Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 3:00
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
pdhl maksud sy bukan bandingin apel2apel ev sm gadget sih. di semua lini skrg terjadi (contoh lain: unilever). eniwei ya udah lah
maksudnya lost market share due to complacency ... tp it's just opinion. lanjut mbah ...
Let see mbah.
Yg pasti yota dan produsen jepang punya sesuatu juga.
Blm lg klo bahas sinthetic fuel hahaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 8:10
Let see mbah.
Yg pasti yota dan produsen jepang punya sesuatu juga.
Blm lg klo bahas sinthetic fuel hahaha
naitu. skrg aja seal yg laris bingung. pdhl simple nya mungkin org beli itu cuma utk weekend car utk fun. kapan lg 3.8s dgn harga 700jt, bahkan kemri sm crv aja lbh mahal dr itu. utk mobil perangnya msh tetep pake ice sebab mungkin belum confident / ev belum sesuai utk sbg mobil perang harian.
bejek 3.8s jg ga tiap kali kan, sekelas pors aja ga akan di launch control terus2an.
mau beli yurop baru sekelas e class seri 5 utk weekend lucu2an harganya udah out of reach bagi mayoritas org. ada seal why not. nah curiga awalnya dr sini nih yg bakal ngabisin market share existing brands di low compliance markets. kita liat aja kartu truf para pemimpin pasar efektif ga. mana skrg jamannya rapid change.
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 8:10
Let see mbah.
Yg pasti yota dan produsen jepang punya sesuatu juga.
Blm lg klo bahas sinthetic fuel hahaha
naitu. skrg aja seal yg laris bingung. pdhl simple nya mungkin org beli itu cuma utk weekend car utk fun. kapan lg 3.8s dgn harga 700jt, bahkan kemri sm crv aja lbh mahal dr itu. utk mobil perangnya msh tetep pake ice sebab mungkin belum confident / ev belum sesuai utk sbg mobil perang harian.
bejek 3.8s jg ga tiap kali kan, sekelas pors aja ga akan di launch control terus2an.
mau beli yurop baru sekelas e class seri 5 utk weekend lucu2an harganya udah out of reach bagi mayoritas org. ada seal why not. nah curiga awalnya dr sini nih yg bakal ngabisin market share existing brands di low compliance markets. kita liat aja kartu truf para pemimpin pasar efektif ga. mana skrg jamannya rapid change.
Bisa jadi mbah market share geser, untuk market tsb yaa.
Krn user EV, most likely jd mobil ke 2 3 dst.
Dan china ini harga bs segitu, krn SDA dan SDM nya dia kuasain dr hulu ke hilir.
Ngeri emang negara tiongkok ini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 8:10
Let see mbah.
Yg pasti yota dan produsen jepang punya sesuatu juga.
Blm lg klo bahas sinthetic fuel hahaha
naitu. skrg aja seal yg laris bingung. pdhl simple nya mungkin org beli itu cuma utk weekend car utk fun. kapan lg 3.8s dgn harga 700jt, bahkan kemri sm crv aja lbh mahal dr itu. utk mobil perangnya msh tetep pake ice sebab mungkin belum confident / ev belum sesuai utk sbg mobil perang harian.
bejek 3.8s jg ga tiap kali kan, sekelas pors aja ga akan di launch control terus2an.
mau beli yurop baru sekelas e class seri 5 utk weekend lucu2an harganya udah out of reach bagi mayoritas org. ada seal why not. nah curiga awalnya dr sini nih yg bakal ngabisin market share existing brands di low compliance markets. kita liat aja kartu truf para pemimpin pasar efektif ga. mana skrg jamannya rapid change.
saya suka mindset ini oms
beli simply karena buat hobi ajah, daily nya ya tetep innova 2.0/2.4/2.5 yg dinyalain wkwk
singachu wrote: Mon Feb 19, 2024 5:45
hydrogen gmn om ?
apa bisa diterima market ?
Krucilatoz wrote: Mon Feb 19, 2024 5:19
Tapi hidrogen-cell car fit the concept karena jeda yg sama dengan petrol car.
setau ane bb hidrogen masih banyak pe-er.
- biaya produksi tinggi krn butuh banyak energi utk proses elektrolisis
- biaya storage jauh lebih mahal karena mudah lepas ke atmosfer
- biaya safety jg tinggi krn h2 adalah zat yg reaktif (ingat cerita hindenburg dong)
- gak ramah lingkungan krn sekarang ini hidrogen diproduksi dari fosil fuel jg. bisa sih diproduksi dari air, tapi cost produksinya lbh tinggi lagi
- efisiensi energinya rendah, cuma 20-30%. mesin bensin n disel jaman now jauh lebih tinggi dari itu, apalagi yg hybrid. paling bagus ya bev (disklemer: tergantung juga dari sumber energi listriknya)
true, hydrogen fuel cell masih mahal, teknologi masih jauh, penggunaan juga masih minim.
Tapi hal yang sama juga bisa dikatakan untuk EV 10 - 20 tahun lalu.
Butuh waktu memang, dan pastinya mau ga mau akan dibutuhkan mengingat petrol-based pastinya akan habis, sementara hidrogen melimpah.
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 8:37
Bisa jadi mbah market share geser, untuk market tsb yaa.
Krn user EV, most likely jd mobil ke 2 3 dst.
Dan china ini harga bs segitu, krn SDA dan SDM nya dia kuasain dr hulu ke hilir.
Ngeri emang negara tiongkok ini
om info aja BYD best selling qin plus DM 2023 327.000 unit ni mobil menarik banget deh
eng ing eng hybrid
nah byd no1 no2 no3 VW toyota honda boro2x jualan hybrid kebanyakn juga jualan mobil besin semua hybrid pure EV merek bener2x meble jualannya EV itu cuma di pegang byd sama tesla doank merek laen jugameble alias angkanya nothing
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 3:00
Nggg.. anu para suhu dan sesepuh..
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
Klo transisi "Nokia jadul" ke "Smartphone kekinian", itu sangat mudah, gak butuh waktu lama.
karena energy sourcenya masih sama2 batre yg bisa diganti dgn jauh lbh mudah.
So.. Transisi pengguna:
- motor kopling ke skutik
- mobil manual ke matic
- mobil karbu ke injeksi - mobil bensin ke hybrid
- dan sejenisnya
juga sangat mudah...
karena masih sama2 pk bensinn, gak butuh waktu lama ngisi full tank dari Empty
+ AC (pendingin) mokat di mobil hybrid sekalipun juga masih bisa jalan.
Terus.. AC di EV mokat, gmn dinginin batrenya?
Krn EV (untuk perform optimal) sgt bergantung terhadap cooling system yg jadi satu sama AC.
yess, pendingin batre-nya pakai Freon AC.
Radiator doang gak cukup untuk dinginin batrenya
EV bisa jadi:
- malah cuma FoMo, karena ujung2nya orang butuh peace of mind.
- atau.. hidup berdampingan dengan hybrid / ICE vehicle
Let see 1-2 dekade ke depan
Semoga umur kita panjang bisa jadi penonton EV Versus ICE / Hybrid
nah persis kan kayak ane bilang beberapa tahun lalu. nggak bisa tuh transisi internal combustion ke EV itu terjadi overnight macem smartphone. dlm case smartphone behavior pengguna tuh tetep sama dari jaman nokia batu bata ampe iphone terbaru. paling frekuensi chargingnya dari seminggu 1x jadi sehari 1x soalnya fungsinya banyak. tp produktivitas meningkat jadi wajar-wajar aja toh tagihan listrik ga naik banyak motor karbu ke injeksi atau manual ke matic itu jg sama tetep behavior pengguna dan infrastrukturnya gak butuh transformasi radikal.
di mobil ga gitu case nya. orang tuh udah kebiasaan ngisi bensin 5 menit kelar full tank, kebiasaan yang sama mau disamain di stasiun SPKLU atau charging tiap malem di rumah? kaga bisa. watt yang kepake aja berapa. iya bener kasih practicality ngisinya cukup di rumah, tapi alesan utama orang bahkan ampe negara maju susah transisi ke EV total ya karena behaviornya banyak musti dirobah dan power grid rata-rata yg kuat handle charge EV berjamaah itu power grid komplek perumahan menengah ampe mevvah, kalo rumah yg under 1M ya auto blackout sekomplek digebukin warga
ngisi di SPKLU selain not practical nunggu 30 menit paling cepet, juga kalo di wakanda potensi berantemnya ngeri pas musim mudik atau long wiken skrg mah antri 1-2 mobil aja udah masalah, bayangin antri 10 mobil pas musim mudik.
di negara 4 musim issuenya fluktuasi temperatur yang tinggi pula blom perubahan di sisi infrastrukturnya itu cukup radikal krn harus ubah behavior pengguna secara ekstrem.
panas masalah dingin masalah kapan benernya mobil kayak gini
pake selimut karena kalo pake heater rangenya turun
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 3:00
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
pdhl maksud sy bukan bandingin apel2apel ev sm gadget sih. di semua lini skrg terjadi (contoh lain: unilever). eniwei ya udah lah
maksudnya lost market share due to complacency ... tp it's just opinion. lanjut mbah ...
semua akan nokia pada waktunya, gak ada yg abadi, even itu toyota.
Suryaputra wrote: Mon Feb 19, 2024 3:00
Transisi ICE ke EV tidak semudah transisi teknologi Gadget.
karena apa? Energy Sourcenya 180 derajat beda banget.
pdhl maksud sy bukan bandingin apel2apel ev sm gadget sih. di semua lini skrg terjadi (contoh lain: unilever). eniwei ya udah lah
maksudnya lost market share due to complacency ... tp it's just opinion. lanjut mbah ...
semua akan nokia pada waktunya, gak ada yg abadi, even itu toyota.
The Power of Late Entry
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kalo range yg dimaksut itu cuma bisa dicapai dgn aliran siksa diri sih.....
gak beda ma bawa mobil bensin sese gede. irit juga kalo siksa diri gasspolll range ngedrop itu cerita bawa mobil high performance macem subaru WRX STI.
Suryaputra wrote: Tue Feb 20, 2024 2:44
The Power of Late Entry
LATE entry ???
gw bilang engak justru dia pionerr soalnya VR dia itu sebenernya PC gak kek VR laen yang kerjanya cuma buat maen game atau support HP atau device laen
itu kayak mobil listrik batre pasarnya ud nyungsep gagal total tiba2x apple ngeluarin mobil listrik nuklir gak usah di charge selama 10thn tinggal pake aja sampe begoo
itu VR paling buat sekarang pasarnya kayak ipad atau laptop barang yang ada gak ada gak gitu ngaruh
cuma di masa depan menurut felling sotoy gw bakalan evolusi jadi kacamata pinter dimana cuma pake kacamata bisa dapet fitur sama kek VR itu di support sama smart watch ud deh
abis itu ud deh abis smart phone kita ganti jadi combo smartwatch sama smart glasses........
buat sekarang boomingnya gak bakalan gimana2x banget soalnya masih keliatan konyol dipake dan gak penting2x banget ada
kalo resiko induksi medan magnet mobil listrik ga jadi concern ya? kalo saya sih lebih concern ke sana ya. Induksi medan magnentic nya molis masuk kategori potensial carcinogenic agent. Ga kebayang satu mobil kepapar resiko kena kanker, apalagi kalo yg pake mobil sehari bisa sampe 4 jam an atau lebih.
Last edited by bimzbim on Tue Feb 20, 2024 3:23, edited 1 time in total.
b0ku wrote: Tue Feb 20, 2024 3:12
itu kayak mobil listrik batre pasarnya ud nyungsep gagal total tiba2x apple ngeluarin mobil listrik nuklir gak usah di charge selama 10thn tinggal pake aja sampe begoo
tp ane mikirnya bener loh keknya bentar lagi hydrogen akan makin gencar. EV dah nyungsep dimana-mana. yg mau nyerep EV cuma china dan siapapun yang mau kongsi bisnis ma china (wakanda contohnya yg kasi karpet merah ke china) soalnya produk domestik. di barat sih kaum2 woke juga pada nolakin EV gegara tau proses exploitatif di belakangnya.
b0ku wrote: Tue Feb 20, 2024 3:12
itu kayak mobil listrik batre pasarnya ud nyungsep gagal total tiba2x apple ngeluarin mobil listrik nuklir gak usah di charge selama 10thn tinggal pake aja sampe begoo
tp ane mikirnya bener loh keknya bentar lagi hydrogen akan makin gencar. EV dah nyungsep dimana-mana. yg mau nyerep EV cuma china dan siapapun yang mau kongsi bisnis ma china (wakanda contohnya yg kasi karpet merah ke china) soalnya produk domestik. di barat sih kaum2 woke juga pada nolakin EV gegara tau proses exploitatif di belakangnya.
Klo sy mikirnya gini sih..
Kadang kita ketika dimention EV, itu mikirnya hny pk batre.
Padahal sumber energi listrik kan bisa macam2, let say: Hydrogen Fuel Cell, Nuclear, even Hybrid, dsb.
Itu kan prinsip dasarnya juga medianya electric powered drivetrain
Contoh: Hybrid yg pk ecvt, berjalan, menggunakan dinamo listrik di dalam girboks.
Ecvt jaman now gak pk gear mechanism + belt yg connect ke mesin.
Balik lg, teknologi batre ini hanya salah satu sumber energi.
Tapi gak reliable buat road trip karena jarak tempuh dan durasi waktu ngisi batre (as current info dr super user yg ada).
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Feb 20, 2024 3:53
Klo sy mikirnya gini sih..
Kadang kita ketika dimention EV, itu mikirnya hny pk batre.
Padahal sumber energi listrik kan bisa macam2, let say: Hydrogen Fuel Cell, Nuclear, even Hybrid, dsb.
Itu kan prinsip dasarnya juga medianya electric powered drivetrain
Contoh: Hybrid yg pk ecvt, berjalan, menggunakan dinamo listrik di dalam girboks.
Ecvt jaman now gak pk gear mechanism + belt yg connect ke mesin.
Balik lg, teknologi batre ini hanya salah satu sumber energi.
Tapi gak reliable buat road trip karena jarak tempuh dan waktu ngisi batre (as of today).
menangnya hydrogen refuellingnya lebih cepet. dan bisa dipake internal combustion atau EV sekalipun
jd yang masih mau internal combustion gak perlu pusing. pabrikan jg tinggal modif komponen aja gak perlu pensiunin factory buat switch total ke EV
sama kyk ngeliat politik pabrikan gede semua jg main banyak kaki jgn buru2 kesimpulan mereka ketinggalan atau bakal kayak nokia hyunde fokus ke EV ya tetep jual santafe palisade kan
miripnya sama hape tuh tar kalahnya ma china china juga. ya gmn kalo udah kuasai supply chain harga gak bakal bisa bersaing makanya yakin sebenernya toyota hyundai dll itu bakal cari alternatif lain.
Suryaputra wrote: Tue Feb 20, 2024 3:53
Klo sy mikirnya gini sih..
Kadang kita ketika dimention EV, itu mikirnya hny pk batre.
Padahal sumber energi listrik kan bisa macam2, let say: Hydrogen Fuel Cell, Nuclear, even Hybrid, dsb.
Itu kan prinsip dasarnya juga medianya electric powered drivetrain
Contoh: Hybrid yg pk ecvt, berjalan, menggunakan dinamo listrik di dalam girboks.
Ecvt jaman now gak pk gear mechanism + belt yg connect ke mesin.
Balik lg, teknologi batre ini hanya salah satu sumber energi.
Tapi gak reliable buat road trip karena jarak tempuh dan waktu ngisi batre (as of today).
menangnya hydrogen refuellingnya lebih cepet. dan bisa dipake internal combustion atau EV sekalipun
jd yang masih mau internal combustion gak perlu pusing. pabrikan jg tinggal modif komponen aja gak perlu pensiunin factory buat switch total ke EV
sama kyk ngeliat politik pabrikan gede semua jg main banyak kaki jgn buru2 kesimpulan mereka ketinggalan atau bakal kayak nokia hyunde fokus ke EV ya tetep jual santafe palisade kan
miripnya sama hape tuh tar kalahnya ma china china juga. ya gmn kalo udah kuasai supply chain harga gak bakal bisa bersaing makanya yakin sebenernya toyota hyundai dll itu bakal cari alternatif lain.
Iya akio toyoda ini main dan nyoba bbrp teknologi justru.
Krn klo dia merasa puas, kayanya gak mungkin segitu getolnya R&D hydrogen dan hybrid.
Apalagi potensi hydrogen ini emg lbh green, dan resources melimpah.
Time will tell
Di masa depan, Siapa yg akan dan masih kuasai "mass market" ?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri