Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by RezPrat »

singachu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:50
azu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:12 kalau dari repair manual pabrikan, untuk selang dan jalur pendinginan ini tidak pakai lem gasket om selain untuk seal water pump. saya dulu di 1NZ dipakein lem sama bengkelnya langsung pas ganti radiator, padahal semua selang dan bagian plastik yang ada tutup radiator juga saya ganti baru sekalian rekondisi saja karena sudah 160rb Km mana sebel juga keliatan ada yg meleber gitu :mky_01:
nah itu dia makanya mikir perlu ga nya kalau masih bagus.

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 3:12 pas flushing untuk penggantian radiator juga saya ga buka drain plug yg di blok mesin, pernah baca disini juga kalau pemasangan kembalinya kurang pas torsinya malah berisiko slek/bocor juga. paling saya usahakan dengan flushing pakai air demineral distilasi untuk minimalisasi karat, dalam hal ini pakai Amidis galonan, biar setidaknya kalau kecampur dengan coolant baru juga bukan dengan air biasa yg lebih cepat menimbulkan karat.
semua air bikin karat om, amidis cuman ga bikin endapan mineral. Ya memang kalau kecampur juga bikin encer aja karena aslinya kan mixing air juga.
Berhubung kondisi pendinginan masih bagus aku pikir drain and fill aja tanpa introduce air termasuk amidis sih, itu pikiran awal, paling introduce angin aja misal dengan ditiup/disedot, paling peer dikit buat bleeding karena makin banyak udara di system.
Nah soal cara dorong pakai air lain itu kan mana lebih bagus coolant lama yang tertinggal vs air non coolant :ungg:
kalau di aerio kadang aku dorongnya pakai coolant baru, jadi rada korban kebuang coolant dikit. Lha ini toyota SLCC harganya kok mahal juga ya liat di online, 180rb an 1 galon :big_biglaugh:

regards,
singachu
Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 711
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.

https://tokopedia.link/vgtoReRZeGb

sayang stoknya tinggal sisa 1

waktu itu saya beli 3 galon sih tapi baru kepakai 1 sisanya mau pakai kuras yg Vios dan Ertiga ibu saya :mky_01:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
adrianucleus
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sat Apr 16, 2016 17:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by adrianucleus »

Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
[/quote]

4A91 saya juga habis kuras pakai SLLC Toyota, daripada harus campur2 coolant bawaan mitsu. Warna pinknya jadi lebih memudahkan saya saat pengecekan 😁
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by classicrock »

singachu wrote: Tue Jan 09, 2024 1:32

mbah suhu master..... ajarin dong....
2NRVE papansah 2019 udah 5 taon agustus nanti.... liat di bukman sih untuk ganti awal coolant ya 5 taon pertama maximal.
Udah coba2 liat di bagian blok mesin ga ada baut drain coolant dari blok mesin.
Paling aku rencana lepas selang bypass heater yang di belakang rumah thermostat, masukin selang kecil terus sedot pakai vacuum buat ambil sebanyak mungkin coolant lama.
Selain lepas drain cock radiator , habis itu rencana langsung fill lagi, jadi cuman drain and fill aja ga pakai flushing2an.... dan langsung bleeding.
Kuatir kalau diflush pakai air malah ninggalin air flushingan, toh kondisi sekarang baik2 saja.
Itu selang yang mau aku copot, balikinnya ga usah di kasih lem2an segala macam kan ? tetep pakai klem constant pressure bawaan.

Gimana nurut suhu master ?

Coolant rencana mau beli di dealer terdekat saja Toyota LL pink, di toko biasa masih blom tau aku mana yang pasti ori. Siap2 dua galon cukup ga ya ?

regards,
singachu
Hello om, user Avanza 2017 ikutan sharing ya. Kebetulan saya udah dua kali ganti air radiator si Avanza. Yang terakhir Januari 2023, sekalian ganti waterpump yang bocor.

Selama ini saya cuma buang dari cock drain yang di radiator aja. Sedia dua galon (total 8 liter) coolant Toyota sih mestinya cukup ya. Yang masuk ke cooling system lebih kurang 5 literan, sisanya masih cukup banget buat ganti yang di reservoir. Pas bleeding juga sepengalaman saya ngga banyak banget kok kebuangnya.

Semoga membantu.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 5:17
Kalau ga mau kecampur air bisa aja sih om, fill and drain didorong pakai coolant baru ala2 kuras transmisi tapi jadinya bakal boros banget coolant itu kalau mau semuanya keganti coolant baru :big_grin:

Di Auto2000 sekitar 160 segalon om, kalo online mulai dari 120 segalon juga ada.. Itungannya murah daripada SLLC Honda yg biru mah
noted harganya, thanks infonya.
Nah online aku kuatir palsu aja sih
RezPrat wrote: Wed Jan 10, 2024 7:25 Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
bisikin link terpercayanya dong
azu wrote: Wed Jan 10, 2024 8:12 tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.

https://tokopedia.link/vgtoReRZeGb

sayang stoknya tinggal sisa 1

waktu itu saya beli 3 galon sih tapi baru kepakai 1 sisanya mau pakai kuras yg Vios dan Ertiga ibu saya :mky_01:
stok abis ya, murah banget segitu.

nah ertiga, denger2 coolant ijo ga compatible dengan SLCC dikuatirkan menggumpal jadi harus dipastikan semua coolant terbuang sebelum ganti SLCC. CMIIW
classicrock wrote: Wed Jan 10, 2024 9:29 Hello om, user Avanza 2017 ikutan sharing ya. Kebetulan saya udah dua kali ganti air radiator si Avanza. Yang terakhir Januari 2023, sekalian ganti waterpump yang bocor.

Selama ini saya cuma buang dari cock drain yang di radiator aja. Sedia dua galon (total 8 liter) coolant Toyota sih mestinya cukup ya. Yang masuk ke cooling system lebih kurang 5 literan, sisanya masih cukup banget buat ganti yang di reservoir. Pas bleeding juga sepengalaman saya ngga banyak banget kok kebuangnya.

Semoga membantu.
wow noted, 2 galon ya, 5 liter dah masuk ke system padahal pakai cara buang dari drain cock radiator aja ya..... noted2

ganti pertama kapan om ?

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

azu wrote: Wed Jan 10, 2024 8:12 tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.

https://tokopedia.link/vgtoReRZeGb

sayang stoknya tinggal sisa 1

waktu itu saya beli 3 galon sih tapi baru kepakai 1 sisanya mau pakai kuras yg Vios dan Ertiga ibu saya :mky_01:
seller itu harganya murah2, itu emang dijamin ori barang2nya ?

regards,
singachu
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 512
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by RezPrat »

singachu wrote: Thu Jan 11, 2024 1:58
RezPrat wrote: Wed Jan 10, 2024 7:25 Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
bisikin link terpercayanya dong
Ane beli di Kiran* Berka* Abad* om, cari aja d toped, cuma harga skrg udah 120rb/galon d sana.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 711
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

singachu wrote: Thu Jan 11, 2024 2:01
azu wrote: Wed Jan 10, 2024 8:12 tahun lalu saya beli disini cuma 100rb/galon, sepenglihatan sih asli dan sama dengan yg sebelumnya saya beli di Auto2000. kalau ada yg rembes berbekas kerak putih juga seperti yg saya beli di Auto2000.

https://tokopedia.link/vgtoReRZeGb

sayang stoknya tinggal sisa 1

waktu itu saya beli 3 galon sih tapi baru kepakai 1 sisanya mau pakai kuras yg Vios dan Ertiga ibu saya :mky_01:
seller itu harganya murah2, itu emang dijamin ori barang2nya ?

regards,
singachu
itu saya juga gambling sih om makanya cuma coba di coolant aja bukan barang yg lain. tapi pas barang datang dan saya coba bandingin sama galon sisa coolant yg lama, sepenglihatan saya sih ori ya om :mky_01:

tapi kalau mau coba di tempat yg direkomen om RezPrat aja om
RezPrat wrote: Thu Jan 11, 2024 2:37
singachu wrote: Thu Jan 11, 2024 1:58
RezPrat wrote: Wed Jan 10, 2024 7:25 Go for OEM coolant, ane apapun mobilnya, urusan oli pake oli merek branded, kalo coolant pake OEm pabrikan, racikan coolant ini cocok2an sama metal Alloy si engine , pipa2 metal dan karet2, hahahha jdnya agak kurang percaya merk selain OEM pabrik.
Waktu flush jg cuma buang yg d radiator aja, resiko tinggi buka2 baut coolant d blok mesin hahaha. Lagian pakai coolant long life InsyaAllah aman nanti kecampur lagi sama yg fresh. Makanya ane stay d OEM Toyota.
Beli d online shop terpercaya SLLC Toyota 105-115rb per gallon (harga THN lalu)
bisikin link terpercayanya dong
Ane beli di Kiran* Berka* Abad* om, cari aja d toped, cuma harga skrg udah 120rb/galon d sana.
disini kemungkinan besar Ori sih, sebelumnya saya pernah beli oli disini dan dapetnya yg ori :big_peace:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by classicrock »

singachu wrote: Thu Jan 11, 2024 1:58

wow noted, 2 galon ya, 5 liter dah masuk ke system padahal pakai cara buang dari drain cock radiator aja ya..... noted2

ganti pertama kapan om ?

regards,
singachu
Mobil datang Okt 2017, saya kuras pertama itu di kilometer 52 rb an (Februari 2021).

Yang kedua di kilometer 71 rb (Januari 2023), barengan sama waterpump nya karena bocor.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1156
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by t105erd »

Betul memang paling aman pakai coolant bawaan pabrik hehe...
mobil saya keluaran 2008, selama ini juga pakai coolant TMO masih aman, ga kerak, ga nguning2 gitu, gantinya juga di drain aja dari radiator, ga pernah di flush total gitu. Temperatur maksimal 95 aja. Sekarang udah 2 tahun belum saya ganti lagi. Beli di bengkel resmi aja ga usah online2an kecuali super sibuk. Kalo pulang kerja mampir aja ke tunas/auto 2000 terdekat
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1282
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

classicrock wrote: Thu Jan 11, 2024 20:10
Mobil datang Okt 2017, saya kuras pertama itu di kilometer 52 rb an (Februari 2021).

Yang kedua di kilometer 71 rb (Januari 2023), barengan sama waterpump nya karena bocor.
sip nice info. di manual soalnya cuman berdasarkan kilometer aja. Aku patokan dari yutuber carcarenut chanel dibilang 5 tahun / 50rb miles mana yang tercapai dulu. mau ikutin itu deh.

t105erd wrote: Fri Jan 12, 2024 0:49 Betul memang paling aman pakai coolant bawaan pabrik hehe...
mobil saya keluaran 2008, selama ini juga pakai coolant TMO masih aman, ga kerak, ga nguning2 gitu, gantinya juga di drain aja dari radiator, ga pernah di flush total gitu. Temperatur maksimal 95 aja. Sekarang udah 2 tahun belum saya ganti lagi. Beli di bengkel resmi aja ga usah online2an kecuali super sibuk. Kalo pulang kerja mampir aja ke tunas/auto 2000 terdekat
iya ada embel2 non sylicat dsb jadi ya aman tetep bawaan aja.
Ya sih kalau blom yakin seller terpecaya sepertinya ke beres aja.


terima kasih semua buat masukan2nya

regards,
singachu
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Givrun »

Bachtiarp wrote: Tue Sep 26, 2023 23:12
sahabatq8 wrote: Tue Sep 26, 2023 17:43
Bachtiarp wrote: Tue Sep 26, 2023 17:00


Halo om, salken. sorry nimbrung.. OBD nya pake yg mana om? OBD II atau HUD OBD? Klo pake OBD II nyolok trs di mbl gpp ya om? Atau pas ada case aja kita colok? Trs lepas lg. Makasi sblmnya om.
OBDII yang di colok. Saya sih biasa lepas kalo gak dipake, biar gak kesenggol. Tapi katanya di colok terus jg gpp, konsumsi listrik akinya kecil bgt
Siap om. Thank you. :big_exellent:
Pernah coba konekin obd2 ke Head unit Bluetooth? Berhasil kah??
Pengalaman hr ini pinjem obd2, bikin ane pengen beli OBD2 elm327 nih.. Ada saran merk?
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Leonhart »

om ane pake PTT Coolant Hijau sejak Juni 2020 itu premixed 50:50 kan ?

sejak juni 2020 - skrg odometer cuma bertambah 12rb - 15rb KM

apa tahun ini harus ganti coolant lg ? apa bs tahun depan aja.
soalnya tahun ini rencana service


[*]clean injector
[*]clean EGR
[*]ganti oli
[*]ganti oli CVT



mobil masih HRV 1.8 tahun 2016 odo skrg sekitar 45rb
kotahujan
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sat Jan 13, 2024 1:33

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by kotahujan »

om kemarin ane iseng2 buka kap mesin, liat minyak2 takut ada yg kurang
pas ane liat di tangki radiator, masih di garis full
tapi pas ane buka cap radiator, ada lendir kayak 1ngus gitu
ane mau ganti ke coolant tapi nggak tau sebelumnya, warnanya polos mirip air putih, kalau warna begitu pasti air biasa kan om om?
cap radiator udah ane ganti, ane beli snd deket rumah

ane ngehubungin orang bengkel, baru satu
ane cerita mau kuras air radiator dan ganti ke coolant, dia bilang mending ke tukang radiator langsung, diservice dulu katanya soalnya
awalnya bukan collant

mobil ane rush 2015,
buat saat ini nggak ada kendala apa2, suhu dikemacetan sampai 2 3 jam, tetep di angka tengah agak kebawah sedikit temperaturnya
tapi ane gatel pengen ganti air radiator, minimal pakai air lagi yang bersih kalau gak boleh ke collant langsung

mohon masukannya suhu2 di sini
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11360
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

hmm kegatelan yg berpotensi berakibat fatal. :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

kotahujan wrote: Wed May 08, 2024 10:13 om kemarin ane iseng2 buka kap mesin, liat minyak2 takut ada yg kurang
pas ane liat di tangki radiator, masih di garis full
tapi pas ane buka cap radiator, ada lendir kayak 1ngus gitu
ane mau ganti ke coolant tapi nggak tau sebelumnya, warnanya polos mirip air putih, kalau warna begitu pasti air biasa kan om om?
cap radiator udah ane ganti, ane beli snd deket rumah

ane ngehubungin orang bengkel, baru satu
ane cerita mau kuras air radiator dan ganti ke coolant, dia bilang mending ke tukang radiator langsung, diservice dulu katanya soalnya
awalnya bukan collant

mobil ane rush 2015,
buat saat ini nggak ada kendala apa2, suhu dikemacetan sampai 2 3 jam, tetep di angka tengah agak kebawah sedikit temperaturnya
tapi ane gatel pengen ganti air radiator, minimal pakai air lagi yang bersih kalau gak boleh ke collant langsung

mohon masukannya suhu2 di sini
Lah gantinya sama coolant lgs aja mbah,

Nyari penyakit klo gantiny sm air lagi, karena air (H2O) itu penyebab korosi dan karat dalam engine water block :big_biglaugh:

1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
2. Pakai mobilnya bbrp hari
3. Ulangi nomer 1
4. Paka mobilnya 2 tahun ke depan, sambil cek komponen cooling system yg lain
5. Klo gakda masalah, ganti coolant fresh tiap 2 tahun lagi
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1514
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 12:25
kotahujan wrote: Wed May 08, 2024 10:13 om kemarin ane iseng2 buka kap mesin, liat minyak2 takut ada yg kurang
pas ane liat di tangki radiator, masih di garis full
tapi pas ane buka cap radiator, ada lendir kayak 1ngus gitu
ane mau ganti ke coolant tapi nggak tau sebelumnya, warnanya polos mirip air putih, kalau warna begitu pasti air biasa kan om om?
cap radiator udah ane ganti, ane beli snd deket rumah

ane ngehubungin orang bengkel, baru satu
ane cerita mau kuras air radiator dan ganti ke coolant, dia bilang mending ke tukang radiator langsung, diservice dulu katanya soalnya
awalnya bukan collant

mobil ane rush 2015,
buat saat ini nggak ada kendala apa2, suhu dikemacetan sampai 2 3 jam, tetep di angka tengah agak kebawah sedikit temperaturnya
tapi ane gatel pengen ganti air radiator, minimal pakai air lagi yang bersih kalau gak boleh ke collant langsung

mohon masukannya suhu2 di sini
Lah gantinya sama coolant lgs aja mbah,

Nyari penyakit klo gantiny sm air lagi, karena air (H2O) itu penyebab korosi dan karat dalam engine water block :big_biglaugh:

1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
2. Pakai mobilnya bbrp hari
3. Ulangi nomer 1
4. Paka mobilnya 2 tahun ke depan, sambil cek komponen cooling system yg lain
5. Klo gakda masalah, ganti coolant fresh tiap 2 tahun lagi
Kalo kerjain DIY ati2 orangnya ngerti cara buang anginnya ga ni..avanza tahun segini ada cap bleedingnya kan om...ga tau kl rush..
Takutnya salah SOP malah berabe
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Greenhunter »

Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 12:25 1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
Maksudnya buang udara yg terjebak di radiator ? Caranya bgmn bang ? Dan memastikan sdh bersih bgmn ?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Wed May 08, 2024 12:47
Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 12:25 1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
Maksudnya buang udara yg terjebak di radiator ? Caranya bgmn bang ? Dan memastikan sdh bersih bgmn ?
MSU wrote: Wed May 08, 2024 12:45
Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 12:25
kotahujan wrote: Wed May 08, 2024 10:13 om kemarin ane iseng2 buka kap mesin, liat minyak2 takut ada yg kurang
pas ane liat di tangki radiator, masih di garis full
tapi pas ane buka cap radiator, ada lendir kayak 1ngus gitu
ane mau ganti ke coolant tapi nggak tau sebelumnya, warnanya polos mirip air putih, kalau warna begitu pasti air biasa kan om om?
cap radiator udah ane ganti, ane beli snd deket rumah

ane ngehubungin orang bengkel, baru satu
ane cerita mau kuras air radiator dan ganti ke coolant, dia bilang mending ke tukang radiator langsung, diservice dulu katanya soalnya
awalnya bukan collant

mobil ane rush 2015,
buat saat ini nggak ada kendala apa2, suhu dikemacetan sampai 2 3 jam, tetep di angka tengah agak kebawah sedikit temperaturnya
tapi ane gatel pengen ganti air radiator, minimal pakai air lagi yang bersih kalau gak boleh ke collant langsung

mohon masukannya suhu2 di sini
Lah gantinya sama coolant lgs aja mbah,

Nyari penyakit klo gantiny sm air lagi, karena air (H2O) itu penyebab korosi dan karat dalam engine water block :big_biglaugh:

1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
2. Pakai mobilnya bbrp hari
3. Ulangi nomer 1
4. Paka mobilnya 2 tahun ke depan, sambil cek komponen cooling system yg lain
5. Klo gakda masalah, ganti coolant fresh tiap 2 tahun lagi
Kalo kerjain DIY ati2 orangnya ngerti cara buang anginnya ga ni..avanza tahun segini ada cap bleedingnya kan om...ga tau kl rush..
Takutnya salah SOP malah berabe
aman mbah,



Beli di sini: https://www.lazada.co.id/products/i6796 ... 82116.html

1. Buang yg lama dan isi coolant baru
2. nyalain mesin sampai suhu coolant nyentuh >90 C
3. gelembung mulai keluar, monitor sampai gelembung udara udah hilang (artinya kantung udara udah gak ada)
4. matikan mesin

5. tutup spillproof funnel kit, dan ganti pakai radiator cap asli

klo di case saya, mesin honda 1500cc, proses #2 - 4 butuh waktu (max) 45 menit

klo ragu ya ke bengkel terdekat atau sekitar yg paham :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26951
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 13:57
Greenhunter wrote: Wed May 08, 2024 12:47
Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 12:25 1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
Maksudnya buang udara yg terjebak di radiator ? Caranya bgmn bang ? Dan memastikan sdh bersih bgmn ?
MSU wrote: Wed May 08, 2024 12:45
Suryaputra wrote: Wed May 08, 2024 12:25

Lah gantinya sama coolant lgs aja mbah,

Nyari penyakit klo gantiny sm air lagi, karena air (H2O) itu penyebab korosi dan karat dalam engine water block :big_biglaugh:

1. Ganti coolant, buang kantung udaranya, isi coolant yg baru
2. Pakai mobilnya bbrp hari
3. Ulangi nomer 1
4. Paka mobilnya 2 tahun ke depan, sambil cek komponen cooling system yg lain
5. Klo gakda masalah, ganti coolant fresh tiap 2 tahun lagi
Kalo kerjain DIY ati2 orangnya ngerti cara buang anginnya ga ni..avanza tahun segini ada cap bleedingnya kan om...ga tau kl rush..
Takutnya salah SOP malah berabe
aman mbah,



Beli di sini: https://www.lazada.co.id/products/i6796 ... 82116.html

1. Buang yg lama dan isi coolant baru
2. nyalain mesin sampai suhu coolant nyentuh >90 C
3. gelembung mulai keluar, monitor sampai gelembung udara udah hilang (artinya kantung udara udah gak ada)
4. matikan mesin

5. tutup spillproof funnel kit, dan ganti pakai radiator cap asli

klo di case saya, mesin honda 1500cc, proses #2 - 4 butuh waktu (max) 45 menit

klo ragu ya ke bengkel terdekat atau sekitar yg paham :big_peace:
kl d enjin2 yg masi ad baut bleeder macam enjin 4G1x, 4g9x mitsu jadul, honda F, D, B series jadul, afansa rush K3 enjin, tetep wajip buka tu baut bleeder walaupun ud pake tu corong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1406
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by iwing »

saya bulan puasa kmrn ganti coolant langsung melalui tabung reservoir. gak perlu buka tutup radiator (dibuka hanya utk cek kondisi). yang penting selang yang masuk di dalam reservoir gak sampai keangkat/keluar dari coolant. aman2 sampai skrg dan dipake mudik sekian ratus km juga syukurlah aman

buka tutup reservoir dan biarkan terbuka/agak terbuka. yang penting nantinya bisa diisi coolant. isi reservoir sampai hampir penuh trus buka baut kupu2 radiator. nanti coolant akan keluar perlahan dan akan menyedot reservoir. nah isi terus reservoir sampai bbrp liter (misal 4 liter). jika sudah mencapai 4 liter, biarkan coolant reservoir sampai garis upper dan tutup baut kupu2 radiator. saya aman sampai saat ini dan ini baru pertama kali saya lakukan. gak perlu ritual panasin mesin dll

saya gak tahu hal ini apakah memang aman atau tidak. saya sudah menanyakan ke tukang radiator dan orang nya gak komen. kayak terlihat bingung gitu karena gak pernah
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 711
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

kotahujan wrote: Wed May 08, 2024 10:13 om kemarin ane iseng2 buka kap mesin, liat minyak2 takut ada yg kurang
pas ane liat di tangki radiator, masih di garis full
tapi pas ane buka cap radiator, ada lendir kayak 1ngus gitu
ane mau ganti ke coolant tapi nggak tau sebelumnya, warnanya polos mirip air putih, kalau warna begitu pasti air biasa kan om om?
cap radiator udah ane ganti, ane beli snd deket rumah

ane ngehubungin orang bengkel, baru satu
ane cerita mau kuras air radiator dan ganti ke coolant, dia bilang mending ke tukang radiator langsung, diservice dulu katanya soalnya
awalnya bukan collant

mobil ane rush 2015,
buat saat ini nggak ada kendala apa2, suhu dikemacetan sampai 2 3 jam, tetep di angka tengah agak kebawah sedikit temperaturnya
tapi ane gatel pengen ganti air radiator, minimal pakai air lagi yang bersih kalau gak boleh ke collant langsung

mohon masukannya suhu2 di sini
Mungkin bisa cek cara saya yg ganti jadi coolant karena owner sebelumnya pakai air biasa, tapi kalau saya ada tahap flushing dulu pakai amidis utk pastikan radiator atau jalur coolantnya bersih :mky_01:
azu wrote: Thu Dec 28, 2023 4:59 beberapa bulan lalu baru angkat Nav1, ternyata sudah pakai air karena info dari owner sebelumnya dia ganti radiator terus sesudahnya ga diisi coolant. akhirnya saya coba ganti dengan coolant Toyota SLLC 50/50 dan karena di service manual tercantum kapasitas coolant di 7,8 liter jadi beli 3 galon untuk jaga-jaga.

Tahapan ganti dari air menjadi coolant:
1. Karena radiator gantiannya pakai Trivindo, lubang baut pengikat reservoir ke radiatornya slek dan tidak bisa dilepas :big_slap:
Akhirnya kuras reservoirnya pakai selang terus ditiup tabung reservoirnya biar keluar, terus saya isi pakai amidis dan tabung reservoirnya disikat pakai sikat botol bayi supaya kerak2 di dalamnya bersih, proses ini diulang 3 kali sampai bersih reservoirnya. sesudahnya baru saya isi coolant.

2. Buka baut tap radiator untuk kuras sampai habis, sambil dilihat kondisi air yg keluar. ketika saya lihat sih airnya masih cukup bening, hanya agak keruh tapi tidak ada warna coklat gitu, asumsi saya masih aman. saya tidak buka baut tap yg di head karena posisinya agak susah juga, jadi hanya kuras dari radiator saja.

3. Setelah terkuras, saya isi Amidis tapi dalam kondisi tap radiator masih terbuka, sampai air yg keluarnya jernih. disini saya habis sekitar 5 liter itu amidis. setelah jernih baru saya tutup tap radiator, kemudian isi dengan amidis dengan funnel pengisian coolant sampai penuh.

4. Setelah penuh mesin dinyalakan agar air bersirkulasi dan membuang udaranya, sambil cek suhu coolant menggunakan OBD Reader. Mesin saya nyalakan dengan menyalakan heater tapi tombol AC dimatikan, sampai fan radiator nyala. Kalau di Nav1 ini fan radiator nyala di 96 Celsius dan mati saat coolant di 92 Celsius, untuk mencapai suhu segitu ga bisa stasioner saja jadi sambil digas sampai putaran mesin di 2500-3000 RPM sambil lihat gelembung yang keluar.

Saat lihat dari gelembung yang keluar di funnel ternyata tidak kotor, kalau kotor biasanya dari gelembung itu juga suka ada keraknya, jadi sepertinya kondisi radiator dan jalur coolant masih lumayan bersih.

5. Kalau sudah tidak ada gelembung lagi dan suhunya stabil di maksimal 96 (saat fan menyala langsung turun lagi) sampai beberapa kali kipas menyala, matikan mesin dan tunggu agak mendingin.

6. Ketika suhu coolant sudah cukup turun, waktu itu saya di suhu 60 atau 70an ya, buka kembali tap radiator untuk membuang air. Kalau dari gelembung di tahap 4 dan 5 masih muncul busa dan seperti kerak, bisa diulangi lagi dari tahap 3 sampai 5 sampai air yg bersirkulasi dirasa sudah cukup bersih/tidak berbusa.

7. Setelah air keluar semua/tinggal menetes sedikit, tutup tap kemudian isi radiator dengan coolant menggunakan funnel. Lakukan lagi prosedur yang sama dengan tahap 3 sampai 5 sampai tidak keluar gelembung lagi.

Dengan cara tersebut, saya menghabiskan coolant hampir 4 liter cukup jauh dari spesifikasi di service manual yg 7,8 liter. Tapi karena sebelumnya dikuras menggunakan Amidis, menurut saya sih tidak apa-apa tercampur hanya konsentrasi coolantnya tidak jadi 50% lagi karena sudah tercampur sedikit Amidis, makanya saya pakai yg SLLC 50/50 juga :mky_01:

Sekarang karena pakai coolant, kalau ada tetesan/rembes jadi kelihatan ada yang berkerak putih. sekarang dari selang bypass ke reservoir terlihat ada kerak, sepertinya selangnya sudah kurang ketat. Kalau di Vios saya dulu sama bengkelnya dikasih gasket sealant di konektor bawah tutup radiatornya. Sekarang saya lagi coba beli klip penjepit selang untuk dipasang di sambungan tersebut siapa tahu jadi ga rembes lagi tanpa harus ganti selang, sekarang masih nunggu klipnya dateng :mky_01:

Klip yg saya beli: https://tokopedia.link/1neWoHlcTFb


Sekarang saya jadi ada sisa 2 galon Toyota SLLC :big_biglaugh:

Toyota SLLC ini bisa dipakai di Suzuki ngga ya? Kalau bisa mungkin bisa dipakai untuk kuras radiator Ertiga ibu saya aja
Kalau mesinnya sama seperti Avanza lama, paling jangan lupa buka baut kupu-kupu bleeder yg posisinya di dekat head mesin atau box filter udara saat proses pengisian yg terakhirnya supaya udara di sistem pendingin keluar.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD