai kendaraan ganjil genap. Saat ini kondisi sudah berkeluarga dengan 1 anak balita. Mayoritas penggunaan mobil PP Sunter - Pasar Minggu (+/- 40 KM per hari).
Saya sudah sempat test drive Yarcross Hybrid dan ada beberapa pertimbangan sebagai berikut :
Cons :
Kabin depan terasa lebih sempit dari HRV RU
Build quality yang kurang dibanding HRV RU
Feel driving sama seperti Raize dan setir ringan
Pros :
Konsumsi BBM irit, namun setelah saya hitung estimasi per bulan hanya menghemat +/- 300 - 500 rb dengan pemakaian saya
Panoramic roof
Gimmick cukup banyak (bagasi elektrik, TSS, electric seat)
Mohon pencerahan dari suhu2 SM terutama pengguna Yaris Cross Hybrid apabila ada.
Terima kasih
saya pernah ada di posisi yg sama dan setelah TD saya katakan BIG NO, kecuali nyari hybridnya aja . posisi saya waktu itu lg mencari kandidat pengganti HRV RU 1.5 E CVT 2018 PFL & brio satya E CVT 2022 yg rencananya bakal dilipet jd 1 mobil aja & akhirnya saya memutuskan buat SPK AN HRV SE bulan oktober kmrn & masih digunakan sampai hari ini, cukup puas.
mending keep HRV nya atau kalo mau ganti ke CX3 or HRV RV , diskonnya lumayan setau saya, terutama yg HRV hehehe . yaris cross mah downgrade segala galanya dari HRV , plusnya cuma lebih kedap, BQ mendingan dikit, lebih empuk sm lebih nyaman dikit doang. sisanya ya ngga seenak HRV RU, apalagi kalo om cari driving feel, tarikan sm handling, mending coret aja deh. lebih baik beli raize rocky yg harganya lebih murah or ke HRV RV sekalian kalo saya jadi om nya hehehe
winnertrollino wrote: Mon Feb 19, 2024 8:08
Discount hanya berlaku untuk yaris cross karena kerja sama kantor dengan salah satu dealer.
Yar cross hybrid GR TSS dapat di angka 370 jutaan hehe makanya tergoda diskonnya besar meskipun issue build quality dan lainnya.
tambah 10 jt dah dapet HRV SE RV om, salah 1 alesan saya rela jual brio satya yg baru dipake 10 bulan ya itu, pas bulan oktober tahun lalu, diskon lumayan dr 420an ke 380an which is cukup worth menurut saya hehe
Honda global platform vs DNGA (yg lagi rame kasus di negara asalnya)
HRV RU masih 15k KM tahun ini, anggap pemakaian 2021 (biasa kan kalo iklan NIK 2020 pemakaian 2021 ), jadi jalan 3 tahun: setahun cuma jalan 5000km. Kalo mau ganti YarCross dng segala notes yg sudah dirasakan TS waktu test drive menurut saya kurang worth. Penghematan hybrid hanya utk 5000km setahun itu ga worth it dibanding downgrade kelasnya.
Ingat loh ya ini DNGA bukan TNGA, anggap dari HRV turun kelas ke Avanza yg dipendekin, nga eman kah? Bagaimanapun pake mobil dng global platform akan beda rasa dng pake regional platform, apalagi yg dirancang utk 3rd world platform (baca: PASAR MURAH).
Kalo YarCross global pake TNGA yg jadi kembaran Lexus LBX sih no komen, meski pasti rasa kabin akan lebih sempit dari DNGA.
peterming77 wrote: Tue Feb 20, 2024 3:52
Honda global platform vs DNGA (yg lagi rame kasus di negara asalnya)
HRV RU masih 15k KM tahun ini, anggap pemakaian 2021 (biasa kan kalo iklan NIK 2020 pemakaian 2021 ), jadi jalan 3 tahun: setahun cuma jalan 5000km. Kalo mau ganti YarCross dng segala notes yg sudah dirasakan TS waktu test drive menurut saya kurang worth. Penghematan hybrid hanya utk 5000km setahun itu ga worth it dibanding downgrade kelasnya.
Ingat loh ya ini DNGA bukan TNGA, anggap dari HRV turun kelas ke Avanza yg dipendekin, nga eman kah? Bagaimanapun pake mobil dng global platform akan beda rasa dng pake regional platform, apalagi yg dirancang utk 3rd world platform (baca: PASAR MURAH).
Kalo YarCross global pake TNGA yg jadi kembaran Lexus LBX sih no komen, meski pasti rasa kabin akan lebih sempit dari DNGA.
Development platform tidak akan bohong.
TL:DR = tetap pake HRV RU nya aja.
sebagai user HRV RU dan pernah ditawarin coba yarcross tetep gimana ya... yarcross lebih baru. teknologi lebih bagus. tp refinement sana sini ane koq merasa RU lebih bagus. panel2 interiornya itu lho bikin buset gini amat yak. kalo ini mobil 300 juta okelah kelas avanza ini 400 juta euy.
kalo HRV RU kayak jazz GK tinggi, yarcross tuh kayak bawa raize gede. lebih refined, tapi nggak signifikan. ane yakin feel sama bisa didapatkan kalo raize dikasih sport damper. padahal katanya yarcross DNGA B beda sama raize.
dan raize itu kelas A (agya SUV) artinya < jazz.
mazda2 atau CX3 yang udah tua itu rasanya gak jadi kemahalan dibanding yarcross.
peterming77 wrote: Tue Feb 20, 2024 3:52
Honda global platform vs DNGA (yg lagi rame kasus di negara asalnya)
HRV RU masih 15k KM tahun ini, anggap pemakaian 2021 (biasa kan kalo iklan NIK 2020 pemakaian 2021 ), jadi jalan 3 tahun: setahun cuma jalan 5000km. Kalo mau ganti YarCross dng segala notes yg sudah dirasakan TS waktu test drive menurut saya kurang worth. Penghematan hybrid hanya utk 5000km setahun itu ga worth it dibanding downgrade kelasnya.
Ingat loh ya ini DNGA bukan TNGA, anggap dari HRV turun kelas ke Avanza yg dipendekin, nga eman kah? Bagaimanapun pake mobil dng global platform akan beda rasa dng pake regional platform, apalagi yg dirancang utk 3rd world platform (baca: PASAR MURAH).
Kalo YarCross global pake TNGA yg jadi kembaran Lexus LBX sih no komen, meski pasti rasa kabin akan lebih sempit dari DNGA.
Development platform tidak akan bohong.
TL:DR = tetap pake HRV RU nya aja.
sebagai user HRV RU dan pernah ditawarin coba yarcross tetep gimana ya... yarcross lebih baru. teknologi lebih bagus. tp refinement sana sini ane koq merasa RU lebih bagus. panel2 interiornya itu lho bikin buset gini amat yak. kalo ini mobil 300 juta okelah kelas avanza ini 400 juta euy.
kalo HRV RU kayak jazz GK tinggi, yarcross tuh kayak bawa raize gede. lebih refined, tapi nggak signifikan. ane yakin feel sama bisa didapatkan kalo raize dikasih sport damper. padahal katanya yarcross DNGA B beda sama raize.
dan raize itu kelas A (agya SUV) artinya < jazz.
mazda2 atau CX3 yang udah tua itu rasanya gak jadi kemahalan dibanding yarcross.
True, platform sasis Mazda 2/CX3 hari ini jelas masih ok, mungkin kalo dari sisi printilan yg keliatan ketinggalan. Dan krn sasis belum berubah jadinya luas kabin ya segitu2 aja, kemakan sama moncong nya yg panjang.
Jadi kangen sama CX3 yg sempat pake setahun sebelum terpaksa ganti HRV RV (gara2 akomodasi penumpang belakang )
masalah utama TS sebenernya pas aji mumpung ada disc 70 juta sekaligus peremejaan udah mau 4 tahun. Dan itu hanya bisa dipakai di yaris cross. Apa bisa dipakai di produk toyota lainnya ? Misalnya zenix G hybrid ?
Kl sy lebih prefer ke Yariss Cross krn ngejar ke irit banget (kondisi macet poll) dan lumayan powerfull kl fitur keduanya dijalankan & semua fasilitas dalamnya sdh lengkap, cuman build dlm nya kurang seluas HRV.
Apalagi teknologi mobil kedepannya ke arah Hybrid + Listrik... demikian yg ane share
Jika memang kantornya ada kerjasama salah satu dealer, apa ga coba zenix g hybrid om? Memang gimmick nya kurang dibanding yarcross, tp kelas ga boongg sih
syafimsa wrote: Fri Feb 23, 2024 1:52
Jika memang kantornya ada kerjasama salah satu dealer, apa ga coba zenix g hybrid om? Memang gimmick nya kurang dibanding yarcross, tp kelas ga boongg sih
syafimsa wrote: Fri Feb 23, 2024 1:52
Jika memang kantornya ada kerjasama salah satu dealer, apa ga coba zenix g hybrid om? Memang gimmick nya kurang dibanding yarcross, tp kelas ga boongg sih
Hanya berlaku untuk yaris cross Om potongannya
mestinya curiga gak sih kalau potongan cuma berlaku di yarcros? Gak laku kah? ada masalah yang disembunyikan kah?
Yarcros ini salam satu dasbor sama duo agya, avanza, raize lho om. Yakin gak nyesel nanti? hehehe
Atau ga ada sodara / temen yang naksir yaris cross ga om, Ambil dari kantor lalu jual aja kasih lebihan disc dari pasaran trus balikin nama buat sodara / temennya itu. Misal pasaran harga 420 juta, jual ke temen 410 udah terima beres, biaya balik nama om tanggung. Bisa ga tuh kaya gitu ?
mobil berumur kurang dari 5 tahun mah belum perlu peremajaan. apalagi km juga masih dibawah 20k. Mending di keep aja dulu kecuali kalo om TS udah beneran bosen dengan mobil saat ini
dregon wrote: Fri Feb 23, 2024 12:46
mestinya curiga gak sih kalau potongan cuma berlaku di yarcros? Gak laku kah? ada masalah yang disembunyikan kah?
Yarcros ini salam satu dasbor sama duo agya, avanza, raize lho om. Yakin gak nyesel nanti? hehehe
Kalo ngebaca pola diskonnya dari dealer bukan dari ATPM, ini casenya sekarang biasanya dealer gak berkutik om digelontorin stok sama ATPMnya. Disuruh stok. Dikirimin unit terus. Dan dealer pun ga bisa apa apa kalau memang barang yg dikirim ATPM tidak memenuhi ekspektasi market, macem YarCross. Yg masukin barang siapa, yg harus mati matian jualan siapa kasian jg sebenernya jadi dealer
Selama stock tsb belum laku, ada interest/bunga yg terus berjalan membebani finansial sebuah dealer tsb om. Maka mereka akan banting diskon untuk ngabisin stok.
Tujuannya hybrid itu sebenarnya membuat fuel consumption dalam kota setara/mendekati luar kota.
Misal mobil yg sama persis ada opsi hybrid dan non hybrid. Konsumsi BBM akan mirip seperti ini:
Non hybrid
Dalam kota 1:8-9
Luar kota 1:16
Hybrid
Dalam kota 1:14-15
Luar kota 1:16
Nah pemilihan antara hybrid dan non-hybrid itu sangat ditentukan rute pemakaian sehari2. Jika rutenya sering kena macet, pas jam ramai, banyak lampu merah, hybrid pilihan yg cocok.
Apabila rutenya sering lewat tol, jalan lenggang, kecepatan stabil 50-100 kmh, pilihlah mobil non-hybrid karena akan sama2 iritnya dengan mobil hybrid.
dregon wrote: Fri Feb 23, 2024 12:46
mestinya curiga gak sih kalau potongan cuma berlaku di yarcros? Gak laku kah? ada masalah yang disembunyikan kah?
Yarcros ini salam satu dasbor sama duo agya, avanza, raize lho om. Yakin gak nyesel nanti? hehehe
Kalo ngebaca pola diskonnya dari dealer bukan dari ATPM, ini casenya sekarang biasanya dealer gak berkutik om digelontorin stok sama ATPMnya. Disuruh stok. Dikirimin unit terus. Dan dealer pun ga bisa apa apa kalau memang barang yg dikirim ATPM tidak memenuhi ekspektasi market, macem YarCross. Yg masukin barang siapa, yg harus mati matian jualan siapa kasian jg sebenernya jadi dealer
Selama stock tsb belum laku, ada interest/bunga yg terus berjalan membebani finansial sebuah dealer tsb om. Maka mereka akan banting diskon untuk ngabisin stok.
Pantesan ATPMnya bayarin 3 influenza otomotif untuk bikin video yacross yang baru tayang kemaren
Brio vs Agya - semenjak Satya ada matiknya Agya ambruk
Brio RS vs Agya GR sport - mau dikata Agya GR udah digital speedo, setir enak, suspensi khusus, wireless charger dll dll ya tetep babak belur kaga bisa jualan. padahal harganya kurleb sama
Menurut saya diskonnya menarik sih Om. kalau disebut 70 jutaan lebih, saya sih tertarik tuk tukar.
tapi ada satu yg dipertimbangkan: itu HRV RU masih 15 k milleagenya berarti penggunanya ga jauh2 amat ya sehari2? dan apakah TS biasa tukar mobil tiap 4 tahun?
Maksudnya begini; low milleage itu artinya hybridnya bakal ga terlalu pengaruh penghematannya. Tapi sebaliknya karena tuh HRV RU dan mulah masuk ga gratis service mulai keluar biaya2 ganti2 sparepart.
jadi kalau TS biasa ganti mobil tiap 4 tahunan, menurut saya ya worth ya tuk tukar. Mumpung yang RU masih banyak yg seneng, sebenernya timingnya tepat. Di kemudian hari kalau ganti lagi ke HRV yg generasi terbaru ya so be it..
menurut saya, sekali dah pindah ke Hybrid, kalau sering makan mobil, macet2an, rada susah tuk tukar ke NA yg Non Hybrid karena penghematan BBMnya.. Ya mungkin pengendalian atau BQ mungkin dibawah RU, tapi Hybrid di Yaris Cross ini sih lumayan berasa banget penghematannya..