Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 308
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
berita ini sudah tenggelam
produksi sudah normal
nothing change , business as usual
produksi sudah normal
nothing change , business as usual
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 444
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Terakhir nyetir di LN 2012 (di NZ), ternyata adab lalu lintas di Jakarta tambah lama tambah mundur , 4 jam pertama gegar budaya gara2 biasa defensif driving di Jakarta......mkamil wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 3:22
betul sekali! sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
ADAS percuma kalau drivernya punya:
1. Kebiasaan buruk pindah jalur without indicating (sein)
2. Kebiasaan trabas marka jalan (chevron, garis putus, garis tidak putus)
3. Kebiasaan unsafe tailgating
4. Kebiasaan buruk serobot antrian
5. Kebiasaan buruk tidak pakai safety belt
bukan berarti Indonesia ga perlu ADAS, saya senang manufacture sudah mulai pasang, in line dgn perkembangan global. Tapi suka kesal/gemez sama drivernya (penduduknya).
Jalan desa 2 lane max speed 100 km/j, tiap perempatan saya reflek ngurangi kecepatan, padahal gak perlu, soalnya tiap2 jalan kecil masuk ada rambu Give Way, malah saya bikin kerok, butuh 2 jam biar bener.
Di freeway, tiap kasih sein ternyata pasti 100% dikasih jalan, mental model saya siap2 disodok dr belakang, butuh 5 kali bablas salah keluar baru ilang mental model Jakarta.
Max speed dalam kota 40-60km/j, nahan supaya kagak ngegas kejar lampu merah butuh semobil buat ngingetin.
Tiap roundabout selalu give way yg dari kanan, asal ngesein pasti kasih jalan, lha saya malah pelanin mobil, padahal masuk dr kanan.
Freeway sama sekali kagak ada keong lane hogger sama truk overload, nikmatnya hidup pake ADAS kalo adab penduduk bener kayak gini.
4 hari nyetir di freeway, cuma ketemu satu bogan gila pake Hi Lux ute nerjang bahu jalan, kagak di negara sendiri di negara orang mobil beginian isinya banyak yg edan
Padahal kalo nyetir tertib semua kayak gini pake kaleng krupuk IDM kayaknya fatalities ndak tinggi2 banget deh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Kalo kaya gini bisa di sue ga sih, mo dipresentasiin A sampe Z tp kalo kejadian tabrakan frontal parah ga keluar airbag sih gila jg. Mau alesan apapun masa airbag keluar apa nggak ada TnCnya. Uda keburu males kali ya ngebayangin ribetnya berurusan drngan hukum apalagi lawan korporat besar.whitehorse4 wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 1:47 di bagian komentar salah satu video skandal toyodai yang diliput cnbc:
1EB713A4-05F1-4BA9-827E-BB6BAE244DEB.jpeg
ini astra mau nunggu ada korban jiwa dulu apa gimana?
Truck2 disana jg kayanya ga underpower dan yg pasti muatannya ga ODOL ya om, jd ga ada tuh keliatan truck kedodoran tenaganya nanjak2. Malahan lumayan banyak yg kenceng jg.Bibieight wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 4:44Terakhir nyetir di LN 2012 (di NZ), ternyata adab lalu lintas di Jakarta tambah lama tambah mundur , 4 jam pertama gegar budaya gara2 biasa defensif driving di Jakarta......mkamil wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 3:22
betul sekali! sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
ADAS percuma kalau drivernya punya:
1. Kebiasaan buruk pindah jalur without indicating (sein)
2. Kebiasaan trabas marka jalan (chevron, garis putus, garis tidak putus)
3. Kebiasaan unsafe tailgating
4. Kebiasaan buruk serobot antrian
5. Kebiasaan buruk tidak pakai safety belt
bukan berarti Indonesia ga perlu ADAS, saya senang manufacture sudah mulai pasang, in line dgn perkembangan global. Tapi suka kesal/gemez sama drivernya (penduduknya).
Jalan desa 2 lane max speed 100 km/j, tiap perempatan saya reflek ngurangi kecepatan, padahal gak perlu, soalnya tiap2 jalan kecil masuk ada rambu Give Way, malah saya bikin kerok, butuh 2 jam biar bener.
Di freeway, tiap kasih sein ternyata pasti 100% dikasih jalan, mental model saya siap2 disodok dr belakang, butuh 5 kali bablas salah keluar baru ilang mental model Jakarta.
Max speed dalam kota 40-60km/j, nahan supaya kagak ngegas kejar lampu merah butuh semobil buat ngingetin.
Tiap roundabout selalu give way yg dari kanan, asal ngesein pasti kasih jalan, lha saya malah pelanin mobil, padahal masuk dr kanan.
Freeway sama sekali kagak ada keong lane hogger sama truk overload, nikmatnya hidup pake ADAS kalo adab penduduk bener kayak gini.
4 hari nyetir di freeway, cuma ketemu satu bogan gila pake Hi Lux ute nerjang bahu jalan, kagak di negara sendiri di negara orang mobil beginian isinya banyak yg edan
Padahal kalo nyetir tertib semua kayak gini pake kaleng krupuk IDM kayaknya fatalities ndak tinggi2 banget deh
Masalah budaya nyetir, disana ane rasa faktor trafficnya ga kaya disini jg sih om makanya ada roundabout tanpa lampu merah cuman plang giveaway aja ga ada masalah, kalo disini sih dijamin tuh bunderan bakalan stuck
Tiap kota2 yg trafficnya parah kebanyakan orng emang pd nyetir sembarangan kok.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
jelang pemilu gitu loh. tanpa perlu ditambah berita2 yg bergejolak kek begini, tingkat kerawanannya udah sangat tinggi.fansdiesel wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 4:12 berita ini sudah tenggelam
produksi sudah normal
nothing change , business as usual
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Kalau lihat daftar line-up yg kena sih iya, persamaannya adalah itu DNGA semua, meski badgetnya Toyota (avanza, veloz, yaris-cross).Bibieight wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 20:48 Ini yang kena platform D-NGA kan ya, selain ke SEA dan Jepang, ini mobil diekspor kemana ya ?, soalnya kalo cuma SEA sih legal liability-nya ndak bikin bangkrut, lain lagi kalo ke Aus-NZ.
Kalo orang2 Astra pinter si mulai kumpulin bukti2 kalo desain persis plek ikutin apa kata DMC, paling enggak cuman boncos ndak bisa jualan, biar boncos recall+legal ditombokin DMC, sapa tau abis gini Astra pinter & ndak dibegoin prinsipal bolak-balik
Terus kayaknya kalo pinter KNKT-Dephub ndak usah ikut2 deh, jangan sampe KNKT bilang mobil oke tau2 diluar direcall sama DMC
Toyota TNGA termurah saat ini kayaknya tinggal innova, atau imv macam reborn/hilux.
Dan jadi inget kata om NR sekian tahun lalu, Toyota akan "hengkang" dari Indo, bukan jualannya, tapi produknya, diganti dengan dnga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4258
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
inget jamannya saya pake yaris bakpao saya hujat toyota abis2xan karena selidik punya selidik jaman segitu toyota chasisnya ancur semua di small overlaap crash test dan selidik punya selidik toyota juga tukang sunat chasis dan makin hari makin keliatan ketika colabs supra, colabs 86 ditambah GR yaris ada indikasi pake platfom mazda2 emang tanda tanya perusahaan gede sehebat toyota kenapa chasis engineringnya jadi payah banget apalagi kalo di compare sama hondaChZ wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 3:05 mobil kepleset keguling selalu = salah driver. padahal skelas toyota hilux moose test aja keguling sblm direvisi trc nya.
nih perusahaan emang ada masalah sama etik dari dulu. skelas lexusnya karpet nyangkut pedal gas aja nunggu ada yang meninggal dulu.
tuh barusan temuannya malah daihatsu ternyata udah ngakalin prosedural gini2 sejak 90an.
sampe2x orang pada aneh sama saya yaris sama brio mendingan brio bahkan saya desperate mau tuker yaris saya sama brio
dulu banyak yang gak nerima omongan saya sekarang kebukti kan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1524
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Memang tambah parah om...terutama di masa liburan begini...Bibieight wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 4:44Terakhir nyetir di LN 2012 (di NZ), ternyata adab lalu lintas di Jakarta tambah lama tambah mundur , 4 jam pertama gegar budaya gara2 biasa defensif driving di Jakarta......mkamil wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 3:22
betul sekali! sistem pintar harus diimbangi penduduk pintar.
ADAS percuma kalau drivernya punya:
1. Kebiasaan buruk pindah jalur without indicating (sein)
2. Kebiasaan trabas marka jalan (chevron, garis putus, garis tidak putus)
3. Kebiasaan unsafe tailgating
4. Kebiasaan buruk serobot antrian
5. Kebiasaan buruk tidak pakai safety belt
bukan berarti Indonesia ga perlu ADAS, saya senang manufacture sudah mulai pasang, in line dgn perkembangan global. Tapi suka kesal/gemez sama drivernya (penduduknya).
Jalan desa 2 lane max speed 100 km/j, tiap perempatan saya reflek ngurangi kecepatan, padahal gak perlu, soalnya tiap2 jalan kecil masuk ada rambu Give Way, malah saya bikin kerok, butuh 2 jam biar bener.
Di freeway, tiap kasih sein ternyata pasti 100% dikasih jalan, mental model saya siap2 disodok dr belakang, butuh 5 kali bablas salah keluar baru ilang mental model Jakarta.
Max speed dalam kota 40-60km/j, nahan supaya kagak ngegas kejar lampu merah butuh semobil buat ngingetin.
Tiap roundabout selalu give way yg dari kanan, asal ngesein pasti kasih jalan, lha saya malah pelanin mobil, padahal masuk dr kanan.
Freeway sama sekali kagak ada keong lane hogger sama truk overload, nikmatnya hidup pake ADAS kalo adab penduduk bener kayak gini.
4 hari nyetir di freeway, cuma ketemu satu bogan gila pake Hi Lux ute nerjang bahu jalan, kagak di negara sendiri di negara orang mobil beginian isinya banyak yg edan
Padahal kalo nyetir tertib semua kayak gini pake kaleng krupuk IDM kayaknya fatalities ndak tinggi2 banget deh
Lane hogger, tailgating bener yg om omong di atas
Kepikirnya cuma gimana kasian orang2 yg baru pertama belajar nyetir...belum terlalu bisa tapi kondisi lalin ngarepin orang harus level dewa skill nyetirnya utk nyetir di indo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Lane hogger disini sering di salah artiin. Kita udah batas max speed 80-100, tetep dibilang lane hogger.MSU wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 23:17
Memang tambah parah om...terutama di masa liburan begini...
Lane hogger, tailgating bener yg om omong di atas
Kepikirnya cuma gimana kasian orang2 yg baru pertama belajar nyetir...belum terlalu bisa tapi kondisi lalin ngarepin orang harus level dewa skill nyetirnya utk nyetir di indo
Logikanya kalau ada yg minta jalan di speed 140, doi ambil jalur kanan, lalu ada yang speed 160 minta jalur, lalu nanti ada lagi yg speed 180 minta jalur. Apakah yang 140 dan 160 bisa dibilang lane hogger ? Padahal keetiga nya sama sama melanggar batas max speed. Disini ga ada hukuman penalti yang jelas dan tegas. Kalau di luar negri lewaat batas max speed langsung bisa kena tilang dan itu pun juga besar nominalnya sampe ratusan $.
Keebiasaan yang udah berbudidaya di indonesia, jadi dianggap bener. Kalau ada argumen soal di medsos, saya liat 80% yang masih bilang "jalur kanan memang untuk mendahului" tapi membenarkan melewati batas max speed.
Contoh nyata de, orang indonesia kalau ke singapur pasti jadi disiplin. Karena singapur itu fine city. Nga disiplin ya kena denda, makan di mrt aja kena 500$. Di sini, mau mobil lcgc sampe mobil mewah udah biasa lewat bahu jalan, kalau kena tilang bisa "nego" 50rb-100rb di tempat. Buat orang kaya, itu mah kaya uang jajan doang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
jalur kanan memang untuk mendahului tapi tetap dalam batas kecepatan maximal.timbermaniac123 wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 2:12Lane hogger disini sering di salah artiin. Kita udah batas max speed 80-100, tetep dibilang lane hogger.MSU wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 23:17
Memang tambah parah om...terutama di masa liburan begini...
Lane hogger, tailgating bener yg om omong di atas
Kepikirnya cuma gimana kasian orang2 yg baru pertama belajar nyetir...belum terlalu bisa tapi kondisi lalin ngarepin orang harus level dewa skill nyetirnya utk nyetir di indo
Logikanya kalau ada yg minta jalan di speed 140, doi ambil jalur kanan, lalu ada yang speed 160 minta jalur, lalu nanti ada lagi yg speed 180 minta jalur. Apakah yang 140 dan 160 bisa dibilang lane hogger ? Padahal keetiga nya sama sama melanggar batas max speed. Disini ga ada hukuman penalti yang jelas dan tegas. Kalau di luar negri lewaat batas max speed langsung bisa kena tilang dan itu pun juga besar nominalnya sampe ratusan $.
Keebiasaan yang udah berbudidaya di indonesia, jadi dianggap bener. Kalau ada argumen soal di medsos, saya liat 80% yang masih bilang "jalur kanan memang untuk mendahului" tapi membenarkan melewati batas max speed.
Contoh nyata de, orang indonesia kalau ke singapur pasti jadi disiplin. Karena singapur itu fine city. Nga disiplin ya kena denda, makan di mrt aja kena 500$. Di sini, mau mobil lcgc sampe mobil mewah udah biasa lewat bahu jalan, kalau kena tilang bisa "nego" 50rb-100rb di tempat. Buat orang kaya, itu mah kaya uang jajan doang.
https://www.toyota.astra.co.id/toyota-c ... -dihindari
____________________________________________________________________________________________
jadi paham kan WHY crash test kelas dunia spt IIHS, itu ngetestnya di kecepatan ~60 kph?
coba klo 120 kph, gak ada yg dapat bintang 5 kayanya, bintang 3 aja syukur Alhamdulillah
Standard Test IIHS adalah salah satu paling tinggi, karena ngetest kekuatan rangka juga dipress dari atas
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Perdebatan ginian kayak telor sama ayam yg mana yg dluan, ini sama aja antara lane hogger di jalur kanan trus vs tukang kebut di tol mana nyalahin. Menurut ane dua2nya salah. Yg 1 jelas ditulis lajur kanan hanya untuk mendahului (BUKAN bwat yg di batas atas kecepatan maksimal) tp dia lg ga mendahului orng tetep dikanan, yg satu lg ngelanggar batas kecepatan. Paling bener harusnya tahu diri aja, kalo merasa lg ga nyusul ya pindah ke tengah, yg 1 lg kalo ga ada emergency ya ga perlu kebut2an.timbermaniac123 wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 2:12Lane hogger disini sering di salah artiin. Kita udah batas max speed 80-100, tetep dibilang lane hogger.MSU wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 23:17
Memang tambah parah om...terutama di masa liburan begini...
Lane hogger, tailgating bener yg om omong di atas
Kepikirnya cuma gimana kasian orang2 yg baru pertama belajar nyetir...belum terlalu bisa tapi kondisi lalin ngarepin orang harus level dewa skill nyetirnya utk nyetir di indo
Logikanya kalau ada yg minta jalan di speed 140, doi ambil jalur kanan, lalu ada yang speed 160 minta jalur, lalu nanti ada lagi yg speed 180 minta jalur. Apakah yang 140 dan 160 bisa dibilang lane hogger ? Padahal keetiga nya sama sama melanggar batas max speed. Disini ga ada hukuman penalti yang jelas dan tegas. Kalau di luar negri lewaat batas max speed langsung bisa kena tilang dan itu pun juga besar nominalnya sampe ratusan $.
Keebiasaan yang udah berbudidaya di indonesia, jadi dianggap bener. Kalau ada argumen soal di medsos, saya liat 80% yang masih bilang "jalur kanan memang untuk mendahului" tapi membenarkan melewati batas max speed.
Contoh nyata de, orang indonesia kalau ke singapur pasti jadi disiplin. Karena singapur itu fine city. Nga disiplin ya kena denda, makan di mrt aja kena 500$. Di sini, mau mobil lcgc sampe mobil mewah udah biasa lewat bahu jalan, kalau kena tilang bisa "nego" 50rb-100rb di tempat. Buat orang kaya, itu mah kaya uang jajan doang.
Tp itu semua kan teori, kenyataan di jalan mah hukum rimba kebanyakan. Kalo mau hidup tenang ya fleksibel aja. Kalo lg ga nyusul ya kasih orng jalan, kalo lg emergency ya minta jalan dengan sopan or susul dari jalur kedua tp hati2. Intinya di jalan jgn egois ga mau disusul orng dan jgn sok jagoan merasa mblnya paling kenceng sedunia.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Sebenernya ada om peraturan pemerintah yang mengatur batas kecepatan di uu 2009 itu. Tapi orang2 pada ga tahu.kendibocor wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 5:06
Perdebatan ginian kayak telor sama ayam yg mana yg dluan, ini sama aja antara lane hogger di jalur kanan trus vs tukang kebut di tol mana nyalahin. Menurut ane dua2nya salah. Yg 1 jelas ditulis lajur kanan hanya untuk mendahului (BUKAN bwat yg di batas atas kecepatan maksimal) tp dia lg ga mendahului orng tetep dikanan, yg satu lg ngelanggar batas kecepatan. Paling bener harusnya tahu diri aja, kalo merasa lg ga nyusul ya pindah ke tengah, yg 1 lg kalo ga ada emergency ya ga perlu kebut2an.
Tp itu semua kan teori, kenyataan di jalan mah hukum rimba kebanyakan. Kalo mau hidup tenang ya fleksibel aja. Kalo lg ga nyusul ya kasih orng jalan, kalo lg emergency ya minta jalan dengan sopan or susul dari jalur kedua tp hati2. Intinya di jalan jgn egois ga mau disusul orng dan jgn sok jagoan merasa mblnya paling kenceng sedunia.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1524
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Yoi betul...case lane hogger ini topik abadi macam pake coolant atau air wkwkkendibocor wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 5:06Perdebatan ginian kayak telor sama ayam yg mana yg dluan, ini sama aja antara lane hogger di jalur kanan trus vs tukang kebut di tol mana nyalahin. Menurut ane dua2nya salah. Yg 1 jelas ditulis lajur kanan hanya untuk mendahului (BUKAN bwat yg di batas atas kecepatan maksimal) tp dia lg ga mendahului orng tetep dikanan, yg satu lg ngelanggar batas kecepatan. Paling bener harusnya tahu diri aja, kalo merasa lg ga nyusul ya pindah ke tengah, yg 1 lg kalo ga ada emergency ya ga perlu kebut2an.timbermaniac123 wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 2:12Lane hogger disini sering di salah artiin. Kita udah batas max speed 80-100, tetep dibilang lane hogger.MSU wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 23:17
Memang tambah parah om...terutama di masa liburan begini...
Lane hogger, tailgating bener yg om omong di atas
Kepikirnya cuma gimana kasian orang2 yg baru pertama belajar nyetir...belum terlalu bisa tapi kondisi lalin ngarepin orang harus level dewa skill nyetirnya utk nyetir di indo
Logikanya kalau ada yg minta jalan di speed 140, doi ambil jalur kanan, lalu ada yang speed 160 minta jalur, lalu nanti ada lagi yg speed 180 minta jalur. Apakah yang 140 dan 160 bisa dibilang lane hogger ? Padahal keetiga nya sama sama melanggar batas max speed. Disini ga ada hukuman penalti yang jelas dan tegas. Kalau di luar negri lewaat batas max speed langsung bisa kena tilang dan itu pun juga besar nominalnya sampe ratusan $.
Keebiasaan yang udah berbudidaya di indonesia, jadi dianggap bener. Kalau ada argumen soal di medsos, saya liat 80% yang masih bilang "jalur kanan memang untuk mendahului" tapi membenarkan melewati batas max speed.
Contoh nyata de, orang indonesia kalau ke singapur pasti jadi disiplin. Karena singapur itu fine city. Nga disiplin ya kena denda, makan di mrt aja kena 500$. Di sini, mau mobil lcgc sampe mobil mewah udah biasa lewat bahu jalan, kalau kena tilang bisa "nego" 50rb-100rb di tempat. Buat orang kaya, itu mah kaya uang jajan doang.
Tp itu semua kan teori, kenyataan di jalan mah hukum rimba kebanyakan. Kalo mau hidup tenang ya fleksibel aja. Kalo lg ga nyusul ya kasih orng jalan, kalo lg emergency ya minta jalan dengan sopan or susul dari jalur kedua tp hati2. Intinya di jalan jgn egois ga mau disusul orng dan jgn sok jagoan merasa mblnya paling kenceng sedunia.
Kalo saya sih sbtlnya ga terlalu problem lane hogger ini...anggep yg bawa mgkn udh tua atau baru belajar...biasa sy salip kiri...cm memang kadang keselnya kl gara2 beliau yg belakang jd antri panjang wkwk
Lebih ga bs kompromi tu kasus tailgating...ntah knp pd demen mepet2..kl udh nabrak cm bs minta maaf atau sekalian kabur
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Batas kecepatan minimal dan maksimal ditulis gede2 kok om di kebanyakan tol, deket2 pintu masuk biasanya. Begitu jg dengan plang lajur kanan hanya untuk mendahului. Dua2nya terpampang jelas di tiap tol, tinggal manusianya aja mau ngikutin apa nggaktimbermaniac123 wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 5:46Sebenernya ada om peraturan pemerintah yang mengatur batas kecepatan di uu 2009 itu. Tapi orang2 pada ga tahu.kendibocor wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 5:06
Perdebatan ginian kayak telor sama ayam yg mana yg dluan, ini sama aja antara lane hogger di jalur kanan trus vs tukang kebut di tol mana nyalahin. Menurut ane dua2nya salah. Yg 1 jelas ditulis lajur kanan hanya untuk mendahului (BUKAN bwat yg di batas atas kecepatan maksimal) tp dia lg ga mendahului orng tetep dikanan, yg satu lg ngelanggar batas kecepatan. Paling bener harusnya tahu diri aja, kalo merasa lg ga nyusul ya pindah ke tengah, yg 1 lg kalo ga ada emergency ya ga perlu kebut2an.
Tp itu semua kan teori, kenyataan di jalan mah hukum rimba kebanyakan. Kalo mau hidup tenang ya fleksibel aja. Kalo lg ga nyusul ya kasih orng jalan, kalo lg emergency ya minta jalan dengan sopan or susul dari jalur kedua tp hati2. Intinya di jalan jgn egois ga mau disusul orng dan jgn sok jagoan merasa mblnya paling kenceng sedunia.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Ujian sim basickendibocor wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 10:16Batas kecepatan minimal dan maksimal ditulis gede2 kok om di kebanyakan tol, deket2 pintu masuk biasanya. Begitu jg dengan plang lajur kanan hanya untuk mendahului. Dua2nya terpampang jelas di tiap tol, tinggal manusianya aja mau ngikutin apa nggaktimbermaniac123 wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 5:46Sebenernya ada om peraturan pemerintah yang mengatur batas kecepatan di uu 2009 itu. Tapi orang2 pada ga tahu.kendibocor wrote: ↑Wed Dec 27, 2023 5:06
Perdebatan ginian kayak telor sama ayam yg mana yg dluan, ini sama aja antara lane hogger di jalur kanan trus vs tukang kebut di tol mana nyalahin. Menurut ane dua2nya salah. Yg 1 jelas ditulis lajur kanan hanya untuk mendahului (BUKAN bwat yg di batas atas kecepatan maksimal) tp dia lg ga mendahului orng tetep dikanan, yg satu lg ngelanggar batas kecepatan. Paling bener harusnya tahu diri aja, kalo merasa lg ga nyusul ya pindah ke tengah, yg 1 lg kalo ga ada emergency ya ga perlu kebut2an.
Tp itu semua kan teori, kenyataan di jalan mah hukum rimba kebanyakan. Kalo mau hidup tenang ya fleksibel aja. Kalo lg ga nyusul ya kasih orng jalan, kalo lg emergency ya minta jalan dengan sopan or susul dari jalur kedua tp hati2. Intinya di jalan jgn egois ga mau disusul orng dan jgn sok jagoan merasa mblnya paling kenceng sedunia.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Wah, NZ lebih sopan dari SYD ya. di SYD kalo ngesign harus verify dulu, dikasih jalan atau ga... rasionya 60-40 lah, 60 % belakang ngasihBibieight wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 4:44
Terakhir nyetir di LN 2012 (di NZ), ternyata adab lalu lintas di Jakarta tambah lama tambah mundur , 4 jam pertama gegar budaya gara2 biasa defensif driving di Jakarta......
Jalan desa 2 lane max speed 100 km/j, tiap perempatan saya reflek ngurangi kecepatan, padahal gak perlu, soalnya tiap2 jalan kecil masuk ada rambu Give Way, malah saya bikin kerok, butuh 2 jam biar bener.
Di freeway, tiap kasih sein ternyata pasti 100% dikasih jalan, mental model saya siap2 disodok dr belakang, butuh 5 kali bablas salah keluar baru ilang mental model Jakarta.
Max speed dalam kota 40-60km/j, nahan supaya kagak ngegas kejar lampu merah butuh semobil buat ngingetin.
Tiap roundabout selalu give way yg dari kanan, asal ngesein pasti kasih jalan, lha saya malah pelanin mobil, padahal masuk dr kanan.
Freeway sama sekali kagak ada keong lane hogger sama truk overload, nikmatnya hidup pake ADAS kalo adab penduduk bener kayak gini.
4 hari nyetir di freeway, cuma ketemu satu bogan gila pake Hi Lux ute nerjang bahu jalan, kagak di negara sendiri di negara orang mobil beginian isinya banyak yg edan
Padahal kalo nyetir tertib semua kayak gini pake kaleng krupuk IDM kayaknya fatalities ndak tinggi2 banget deh
Satu lagi karakteristik driver di negara model begini... "stick by the book" jadi common sense-nya hampir ilang... misal jalan lebar 3 meter speed limit 50 km/h, ya mereka hajar 50 regardless ada puddle, trotoar di samping, etc
saya punya hipotesis, bahwa kita juga bisa tertib kayak mereka... cuma population density Indonesia jauh lebih padat. kita buat perbandingan berikut
Pop density
Jakarta vs Sydney: 14,464/km2 vs 428/km2
Java vs NSW: 1,100/km2 vs 10.19/km2
Indonesia vs Australia: 153/km2 vs 3/km2
sedangkan lebar jalan sama-saja, dua jalur kalo di suburb. pinggir jalan juga dipakai parkir
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
giliran ngomong soal sasis dibilang gak relevan lah hahaha ternyata kena skandal.b0ku wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 23:06
inget jamannya saya pake yaris bakpao saya hujat toyota abis2xan karena selidik punya selidik jaman segitu toyota chasisnya ancur semua di small overlaap crash test dan selidik punya selidik toyota juga tukang sunat chasis dan makin hari makin keliatan ketika colabs supra, colabs 86 ditambah GR yaris ada indikasi pake platfom mazda2 emang tanda tanya perusahaan gede sehebat toyota kenapa chasis engineringnya jadi payah banget apalagi kalo di compare sama honda
sampe2x orang pada aneh sama saya yaris sama brio mendingan brio bahkan saya desperate mau tuker yaris saya sama brio
dulu banyak yang gak nerima omongan saya sekarang kebukti kan
ngerti kan sekarang mobil bisa mahal kenapa emang chassis engineering gak murah. klo murah kenapa tuh welding spot ampe apron aja ngelasnya gak becus gitu hahaha.
tuh sales2 honda pada riding the wave kemaren pamerin hasil crash test BRV WRV emang asem si honda dulu waktu rame pelos gagal nanjak aja mereka ngeroasting BRV bisa nanjak 7 orang
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
- Location: TangSel
- Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
yes mau ganti pemerintah pun gak akan bisa ngubah apapun,Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
apalagi klo pemerintah didukung sm banyak perusahaan dan TBK pula.
balik lg ke kita
jadi sebelum milih calon pemerintah 2024, lihat aja pemerintah didukung TBK siapa aja
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
Last edited by Suryaputra on Thu Dec 28, 2023 4:01, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4258
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
mayoritas pilar Anya gampang bengkok bahkan camry XV50 keluaran awal aja testnya fail kena small overlap yang lulus malah civic FBChZ wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:12
giliran ngomong soal sasis dibilang gak relevan lah hahaha ternyata kena skandal.
ngerti kan sekarang mobil bisa mahal kenapa emang chassis engineering gak murah. klo murah kenapa tuh welding spot ampe apron aja ngelasnya gak becus gitu hahaha.
tuh sales2 honda pada riding the wave kemaren pamerin hasil crash test BRV WRV emang asem si honda dulu waktu rame pelos gagal nanjak aja mereka ngeroasting BRV bisa nanjak 7 orang
camry xv50 revisi juga cuma naek dari poor ke acceptable
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4258
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
ngapain di colek di sini stdnya safetynya aja cuma sekadar suruh pasang balon doank jadi bener kok di indo gak ngepek karena regulasinya gak ada ngatur hasil crash test kudu ranting berapa kalo ada itu kaleng agya sama alya gak boleh dijual disini jd aman2x aja dijual disini, belom ngomongin bajaj kurniaShyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Selama negara demokrasi dan tiap campaign calon2nya disokong sama konglomerasi ya ga bakalan negara berani tegas sama mereka sama kayak ke masyarakat kecil. Semua negara demokasi jg gitu sampe si ke si amrik. Satu2nya cara bwat kasih social punishment sama swasta yg nakalan tp lolos dari hukuman ya cukup jgn dibeli produknya. Tp jgn banyak berharap lah sama masyarakat wakandah yg emang demen dikasi barang subpar yg penting banyak gimmick.Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
Kalo mau negara berkuasa mutlak dan swasta ga bs seenaknya ya harus jadi negara2 semi sosialis (RRT, russia) atau ya sekalian sosialis absolut (korut)
Masalahnya kalo pasangan yg sekarang terlihat "sedikit" konglomerasi yg dukung trus nanti dia kepilih, nanti saat berkuasa jg pasti akan dideketin. Susah pemerintah mau jalan tanpa dukungan swasta, kecuali pemerintahannya megang mayoritas semua sektor ekonomi.Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:56yes mau ganti pemerintah pun gak akan bisa ngubah apapun,Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
apalagi klo pemerintah didukung sm banyak perusahaan dan TBK pula.
balik lg ke kita
jadi sebelum milih calon pemerintah 2024, lihat aja pemerintah didukung TBK siapa aja
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Yah mereka juga wait and see yaa.kendibocor wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 4:52Selama negara demokrasi dan tiap campaign calon2nya disokong sama konglomerasi ya ga bakalan negara berani tegas sama mereka sama kayak ke masyarakat kecil. Semua negara demokasi jg gitu sampe si ke si amrik. Satu2nya cara bwat kasih social punishment sama swasta yg nakalan tp lolos dari hukuman ya cukup jgn dibeli produknya. Tp jgn banyak berharap lah sama masyarakat wakandah yg emang demen dikasi barang subpar yg penting banyak gimmick.Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
Kalo mau negara berkuasa mutlak dan swasta ga bs seenaknya ya harus jadi negara2 semi sosialis (RRT, russia) atau ya sekalian sosialis absolut (korut)
Masalahnya kalo pasangan yg sekarang terlihat "sedikit" konglomerasi yg dukung trus nanti dia kepilih, nanti saat berkuasa jg pasti akan dideketin. Susah pemerintah mau jalan tanpa dukungan swasta, kecuali pemerintahannya megang mayoritas semua sektor ekonomi.Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:56yes mau ganti pemerintah pun gak akan bisa ngubah apapun,Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
apalagi klo pemerintah didukung sm banyak perusahaan dan TBK pula.
balik lg ke kita
jadi sebelum milih calon pemerintah 2024, lihat aja pemerintah didukung TBK siapa aja
jadi setidaknya bisa manage expektasi,
choose the lesser of many capitals (.tbk)
Apalagi ini mah 2 putaran juga udh pasti.
Semua pny plus minus relatif seimbang.
Jd sulit jg ya krn sistemnya spt ini
Cuma gak bisa golput jg.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Sori om, tapi setau saya Reborn, HiLux, Fortuner: bukan TNGAKrucilatoz wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 15:01Kalau lihat daftar line-up yg kena sih iya, persamaannya adalah itu DNGA semua, meski badgetnya Toyota (avanza, veloz, yaris-cross).Bibieight wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 20:48 Ini yang kena platform D-NGA kan ya, selain ke SEA dan Jepang, ini mobil diekspor kemana ya ?, soalnya kalo cuma SEA sih legal liability-nya ndak bikin bangkrut, lain lagi kalo ke Aus-NZ.
Kalo orang2 Astra pinter si mulai kumpulin bukti2 kalo desain persis plek ikutin apa kata DMC, paling enggak cuman boncos ndak bisa jualan, biar boncos recall+legal ditombokin DMC, sapa tau abis gini Astra pinter & ndak dibegoin prinsipal bolak-balik
Terus kayaknya kalo pinter KNKT-Dephub ndak usah ikut2 deh, jangan sampe KNKT bilang mobil oke tau2 diluar direcall sama DMC
Toyota TNGA termurah saat ini kayaknya tinggal innova, atau imv macam reborn/hilux.
Dan jadi inget kata om NR sekian tahun lalu, Toyota akan "hengkang" dari Indo, bukan jualannya, tapi produknya, diganti dengan dnga.
Toyota TNGA yg (pernah dan masih) dijual di Indo:
- Innova Zenix (TNGA termurah dng BQ termurah juga)
- Corolla: Altis/Cross
- Camry XV70
- CH-R (1st gen)
- RAV4 (new)
- Land Cruiser (new)
- Alphard (new)
- Voxy
- GR Yaris
- BZ4X
- New Lexus series
Di level 400jt kecil kebawah semua line-up Toyota pake DNGA. DNGA paling mahal ya YC HEV.
Dan semua line up DNGA produksi lokal berlanjoet as if nothing happened. Business as usual.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Di point ini jadi merasa ada benarnya juga statement "demokrasi di Indonesia sedang tidak baik" karena di parlemen ga ada oposisi, UU kontroversial macam omnibus ya bablas aja sehingga bikin demo berulang-ulang, sidang MK, sampai revisi UU.Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
I did say "imv" sih om untuk hilux-rebornpeterming77 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 10:35Sori om, tapi setau saya Reborn, HiLux, Fortuner: bukan TNGAKrucilatoz wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 15:01Kalau lihat daftar line-up yg kena sih iya, persamaannya adalah itu DNGA semua, meski badgetnya Toyota (avanza, veloz, yaris-cross).Bibieight wrote: ↑Sun Dec 24, 2023 20:48 Ini yang kena platform D-NGA kan ya, selain ke SEA dan Jepang, ini mobil diekspor kemana ya ?, soalnya kalo cuma SEA sih legal liability-nya ndak bikin bangkrut, lain lagi kalo ke Aus-NZ.
Kalo orang2 Astra pinter si mulai kumpulin bukti2 kalo desain persis plek ikutin apa kata DMC, paling enggak cuman boncos ndak bisa jualan, biar boncos recall+legal ditombokin DMC, sapa tau abis gini Astra pinter & ndak dibegoin prinsipal bolak-balik
Terus kayaknya kalo pinter KNKT-Dephub ndak usah ikut2 deh, jangan sampe KNKT bilang mobil oke tau2 diluar direcall sama DMC
Toyota TNGA termurah saat ini kayaknya tinggal innova, atau imv macam reborn/hilux.
Dan jadi inget kata om NR sekian tahun lalu, Toyota akan "hengkang" dari Indo, bukan jualannya, tapi produknya, diganti dengan dnga.
Toyota TNGA yg (pernah dan masih) dijual di Indo:
- Innova Zenix (TNGA termurah dng BQ termurah juga)
- Corolla: Altis/Cross
- Camry XV70
- CH-R (1st gen)
- RAV4 (new)
- Land Cruiser (new)
- Alphard (new)
- Voxy
- GR Yaris
- BZ4X
- New Lexus series
Di level 400jt kecil kebawah semua line-up Toyota pake DNGA. DNGA paling mahal ya YC HEV.
Dan semua line up DNGA produksi lokal berlanjoet as if nothing happened. Business as usual.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak
Oops ga kebaca om, mata plusKrucilatoz wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 11:46Di point ini jadi merasa ada benarnya juga statement "demokrasi di Indonesia sedang tidak baik" karena di parlemen ga ada oposisi, UU kontroversial macam omnibus ya bablas aja sehingga bikin demo berulang-ulang, sidang MK, sampai revisi UU.Shyn16 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 3:24 siapa berani colek konglomerasi as**a?
peme****ah?
gonjang ganjing langsung sampai ke grass root....
berapa pabrik mau di stop? supply part? assembly? manufacturing?
selama pasar dikendalikan mayoritas dan undang - undang disiapkan untuk pengusaha & investor.... UNTOUCHABLE...
I did say "imv" sih om untuk hilux-rebornpeterming77 wrote: ↑Thu Dec 28, 2023 10:35Sori om, tapi setau saya Reborn, HiLux, Fortuner: bukan TNGAKrucilatoz wrote: ↑Tue Dec 26, 2023 15:01
Kalau lihat daftar line-up yg kena sih iya, persamaannya adalah itu DNGA semua, meski badgetnya Toyota (avanza, veloz, yaris-cross).
Toyota TNGA termurah saat ini kayaknya tinggal innova, atau imv macam reborn/hilux.
Dan jadi inget kata om NR sekian tahun lalu, Toyota akan "hengkang" dari Indo, bukan jualannya, tapi produknya, diganti dengan dnga.
Toyota TNGA yg (pernah dan masih) dijual di Indo:
- Innova Zenix (TNGA termurah dng BQ termurah juga)
- Corolla: Altis/Cross
- Camry XV70
- CH-R (1st gen)
- RAV4 (new)
- Land Cruiser (new)
- Alphard (new)
- Voxy
- GR Yaris
- BZ4X
- New Lexus series
Di level 400jt kecil kebawah semua line-up Toyota pake DNGA. DNGA paling mahal ya YC HEV.
Dan semua line up DNGA produksi lokal berlanjoet as if nothing happened. Business as usual.