Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
azu wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 3:12
kalau dari repair manual pabrikan, untuk selang dan jalur pendinginan ini tidak pakai lem gasket om selain untuk seal water pump. saya dulu di 1NZ dipakein lem sama bengkelnya langsung pas ganti radiator, padahal semua selang dan bagian plastik yang ada tutup radiator juga saya ganti baru sekalian rekondisi saja karena sudah 160rb Km mana sebel juga keliatan ada yg meleber gitu
nah itu dia makanya mikir perlu ga nya kalau masih bagus.
azu wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 3:12
pas flushing untuk penggantian radiator juga saya ga buka drain plug yg di blok mesin, pernah baca disini juga kalau pemasangan kembalinya kurang pas torsinya malah berisiko slek/bocor juga. paling saya usahakan dengan flushing pakai air demineral distilasi untuk minimalisasi karat, dalam hal ini pakai Amidis galonan, biar setidaknya kalau kecampur dengan coolant baru juga bukan dengan air biasa yg lebih cepat menimbulkan karat.
semua air bikin karat om, amidis cuman ga bikin endapan mineral. Ya memang kalau kecampur juga bikin encer aja karena aslinya kan mixing air juga.
Berhubung kondisi pendinginan masih bagus aku pikir drain and fill aja tanpa introduce air termasuk amidis sih, itu pikiran awal, paling introduce angin aja misal dengan ditiup/disedot, paling peer dikit buat bleeding karena makin banyak udara di system.
Nah soal cara dorong pakai air lain itu kan mana lebih bagus coolant lama yang tertinggal vs air non coolant
kalau di aerio kadang aku dorongnya pakai coolant baru, jadi rada korban kebuang coolant dikit. Lha ini toyota SLCC harganya kok mahal juga ya liat di online, 180rb an 1 galon
regards,
singachu
Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.
Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
[/quote]
4A91 saya juga habis kuras pakai SLLC Toyota, daripada harus campur2 coolant bawaan mitsu. Warna pinknya jadi lebih memudahkan saya saat pengecekan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mbah suhu master..... ajarin dong....
2NRVE papansah 2019 udah 5 taon agustus nanti.... liat di bukman sih untuk ganti awal coolant ya 5 taon pertama maximal.
Udah coba2 liat di bagian blok mesin ga ada baut drain coolant dari blok mesin.
Paling aku rencana lepas selang bypass heater yang di belakang rumah thermostat, masukin selang kecil terus sedot pakai vacuum buat ambil sebanyak mungkin coolant lama.
Selain lepas drain cock radiator , habis itu rencana langsung fill lagi, jadi cuman drain and fill aja ga pakai flushing2an.... dan langsung bleeding.
Kuatir kalau diflush pakai air malah ninggalin air flushingan, toh kondisi sekarang baik2 saja.
Itu selang yang mau aku copot, balikinnya ga usah di kasih lem2an segala macam kan ? tetep pakai klem constant pressure bawaan.
Gimana nurut suhu master ?
Coolant rencana mau beli di dealer terdekat saja Toyota LL pink, di toko biasa masih blom tau aku mana yang pasti ori. Siap2 dua galon cukup ga ya ?
regards,
singachu
Hello om, user Avanza 2017 ikutan sharing ya. Kebetulan saya udah dua kali ganti air radiator si Avanza. Yang terakhir Januari 2023, sekalian ganti waterpump yang bocor.
Selama ini saya cuma buang dari cock drain yang di radiator aja. Sedia dua galon (total 8 liter) coolant Toyota sih mestinya cukup ya. Yang masuk ke cooling system lebih kurang 5 literan, sisanya masih cukup banget buat ganti yang di reservoir. Pas bleeding juga sepengalaman saya ngga banyak banget kok kebuangnya.
azu wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 5:17
Kalau ga mau kecampur air bisa aja sih om, fill and drain didorong pakai coolant baru ala2 kuras transmisi tapi jadinya bakal boros banget coolant itu kalau mau semuanya keganti coolant baru
Di Auto2000 sekitar 160 segalon om, kalo online mulai dari 120 segalon juga ada.. Itungannya murah daripada SLLC Honda yg biru mah
noted harganya, thanks infonya.
Nah online aku kuatir palsu aja sih
RezPrat wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 7:25
Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
bisikin link terpercayanya dong
azu wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 8:12
tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.
waktu itu saya beli 3 galon sih tapi baru kepakai 1 sisanya mau pakai kuras yg Vios dan Ertiga ibu saya
stok abis ya, murah banget segitu.
nah ertiga, denger2 coolant ijo ga compatible dengan SLCC dikuatirkan menggumpal jadi harus dipastikan semua coolant terbuang sebelum ganti SLCC. CMIIW
classicrock wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 9:29
Hello om, user Avanza 2017 ikutan sharing ya. Kebetulan saya udah dua kali ganti air radiator si Avanza. Yang terakhir Januari 2023, sekalian ganti waterpump yang bocor.
Selama ini saya cuma buang dari cock drain yang di radiator aja. Sedia dua galon (total 8 liter) coolant Toyota sih mestinya cukup ya. Yang masuk ke cooling system lebih kurang 5 literan, sisanya masih cukup banget buat ganti yang di reservoir. Pas bleeding juga sepengalaman saya ngga banyak banget kok kebuangnya.
Semoga membantu.
wow noted, 2 galon ya, 5 liter dah masuk ke system padahal pakai cara buang dari drain cock radiator aja ya..... noted2
azu wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 8:12
tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.
RezPrat wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 7:25
Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
bisikin link terpercayanya dong
Ane beli di Kiran* Berka* Abad* om, cari aja d toped, cuma harga skrg udah 120rb/galon d sana.
azu wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 8:12
tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.
waktu itu saya beli 3 galon sih tapi baru kepakai 1 sisanya mau pakai kuras yg Vios dan Ertiga ibu saya
seller itu harganya murah2, itu emang dijamin ori barang2nya ?
regards,
singachu
itu saya juga gambling sih om makanya cuma coba di coolant aja bukan barang yg lain. tapi pas barang datang dan saya coba bandingin sama galon sisa coolant yg lama, sepenglihatan saya sih ori ya om
tapi kalau mau coba di tempat yg direkomen om RezPrat aja om
RezPrat wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 7:25
Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
bisikin link terpercayanya dong
Ane beli di Kiran* Berka* Abad* om, cari aja d toped, cuma harga skrg udah 120rb/galon d sana.
disini kemungkinan besar Ori sih, sebelumnya saya pernah beli oli disini dan dapetnya yg ori
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
Betul memang paling aman pakai coolant bawaan pabrik hehe...
mobil saya keluaran 2008, selama ini juga pakai coolant TMO masih aman, ga kerak, ga nguning2 gitu, gantinya juga di drain aja dari radiator, ga pernah di flush total gitu. Temperatur maksimal 95 aja. Sekarang udah 2 tahun belum saya ganti lagi. Beli di bengkel resmi aja ga usah online2an kecuali super sibuk. Kalo pulang kerja mampir aja ke tunas/auto 2000 terdekat
classicrock wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 20:10
Mobil datang Okt 2017, saya kuras pertama itu di kilometer 52 rb an (Februari 2021).
Yang kedua di kilometer 71 rb (Januari 2023), barengan sama waterpump nya karena bocor.
sip nice info. di manual soalnya cuman berdasarkan kilometer aja. Aku patokan dari yutuber carcarenut chanel dibilang 5 tahun / 50rb miles mana yang tercapai dulu. mau ikutin itu deh.
t105erd wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 0:49
Betul memang paling aman pakai coolant bawaan pabrik hehe...
mobil saya keluaran 2008, selama ini juga pakai coolant TMO masih aman, ga kerak, ga nguning2 gitu, gantinya juga di drain aja dari radiator, ga pernah di flush total gitu. Temperatur maksimal 95 aja. Sekarang udah 2 tahun belum saya ganti lagi. Beli di bengkel resmi aja ga usah online2an kecuali super sibuk. Kalo pulang kerja mampir aja ke tunas/auto 2000 terdekat
iya ada embel2 non sylicat dsb jadi ya aman tetep bawaan aja.
Ya sih kalau blom yakin seller terpecaya sepertinya ke beres aja.
Halo om, salken. sorry nimbrung.. OBD nya pake yg mana om? OBD II atau HUD OBD? Klo pake OBD II nyolok trs di mbl gpp ya om? Atau pas ada case aja kita colok? Trs lepas lg. Makasi sblmnya om.
OBDII yang di colok. Saya sih biasa lepas kalo gak dipake, biar gak kesenggol. Tapi katanya di colok terus jg gpp, konsumsi listrik akinya kecil bgt
Siap om. Thank you.
Pernah coba konekin obd2 ke Head unit Bluetooth? Berhasil kah??
Pengalaman hr ini pinjem obd2, bikin ane pengen beli OBD2 elm327 nih.. Ada saran merk?