Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Halo semua, rencana pengen beli BYD Seal AWD karena performa nya yang dibilang dahsyat 3.8 detik. Saya belum hands on dan test drive ini mobil karena di Surabaya masih belum ada unit display sama sekali.
Selain kelebihan2 yg sudah banyak di omongin sama banyak reviewer2 (performa luar biasa, feel premium di kabin, suspensi ok, handling ok, dll) ada satu hal yang masih mengganjal buat saya yaitu resiko kebakaran dari sebuah EV. Beberapa yg saya baca di google, ada kejadian kayak:
- Lagi parkir aja ngga diapa2 in terus kebakar
- Lagi nge charge juga ada yang kebakar
Lalu kekhawatiran saya pribadi 1 lagi:
- Ini mobil kan pendek banget ground clearance nya. Misal bawah nya gasruk kena gundukan tinggi or apa gt, battery nya apa ga resiko peyot tuh? kalo peyot kan resiko jg bisa "thermal runaway" dan akhirnya rawan kebakar
Dan kalo kita search di youtube or google kejadian BYD yang kebakar di luar negeri itu ada beberapa meskipun persentase yg kebakar dibanding jumlah populasi BYD yang sudah beredar tergolong ga besar. Tapi yaaaa gimana ya... pas kalo apes or lotre itu menimpa kita ga lucu dah... lagi tidur malem di rumah, mobil di charge di garasi terus kebakaran. Bisa habis tuh rumah kita.. Plus satu lagi suhu di indonesia ini kalo lagi siang ga main2 kadang bisa antara 37-40 derajat.
So, menurut suhu2 di sini gimana? tetep beli atau tunggu dulu, atau jangan beli?
Selain kelebihan2 yg sudah banyak di omongin sama banyak reviewer2 (performa luar biasa, feel premium di kabin, suspensi ok, handling ok, dll) ada satu hal yang masih mengganjal buat saya yaitu resiko kebakaran dari sebuah EV. Beberapa yg saya baca di google, ada kejadian kayak:
- Lagi parkir aja ngga diapa2 in terus kebakar
- Lagi nge charge juga ada yang kebakar
Lalu kekhawatiran saya pribadi 1 lagi:
- Ini mobil kan pendek banget ground clearance nya. Misal bawah nya gasruk kena gundukan tinggi or apa gt, battery nya apa ga resiko peyot tuh? kalo peyot kan resiko jg bisa "thermal runaway" dan akhirnya rawan kebakar
Dan kalo kita search di youtube or google kejadian BYD yang kebakar di luar negeri itu ada beberapa meskipun persentase yg kebakar dibanding jumlah populasi BYD yang sudah beredar tergolong ga besar. Tapi yaaaa gimana ya... pas kalo apes or lotre itu menimpa kita ga lucu dah... lagi tidur malem di rumah, mobil di charge di garasi terus kebakaran. Bisa habis tuh rumah kita.. Plus satu lagi suhu di indonesia ini kalo lagi siang ga main2 kadang bisa antara 37-40 derajat.
So, menurut suhu2 di sini gimana? tetep beli atau tunggu dulu, atau jangan beli?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Dah jangan beli om
Daripada hidup dalam ketakutan sendiri
Walau belon tentu terjadi juga
Mobil bensin keluar dealer yg kebakar juga ada
Mobil mewah lagi jalan tiba2 kebakar juga banyak
Tergantung kita google apa,itu yg bakal makin banyak nongol berita nya
Daripada hidup dalam ketakutan sendiri
Walau belon tentu terjadi juga
Mobil bensin keluar dealer yg kebakar juga ada
Mobil mewah lagi jalan tiba2 kebakar juga banyak
Tergantung kita google apa,itu yg bakal makin banyak nongol berita nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kalau nanya di sini pasti jawabanny jangan beli om. Karena banyak yg anti EV di sini haha. lain kalau om nanyanya di komunitas EV, pasti didukung untuk beli.
EV karena masih teknologi yg berkembang, masih ada faktor resiko X yg mmg gak bisa dipungkiri. Sama kayak awal2 mobil matic keluar di pasaran kan jg banyak suara sumbang gampang rusak lah mahal perawatannya lah. tapi seiring waktu yah hilang sendiri suara itu. Jadi tinggal om mau nyoba nyemplung di dunia EV sekarang atau wait and see 5 tahun ke depan gimana. Tapi yah 5 tahun ke depan banyak mobil baru lain yg menarik pastinya. Mgkn udah gak naksir seal lagi pas saat itu haha
EV karena masih teknologi yg berkembang, masih ada faktor resiko X yg mmg gak bisa dipungkiri. Sama kayak awal2 mobil matic keluar di pasaran kan jg banyak suara sumbang gampang rusak lah mahal perawatannya lah. tapi seiring waktu yah hilang sendiri suara itu. Jadi tinggal om mau nyoba nyemplung di dunia EV sekarang atau wait and see 5 tahun ke depan gimana. Tapi yah 5 tahun ke depan banyak mobil baru lain yg menarik pastinya. Mgkn udah gak naksir seal lagi pas saat itu haha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Coba kenalan ama yg namanya asuransi
Smua jg ada risiko
Mau masak indomie tau tabung lpg meleduk
Kluar rumah jalan kaki mau lari² kecil aja bisa ditabrak motor
Lg tidur tiba2 atap bocor trus kena skring konslet kbakaran

Smua jg ada risiko
Mau masak indomie tau tabung lpg meleduk
Kluar rumah jalan kaki mau lari² kecil aja bisa ditabrak motor
Lg tidur tiba2 atap bocor trus kena skring konslet kbakaran
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
belakangan si ud bukan batre om ud mulai sama ama mobil bensin kebakar di wiring electrical komponen ini yang saya dari dulu omong ampe berbusa mau sebagus apapun batrenya yang cuma 12 volt aja banyak yang gosong gimana ini ud ratusan voltvhar7 wrote: Fri Feb 16, 2024 17:16 Halo semua, rencana pengen beli BYD Seal AWD karena performa nya yang dibilang dahsyat 3.8 detik. Saya belum hands on dan test drive ini mobil karena di Surabaya masih belum ada unit display sama sekali.
Selain kelebihan2 yg sudah banyak di omongin sama banyak reviewer2 (performa luar biasa, feel premium di kabin, suspensi ok, handling ok, dll) ada satu hal yang masih mengganjal buat saya yaitu resiko kebakaran dari sebuah EV. Beberapa yg saya baca di google, ada kejadian kayak:
- Lagi parkir aja ngga diapa2 in terus kebakar
- Lagi nge charge juga ada yang kebakar
Lalu kekhawatiran saya pribadi 1 lagi:
- Ini mobil kan pendek banget ground clearance nya. Misal bawah nya gasruk kena gundukan tinggi or apa gt, battery nya apa ga resiko peyot tuh? kalo peyot kan resiko jg bisa "thermal runaway" dan akhirnya rawan kebakar
Dan kalo kita search di youtube or google kejadian BYD yang kebakar di luar negeri itu ada beberapa meskipun persentase yg kebakar dibanding jumlah populasi BYD yang sudah beredar tergolong ga besar. Tapi yaaaa gimana ya... pas kalo apes or lotre itu menimpa kita ga lucu dah... lagi tidur malem di rumah, mobil di charge di garasi terus kebakaran. Bisa habis tuh rumah kita.. Plus satu lagi suhu di indonesia ini kalo lagi siang ga main2 kadang bisa antara 37-40 derajat.
So, menurut suhu2 di sini gimana? tetep beli atau tunggu dulu, atau jangan beli?

bensin gak ada api gak bakalan kebakar orang takut mobil bensin cuma omongin bensinnya takut gampang kebakar padahal yang bahaya dan sering kebakar itu electrical component itupun aki cuma 12 volt di mobil bensin

kemungkinan defect itu byd yang kena wiringnya cuma ya ud kayak lotre defect kek gini kan susah di lacak karena gak mekanikal

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kalo mblnya sendiri yg meleduk sih gpp ada asuransi yg repot kalo meleduk pas lg di garasi, bisa ngebakar rumah. Paling bener kalo mo beli ya beli aja, parkirnya depan rumah tetangga yg jarak bbrp rumah dari rumah om 
Kalo ngomongin EV vs ICE disini sama aja kaya pemilu kemaren, ga ada yg bener

Kalo ngomongin EV vs ICE disini sama aja kaya pemilu kemaren, ga ada yg bener

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
trebla88 wrote: Sat Feb 17, 2024 0:33 Coba kenalan ama yg namanya asuransi![]()
Smua jg ada risiko
Mau masak indomie tau tabung lpg meleduk
Kluar rumah jalan kaki mau lari² kecil aja bisa ditabrak motor
Lg tidur tiba2 atap bocor trus kena skring konslet kbakaran
lg enak ngebut di tol yg kosong tau² kejatuhan meteor.
lg gowes sepeda mendadak kesamber baling² helikopter yg lupa dikencengin.
lg berenang tau² jempol kaki diemut piranha.
lg santey mancing tau² as kopel dipatok uler disangka temennya......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Wkwkwk betul sekali resiko kalau dipikir2 gak ada habisnyamarmut wrote: Sat Feb 17, 2024 2:03trebla88 wrote: Sat Feb 17, 2024 0:33 Coba kenalan ama yg namanya asuransi![]()
Smua jg ada risiko
Mau masak indomie tau tabung lpg meleduk
Kluar rumah jalan kaki mau lari² kecil aja bisa ditabrak motor
Lg tidur tiba2 atap bocor trus kena skring konslet kbakaran
lg enak ngebut di tol yg kosong tau² kejatuhan meteor.
lg gowes sepeda mendadak kesamber baling² helikopter yg lupa dikencengin.
lg berenang tau² jempol kaki diemut piranha.
lg santey mancing tau² as kopel dipatok uler disangka temennya......

Udah paling bener itu beli terus nikmatin aja. Kalau mau resiko paling rendah yah beli mobil tank aman

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
mobilover wrote: Sat Feb 17, 2024 2:12
Wkwkwk betul sekali resiko kalau dipikir2 gak ada habisnya![]()
Udah paling bener itu beli terus nikmatin aja. Kalau mau resiko paling rendah yah beli mobil tank aman![]()
naik tank besi semua, pintu macet gabisa kebuka engselnya karatan mau keluar gimana.....

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:46
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
[/quote]
belakangan si ud bukan batre om ud mulai sama ama mobil bensin kebakar di wiring electrical komponen ini yang saya dari dulu omong ampe berbusa mau sebagus apapun batrenya yang cuma 12 volt aja banyak yang gosong gimana ini ud ratusan volt
bensin gak ada api gak bakalan kebakar orang takut mobil bensin cuma omongin bensinnya takut gampang kebakar padahal yang bahaya dan sering kebakar itu electrical component itupun aki cuma 12 volt di mobil bensin
kemungkinan defect itu byd yang kena wiringnya cuma ya ud kayak lotre defect kek gini kan susah di lacak karena gak mekanikal
[/quote]
logika lu sesat, bensin nggak ada api memang nggak kebakar. tapi api nggak ada flamable material juga nggak akan kebakar. jadi penekanan lu yg selalu membandingkan mobil bensin dgn elektrikal 12V dengan EV yg eletrikal yg yg high voltage juga rancu.
elektrikal dimobil juga nggak semuanya 12V. ada bagian-bagian yg perlu di step up misalnya dibagian pembakaran. lu kira tegangan dibusi itu 12V?
jangan berasumsi karena sumber (input) elektrikalnya (aki) 12V maka semua komponen akan bekerja ditegangan12V.
di rumah lu tegangan listrik 220V (AC) tapi nggak semua pralatan bekerja di tegangan tersebut. akan ada trafo yg menaik turunkan sesuai dengan kebutuhan.
jadi jangan mengatakan sampai berbusa-busa bahwa batere nya cuma 12V... belajar lagi sana...
dan asumsi lu yg mengatakan bahwa mechanical lebih mudah dilacak daripada wiring membuktikan lu nggak tau apa2 tentang elektrikal.
Wiring bermasalah itu lebih gampang dilacak asal lu punya skill..
belakangan si ud bukan batre om ud mulai sama ama mobil bensin kebakar di wiring electrical komponen ini yang saya dari dulu omong ampe berbusa mau sebagus apapun batrenya yang cuma 12 volt aja banyak yang gosong gimana ini ud ratusan volt

bensin gak ada api gak bakalan kebakar orang takut mobil bensin cuma omongin bensinnya takut gampang kebakar padahal yang bahaya dan sering kebakar itu electrical component itupun aki cuma 12 volt di mobil bensin

kemungkinan defect itu byd yang kena wiringnya cuma ya ud kayak lotre defect kek gini kan susah di lacak karena gak mekanikal

[/quote]
logika lu sesat, bensin nggak ada api memang nggak kebakar. tapi api nggak ada flamable material juga nggak akan kebakar. jadi penekanan lu yg selalu membandingkan mobil bensin dgn elektrikal 12V dengan EV yg eletrikal yg yg high voltage juga rancu.
elektrikal dimobil juga nggak semuanya 12V. ada bagian-bagian yg perlu di step up misalnya dibagian pembakaran. lu kira tegangan dibusi itu 12V?
jangan berasumsi karena sumber (input) elektrikalnya (aki) 12V maka semua komponen akan bekerja ditegangan12V.
di rumah lu tegangan listrik 220V (AC) tapi nggak semua pralatan bekerja di tegangan tersebut. akan ada trafo yg menaik turunkan sesuai dengan kebutuhan.
jadi jangan mengatakan sampai berbusa-busa bahwa batere nya cuma 12V... belajar lagi sana...
dan asumsi lu yg mengatakan bahwa mechanical lebih mudah dilacak daripada wiring membuktikan lu nggak tau apa2 tentang elektrikal.
Wiring bermasalah itu lebih gampang dilacak asal lu punya skill..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Beli tapi diatas 5 tahun jualvhar7 wrote: Fri Feb 16, 2024 17:16 Halo semua, rencana pengen beli BYD Seal AWD karena performa nya yang dibilang dahsyat 3.8 detik. Saya belum hands on dan test drive ini mobil karena di Surabaya masih belum ada unit display sama sekali.
Selain kelebihan2 yg sudah banyak di omongin sama banyak reviewer2 (performa luar biasa, feel premium di kabin, suspensi ok, handling ok, dll) ada satu hal yang masih mengganjal buat saya yaitu resiko kebakaran dari sebuah EV. Beberapa yg saya baca di google, ada kejadian kayak:
- Lagi parkir aja ngga diapa2 in terus kebakar
- Lagi nge charge juga ada yang kebakar
Lalu kekhawatiran saya pribadi 1 lagi:
- Ini mobil kan pendek banget ground clearance nya. Misal bawah nya gasruk kena gundukan tinggi or apa gt, battery nya apa ga resiko peyot tuh? kalo peyot kan resiko jg bisa "thermal runaway" dan akhirnya rawan kebakar
Dan kalo kita search di youtube or google kejadian BYD yang kebakar di luar negeri itu ada beberapa meskipun persentase yg kebakar dibanding jumlah populasi BYD yang sudah beredar tergolong ga besar. Tapi yaaaa gimana ya... pas kalo apes or lotre itu menimpa kita ga lucu dah... lagi tidur malem di rumah, mobil di charge di garasi terus kebakaran. Bisa habis tuh rumah kita.. Plus satu lagi suhu di indonesia ini kalo lagi siang ga main2 kadang bisa antara 37-40 derajat.
So, menurut suhu2 di sini gimana? tetep beli atau tunggu dulu, atau jangan beli?
Jangan pake diatas 5 tahun
Sisain garansi batre buat daya tarik pembeli ke 2 buat beli
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Ini om pasti demen film final destinationmarmut wrote: Sat Feb 17, 2024 2:03trebla88 wrote: Sat Feb 17, 2024 0:33 Coba kenalan ama yg namanya asuransi![]()
Smua jg ada risiko
Mau masak indomie tau tabung lpg meleduk
Kluar rumah jalan kaki mau lari² kecil aja bisa ditabrak motor
Lg tidur tiba2 atap bocor trus kena skring konslet kbakaran
lg enak ngebut di tol yg kosong tau² kejatuhan meteor.
lg gowes sepeda mendadak kesamber baling² helikopter yg lupa dikencengin.
lg berenang tau² jempol kaki diemut piranha.
lg santey mancing tau² as kopel dipatok uler disangka temennya......

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue May 12, 2020 5:32
- Daily Vehicle: Suzuki Swift ST
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kalo gak mau kebakaran naik sepeda aja om 
Tapi kalo jawaban serius saya, kompetisi di China kejam. BYD itu lagi naik naiknya, tadinya aja masuk top 1 susah skrg gak kekejar di #1. 2019/2020 ke 2023 aja kenaikan penjualannya 7 kali lipat.
Wajar banyak yg 'panas'. Ada satu kebakaran digoreng habis sama media sana. Tesla juga sama. Disana sindir sindiran antar CEO antar brand udah biasa.
Malah kemaren kompetitor (GWM) terang-terangan cepu soal emisi mobil hybrid BYD. Tapi katanya pengetesannya gak valid. Dari wikipedia:
In May 2023, rival Great Wall Motor publicly reported that two BYD top-selling plug-in hybrid models did not meet emission standards. In a social media post, Great Wall Motor accused BYD of using non-pressurised fuel tanks in its Qin Plus and Song Plus, enabling the liquid inside evaporate more rapidly than it would in pressurised tanks, and announced that it had submitted evidence documents to Chinese authorities.[218] BYD denied Great Wall's claim, saying the testing conducted by Great Wall was invalid as it run its own tests by using a different testing method required by authorities and without third-party inspection.[219][220]
Kebanyakan brand punya masalah masing2 soal EV. Hyundai Kona Electric yg old aja dulu fire risk, berkali-kali recall. Saking capenya recall langsung discontinue di Korsel
Tapi publik lupa karena dia bukan Tesla/BYD. Chevrolet Bolt EV seluruh unitnya recall ganti batre. Gak ada yg bahas. Toyota bZ4X kalo DC charge di suhu rendah speed nya drop jauh. Macem2
Tapi kalo jawaban serius saya, kompetisi di China kejam. BYD itu lagi naik naiknya, tadinya aja masuk top 1 susah skrg gak kekejar di #1. 2019/2020 ke 2023 aja kenaikan penjualannya 7 kali lipat.
Wajar banyak yg 'panas'. Ada satu kebakaran digoreng habis sama media sana. Tesla juga sama. Disana sindir sindiran antar CEO antar brand udah biasa.
Malah kemaren kompetitor (GWM) terang-terangan cepu soal emisi mobil hybrid BYD. Tapi katanya pengetesannya gak valid. Dari wikipedia:
In May 2023, rival Great Wall Motor publicly reported that two BYD top-selling plug-in hybrid models did not meet emission standards. In a social media post, Great Wall Motor accused BYD of using non-pressurised fuel tanks in its Qin Plus and Song Plus, enabling the liquid inside evaporate more rapidly than it would in pressurised tanks, and announced that it had submitted evidence documents to Chinese authorities.[218] BYD denied Great Wall's claim, saying the testing conducted by Great Wall was invalid as it run its own tests by using a different testing method required by authorities and without third-party inspection.[219][220]
Kebanyakan brand punya masalah masing2 soal EV. Hyundai Kona Electric yg old aja dulu fire risk, berkali-kali recall. Saking capenya recall langsung discontinue di Korsel
Tapi publik lupa karena dia bukan Tesla/BYD. Chevrolet Bolt EV seluruh unitnya recall ganti batre. Gak ada yg bahas. Toyota bZ4X kalo DC charge di suhu rendah speed nya drop jauh. Macem2
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
kalau msh mikir gini ane rasa om bukan tipikal risk taker (i know, ane sendiri juga bukan risk taker makanya masih males urusan sama barang baru, enak beli mobil tua ke bengkel 1 detik mekanik udah tau rusaknya apa), nggak usah. bukan perkara kebakar aja, kalo mogok atau rusak apanya, bengkel baru sedikit. yg sekelas hyundai bengkelnya banyak aja masih sering dikerjain.vhar7 wrote: Fri Feb 16, 2024 17:16
So, menurut suhu2 di sini gimana? tetep beli atau tunggu dulu, atau jangan beli?
EV di indo itu pembelinya mayoritas orang yang pengen coba coba barang baru (dibold gede biar nanti gak disanggah "ane nggak kok" ya kalo msh nyimpen fortuner atau innova di garasi itu mah tetep masuk golongan ini, mobilnya terbakar atau mogok atau rusak tinggal naik innova, kalo nggak merasa ya nggak perlu sanggah). bukan orang yang murni cari mobil untuk fungsi ngebut geber geber sekaligus diajak perang ke sana kemari. ya kalau berfungsi tentu saja bonus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Uda panas aja nih blm page 2
Resiko EV meledug = 0,xx%.
Resiko thread EV meledug = 100%


Resiko EV meledug = 0,xx%.
Resiko thread EV meledug = 100%

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Mantengin sambil makan popcornkendibocor wrote: Sat Feb 17, 2024 5:36 Uda panas aja nih blm page 2![]()
Resiko EV meledug = 0,xx%.
Resiko thread EV meledug = 100%
![]()



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Belom apa2 ud rusuh ya

Gpp om @ts
Klo penasaran cobain aja dulu. Ane aj penasaran sama peforma 3.8s
Cuman katanya yg ud pernah testdrive.
Pas dibejek nonstop 3 menit, batre kurang 5%
(credit to om @htannis)
Jadi kalo gaspol nonstop 1 jam. Batre kurang 100%
Musti cari pitstop dulu buat ngecharge
Sama satu lagi drawbacknya. Top speed Seal AWD cuman 180 km/h ..
Pas ngadu gaspol kalah top speed sama udang rebon remapan biosolar ngocor ngocorr
Kcuali bisa diunlock sampe 250 km/h baru mantep deh


Gpp om @ts
Klo penasaran cobain aja dulu. Ane aj penasaran sama peforma 3.8s
Cuman katanya yg ud pernah testdrive.
Pas dibejek nonstop 3 menit, batre kurang 5%
(credit to om @htannis)
Jadi kalo gaspol nonstop 1 jam. Batre kurang 100%
Musti cari pitstop dulu buat ngecharge

Sama satu lagi drawbacknya. Top speed Seal AWD cuman 180 km/h ..
Pas ngadu gaspol kalah top speed sama udang rebon remapan biosolar ngocor ngocorr
Kcuali bisa diunlock sampe 250 km/h baru mantep deh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Enggak pake BYD ya, pake Ioniq 5. Nerjang batu segede helem di tol Cakung enggak bledug tuh, padahal 4 module sampe penyok dalam. Di bengkel ketemu satu lagi nerjang besi di tol Pluit sampe 1 module puncture juga ndak mbledug.
Kalo Ioniq 5, cari aja yutuber Power Bastro, spesialis jagal batere di Korea sana, ada 1 pack Ioniq 5 yg mbledug gara2 nerjang kerb kecepatan tinggi, sampe bagian depan pack-nya ambles mblesek kedalam. Nah, depannya Ioniq 5 ini sebelum ketemu batere ketemu komponen2 high voltage kayak contactor, relay dll. Di sini, scroll aja sampe 5:16 ,
Nah kalo diliat itu yutub, bahkan batere yg angus cuma 4 modul di bagian yg kena hantam kerb itu doang sih.
Satu lagi, ini di Jekardah, kabel HV-nya digigit tikus, ndak mbledug juga tuh Jadi rada bingung itu pada mbledug sampe viral2 gitu kejadiannya kayak gimana

Kalo Ioniq 5, cari aja yutuber Power Bastro, spesialis jagal batere di Korea sana, ada 1 pack Ioniq 5 yg mbledug gara2 nerjang kerb kecepatan tinggi, sampe bagian depan pack-nya ambles mblesek kedalam. Nah, depannya Ioniq 5 ini sebelum ketemu batere ketemu komponen2 high voltage kayak contactor, relay dll. Di sini, scroll aja sampe 5:16 ,
Nah kalo diliat itu yutub, bahkan batere yg angus cuma 4 modul di bagian yg kena hantam kerb itu doang sih.
Satu lagi, ini di Jekardah, kabel HV-nya digigit tikus, ndak mbledug juga tuh Jadi rada bingung itu pada mbledug sampe viral2 gitu kejadiannya kayak gimana



You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
Kalau utk faktor keamanan sih sy rasa pabrikan sih sdh pasti sudah matang perhitungannya. Mungkin 1 unit dari 1 juta paling kemungkinan kena zonk. Yg sy lbh concern sih lbh ke arah harga jual beli. Depresiasi mobil listrik apalagi pas umur baterai udah turun itu besar yah kl ambil kasus dari luar negeri. Kalau gak siap pas jual lagi harga kayak kacang, mending wait and see dulu. Nyari duit lg susah sayang kl hilang gampang gitu huhu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
lah kan emang di EV sumber apinya sendiri di batre dan batre pun kerendem aer aja bisa gak matiftmb wrote: Sat Feb 17, 2024 4:10
logika lu sesat, bensin nggak ada api memang nggak kebakar. tapi api nggak ada flamable material juga nggak akan kebakar. jadi penekanan lu yg selalu membandingkan mobil bensin dgn elektrikal 12V dengan EV yg eletrikal yg yg high voltage juga rancu.
elektrikal dimobil juga nggak semuanya 12V. ada bagian-bagian yg perlu di step up misalnya dibagian pembakaran. lu kira tegangan dibusi itu 12V?
jangan berasumsi karena sumber (input) elektrikalnya (aki) 12V maka semua komponen akan bekerja ditegangan12V.
di rumah lu tegangan listrik 220V (AC) tapi nggak semua pralatan bekerja di tegangan tersebut. akan ada trafo yg menaik turunkan sesuai dengan kebutuhan.
jadi jangan mengatakan sampai berbusa-busa bahwa batere nya cuma 12V... belajar lagi sana...
dan asumsi lu yg mengatakan bahwa mechanical lebih mudah dilacak daripada wiring membuktikan lu nggak tau apa2 tentang elektrikal.
Wiring bermasalah itu lebih gampang dilacak asal lu punya skill..

iya 12 volt itu kan sumber listriknya 12 volt pake listrik kecil mang ada yang jadi 220volt


ya ud sekarang coba donk kasih tau saya cara liat battery health tapi alat cuma pake felling, terus gimana cara tau itu komponen charger ada yang gak bener dari felling sebelom tiba2x dia konslet kek kasus byd yang kebakar di thailand kan kabelnya yang konslet gimana jelasin ke saya coba biar tau itu ada yang gak bener sebelom meleduk

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
di tempat sy n negri-negri skitaran sangat jarang brand negrinaga di jalanan. cuma ada bus (byd) thn muda yg bangke nya mulai banyak n maxus itupun panel van ... n yg jadi fakta disini sangat jarang (blm pernah nemu) org beli EV (porsche taycan skalipun) yg ada cuman private lease maupun corporate spy saat masa ekonomis sdh (ampir) abis tinggal retur n ambil unit baru lg
tapi paling penting di sini n skitaran sejak 2018 (dgn status "the world's first) mulai 1 per 1 jalanan di pasang layer warna merah sepanjang 1.2 miles (skitar 2 km) yg artinya jalanan itu adalah smart road / electrified yg me-recharge EV apapun yg lewat sehingga resiko abis batre saat driving jadi berkurang. sy nikmati fasilitas itu krn gratis (bayar income tax disini 43% n di sebrang (u income yg lain) sy kena 34%
tapi paling penting di sini n skitaran sejak 2018 (dgn status "the world's first) mulai 1 per 1 jalanan di pasang layer warna merah sepanjang 1.2 miles (skitar 2 km) yg artinya jalanan itu adalah smart road / electrified yg me-recharge EV apapun yg lewat sehingga resiko abis batre saat driving jadi berkurang. sy nikmati fasilitas itu krn gratis (bayar income tax disini 43% n di sebrang (u income yg lain) sy kena 34%
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
orang klo ud ada bias/ preferensi tertentu ya susah nemu tengahnyakendibocor wrote: Sat Feb 17, 2024 5:36 Uda panas aja nih blm page 2![]()
Resiko EV meledug = 0,xx%.
Resiko thread EV meledug = 100%
![]()
cuma klo omong kebakaran ya bnr semua bisa kebakar, tapi frekuensi kasusnya berapa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
pajero lagi jalan kebakar banyak faktor bensin bocor rem bocor, malah kayak livina suka kebakar sebenernya biang kerok hal spele dia punya peredam kap suka ngodoy kena manifold akhirnya kebakaran dari situ duluanZaxis wrote: Sat Feb 17, 2024 0:56 Pahero spot https://otomania.gridoto.com/read/24244 ... angka-saja
Njes
https://aceh.inews.id/berita/geger-mobi ... banda-aceh
Lecus
https://www.mobilitas.id/rawan-terbakar ... di-recall/

jezz gak jelas parkir ud lama apa dia baru parkir asumsi saya baru parkir bisa jadi apinya ud ada sejak dia jalan

lexus di recall tapi biasa bakalan kejadian kalo mobil itu di pake baru kebakar
sedangkan ev banyak kejadian lagi diem anteng gak ada dosa tiba2x meledak justru kan ngerinya disini

kadang di hajar nerobos banjir bisa si cuma ya gambling kalo lagi apes bisa berapa hari kemudian EV penyembur api itu batre bagus kalo cuma konslet terus mati minta tagihan batre baru

ditambah EV kalo ud kumat matiin apinya susah wong danau aja kalah sama tesla

bahkan tuhan pun kalah sama EV

belom ngomongin racun dari asep kebakaran batre karena bahan kimia yang terkandung dari batre di ausie ada beberapa pemdam jd lumpuh karena kebanyakan isep racun batre

mobil bensin kek ini aja contohnya gampang banget handlenya kalo alatnya proper

orang selalu denial banding2xin sama mobil bensin yang lebih sering kebakaran padahal yang bikin kawatir bukan itu tapi api yang susah di handle dan meledak yang gak tau kapan alias random lagian batre rusak aja cuma tuhan yang tau apalagi meleduk

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Resiko Kebakaran BYD Seal AWD Performance
nah ini loe lebih bias lagi ngomongin frekuensi kasus padahal yang bikin orang was was itu sifat labil batre yang gak tau kapan bisa ignite ditambah kalo ud ignite matiinya susah belom omongin racun cobalt yang bisa bikin orang lumpuhdarrelund wrote: Sat Feb 17, 2024 8:07
orang klo ud ada bias/ preferensi tertentu ya susah nemu tengahnya
cuma klo omong kebakaran ya bnr semua bisa kebakar, tapi frekuensi kasusnya berapa

kalo ngomongin kasus ya mobil bensin lebih sering karena populasi lebih banyak juga tapi jarang sekali itu mobil lagi ngejogrok tiba2x dhuaaar

tesla ud jadi bangke aja bisa meledak

dan jangan lupa seberapa gampang di handle itu api ud saya kasih 2 contoh diatas

Last edited by b0ku on Sat Feb 17, 2024 8:13, edited 1 time in total.