Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Mbah, cucu gumun, minta wangsitnya plis.
Cucu pake dokar SGV 2.4 AT 2014 odo 160k, selama ini pake pelicin PFT ijo galonan (foto 1) & dikit lagi mau ganti oli.
Nah, pas mau hunting PFT ijo, cucu baru ngeh, lah kok kemasannya (foto 1&2 vs 3) & keterangan labelnya (foto 1 vs 2&3) beda-beda & semuanya klaim asli, jadi cucu mohon infonya mbah² sekalian:
1. Apa kemasan PFT ijo aslinya emang 2 jenis? Kalo iya, yg terbaru yg mana ya?
2. Bedanya PFT ijo yg ada logo Lamborghini sama yg ngga, apa ya?
3. PFT ijo grade nya "fully-synthetic" atau "semi-synthetic" sih mbah? Setau cucu selama ini, kalo keterangan di kemasan tertulis "fully-synthetic" artinya grade nya "fully-synthetic" dan kalo tertulis "synthetic" artinya grade nya "semi-synthetic". Jadi, sekiranya semua jenis kemasan ini asli, Cucu beranggapan foto 1 itu "fully-synthetic" dan foto 2 & 3 itu "semi-synthetic". Cmiiw
4. Interval ganti oli PFT ijo idealnya per brp km atau per brp bln mbah?
5. Pendapat mbah kalo umpama cucu sekalian switch pake PFD gimana? Terus kalo bisa, interval penggantiannya gimana? Penasaran pengen sesat tapi masih takut², apalagi kemasannya bikin bingung juga (foto 4) hehehe...
Matur nuwun sebelumnya mbah² semua
Cucu pake dokar SGV 2.4 AT 2014 odo 160k, selama ini pake pelicin PFT ijo galonan (foto 1) & dikit lagi mau ganti oli.
Nah, pas mau hunting PFT ijo, cucu baru ngeh, lah kok kemasannya (foto 1&2 vs 3) & keterangan labelnya (foto 1 vs 2&3) beda-beda & semuanya klaim asli, jadi cucu mohon infonya mbah² sekalian:
1. Apa kemasan PFT ijo aslinya emang 2 jenis? Kalo iya, yg terbaru yg mana ya?
2. Bedanya PFT ijo yg ada logo Lamborghini sama yg ngga, apa ya?
3. PFT ijo grade nya "fully-synthetic" atau "semi-synthetic" sih mbah? Setau cucu selama ini, kalo keterangan di kemasan tertulis "fully-synthetic" artinya grade nya "fully-synthetic" dan kalo tertulis "synthetic" artinya grade nya "semi-synthetic". Jadi, sekiranya semua jenis kemasan ini asli, Cucu beranggapan foto 1 itu "fully-synthetic" dan foto 2 & 3 itu "semi-synthetic". Cmiiw
4. Interval ganti oli PFT ijo idealnya per brp km atau per brp bln mbah?
5. Pendapat mbah kalo umpama cucu sekalian switch pake PFD gimana? Terus kalo bisa, interval penggantiannya gimana? Penasaran pengen sesat tapi masih takut², apalagi kemasannya bikin bingung juga (foto 4) hehehe...
Matur nuwun sebelumnya mbah² semua
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1176
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Bisa banget om ngecer beli oli dari drum, pilihanya kemarin juga banyak kok kalo mau beli oli curah, dari Pertamina, Eneos, PTT, Shell, Adnoc, Total. Cuma pas saya kesana lagi abis aja tuh fastron gold yg curah , di tawarin PTT Full Sintetik harga 98rb/L, akhirnya ambil Enoc. InsyaAllah asli om, bisa minta kaya sertifikat gitu kalo ragu hehe...Soedirman wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 1:33Waaah.. Mantap nih bisa beli eceran dr drum2nya..
Speed service brrti original semua yah om untuk oli2nya? Khusunya drum2an fastron goldnya?
Dan perputaranya juga cepet kata Mas Angga ownernya, apalagi yang HDEO, jadi ga usah takut oli drum lebih jelek/basi/kelamaan/oksidasi dll...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1176
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ada om hehe...fajarrian wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 4:07oalah speed service toh, baru tau ada toko fisiknya biasa ambil tq9000 di sana sih beli di shopee
rada nyempil tapi emang lengkap barangnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
SGV 2.4L sih pakai aja Fastron Gold 5w30gujax05 wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 4:51 Mbah, cucu gumun, minta wangsitnya plis.
Cucu pake dokar SGV 2.4 AT 2014 odo 160k, selama ini pake pelicin PFT ijo galonan (foto 1) & dikit lagi mau ganti oli.
Nah, pas mau hunting PFT ijo, cucu baru ngeh, lah kok kemasannya (foto 1&2 vs 3) & keterangan labelnya (foto 1 vs 2&3) beda-beda & semuanya klaim asli, jadi cucu mohon infonya mbah² sekalian:
1. Apa kemasan PFT ijo aslinya emang 2 jenis? Kalo iya, yg terbaru yg mana ya?
2. Bedanya PFT ijo yg ada logo Lamborghini sama yg ngga, apa ya?
3. PFT ijo grade nya "fully-synthetic" atau "semi-synthetic" sih mbah? Setau cucu selama ini, kalo keterangan di kemasan tertulis "fully-synthetic" artinya grade nya "fully-synthetic" dan kalo tertulis "synthetic" artinya grade nya "semi-synthetic". Jadi, sekiranya semua jenis kemasan ini asli, Cucu beranggapan foto 1 itu "fully-synthetic" dan foto 2 & 3 itu "semi-synthetic". Cmiiw
4. Interval ganti oli PFT ijo idealnya per brp km atau per brp bln mbah?
5. Pendapat mbah kalo umpama cucu sekalian switch pake PFD gimana? Terus kalo bisa, interval penggantiannya gimana? Penasaran pengen sesat tapi masih takut², apalagi kemasannya bikin bingung juga (foto 4) hehehe...
Matur nuwun sebelumnya mbah² semua
cooling system dan coolant ok kan?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Cooling system no problem, coolant barusan flush & refill pake preston ijo January kemarin mbah...Suryaputra wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 6:24SGV 2.4L sih pakai aja Fastron Gold 5w30gujax05 wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 4:51 Mbah, cucu gumun, minta wangsitnya plis.
Cucu pake dokar SGV 2.4 AT 2014 odo 160k, selama ini pake pelicin PFT ijo galonan (foto 1) & dikit lagi mau ganti oli.
Nah, pas mau hunting PFT ijo, cucu baru ngeh, lah kok kemasannya (foto 1&2 vs 3) & keterangan labelnya (foto 1 vs 2&3) beda-beda & semuanya klaim asli, jadi cucu mohon infonya mbah² sekalian:
1. Apa kemasan PFT ijo aslinya emang 2 jenis? Kalo iya, yg terbaru yg mana ya?
2. Bedanya PFT ijo yg ada logo Lamborghini sama yg ngga, apa ya?
3. PFT ijo grade nya "fully-synthetic" atau "semi-synthetic" sih mbah? Setau cucu selama ini, kalo keterangan di kemasan tertulis "fully-synthetic" artinya grade nya "fully-synthetic" dan kalo tertulis "synthetic" artinya grade nya "semi-synthetic". Jadi, sekiranya semua jenis kemasan ini asli, Cucu beranggapan foto 1 itu "fully-synthetic" dan foto 2 & 3 itu "semi-synthetic". Cmiiw
4. Interval ganti oli PFT ijo idealnya per brp km atau per brp bln mbah?
5. Pendapat mbah kalo umpama cucu sekalian switch pake PFD gimana? Terus kalo bisa, interval penggantiannya gimana? Penasaran pengen sesat tapi masih takut², apalagi kemasannya bikin bingung juga (foto 4) hehehe...
Matur nuwun sebelumnya mbah² semua
cooling system dan coolant ok kan?
Selama ini ikut saran bengkel langganan pake PFT ijo krn katanya odo udah gondrong 160k jadi butuh yg agak kentel visconya & harganya lumayan murah soalnya selalu drain di 5k yg mana itu cepet banget nyampe nya (mobil perang soalnya)
PFG lumayan tinggi harganya disini mbah, lagi nyari fullsynt yg ramah kantong & gampang nyarinya disini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Ikut manual book aj mbah.gujax05 wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 8:58Cooling system no problem, coolant barusan flush & refill pake preston ijo January kemarin mbah...Suryaputra wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 6:24SGV 2.4L sih pakai aja Fastron Gold 5w30gujax05 wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 4:51 Mbah, cucu gumun, minta wangsitnya plis.
Cucu pake dokar SGV 2.4 AT 2014 odo 160k, selama ini pake pelicin PFT ijo galonan (foto 1) & dikit lagi mau ganti oli.
Nah, pas mau hunting PFT ijo, cucu baru ngeh, lah kok kemasannya (foto 1&2 vs 3) & keterangan labelnya (foto 1 vs 2&3) beda-beda & semuanya klaim asli, jadi cucu mohon infonya mbah² sekalian:
1. Apa kemasan PFT ijo aslinya emang 2 jenis? Kalo iya, yg terbaru yg mana ya?
2. Bedanya PFT ijo yg ada logo Lamborghini sama yg ngga, apa ya?
3. PFT ijo grade nya "fully-synthetic" atau "semi-synthetic" sih mbah? Setau cucu selama ini, kalo keterangan di kemasan tertulis "fully-synthetic" artinya grade nya "fully-synthetic" dan kalo tertulis "synthetic" artinya grade nya "semi-synthetic". Jadi, sekiranya semua jenis kemasan ini asli, Cucu beranggapan foto 1 itu "fully-synthetic" dan foto 2 & 3 itu "semi-synthetic". Cmiiw
4. Interval ganti oli PFT ijo idealnya per brp km atau per brp bln mbah?
5. Pendapat mbah kalo umpama cucu sekalian switch pake PFD gimana? Terus kalo bisa, interval penggantiannya gimana? Penasaran pengen sesat tapi masih takut², apalagi kemasannya bikin bingung juga (foto 4) hehehe...
Matur nuwun sebelumnya mbah² semua
cooling system dan coolant ok kan?
Selama ini ikut saran bengkel langganan pake PFT ijo krn katanya odo udah gondrong 160k jadi butuh yg agak kentel visconya & harganya lumayan murah soalnya selalu drain di 5k yg mana itu cepet banget nyampe nya (mobil perang soalnya)
PFG lumayan tinggi harganya disini mbah, lagi nyari fullsynt yg ramah kantong & gampang nyarinya disini
Jgn percaya apa kt org "makin tua makin kental"..
Bbrp warga sini bbrp mobil odo gondrong malah pk w20 amann.
Sesuai rekomen / arahan manual book.
W30 fastron ada techno
10w30
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ah siap mbah, makasih masukannyaSuryaputra wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 10:01Ikut manual book aj mbah.gujax05 wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 8:58Cooling system no problem, coolant barusan flush & refill pake preston ijo January kemarin mbah...Suryaputra wrote: ↑Sun Feb 18, 2024 6:24
SGV 2.4L sih pakai aja Fastron Gold 5w30
cooling system dan coolant ok kan?
Selama ini ikut saran bengkel langganan pake PFT ijo krn katanya odo udah gondrong 160k jadi butuh yg agak kentel visconya & harganya lumayan murah soalnya selalu drain di 5k yg mana itu cepet banget nyampe nya (mobil perang soalnya)
PFG lumayan tinggi harganya disini mbah, lagi nyari fullsynt yg ramah kantong & gampang nyarinya disini
Jgn percaya apa kt org "makin tua makin kental"..
Bbrp warga sini bbrp mobil odo gondrong malah pk w20 amann.
Sesuai rekomen / arahan manual book.
W30 fastron ada techno
10w30
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11071
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
tepatnya : jarang dikeluarin jadi kental.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
speed services trusted ya om, liat ulasan nya bagus juga buat delvac 1
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 377
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ternyata itu wujud tokonya si speed services, ogut sering tuh beli online di sono, kalo pas tanggalnya apik dapet disc 20k di tokoijo atau disc 5% di tokooren. kayanya warungnya nyempil, tapi perputarannya cepet karena jualan onlennya jg kenceng ya kalo liat reviewnya di tokoijo/orent105erd wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 22:44Speed Servicefajarrian wrote: ↑Sat Feb 17, 2024 17:30Weh dimana nih om?t105erd wrote: ↑Fri Feb 16, 2024 16:28 IMG_20240216_162205.jpg
IMG_20240216_162155.jpg
IMG_20240216_161115.jpg
Karena pas lagi waktunya butuh ganti oli, pulang kerja mampir warung yang jual minyak di daerah Bekasi, tempatnya rada nyempil tapi lengkap bgt, dari prima xp, sampai ravenol ada, maksud hati nyari fastron drum2an ternyata malah pas habis. 5W30 drum2an tinggal PTT full sintetis, sana Total dan PTT yg semi sintetis. Akhirnya beli minyak arab, lagi promo katanya, abis lebaran harga normal lagi.
Biasanya saya beli di autostore doang kalo di bekasi soalnya deket kantor
coba aja om mampir sana, lebih lengkap berbagai merk ada, botolan dan drum, sayang kemarin fastron gold lagi abis, blm dateng lg. tapi disana cuma jual aja ga bisa ganti oli di tempat.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
klo jarang dikeluarin, butuh "aditif" emang
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ini bahas apaan dahSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 2:29klo jarang dikeluarin, butuh "aditif" emang
nanya lagi
1. kalo ganti oli apalagi beda brand dan/atau beda grade (mineral, semi & full), apa perlu pake engine flush?
2. kalo ganti filter oli, apa perlu isi oli dikit ke filter, cukup di oles di seal/surface filter atau ngga sama sekali?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
1. gak usah engine flush, cukup tuang mesran murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (untuk ngedorong endapan oli lama di oil-pan)gujax05 wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:21ini bahas apaan dah
nanya lagi
1. kalo ganti oli apalagi beda brand dan/atau beda grade (mineral, semi & full), apa perlu pake engine flush?
2. kalo ganti filter oli, apa perlu isi oli dikit ke filter, cukup di oles di seal/surface filter atau ngga sama sekali?
2. tergantung posisi filter olinya:
- klo modelnya hadap bawah, gpp diisi oli ke dalam filter + oles seal filter oli.
- klo posisi nya nyamping, cukup dioles di seal filter olinya.
diisi oli atau nggak, no issue, karena sbetulnya itu sistem oil-pumpnya nyedot oli yg ada di oil pan juga.
Apalagi di bbrp mobil hybrid, biasanya pakai electric oil-pump.
jadi sesaat sebelum mesin nyala, oil-pumpnya udah pumping olmes duluan ke semua internal mesin.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1176
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
kadang saya malah kalo ganti oli di 5000km ga ganti filter oli, dilepasin aja filternya oli lama dikeluarin, pasang lagiSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:331. gak usah engine flush, cukup tuang mesran murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (untuk ngedorong endapan oli lama di oil-pan)
2. tergantung posisi filter olinya:
- klo modelnya hadap bawah, gpp diisi oli ke dalam filter + oles seal filter oli.
- klo posisi nya nyamping, cukup dioles di seal filter olinya.
diisi oli atau nggak, no issue, karena sbetulnya itu sistem oil-pumpnya nyedot oli yg ada di oil pan juga.
Apalagi di bbrp mobil hybrid, biasanya pakai electric oil-pump.
jadi sesaat sebelum mesin nyala, oil-pumpnya udah pumping olmes duluan ke semua internal mesin.
nanti ganti filter oli kalo udah 10rb km (pakai filter oli bosch), jangan di ikutin yak
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
t105erd wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 5:06kadang saya malah kalo ganti oli di 5000km ga ganti filter oli, dilepasin aja filternya oli lama dikeluarin, pasang lagiSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:331. gak usah engine flush, cukup tuang mesran murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (untuk ngedorong endapan oli lama di oil-pan)
2. tergantung posisi filter olinya:
- klo modelnya hadap bawah, gpp diisi oli ke dalam filter + oles seal filter oli.
- klo posisi nya nyamping, cukup dioles di seal filter olinya.
diisi oli atau nggak, no issue, karena sbetulnya itu sistem oil-pumpnya nyedot oli yg ada di oil pan juga.
Apalagi di bbrp mobil hybrid, biasanya pakai electric oil-pump.
jadi sesaat sebelum mesin nyala, oil-pumpnya udah pumping olmes duluan ke semua internal mesin.
nanti ganti filter oli kalo udah 10rb km (pakai filter oli bosch), jangan di ikutin yak
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 21, 2017 8:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Emang terbaik sepuh iniSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:331. gak usah engine flush, cukup tuang mesran murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (untuk ngedorong endapan oli lama di oil-pan)
2. tergantung posisi filter olinya:
- klo modelnya hadap bawah, gpp diisi oli ke dalam filter + oles seal filter oli.
- klo posisi nya nyamping, cukup dioles di seal filter olinya.
diisi oli atau nggak, no issue, karena sbetulnya itu sistem oil-pumpnya nyedot oli yg ada di oil pan juga.
Apalagi di bbrp mobil hybrid, biasanya pakai electric oil-pump.
jadi sesaat sebelum mesin nyala, oil-pumpnya udah pumping olmes duluan ke semua internal mesin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
mbah marmut tuh sepuh di sinigujax05 wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 6:05Emang terbaik sepuh iniSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 3:331. gak usah engine flush, cukup tuang mesran murah 1 liter, ketika oli lama tinggal netes (untuk ngedorong endapan oli lama di oil-pan)
2. tergantung posisi filter olinya:
- klo modelnya hadap bawah, gpp diisi oli ke dalam filter + oles seal filter oli.
- klo posisi nya nyamping, cukup dioles di seal filter olinya.
diisi oli atau nggak, no issue, karena sbetulnya itu sistem oil-pumpnya nyedot oli yg ada di oil pan juga.
Apalagi di bbrp mobil hybrid, biasanya pakai electric oil-pump.
jadi sesaat sebelum mesin nyala, oil-pumpnya udah pumping olmes duluan ke semua internal mesin.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 459
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Sharing UOA Fastron Gold 5W30 + Mannol Ester
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Thanks for sharing mbahsaturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:34 Sharing UOA Fastron Gold 5W30 + Mannol Ester
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
IMG_20240219_222857.jpg
IMG_20240219_222931.jpg
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
IMG_20230917_060758.jpg
IMG_20240118_091123.jpg
Brp persen manol X PFG ?
Konsisten ya hasilnya PFG, aman 10rb km di mesin remap
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 459
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Mannol Ester 1 kaleng full 500 mlSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:37Thanks for sharing mbahsaturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:34 Sharing UOA Fastron Gold 5W30 + Mannol Ester
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
IMG_20240219_222857.jpg
IMG_20240219_222931.jpg
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
IMG_20230917_060758.jpg
IMG_20240118_091123.jpg
Brp persen manol X PFG ?
Konsisten ya hasilnya PFG, aman 10rb km di mesin remap
Fastron Gold sekitar 4.2L
Saya juga enggak tahu kenapa, tapi waktu dimasukkan 3.8L oli + 400 ml mannol, levelnya masih low terus di dipstick. Akhirnya ditambah sekitar 400ml baru bisa sampai level full.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9809
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Polos better value yahsaturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:41Mannol Ester 1 kaleng full 500 mlSuryaputra wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:37Thanks for sharing mbahsaturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:34 Sharing UOA Fastron Gold 5W30 + Mannol Ester
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
IMG_20240219_222857.jpg
IMG_20240219_222931.jpg
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
IMG_20230917_060758.jpg
IMG_20240118_091123.jpg
Brp persen manol X PFG ?
Konsisten ya hasilnya PFG, aman 10rb km di mesin remap
Fastron Gold sekitar 4.2L
Saya juga enggak tahu kenapa, tapi waktu dimasukkan 3.8L oli + 400 ml mannol, levelnya masih low terus di dipstick. Akhirnya ditambah sekitar 400ml baru bisa sampai level full.
Gak nambah uang buat aditif jg.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1440
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Mantep mbahsaturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:34 Sharing UOA Fastron Gold 5W30 + Mannol Ester
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
IMG_20240219_222857.jpg
IMG_20240219_222931.jpg
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
IMG_20230917_060758.jpg
IMG_20240118_091123.jpg
Kalo gini mah, oli PFG polosan aja, ngapain nambah duit dikasih manol-manolan segala IMHO
Saya malah pede, oli bengkel resmi bikinan pertamini kayak TMO gold itu bisa juga dipake 10rb km.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 459
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kalau enggak coba dan enggak test ya mana ketahuan. Namanya juga penasaran
Yang pasti brand dan tipe itu tidak akan saya beli lagi. Tapi kita ambil sisi positifnya aja: mungkin penggunaan saya belum se-heavy duty itu untuk menguji fungsi perlindungan aditifnya hehehe.
Yang pasti brand dan tipe itu tidak akan saya beli lagi. Tapi kita ambil sisi positifnya aja: mungkin penggunaan saya belum se-heavy duty itu untuk menguji fungsi perlindungan aditifnya hehehe.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Nov 28, 2023 7:15
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Muwantaaaaap.. Terima kasih arigatou untuk sharingnya om.....saturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 14:34 Sharing UOA Fastron Gold 5W30 + Mannol Ester
Unit Civic FD2, pemakaian oli 8110 km interval 16/09/23 - 16/02/2024. Rute sekitar 65% toll, 35% dalam kota.
IMG_20240219_222857.jpg
IMG_20240219_222931.jpg
Tabel paling kiri: Fastron Gold 5W30 + Mannol
Kedua dari kiri: Fastron Gold 5W30
Ketiga dari kiri: Repsol GXR Platinum 5W30
Paling kanan: Repsol GXR Platinum 5W30 + CTX Ester
Lupa ambil foto level oli sebelum di drain, yang pasti belum ada penurunan di dipstick selama penggunaan 8110 km.
IMG_20230917_060758.jpg
IMG_20240118_091123.jpg
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Kalo mau addiditf yg beneran bagus tuh HSS FR3, beda kelas sama Mannol..saturday wrote: ↑Mon Feb 19, 2024 15:29 Kalau enggak coba dan enggak test ya mana ketahuan. Namanya juga penasaran
Yang pasti brand dan tipe itu tidak akan saya beli lagi. Tapi kita ambil sisi positifnya aja: mungkin penggunaan saya belum se-heavy duty itu untuk menguji fungsi perlindungan aditifnya hehehe.
Mannol malah yg bagus coolantnya Om, sy pakai di AN Rush yg seri G12+ nya, tau darimana bagus? Dari ACnya lebih dingin sejak ganti air radiator ini