Iya ommr_mytplx wrote: Thu Aug 10, 2023 14:23Yg kadang kadang error dan harus di reset produknya H tegak y om?DLM wrote: Thu Aug 10, 2023 13:38 Pengalaman ane:
Di rumah ada 3 mobil, 2 ga pake sensing-sensingan yang satu pake sensing-sensingan. Daily biasa bawa yang ga pake sensing pp kurleb 40-80 km, tapi pernah pake yang sensing. Yang sensing biasa dibawa pp bapak ane Bandung-Jakarta mingguan 300 km+++. Yang non-sensing Alhamdulillah belum pernah tiba2 ngaco sistem active safetynya (cuma ABS+EBD aja sih). Yang sensing, kadang-kadang suka tiba2 error dan harus direset system dulu baru bener. Tapi untungnya belum pernah phantom braking.
Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
- Location: BUMI
- Daily Vehicle: Vios G
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Tue Mar 28, 2017 13:05
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
sharing pengalaman pake brv hs dari feb 2022
sensing ini sangat membantu sih, sesuai fungsinya untuk mengurangi risiko kecelakaan secara aktif, so far mobil udah 29rb km, udah dibawa dari bekasi ke malang, jogja, dan solo
urutan fitur sensing yang paling berguna versi saya
ACC: meskipun belum ada low speed follow atau ga bisa digunakan sampe 0 kmh, tetep aja asal ada jalan lowong tangan auto ngaktifin acc nya. impact nya paling berasa jalan jauh ga berasa cape. dan yang paling penting ACC itu menjaga jarak aman kita dengan mobil yang di depan, meskipun kadang banyak driver yang nerobos jarak aman ini, tapi kalo ga ada orang kayak gitu sih jadi enak banget nyetirnya
Lane Keeping Assist : Ini paling penting untuk jagain kita selalu ada di tengah garis di jalan, meskipun di brv baru aktif setelah 72kmh, tapi tetep sangat signifikan membantu, yang paling berasa ketika diatas 72kmh itu kita pindah jalur, itu setir akan langsung ngunci sesaat setelah lampu sein mati dan mobil deteksi udah ada di lajur baru
Lead car departure notification: paling pas jalan macet atau lampu merah, jadi ga keburu diklaksonin orang kalo kebetulan lagi maen hp
RDM: ini jarang kepake karena biasanya kalo LKAS udah jalan kan ga bakal keluar jalur kecuali pas tikungannya terlalu tajam, tapi kepake pas di kecepatan rendah
CMBS: meskipun pernah berenti mendadak, tapi mau matiin CMBS ini agak takut kena sial, jadinya nyalain aja terus. belakangan sih udah jarang berenti mendadak karena udah mulai tau kapan mobil biasanya detect bahaya. meskipun banyak yang takut dengan fitur ini jadi ketabrak belakang, tapi entah kenapa saya malah lebih takut kena tabrak depan belakang kalo ga ada fitur ini
Auto head lamp: jarang sih karna ga pernah sampe ke daerah yang sepi banget, tapi emang mayan berasa kalo lagi gelap banget tiba tiba lampu gede nyala jadi terang deh jalanan
awalnya sih saya juga wondering apa dengan nambah 20jt (dari non hs ke hs) akan worth it, takut ga kepake fiturnya. tapi setelah punya malah jadi ga bisa lepas dengan fitur ini, jadi berasa punya mata tambahan (karena emang ada kamera 1 yang bantuin). berasa lebih aman ada active safety kayak gini, apalagi kita ga tau kapan pas bawa mobil dengan kondisi terlalu lelah..
semoga membantu
sensing ini sangat membantu sih, sesuai fungsinya untuk mengurangi risiko kecelakaan secara aktif, so far mobil udah 29rb km, udah dibawa dari bekasi ke malang, jogja, dan solo
urutan fitur sensing yang paling berguna versi saya
ACC: meskipun belum ada low speed follow atau ga bisa digunakan sampe 0 kmh, tetep aja asal ada jalan lowong tangan auto ngaktifin acc nya. impact nya paling berasa jalan jauh ga berasa cape. dan yang paling penting ACC itu menjaga jarak aman kita dengan mobil yang di depan, meskipun kadang banyak driver yang nerobos jarak aman ini, tapi kalo ga ada orang kayak gitu sih jadi enak banget nyetirnya
Lane Keeping Assist : Ini paling penting untuk jagain kita selalu ada di tengah garis di jalan, meskipun di brv baru aktif setelah 72kmh, tapi tetep sangat signifikan membantu, yang paling berasa ketika diatas 72kmh itu kita pindah jalur, itu setir akan langsung ngunci sesaat setelah lampu sein mati dan mobil deteksi udah ada di lajur baru
Lead car departure notification: paling pas jalan macet atau lampu merah, jadi ga keburu diklaksonin orang kalo kebetulan lagi maen hp
RDM: ini jarang kepake karena biasanya kalo LKAS udah jalan kan ga bakal keluar jalur kecuali pas tikungannya terlalu tajam, tapi kepake pas di kecepatan rendah
CMBS: meskipun pernah berenti mendadak, tapi mau matiin CMBS ini agak takut kena sial, jadinya nyalain aja terus. belakangan sih udah jarang berenti mendadak karena udah mulai tau kapan mobil biasanya detect bahaya. meskipun banyak yang takut dengan fitur ini jadi ketabrak belakang, tapi entah kenapa saya malah lebih takut kena tabrak depan belakang kalo ga ada fitur ini
Auto head lamp: jarang sih karna ga pernah sampe ke daerah yang sepi banget, tapi emang mayan berasa kalo lagi gelap banget tiba tiba lampu gede nyala jadi terang deh jalanan
awalnya sih saya juga wondering apa dengan nambah 20jt (dari non hs ke hs) akan worth it, takut ga kepake fiturnya. tapi setelah punya malah jadi ga bisa lepas dengan fitur ini, jadi berasa punya mata tambahan (karena emang ada kamera 1 yang bantuin). berasa lebih aman ada active safety kayak gini, apalagi kita ga tau kapan pas bawa mobil dengan kondisi terlalu lelah..
semoga membantu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 367
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Kalo sy pribadi lum perlu adas
Lane keeping ini di jalan beton belum di aspal suka gk ada marka, dan harus kecepatan min 70 dulu ya jadi termasuk fitur jarang dipakai
Soal pre coll brake suka bikin kaget ya rem nge dadak mending non aktif. Ntah apa sensornya uda bagus bisa bedakan objek, apalagi dia yg ambil keputusan tuk ngerem.
Kalau acc sih oke berguna ngurangi kerja kaki terutama jalan jauh. Yg cruise control aja uda enak kalau pas jalanan kosong. Kalo uda adaptive lebih enak lagi gk perlu manual pencet naik turun
Fitur blind spot juga berguna kalo mau pindah jalur. Suka lupa ada objek di blind spot.
Sisanya sih lum penting penting amat ya namanya juga adas sifatnya assist bukan menggantikan peran driver. Asal jgn suka dikit2 muncul warning aja menggangu kenikmatan berkendara.
Lane keeping ini di jalan beton belum di aspal suka gk ada marka, dan harus kecepatan min 70 dulu ya jadi termasuk fitur jarang dipakai
Soal pre coll brake suka bikin kaget ya rem nge dadak mending non aktif. Ntah apa sensornya uda bagus bisa bedakan objek, apalagi dia yg ambil keputusan tuk ngerem.
Kalau acc sih oke berguna ngurangi kerja kaki terutama jalan jauh. Yg cruise control aja uda enak kalau pas jalanan kosong. Kalo uda adaptive lebih enak lagi gk perlu manual pencet naik turun
Fitur blind spot juga berguna kalo mau pindah jalur. Suka lupa ada objek di blind spot.
Sisanya sih lum penting penting amat ya namanya juga adas sifatnya assist bukan menggantikan peran driver. Asal jgn suka dikit2 muncul warning aja menggangu kenikmatan berkendara.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Jul 07, 2023 3:22
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
ADAS menurut sy berguna di jalan tol lintas provinsi aja, ACC lumayan bantu kl emg mau hemat bbm, cuma ya was was sama auto collision brakenya karna walau safety buat kita tapi yg belakang belom tentu aman, tipikal driver indonesia yg kl ngerem pasti pelan dulu ga dibejek
kl buat dalkot yaaaa, malah mumet sendiri.
kl buat dalkot yaaaa, malah mumet sendiri.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Feb 01, 2018 3:27
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Bukannya ACC lebih boros ya om?Adii wrote: Tue Aug 22, 2023 10:22 ADAS menurut sy berguna di jalan tol lintas provinsi aja, ACC lumayan bantu kl emg mau hemat bbm, cuma ya was was sama auto collision brakenya karna walau safety buat kita tapi yg belakang belom tentu aman, tipikal driver indonesia yg kl ngerem pasti pelan dulu ga dibejek
kl buat dalkot yaaaa, malah mumet sendiri.
Secara nge gas ny lgsg laju buat ngejar kecepatan yg di setting
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Jul 07, 2023 3:22
- Location: Jakarta
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
kl baca" dari forum luar pakai ACC itu injeksi bahan bakarnya lebih terkontrol karna udh di program dari ECUnya, pengalaman pake si di MBZ sama pantura yang notabene ga padet" bgt itu bisa nambah 1 km/l dan pake sekitar 30-50 km. kalau padet mungkin udh beda cerita ya, belum yg nyelip" dan lane hogger.Pisang123 wrote: Tue Aug 22, 2023 13:17Bukannya ACC lebih boros ya om?Adii wrote: Tue Aug 22, 2023 10:22 ADAS menurut sy berguna di jalan tol lintas provinsi aja, ACC lumayan bantu kl emg mau hemat bbm, cuma ya was was sama auto collision brakenya karna walau safety buat kita tapi yg belakang belom tentu aman, tipikal driver indonesia yg kl ngerem pasti pelan dulu ga dibejek
kl buat dalkot yaaaa, malah mumet sendiri.
Secara nge gas ny lgsg laju buat ngejar kecepatan yg di setting
Tapi jujur aneh driving ga sentuh gas, setir gerak sendiri. Apalagi di Indonesia yang belum terlalu strict sama kecepatan maximal
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Apr 10, 2018 13:57
- Location: Jakarta Selatan
- Daily Vehicle: Honda CRV Prestige
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Menurut ku lebih irit pakai cruise control. Kalo pakai kaki ku, bakal lebih sadis nginjek pedalnya hehe.Pisang123 wrote:Bukannya ACC lebih boros ya om?Adii wrote: Tue Aug 22, 2023 10:22 ADAS menurut sy berguna di jalan tol lintas provinsi aja, ACC lumayan bantu kl emg mau hemat bbm, cuma ya was was sama auto collision brakenya karna walau safety buat kita tapi yg belakang belom tentu aman, tipikal driver indonesia yg kl ngerem pasti pelan dulu ga dibejek
kl buat dalkot yaaaa, malah mumet sendiri.
Secara nge gas ny lgsg laju buat ngejar kecepatan yg di setting
Oh iya, terkait sensing sensingan, saya sdh 3x terselamatkan dari menabrak kendaraan di depan karena fitur itu. Bukan hanya di jalan tol tapi di jalan biasa. Pernah kejadian ada emak2 yang tiba2 motong jalur ke kanan mau masuk lorong, entah apa yg ada dipikiran emak2 itu motong jalur mobil besar yg awalnya ada di sampingnya. Pas saat motong itu saya lg ngobrol sama pasangan sehingga kurang awas. Untungnya ada radar yg deteksi dan langsung mobil lgs ngerem otomatis. Kami di dalam memang kaget, tapi lebih baik kaget daripada mobil saya bablass dan nyeret emak2 itu. Bisa panjang urusannya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
kalo pengalaman sy pake cruise control di altis 2.0 2012 dulu malah boros um, ngegasnya agresif bener sampe rpm tinggi buat ngejaga speednya. based on MID sih turun 1-2an km/l, mungking karena teknologi lama juga yah belum se advance yg mobil mobil keluaran barukorzlet wrote: Sat Sep 09, 2023 6:16Menurut ku lebih irit pakai cruise control. Kalo pakai kaki ku, bakal lebih sadis nginjek pedalnya hehe.Pisang123 wrote:Bukannya ACC lebih boros ya om?Adii wrote: Tue Aug 22, 2023 10:22 ADAS menurut sy berguna di jalan tol lintas provinsi aja, ACC lumayan bantu kl emg mau hemat bbm, cuma ya was was sama auto collision brakenya karna walau safety buat kita tapi yg belakang belom tentu aman, tipikal driver indonesia yg kl ngerem pasti pelan dulu ga dibejek
kl buat dalkot yaaaa, malah mumet sendiri.
Secara nge gas ny lgsg laju buat ngejar kecepatan yg di setting
Oh iya, terkait sensing sensingan, saya sdh 3x terselamatkan dari menabrak kendaraan di depan karena fitur itu. Bukan hanya di jalan tol tapi di jalan biasa. Pernah kejadian ada emak2 yang tiba2 motong jalur ke kanan mau masuk lorong, entah apa yg ada dipikiran emak2 itu motong jalur mobil besar yg awalnya ada di sampingnya. Pas saat motong itu saya lg ngobrol sama pasangan sehingga kurang awas. Untungnya ada radar yg deteksi dan langsung mobil lgs ngerem otomatis. Kami di dalam memang kaget, tapi lebih baik kaget daripada mobil saya bablass dan nyeret emak2 itu. Bisa panjang urusannya...
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Cruise Control itu lebih boros atau lebih irit itu menurut saya relatif dari style berkendara tiap-tiap driver, kalo drivernya yang kakinya sudah biasa sopan, gas diurut, pas turunan angkat gas (coasting) dengan cruise control malah lebih boros, tapi kalo style drivernya yg tiap ada space lowong injek pedal gas to karpet, dengan cruise control justru bikin lebih irit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Mon Nov 08, 2010 8:44
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Hanya mau berbagi pengalaman kurang nyaman saat memanfaatkan MRCC (alias Active Cruise Control) kemarin di jalan tol Tangerang - Merak yang diwarnai hujan setempat (spot-by-spot).
MRCC diaktifkan saat jalanan masih lengang & belum turun hujan di kecepatan 100 kpj. Kemudian turun hujan ringan sebentar sehingga MRCC dimatikan, lalu diaktifkan kembali saat hujan reda dengan catatan following distance diset di dua bar dari paling jauh 5 bar. Di suatu saat, bertemu truk besar yang sedang menyalip truk besar lainnya dan MRCC berhasil menyesuaikan kecepatan mobil dari 100 kpj menjadi 53 kpj dengan jarak yang cukup aman. Setelah truk tersebut melipir ke lajur kiri, mobil berakselerasi lagi menuju 100 kpj oleh perintah MRCC. Saat hendak mencapai 80an kpj, ada beberapa mobil yg berjalan pelan akibat truk besar lain yg sedang menyalip truk lainnya di lajur kanan. Dalam benak saya, MRCC tentunya akan mendeteksi adanya kendaraan lain di lajur saya & mengurangi kecepatan tapi ini justru tidak, malah terus berakselerasi hingga hampir 90 kpj padahal jarak dengan kendaraan di depan tersebut semakin berkurang. Langsung saja ambil alih kendali dengan menginjak pedal rem untuk memperlambat laju sekaligus menonaktifkan MRCC. Cukup bikin jantung'an gara-gara kejadian ini.
Mesti buka lagi buku panduan pemilik mobil nih, apakah ada kondisi-kondisi tertentu MRCC bisa gagal mendeteksi kendaraan lain?
MRCC diaktifkan saat jalanan masih lengang & belum turun hujan di kecepatan 100 kpj. Kemudian turun hujan ringan sebentar sehingga MRCC dimatikan, lalu diaktifkan kembali saat hujan reda dengan catatan following distance diset di dua bar dari paling jauh 5 bar. Di suatu saat, bertemu truk besar yang sedang menyalip truk besar lainnya dan MRCC berhasil menyesuaikan kecepatan mobil dari 100 kpj menjadi 53 kpj dengan jarak yang cukup aman. Setelah truk tersebut melipir ke lajur kiri, mobil berakselerasi lagi menuju 100 kpj oleh perintah MRCC. Saat hendak mencapai 80an kpj, ada beberapa mobil yg berjalan pelan akibat truk besar lain yg sedang menyalip truk lainnya di lajur kanan. Dalam benak saya, MRCC tentunya akan mendeteksi adanya kendaraan lain di lajur saya & mengurangi kecepatan tapi ini justru tidak, malah terus berakselerasi hingga hampir 90 kpj padahal jarak dengan kendaraan di depan tersebut semakin berkurang. Langsung saja ambil alih kendali dengan menginjak pedal rem untuk memperlambat laju sekaligus menonaktifkan MRCC. Cukup bikin jantung'an gara-gara kejadian ini.
Mesti buka lagi buku panduan pemilik mobil nih, apakah ada kondisi-kondisi tertentu MRCC bisa gagal mendeteksi kendaraan lain?
r'dee
Cruising without bruising
Cruising without bruising
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Mar 28, 2022 2:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Vario
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
dlu waktu punya mobil gada cruise control saya ngidam banget tuh, suatu saat kesampaian nyetir mobil pake cruise control di transjawa, baru nyoba ga sampe 10 menit langsung dimatiin karena jadi ngantuk wkwkkw, mungkin emang saya yg ga cocok pake fitur lebih sebuah mobil ahaha
balik lagi kalo sensing2an kalo saya kayaknya yg kepake banget itu yang sifatnya ngasih alert/warning (blind spot warning, lane keeping assist, rear cross traffic alert), kalo yg sistemnya mengintervensi kemudi dan gas kayaknya sih saya belum butuh (dan belum siap mungkin ya dengan kondisi di tempat kita) apalagi kalo adaptive cruise with lane following and stop and go kayaknya saya bisa ketiduran tuh hahaha
cuma kalo ambil tipe yg ga pake sensing kesannya kayak sebel aja liat banyak tombol kosong haha (cth. brv)

balik lagi kalo sensing2an kalo saya kayaknya yg kepake banget itu yang sifatnya ngasih alert/warning (blind spot warning, lane keeping assist, rear cross traffic alert), kalo yg sistemnya mengintervensi kemudi dan gas kayaknya sih saya belum butuh (dan belum siap mungkin ya dengan kondisi di tempat kita) apalagi kalo adaptive cruise with lane following and stop and go kayaknya saya bisa ketiduran tuh hahaha
cuma kalo ambil tipe yg ga pake sensing kesannya kayak sebel aja liat banyak tombol kosong haha (cth. brv)


-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Fri Jul 28, 2017 1:58
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANBRV
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Selalu pake ACC + LKS buat cruising tol trans jawa, lumayan jadinya gak terlalu capek.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Kalau saya selama tidak intrusif dan ada opsi untuk bisa dinon-aktifkan masih aman om.
Kecuali dari sisi apes parts rusak dan gantinya mahal jadi beban memang sih - padahal ngga sesering itu dipakai.
Kecuali dari sisi apes parts rusak dan gantinya mahal jadi beban memang sih - padahal ngga sesering itu dipakai.
Sama ini om, saya pakai CC juga pas kalau lagi butuh aja misal reposisi kaki sebentar biar g pegel, selain itu dimatiin wkwkwkmasnandha wrote: Tue Jan 23, 2024 1:10 dlu waktu punya mobil gada cruise control saya ngidam banget tuh, suatu saat kesampaian nyetir mobil pake cruise control di transjawa, baru nyoba ga sampe 10 menit langsung dimatiin karena jadi ngantuk wkwkkw, mungkin emang saya yg ga cocok pake fitur lebih sebuah mobil ahaha
balik lagi kalo sensing2an kalo saya kayaknya yg kepake banget itu yang sifatnya ngasih alert/warning (blind spot warning, lane keeping assist, rear cross traffic alert), kalo yg sistemnya mengintervensi kemudi dan gas kayaknya sih saya belum butuh (dan belum siap mungkin ya dengan kondisi di tempat kita) apalagi kalo adaptive cruise with lane following and stop and go kayaknya saya bisa ketiduran tuh hahaha
cuma kalo ambil tipe yg ga pake sensing kesannya kayak sebel aja liat banyak tombol kosong haha (cth. brv)![]()
![]()
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
simpel aja 1 alasan sy ga suka, selain failure risk yg sudah dijelaskan yg lain: fitur ini MENUMPULKAN awareness pengemudi.
lha driver pemula aja butuh jam terbang tinggi supaya makin terasah awareness, feeling dan panic reflex nya, ini malah dikasih beginian yg sama sekali tidak melatih faktor tadi. gimana dgn driver pemula yg baru belajar sudah pake fitur beginian, lalu harus bawa mobil tanpa sensing sama sekali?
lha driver pemula aja butuh jam terbang tinggi supaya makin terasah awareness, feeling dan panic reflex nya, ini malah dikasih beginian yg sama sekali tidak melatih faktor tadi. gimana dgn driver pemula yg baru belajar sudah pake fitur beginian, lalu harus bawa mobil tanpa sensing sama sekali?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Sy hampir celaka gara gara fitur Line Keeping Assist. Saat mobil dari arah lawan akan mendahului, saya memberi jalan dengan membuang steer ke kiri. Karena bahu jalan juga masih cukup lebar. Nah.... waktu saya goyang steer ke kiri, secara otomatis steer dibalikkan kekanan secara tiba tiba, ya iyalah kan sesuai dengan fungsinya biar gak out.
Memang sy gak kasi sein ke kiri dulu (kalo sein aktif, fitur Line keep non aktif). Sesaat sy dan mobil dari lawan dibuat panik, hampir adu ujung kap mesin.
Sesaat kepikiran, kalo tadi terjadi accident bisa panjang urusannya.
Apakah harus ada kejadian dulu baru kita lebih aware akan fitur yg canggih itu? Mungkin next waktu ke dealer service rutin, sy akan minta fitu fitur itu secara default non aktif aja. Kalo bisa.
Memang sy gak kasi sein ke kiri dulu (kalo sein aktif, fitur Line keep non aktif). Sesaat sy dan mobil dari lawan dibuat panik, hampir adu ujung kap mesin.
Sesaat kepikiran, kalo tadi terjadi accident bisa panjang urusannya.
Apakah harus ada kejadian dulu baru kita lebih aware akan fitur yg canggih itu? Mungkin next waktu ke dealer service rutin, sy akan minta fitu fitur itu secara default non aktif aja. Kalo bisa.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
pengalaman saya dengan eyesight subaru pernah juga seperti itu 1 kali tetapi reaksi eyesight menurut saya lebih halus, system melakukan counter untuk kembali ke tengah tetapi tidak sedramatis merk lain dgn membanting stir karena masih bisa saya lawan walaupun muncul warning sound.papico wrote: Tue Jan 23, 2024 4:44 Sy hampir celaka gara gara fitur Line Keeping Assist. Saat mobil dari arah lawan akan mendahului, saya memberi jalan dengan membuang steer ke kiri. Karena bahu jalan juga masih cukup lebar. Nah.... waktu saya goyang steer ke kiri, secara otomatis steer dibalikkan kekanan secara tiba tiba, ya iyalah kan sesuai dengan fungsinya biar gak out.
Memang sy gak kasi sein ke kiri dulu (kalo sein aktif, fitur Line keep non aktif). Sesaat sy dan mobil dari lawan dibuat panik, hampir adu ujung kap mesin.
Sesaat kepikiran, kalo tadi terjadi accident bisa panjang urusannya.
Apakah harus ada kejadian dulu baru kita lebih aware akan fitur yg canggih itu? Mungkin next waktu ke dealer service rutin, sy akan minta fitu fitur itu secara default non aktif aja. Kalo bisa.
yang namanya ADAS memang memaksa driver untuk patuh pada etika dan aturan seperti menggunakan sein saat pindah jalur. Kalau biasa ga pakai sein pasti merasa terganggu. Jari-jari ini memang harus terbiasa reflek cetak cetok toggle sein om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
tetap melatih kok om, jangan 100% menyerahkan pada system apalagi pada traffic yg semrawut pasti ada limitasi point of view dan process delay, karena itu feeling, awarness dan judgement operator tetap yg utama. Kalau merasa tidak aman langsung override saja dgn brake atau early acceleration (kalau respon system terlalu lambat).r1409 wrote: Tue Jan 23, 2024 3:45 simpel aja 1 alasan sy ga suka, selain failure risk yg sudah dijelaskan yg lain: fitur ini MENUMPULKAN awareness pengemudi.
lha driver pemula aja butuh jam terbang tinggi supaya makin terasah awareness, feeling dan panic reflex nya, ini malah dikasih beginian yg sama sekali tidak melatih faktor tadi. gimana dgn driver pemula yg baru belajar sudah pake fitur beginian, lalu harus bawa mobil tanpa sensing sama sekali?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Serem banget euy, kirain cuma rem otomatis aja yang potensi bikin celaka. Saya gak pernah kepikiran lane keeping assist bisa bahaya kayak gini.papico wrote: Tue Jan 23, 2024 4:44 Sy hampir celaka gara gara fitur Line Keeping Assist. Saat mobil dari arah lawan akan mendahului, saya memberi jalan dengan membuang steer ke kiri. Karena bahu jalan juga masih cukup lebar. Nah.... waktu saya goyang steer ke kiri, secara otomatis steer dibalikkan kekanan secara tiba tiba, ya iyalah kan sesuai dengan fungsinya biar gak out.
Memang sy gak kasi sein ke kiri dulu (kalo sein aktif, fitur Line keep non aktif). Sesaat sy dan mobil dari lawan dibuat panik, hampir adu ujung kap mesin.
Sesaat kepikiran, kalo tadi terjadi accident bisa panjang urusannya.
Apakah harus ada kejadian dulu baru kita lebih aware akan fitur yg canggih itu? Mungkin next waktu ke dealer service rutin, sy akan minta fitu fitur itu secara default non aktif aja. Kalo bisa.
Mobilnya apa bos?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Stargazer ompengendiesel wrote: Thu Jan 25, 2024 11:44
Serem banget euy, kirain cuma rem otomatis aja yang potensi bikin celaka. Saya gak pernah kepikiran lane keeping assist bisa bahaya kayak gini.
Mobilnya apa bos?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
maaf tdk sependapat. melatih apanya, yg ada malah merusak. sudah banyak kejadian kecelakaan gara-gara fitur sensing sensingan ini, mengacaukan kendali driver. kasus honda yg rem mendadak gara2 bayangan jembatan, kasus mobil di tol menabrak benda didepan krn mau pindah lajur digagalkan fitur lane assist, dll.mkamil wrote: Thu Jan 25, 2024 6:55 tetap melatih kok om, jangan 100% menyerahkan pada system apalagi pada traffic yg semrawut pasti ada limitasi point of view dan process delay, karena itu feeling, awarness dan judgement operator tetap yg utama. Kalau merasa tidak aman langsung override saja dgn brake atau early acceleration (kalau respon system terlalu lambat).
masalahnya banyak fitur seperti ini yg tidak bisa dimatikan permanen, adapun langsung aktif lagi dan harus disable lagi tiap kali abis starter mesin, dan ini annoying banget.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Ini yang sy maksudkan. Dia ga permanen mati. Harus dimatikan setiap starter.r1409 wrote: Fri Jan 26, 2024 3:15
maaf tdk sependapat. melatih apanya, yg ada malah merusak. sudah banyak kejadian kecelakaan gara-gara fitur sensing sensingan ini, mengacaukan kendali driver. kasus honda yg rem mendadak gara2 bayangan jembatan, kasus mobil di tol menabrak benda didepan krn mau pindah lajur digagalkan fitur lane assist, dll.
masalahnya banyak fitur seperti ini yg tidak bisa dimatikan permanen, adapun langsung aktif lagi dan harus disable lagi tiap kali abis starter mesin, dan ini annoying banget.
Kalo udah pernah mengalami sendiri kejadian / respon yang diluar perkiraan / diluar yang sudah diprediksi, bakalan beda cerita ntar. Waktu itu kejadian ayah sy duduk disebelah kiri. Beliau dr muda dulu udah touring kemana mana. Pas kejadian itu sampe kaget bukan main. Dan bingung pastinya.
Bayangin aja dah, kita goyang steer ke kiri mau kasi jalan, pas hampir papasan, tiba tiba mobil seperti ghoib bouncing kekanan. Istilah jawanya "mbendal" kanan.
Untung aja gak sampe kena. Refleks steer sy koreksi.
Tolong jangan salahkan sy, knapa gak kasi sein dulu bla bla bla....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 284
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
silahkan mas kalau tidak sependapat, kan sesuai dengan pengalaman masing-masing. Menurut saya masih melatih dan menjaga awarnwss saya karena saya tidak pernah melepas 100% kepada system, akan saya counter atau matikan bila kondisi unsafe atau terlalu ramai. Saya menyesuaikan awarness saya dgn safety envelop yg lebih besar kalau pakai ADAS, lebih defensive, dibilang cupu/lelet/kurang lincah ya ga masalahr1409 wrote: Fri Jan 26, 2024 3:15maaf tdk sependapat. melatih apanya, yg ada malah merusak. sudah banyak kejadian kecelakaan gara-gara fitur sensing sensingan ini, mengacaukan kendali driver. kasus honda yg rem mendadak gara2 bayangan jembatan, kasus mobil di tol menabrak benda didepan krn mau pindah lajur digagalkan fitur lane assist, dll.mkamil wrote: Thu Jan 25, 2024 6:55 tetap melatih kok om, jangan 100% menyerahkan pada system apalagi pada traffic yg semrawut pasti ada limitasi point of view dan process delay, karena itu feeling, awarness dan judgement operator tetap yg utama. Kalau merasa tidak aman langsung override saja dgn brake atau early acceleration (kalau respon system terlalu lambat).
masalahnya banyak fitur seperti ini yg tidak bisa dimatikan permanen, adapun langsung aktif lagi dan harus disable lagi tiap kali abis starter mesin, dan ini annoying banget.

Kesiapan infrastruktur dan kedisiplinan memang menjadi salah satu faktor yang membuat efektifitas ADAS masih dipertanyakan menurut saya. Mau menjadi early adopter atau waiting hingga benar2 mature.
Selain itu Saya setuju sekali dengan beberapa berita dan informasi mengenai tidak sempurnya ADAS saat ini yg justru menimbulkan bahaya. thread macam ini juga menjadi sumber informasi, ohh smartsense begitu, ohh honda sensing begitu, ohh TSS begitu..
Saya memang tidak punya data, kalau penerapan ADAS dianggap suatu langkah yg fatal dan tidak melatih atau merusak atau membuat manusia menjadi terlena atau Annoying karena tdk bisa permanent disable? mungkin iya mungkin tidak, dilihat dari persepsi mana. kenapa tren otomotif hampir semuanya menuju arah yg sama? itu saja sih terutama negara yg punya regulasi safety ketat.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Maksud sy bukan didisable permanen dalam artian dihapus. Namun ketika start, dia tetap disable, dan bilamana sy butuh, dapat diaktifkan kembali.
Penerapan ADAS bagus, apabila infrastruktur, dan para pengguna jalan tertib. IMO
Penerapan ADAS bagus, apabila infrastruktur, dan para pengguna jalan tertib. IMO
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1376
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
Buat yg sering sarapan di mobil kayaknya guna ya adaptive CC sm lane keep nya wkwk drpd megang setir 1 tangan waktu makan burger mcd 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24
Re: Mohon Advise Fitur sensing aman atau bahaya
haha bener banget ini omkenop wrote: Fri Jan 26, 2024 6:09 Buat yg sering sarapan di mobil kayaknya guna ya adaptive CC sm lane keep nya wkwk drpd megang setir 1 tangan waktu makan burger mcd![]()

Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125