Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
AdrBee wrote: Thu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
Om Q8, klo di captiva nfl c100 2010 apakah bs juga sampai 15000km?
Sudah ada hasil test lab nya blm ya? Mohon pencerahannya klo sudah ada dengan nenggak full biosol plus racun hss edt dan dengan jalan sehari 100km.
Hatur nuhun
Safano wrote: Tue Feb 06, 2024 13:52
Om om suhu sekalian, mohon bimbingannya.
Saya baru aja meminang Captiva diesel C100 dengan skema pemakaian harian nenggak biosolar plus additive HSS EDT tiap isi fulltank (seminggu skali isi fulltank).
Dari pilihan oli mesin dibawah, manakah yg rekomended krna tiap 5000km akan selalu ganti filter oli & solar.
1. Q8 excel 5w40 (yang terpakai sekarang, jika nyari tau TBN nya sekitar 8. Akan sangat riskan mungkin jika TBN hanya 8 ya. IMO CMIIW)
2. Mobil Delvac 1 (TBN sekitar 12.4 klo gak salah)
3. PTT (rekomen PTT yg apa ini jika memakai PTT)
4. Adakah rekomen yg lain mengingat pemakaian harian dan dgn budget yg sesuai dengan range mid price.
Btw Q8 Excel 5w40 itu oli acea a3/b4 full saps. TBN minimumnya 10 , kalo 8 itu oli A5/B5
AdrBee wrote: Thu May 25, 2023 8:35
Salam Rekan-Rekan SM,
Ini postingan pertama saya dari sebelumnya cuma sekedar baca review dan postingan forum SM.
Akhirnya join SM karena thread dan postingan rekan-rekan saya nilai objektif karena pemakai langsung dan paham otomotif.
Saya perlu saran atau rekomendasi dari rekan-rekan SM, orangtua pakai Innova Venturer Diesel Facelift dan garansi service berkala gratisnya sudah habis di KM 50rb.
Mobil dipakai harian dan pakai sopir, tetapi setiap service selalu saya yang urus. Di A2K saya selalu upgrade oli dari 10W-40 ke 5W-30 nya TMO.
Karena garansi service berkalanya sudah habis saya rencana untuk pakai oli diluar TMO, oli yang lebih baik dari standar A2K karena mobil sering bolak-balik Jakarta-Salatiga 2 kali dalam sebulan dan sering jadi genset pas di Jakarta.
Issuenya antara lain perlu oli yang kuat untuk pemakaian 10rb KM atau lebih, karena orangtua suka kelewat kilometer dan sopir juga sama aja agak masa bodo (udah 2x lewat 1000an KM dari seharusnya waktu pake oli TMO terakhir).
Untuk oli-oli berikut, kira-kira mana yang lebih baik:
1. Amsoil Signature Diesel 5W-30 (dimobil pribadi CR-V RE, sudah sangat puas pake Amsoil Signature 5W-30 tapi lumayan mahal karena butuh 8 botol)
2. Mobil 1 Delvac ESP 5W-30 (belum ada referensi dan harga sama-sama lumayan mahal dengan Amsoil)
3. PTT Dynamic Super Commonrail 5W-30 (nanya ke admin PTT Tokped malah diarahkan ke Dynamic Commonrail karena Venturer 2021 belum ada DPF)
Mohon saran atau rekomendasinya dari rekan-rekan SM dan jika ada oli diluar list di atas juga boleh direkomendasikan.
Thanks Rekan-rekan SM.
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
Om Q8, klo di captiva nfl c100 2010 apakah bs juga sampai 15000km?
Sudah ada hasil test lab nya blm ya? Mohon pencerahannya klo sudah ada dengan nenggak full biosol plus racun hss edt dan dengan jalan sehari 100km.
Hatur nuhun
Gak rekommend sih, belom ada tes labnya juga untuk di mobil captiva pemakaian segitu. Adanya 10rb km.
10rb pasti aman, yang penting mesin sehat dan cek level oli secara berkala aja
Safano wrote: Tue Feb 06, 2024 13:52
Om om suhu sekalian, mohon bimbingannya.
Saya baru aja meminang Captiva diesel C100 dengan skema pemakaian harian nenggak biosolar plus additive HSS EDT tiap isi fulltank (seminggu skali isi fulltank).
Dari pilihan oli mesin dibawah, manakah yg rekomended krna tiap 5000km akan selalu ganti filter oli & solar.
1. Q8 excel 5w40 (yang terpakai sekarang, jika nyari tau TBN nya sekitar 8. Akan sangat riskan mungkin jika TBN hanya 8 ya. IMO CMIIW)
2. Mobil Delvac 1 (TBN sekitar 12.4 klo gak salah)
3. PTT (rekomen PTT yg apa ini jika memakai PTT)
4. Adakah rekomen yg lain mengingat pemakaian harian dan dgn budget yg sesuai dengan range mid price.
Btw Q8 Excel 5w40 itu oli acea a3/b4 full saps. TBN minimumnya 10 , kalo 8 itu oli A5/B5
Makasih OmQ8 respon nya.
Info pas maen ke bengkel TBN nya cm 8 soalnya masih CF, sedangkan klo 10.4 lebih ke CI4.
Buat captiva diesel nfl klo mau pake q8 8800 long drain ke 10k km dgn biosol+racun hss edt gmn menurut om?
Kalo dari Q8 bisa pake FT 8800 15000km/1 tahun. Seharusnya cukup worth it dengan pemakaian segitu. Tapi kalo dari 3 pilihan itu jelas saya pilih no 1.
Om Q8, klo di captiva nfl c100 2010 apakah bs juga sampai 15000km?
Sudah ada hasil test lab nya blm ya? Mohon pencerahannya klo sudah ada dengan nenggak full biosol plus racun hss edt dan dengan jalan sehari 100km.
Hatur nuhun
Gak rekommend sih, belom ada tes labnya juga untuk di mobil captiva pemakaian segitu. Adanya 10rb km.
10rb pasti aman, yang penting mesin sehat dan cek level oli secara berkala aja
Kalau ada test lab nya yg 10rb km boleh om di share, ini nyambung brarti sama pertanyaanku yg 1 nya ya.
Btw klo gak salah Q8 FT 8800 TBN nya 13an ya?
Kalo captiva minum biosol sih saya ga menyarankan long drain om. Saya biasanya OCI tiap 4-5 rb KM, ditambah ganti filter solar tiap OCI genap.
Bardahl HVP C7 itu meets API CI sama Acea E7 tbn nya 11an. Oli bagus dan murah.
Kalo mau yang bagusan ya itu Q8 8800 boleh juga. Captiva kan mintanya dexos2, tapi kalo saya sih biasanya nyari yang meet beberapa requirements yang mengakomodir dpf/catcon sama high hths. Kalo acea itu ada di kelas Acea C sama E. Kalo API, ada di API CI sampe CK. Jadi kalo nyari oli tinggal liat aja yang meet requirements itu.
suhu - suhu mohon opini dan saran nya...
kebetulan akan ganti oli dalam waktu dekat, saat ini sudah menggunakan PTT Dynamic Commonrail Syntehtic 5w-40.
sudah 3x life cycle dan overall sangat puas dengan oli ini, interval penggantian di sekitar 6rb - 8rb, tergantung kondisi jalan / pemakaian.
pakai dari mobil KM45 rb sampai sekarang sudah hampir di 70RB.
apakah ada rekomendasi oli yang "naik kelas" dibanding PTT ini dengan spec A3/B4?
karena rencana mobil ini mau dipakai long term sampai memutih rambut
kenapa mau coba "naik kelas" karena mau "manjain" mesin ini mobil biar awet karena kemarin dipakai road trip tangsel - bali, makin jatuh hati sama ini mobil
Shyn16 wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
suhu - suhu mohon opini dan saran nya...
kebetulan akan ganti oli dalam waktu dekat, saat ini sudah menggunakan PTT Dynamic Commonrail Syntehtic 5w-40.
sudah 3x life cycle dan overall sangat puas dengan oli ini, interval penggantian di sekitar 6rb - 8rb, tergantung kondisi jalan / pemakaian.
pakai dari mobil KM45 rb sampai sekarang sudah hampir di 70RB.
apakah ada rekomendasi oli yang "naik kelas" dibanding PTT ini dengan spec A3/B4?
karena rencana mobil ini mau dipakai long term sampai memutih rambut
kenapa mau coba "naik kelas" karena mau "manjain" mesin ini mobil biar awet karena kemarin dipakai road trip tangsel - bali, makin jatuh hati sama ini mobil
mobilnya apa om? biar suhu2 di sini dpt info yg lebih detail
Safano wrote: Tue Feb 06, 2024 13:52
Om om suhu sekalian, mohon bimbingannya.
Saya baru aja meminang Captiva diesel C100 dengan skema pemakaian harian nenggak biosolar plus additive HSS EDT tiap isi fulltank (seminggu skali isi fulltank).
Dari pilihan oli mesin dibawah, manakah yg rekomended krna tiap 5000km akan selalu ganti filter oli & solar.
1. Q8 excel 5w40 (yang terpakai sekarang, jika nyari tau TBN nya sekitar 8. Akan sangat riskan mungkin jika TBN hanya 8 ya. IMO CMIIW)
2. Mobil Delvac 1 (TBN sekitar 12.4 klo gak salah)
3. PTT (rekomen PTT yg apa ini jika memakai PTT)
4. Adakah rekomen yg lain mengingat pemakaian harian dan dgn budget yg sesuai dengan range mid price.
Btw Q8 Excel 5w40 itu oli acea a3/b4 full saps. TBN minimumnya 10 , kalo 8 itu oli A5/B5
Makasih OmQ8 respon nya.
Info pas maen ke bengkel TBN nya cm 8 soalnya masih CF, sedangkan klo 10.4 lebih ke CI4.
Buat captiva diesel nfl klo mau pake q8 8800 long drain ke 10k km dgn biosol+racun hss edt gmn menurut om?
Setau saya API itu gak ada requirement minimum tbn seperti ACEA jadi cf vs ci4 itu lebih ke property lainnya bukan tbn.
8800 10rb km biosol gas, dites sama bengkel specialist Chevrolet Omega motor masih bagus wearnya. Visco jg masih stabil
images (12).jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Om Q8, klo di captiva nfl c100 2010 apakah bs juga sampai 15000km?
Sudah ada hasil test lab nya blm ya? Mohon pencerahannya klo sudah ada dengan nenggak full biosol plus racun hss edt dan dengan jalan sehari 100km.
Hatur nuhun
Gak rekommend sih, belom ada tes labnya juga untuk di mobil captiva pemakaian segitu. Adanya 10rb km.
10rb pasti aman, yang penting mesin sehat dan cek level oli secara berkala aja
Kalau ada test lab nya yg 10rb km boleh om di share, ini nyambung brarti sama pertanyaanku yg 1 nya ya.
Btw klo gak salah Q8 FT 8800 TBN nya 13an ya?
Screenshot_20240207-104752.jpg
Kebetulan customer ini di olinya ada kandungan air (diduga dari BBM) tapi seharusnya hasil tes masih.
Betul tbn 13, tbn 13 kalo di luar negri udah kelas extra long drain 80rb ++km sebelum di ganti (di truk besar)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Shyn16 wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
suhu - suhu mohon opini dan saran nya...
kebetulan akan ganti oli dalam waktu dekat, saat ini sudah menggunakan PTT Dynamic Commonrail Syntehtic 5w-40.
sudah 3x life cycle dan overall sangat puas dengan oli ini, interval penggantian di sekitar 6rb - 8rb, tergantung kondisi jalan / pemakaian.
pakai dari mobil KM45 rb sampai sekarang sudah hampir di 70RB.
apakah ada rekomendasi oli yang "naik kelas" dibanding PTT ini dengan spec A3/B4?
karena rencana mobil ini mau dipakai long term sampai memutih rambut
kenapa mau coba "naik kelas" karena mau "manjain" mesin ini mobil biar awet karena kemarin dipakai road trip tangsel - bali, makin jatuh hati sama ini mobil
mobilnya apa om? biar suhu2 di sini dpt info yg lebih detail
Shyn16 wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
suhu - suhu mohon opini dan saran nya...
kebetulan akan ganti oli dalam waktu dekat, saat ini sudah menggunakan PTT Dynamic Commonrail Syntehtic 5w-40.
sudah 3x life cycle dan overall sangat puas dengan oli ini, interval penggantian di sekitar 6rb - 8rb, tergantung kondisi jalan / pemakaian.
pakai dari mobil KM45 rb sampai sekarang sudah hampir di 70RB.
apakah ada rekomendasi oli yang "naik kelas" dibanding PTT ini dengan spec A3/B4?
karena rencana mobil ini mau dipakai long term sampai memutih rambut
kenapa mau coba "naik kelas" karena mau "manjain" mesin ini mobil biar awet karena kemarin dipakai road trip tangsel - bali, makin jatuh hati sama ini mobil
mobilnya apa om? biar suhu2 di sini dpt info yg lebih detail
Santa Fe TM 2018 om...
kode mesin D4HB...
santa fe apa tidak better memakai SAE buntut 30 om?
PTT A3/B4 itu kalau tidak salah high saps,
sedangkan santa fe better pakai yg medium atau low saps. mgkn suhu2 dimari bs mengkoreksi atau menambahkan
mobilnya apa om? biar suhu2 di sini dpt info yg lebih detail
Santa Fe TM 2018 om...
kode mesin D4HB...
santa fe apa tidak better memakai SAE buntut 30 om?
PTT A3/B4 itu kalau tidak salah high saps,
sedangkan santa fe better pakai yg medium atau low saps. mgkn suhu2 dimari bs mengkoreksi atau menambahkan
dari awal masih diurus bengkel resmi udah pakai buntut 40 om...
dulu pegangan bengkel resmi dikasih nya Rimula, belum 5rb udah ada penguapan, semenjak ganti PTT penguapan minim banget, baru ada penguapan di 6rb km ke atas itu juga kalau lagi sering "narik" di toll... kalau dalkot aja minim banget penguapan...
Santa Fe yang saya ini belum ada DPF om, kalau rakitan 2023 ke atas sepertinya sudah ada DPF dan perlu oli yang C3...
santa fe apa tidak better memakai SAE buntut 30 om?
PTT A3/B4 itu kalau tidak salah high saps,
sedangkan santa fe better pakai yg medium atau low saps. mgkn suhu2 dimari bs mengkoreksi atau menambahkan
dari awal masih diurus bengkel resmi udah pakai buntut 40 om...
dulu pegangan bengkel resmi dikasih nya Rimula, belum 5rb udah ada penguapan, semenjak ganti PTT penguapan minim banget, baru ada penguapan di 6rb km ke atas itu juga kalau lagi sering "narik" di toll... kalau dalkot aja minim banget penguapan...
Santa Fe yang saya ini belum ada DPF om, kalau rakitan 2023 ke atas sepertinya sudah ada DPF dan perlu oli yang C3...
mocileee wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
Kalo captiva minum biosol sih saya ga menyarankan long drain om. Saya biasanya OCI tiap 4-5 rb KM, ditambah ganti filter solar tiap OCI genap.
Bardahl HVP C7 itu meets API CI sama Acea E7 tbn nya 11an. Oli bagus dan murah.
Kalo mau yang bagusan ya itu Q8 8800 boleh juga. Captiva kan mintanya dexos2, tapi kalo saya sih biasanya nyari yang meet beberapa requirements yang mengakomodir dpf/catcon sama high hths. Kalo acea itu ada di kelas Acea C sama E. Kalo API, ada di API CI sampe CK. Jadi kalo nyari oli tinggal liat aja yang meet requirements itu.
Makasih om share nya.
Saya skrg pakai q8 excel 5w40, skrg baru di km 4500an terasa gak enak udahan ini mesin.
Berhubung mau ganti olmes & oltic skalian minta saran ke suhu suhu skalian.
Btw om, pakai C100 jg kah? Atau adiknya?
Trs klo Q8 8800 compare sama Mobil Delvac 1 gmn om?
Mohon pencerahannya.
Hatur nuhun
sahabatq8 wrote: Tue Feb 06, 2024 15:04
Gak rekommend sih, belom ada tes labnya juga untuk di mobil captiva pemakaian segitu. Adanya 10rb km.
10rb pasti aman, yang penting mesin sehat dan cek level oli secara berkala aja
Kalau ada test lab nya yg 10rb km boleh om di share, ini nyambung brarti sama pertanyaanku yg 1 nya ya.
Btw klo gak salah Q8 FT 8800 TBN nya 13an ya?
Screenshot_20240207-104752.jpg
Kebetulan customer ini di olinya ada kandungan air (diduga dari BBM) tapi seharusnya hasil tes masih.
Betul tbn 13, tbn 13 kalo di luar negri udah kelas extra long drain 80rb ++km sebelum di ganti (di truk besar)
Just make sure aja om. Itu dari use captiva c100+biosol buat daily?
Klo melihat dari hasil test lab nya, Al nya 6 apakah ini termasuk tinggi om? Saya masih newbie soal diesel dan mencoba memahami perihal diesel.
And to be honest, masih awam untuk pembacaan dari hasil test lab nya. Mungkin bs di share om itu pembacaannya gmn aja?
Hatur nuhun.
Kalau ada test lab nya yg 10rb km boleh om di share, ini nyambung brarti sama pertanyaanku yg 1 nya ya.
Btw klo gak salah Q8 FT 8800 TBN nya 13an ya?
Screenshot_20240207-104752.jpg
Kebetulan customer ini di olinya ada kandungan air (diduga dari BBM) tapi seharusnya hasil tes masih.
Betul tbn 13, tbn 13 kalo di luar negri udah kelas extra long drain 80rb ++km sebelum di ganti (di truk besar)
Just make sure aja om. Itu dari use captiva c100+biosol buat daily?
Klo melihat dari hasil test lab nya, Al nya 6 apakah ini termasuk tinggi om? Saya masih newbie soal diesel dan mencoba memahami perihal diesel.
And to be honest, masih awam untuk pembacaan dari hasil test lab nya. Mungkin bs di share om itu pembacaannya gmn aja?
Hatur nuhun.
Seinget saya Captiva tapi lupa yang tahun brapa. Al 6 termasuk wajar sih, masih aman untuk 10rb km . Ini sih kalo ga salah dia pake BBM Shell tapi berhubung tbn masih cukup dan visko masih stabil saya yakin 10rb masih aman. Captiva sih denger² dari temen kalo biosolar filter solar harus rajin ganti aja.
Kalo di innova itu pernah 12 ato 15rb masih aman. Tapi hasil tes labnya ane harus cari cari dulu, udah lama.
Shyn16 wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
suhu - suhu mohon opini dan saran nya...
kebetulan akan ganti oli dalam waktu dekat, saat ini sudah menggunakan PTT Dynamic Commonrail Syntehtic 5w-40.
sudah 3x life cycle dan overall sangat puas dengan oli ini, interval penggantian di sekitar 6rb - 8rb, tergantung kondisi jalan / pemakaian.
pakai dari mobil KM45 rb sampai sekarang sudah hampir di 70RB.
apakah ada rekomendasi oli yang "naik kelas" dibanding PTT ini dengan spec A3/B4?
karena rencana mobil ini mau dipakai long term sampai memutih rambut
kenapa mau coba "naik kelas" karena mau "manjain" mesin ini mobil biar awet karena kemarin dipakai road trip tangsel - bali, makin jatuh hati sama ini mobil
Kalo mau naik kelas dari PTT Dynamic Commonrail 5w40 bisa coba PTT Dynamic Extra Long Drain 10w40 om.
saya pernah pake 2 kali, suara mesin baru mulai kasar di 10 ribu km.
kalo commonrail 5w40 biasanya di mobil saya mulai kasar di 7 ribu km.
tarikan juga saya rasa mirip-mirip sama yang commonrail 5w40.
mocileee wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
Kalo captiva minum biosol sih saya ga menyarankan long drain om. Saya biasanya OCI tiap 4-5 rb KM, ditambah ganti filter solar tiap OCI genap.
Bardahl HVP C7 itu meets API CI sama Acea E7 tbn nya 11an. Oli bagus dan murah.
Kalo mau yang bagusan ya itu Q8 8800 boleh juga. Captiva kan mintanya dexos2, tapi kalo saya sih biasanya nyari yang meet beberapa requirements yang mengakomodir dpf/catcon sama high hths. Kalo acea itu ada di kelas Acea C sama E. Kalo API, ada di API CI sampe CK. Jadi kalo nyari oli tinggal liat aja yang meet requirements itu.
Makasih om share nya.
Saya skrg pakai q8 excel 5w40, skrg baru di km 4500an terasa gak enak udahan ini mesin.
Berhubung mau ganti olmes & oltic skalian minta saran ke suhu suhu skalian.
Btw om, pakai C100 jg kah? Atau adiknya?
Trs klo Q8 8800 compare sama Mobil Delvac 1 gmn om?
Mohon pencerahannya.
Hatur nuhun
wah berarti mirip sama pengalaman saya om.
dulu pernah pake q8 excel diesel 5w40, tarikan memang enteng, tapi suara mesin lumayan kasar.
mulai 4000 km suara mesin makin kasar, akhirnya buang di 5000 km.
mocileee wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
Kalo captiva minum biosol sih saya ga menyarankan long drain om. Saya biasanya OCI tiap 4-5 rb KM, ditambah ganti filter solar tiap OCI genap.
Bardahl HVP C7 itu meets API CI sama Acea E7 tbn nya 11an. Oli bagus dan murah.
Kalo mau yang bagusan ya itu Q8 8800 boleh juga. Captiva kan mintanya dexos2, tapi kalo saya sih biasanya nyari yang meet beberapa requirements yang mengakomodir dpf/catcon sama high hths. Kalo acea itu ada di kelas Acea C sama E. Kalo API, ada di API CI sampe CK. Jadi kalo nyari oli tinggal liat aja yang meet requirements itu.
Makasih om share nya.
Saya skrg pakai q8 excel 5w40, skrg baru di km 4500an terasa gak enak udahan ini mesin.
Berhubung mau ganti olmes & oltic skalian minta saran ke suhu suhu skalian.
Btw om, pakai C100 jg kah? Atau adiknya?
Trs klo Q8 8800 compare sama Mobil Delvac 1 gmn om?
Mohon pencerahannya.
Hatur nuhun
wah berarti mirip sama pengalaman saya om.
dulu pernah pake q8 excel diesel 5w40, tarikan memang enteng, tapi suara mesin lumayan kasar.
mulai 4000 km suara mesin makin kasar, akhirnya buang di 5000 km.
Kalo excel diesel itu gak recommended buat long drain dengan biosolar. Lebih recommend Q8 botol hitam seperti T800 , 8800, 7000 etc
snoepje wrote: Thu Feb 08, 2024 7:19
wah berarti mirip sama pengalaman saya om.
dulu pernah pake q8 excel diesel 5w40, tarikan memang enteng, tapi suara mesin lumayan kasar.
mulai 4000 km suara mesin makin kasar, akhirnya buang di 5000 km.
Kalo excel diesel itu gak recommended buat long drain dengan biosolar. Lebih recommend Q8 botol hitam seperti T800 , 8800, 7000 etc
Excel diesel ini A3/B4 kan ya ? Berarti kalah dong sama PTT performa 5w40 A3/B4 pake biosol yang di mobil saya baru mulai kasar di 7000 km.
Repsol gxr euro 5w40 C3 juga baru mulai kasar di 6000 km pake biosol.
Tapi kalo nggak salah excel diesel udah nggak keluar lagi ya ? Diganti excel aja ? Isinya sama nggak ya ?
Shyn16 wrote: Wed Feb 07, 2024 2:02
suhu - suhu mohon opini dan saran nya...
kebetulan akan ganti oli dalam waktu dekat, saat ini sudah menggunakan PTT Dynamic Commonrail Syntehtic 5w-40.
sudah 3x life cycle dan overall sangat puas dengan oli ini, interval penggantian di sekitar 6rb - 8rb, tergantung kondisi jalan / pemakaian.
pakai dari mobil KM45 rb sampai sekarang sudah hampir di 70RB.
apakah ada rekomendasi oli yang "naik kelas" dibanding PTT ini dengan spec A3/B4?
karena rencana mobil ini mau dipakai long term sampai memutih rambut
kenapa mau coba "naik kelas" karena mau "manjain" mesin ini mobil biar awet karena kemarin dipakai road trip tangsel - bali, makin jatuh hati sama ini mobil
Kalo mau naik kelas dari PTT Dynamic Commonrail 5w40 bisa coba PTT Dynamic Extra Long Drain 10w40 om.
saya pernah pake 2 kali, suara mesin baru mulai kasar di 10 ribu km.
kalo commonrail 5w40 biasanya di mobil saya mulai kasar di 7 ribu km.
tarikan juga saya rasa mirip-mirip sama yang commonrail 5w40.
Cari2 info klo ctv yg basic nya harus 5w30 trs mau pakai 10w40 bakal terasa agak berat dan kasihan turbo nya krna oli yg terlalu encer tapi kok pakai 5w40 aman2 aja infonya. Apakah ada perbedaan signifikan untuk 10w40 & 5w40 ya
sahabatq8 wrote: Tue Feb 06, 2024 15:04
Gak rekommend sih, belom ada tes labnya juga untuk di mobil captiva pemakaian segitu. Adanya 10rb km.
10rb pasti aman, yang penting mesin sehat dan cek level oli secara berkala aja
Kalau ada test lab nya yg 10rb km boleh om di share, ini nyambung brarti sama pertanyaanku yg 1 nya ya.
Btw klo gak salah Q8 FT 8800 TBN nya 13an ya?
Screenshot_20240207-104752.jpg
Kebetulan customer ini di olinya ada kandungan air (diduga dari BBM) tapi seharusnya hasil tes masih.
Betul tbn 13, tbn 13 kalo di luar negri udah kelas extra long drain 80rb ++km sebelum di ganti (di truk besar)
Klo di luar negri kan "mungkin" kualitas bbm nya bagus drpd di Indo. Tanya2 bbrp user & bengkel jg tetep dgn jawaban sama yaitu klo pakai 8800 max 8000km selebihnya mesin akan kasar suaranya. Mohon pencerahannya lagi suhu sahabatQ8
sahabatq8 wrote: Wed Feb 07, 2024 3:50
Screenshot_20240207-104752.jpg
Screenshot_20240207-104752.jpg
Kebetulan customer ini di olinya ada kandungan air (diduga dari BBM) tapi seharusnya hasil tes masih.
Betul tbn 13, tbn 13 kalo di luar negri udah kelas extra long drain 80rb ++km sebelum di ganti (di truk besar)
Just make sure aja om. Itu dari use captiva c100+biosol buat daily?
Klo melihat dari hasil test lab nya, Al nya 6 apakah ini termasuk tinggi om? Saya masih newbie soal diesel dan mencoba memahami perihal diesel.
And to be honest, masih awam untuk pembacaan dari hasil test lab nya. Mungkin bs di share om itu pembacaannya gmn aja?
Hatur nuhun.
Seinget saya Captiva tapi lupa yang tahun brapa. Al 6 termasuk wajar sih, masih aman untuk 10rb km . Ini sih kalo ga salah dia pake BBM Shell tapi berhubung tbn masih cukup dan visko masih stabil saya yakin 10rb masih aman. Captiva sih denger² dari temen kalo biosolar filter solar harus rajin ganti aja.
Kalo di innova itu pernah 12 ato 15rb masih aman. Tapi hasil tes labnya ane harus cari cari dulu, udah lama.
Untuk Al yg over mesin C100 batas limitnya brp ya om?
Al 6 dgn asumsi pakai shell diesel yg "notabene" bagusan drpd biosol mungkin akan lebih bagus hasilnya untuk "sampah" yg terbuang bersama oli lama pada saat ganti oli baru.
snoepje wrote: Thu Feb 08, 2024 7:19
wah berarti mirip sama pengalaman saya om.
dulu pernah pake q8 excel diesel 5w40, tarikan memang enteng, tapi suara mesin lumayan kasar.
mulai 4000 km suara mesin makin kasar, akhirnya buang di 5000 km.
Kalo excel diesel itu gak recommended buat long drain dengan biosolar. Lebih recommend Q8 botol hitam seperti T800 , 8800, 7000 etc
Excel diesel ini A3/B4 kan ya ? Berarti kalah dong sama PTT performa 5w40 A3/B4 pake biosol yang di mobil saya baru mulai kasar di 7000 km.
Repsol gxr euro 5w40 C3 juga baru mulai kasar di 6000 km pake biosol.
Tapi kalo nggak salah excel diesel udah nggak keluar lagi ya ? Diganti excel aja ? Isinya sama nggak ya ?
Pakai ctv jg kah om?
Udah pernah nyoba bardahl hvp c7 5w30 atau mobil delvac 1 5w30 kah om?
Klo udah pernah bs di share atuh rasanya gmn & oci nya di KM brp.
Hatur nuhun