mobil manual PUNAH??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: mobil manual PUNAH??
Kok ga da yg kangen geter2 tuas transmisi manual isuzu panther/kijang lgx diesel ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: mobil manual PUNAH??
haduh om disini aja 15km bisa 1,5jam dari normal 35-45menit
kalau dah begini kepengen ada teknologi canggih cruise under 10km/jam ikutin depan
kalau dah begini kepengen ada teknologi canggih cruise under 10km/jam ikutin depan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LCGC
Re: mobil manual PUNAH??
soalnya udah kenal ama 2gd 2kd remap, jadinya pada lupa ama mesin 2lzonepublic wrote: Tue Dec 19, 2023 10:29 Kok ga da yg kangen geter2 tuas transmisi manual isuzu panther/kijang lgx diesel ya?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: mobil manual PUNAH??
Apakah bensin ngaruh ke transmisi manual? Krn seinget saya dulu tiap isi total 95 kok berasa perpindahangigi manual di jazz mt jadi tambah Sedap bgt.Suryaputra wrote: Tue Dec 19, 2023 6:05Sienta dah nyobaZboy wrote: Tue Dec 19, 2023 6:01 Penasaran feel 6speed manual sienta dan stargazer. Apa sejauh itu ya dibanding sm transmisi manual honda, even yg jadul?
Yaris Vios juga dah nyoba
Jauhh manualnya klo sm honda.
Honda tuh short throw shifter dan presisi.
Klo stargejer blm nyoba.
Enak nya honda dari antry level dikasih mesin dan transmisi yg bagus.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu Feb 16, 2017 3:44
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: swift
Re: mobil manual PUNAH??
mbah, bikin short throw buat swift saya bisa gakmarmut wrote: Tue Dec 19, 2023 5:33satriakarisma wrote: Tue Dec 19, 2023 5:17
, pendek pendek jg ya mindahinnya (gak tau istilahnya apaan)
short throw shifter.
saya pernah bikin sendiri untuk datsun SSS, renault 18, peugeot 505 dan bmw e36. bukan hal istimewa yg kaya gini krn hanya menggunakan ilmu pesawat sederhana.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LCGC
Re: mobil manual PUNAH??
kayanya ngaruh om, soalnya kalo dibalik misal isi antara pertamax dgn pertalite aja kerasa beda.mobilkutu wrote: Tue Dec 19, 2023 11:15Apakah bensin ngaruh ke transmisi manual? Krn seinget saya dulu tiap isi total 95 kok berasa perpindahangigi manual di jazz mt jadi tambah Sedap bgt.Suryaputra wrote: Tue Dec 19, 2023 6:05Sienta dah nyobaZboy wrote: Tue Dec 19, 2023 6:01 Penasaran feel 6speed manual sienta dan stargazer. Apa sejauh itu ya dibanding sm transmisi manual honda, even yg jadul?
Yaris Vios juga dah nyoba
Jauhh manualnya klo sm honda.
Honda tuh short throw shifter dan presisi.
Klo stargejer blm nyoba.
Enak nya honda dari antry level dikasih mesin dan transmisi yg bagus.
higher octane, more power. kick in yoo.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: mobil manual PUNAH??
Iyahmobilkutu wrote: Tue Dec 19, 2023 11:15Apakah bensin ngaruh ke transmisi manual? Krn seinget saya dulu tiap isi total 95 kok berasa perpindahangigi manual di jazz mt jadi tambah Sedap bgt.Suryaputra wrote: Tue Dec 19, 2023 6:05Sienta dah nyobaZboy wrote: Tue Dec 19, 2023 6:01 Penasaran feel 6speed manual sienta dan stargazer. Apa sejauh itu ya dibanding sm transmisi manual honda, even yg jadul?
Yaris Vios juga dah nyoba
Jauhh manualnya klo sm honda.
Honda tuh short throw shifter dan presisi.
Klo stargejer blm nyoba.
Enak nya honda dari antry level dikasih mesin dan transmisi yg bagus.
Ngurangin ndut2an / jerky
Ron 95 sweet spot
Udh di atas minimal rekomendasi
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 76
- Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
- Location: Bogor
Re: mobil manual PUNAH??
Saya 20 tahun nyetir manual (1995-2015), 2015 sampai sekarang semua mobil matik ga pengen nyetir manual lg yg pake kupling, kalo diperhatiin ini betis masih lebih gede yg kiri loh dari yg kanan wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: mobil manual PUNAH??
Kalau Om Fariz 30an, saya 20an awal ya...farizfsa wrote: Tue Dec 19, 2023 8:09
haha saya umur 30an ini aja masih banyak tmn laki2 ga bs nyetir manual. mau pinjem mbl saya kl kebetulan ada nya manual pada ga jadi minjem karena ga bisa, bukan ga mau.
blm lama ade saya mau minjem mobil bak saya, buat acara kampus, temen2 lakinya (umur 18-20an) pada ga bs manual![]()
surem
Diminta belajar aja Om. Pas musim liburan gini. Belajarnya pakai kopling d9 macet ke puncak sekalian turun. Terus sekali lagi balik bawa 300E manual.
Kemungkinan besar menggerutu bertambah mutu. Haha
slapnuts wrote: Tue Dec 19, 2023 6:19
Yang bilang matik lemot di tanjakan, either mobilnya cc kecil atau belum pernah coba matik cc gede.
Tergantung juga Om.
Ada kok matic cc 3200 atau 6000, emang bawaan mobilnya boyo, ya lemot. Apalagi di tanjakan.
Mau diisi amosil signature atau festron sama aja, 90/98 idem ditto.
Tapi masih bisa ngejer diesel kalau di tol yang panjanggg ihik ihik ihik
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota
Re: mobil manual PUNAH??
sebenarnya lebih enak matic
tp masih keukeuh pakai manual karena dua alasan, pertama supaya meminimalisir ngantuk dan bosan, kedua karena kebetulan kota sy belum macet
pengalaman sejauh ini baik naik motor / mobil, kalau ada accident dimana sy yg salah, mostly penyebab utamanya karena gak fokus / ngantuk (case paling sering sih antara nabrak mobil diam atau nyungsep ke got / jalan rusak di pinggir jalan
pernah ada case sy ngantuk berat di jalan tol sewaktu keluar kota padahal sdh diajak ngobrol dan setel musik keras2, akhirnya saya ditampar pelan oleh ortu supaya ganti driver hahaha)
apakah manual menjamin tetap fokus & tidak ngantuk, pastinya tidak, tp minimal kalau kendaraan manual sy jd (terpaksa) sedikit nahan melek
tp masih keukeuh pakai manual karena dua alasan, pertama supaya meminimalisir ngantuk dan bosan, kedua karena kebetulan kota sy belum macet
pengalaman sejauh ini baik naik motor / mobil, kalau ada accident dimana sy yg salah, mostly penyebab utamanya karena gak fokus / ngantuk (case paling sering sih antara nabrak mobil diam atau nyungsep ke got / jalan rusak di pinggir jalan

apakah manual menjamin tetap fokus & tidak ngantuk, pastinya tidak, tp minimal kalau kendaraan manual sy jd (terpaksa) sedikit nahan melek
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: mobil manual PUNAH??
Ini duo eropa mesin gede mercy sama BMW aja 1 ga kuat nanjak,1 lagi setengah mati naiknya ditambah banyak sekali intervensi elektroniknyaslapnuts wrote: Tue Dec 19, 2023 6:19
Benar om, untuk cruising di tol mah enakan CVT dibanding manual, lebih irit juga. CVT ahond dan Mitsu saya, lari 100 cuma butuh 1800-2000rpm saja, jauh dibanding manual 5 speed.
Pun kalau dipakai harian di dalam kota, itu rpm jarang nyentuh di atas 2000rpm, main di 1500-2000 saja. Beda sama manual yang mostly ganti gigi di 2500rpm an.
Buat tanjakan? Enakan matik juga. Tinggal gas saja di pesk torque, beres, gaperlu mikir gigi berapa. Apalagi kalau macet di tanjakan, jauuh lebih enak matik dibanding manual. Antri di tanjakan? Pengguna matik masih santai masih bisa makan roti, apalagi kalau ada hill start/brake hold. Manual? Keringat dingin dah mainin handrem, kopling, rem, dan gas.
Yang bilang matik lemot di tanjakan, either mobilnya cc kecil atau belum pernah coba matik cc gede.
Kalah sama mocin/suv jepun 1500cc
Last edited by zonepublic on Tue Dec 19, 2023 14:13, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: mobil manual PUNAH??
thestoneroses wrote: Tue Dec 19, 2023 13:44
Belajarnya pakai kopling d9 macet ke puncak sekalian turun. Terus sekali lagi balik bawa 300E manual.
d9 sama 505 gr mirip² ya? mana tu manusia² cengeng amatiran yg bilang kopling mbl jepang berat?
300e sih enteng pedal koplingnya, sama kaya be em vve.
tadi sempet baca kalo pake manual ngantri di tanjakan bikin keringet dingin siapa ya? masih amatir kayanya....
saya pake manual ngantri macet²an santai aja. dan jarang banget pake bantuan handbrake. ada kaki kiri kaki kanan masih sehat kok, ngapain tangan kiri dibikin capek mainan handbrake?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: mobil manual PUNAH??

Hahaha gmn ya sy liat ipar saya kl dgr manual udh eneg mau muntah duluan haha kok miris ya. Mana mau anak skrg di suruh belajar manual om, drpd susah2 manual mending naik gojek grab hahahathestoneroses wrote: Tue Dec 19, 2023 13:44Kalau Om Fariz 30an, saya 20an awal ya...farizfsa wrote: Tue Dec 19, 2023 8:09
haha saya umur 30an ini aja masih banyak tmn laki2 ga bs nyetir manual. mau pinjem mbl saya kl kebetulan ada nya manual pada ga jadi minjem karena ga bisa, bukan ga mau.
blm lama ade saya mau minjem mobil bak saya, buat acara kampus, temen2 lakinya (umur 18-20an) pada ga bs manual![]()
surem
Diminta belajar aja Om. Pas musim liburan gini. Belajarnya pakai kopling d9 macet ke puncak sekalian turun. Terus sekali lagi balik bawa 300E manual.
Kemungkinan besar menggerutu bertambah mutu. Haha
slapnuts wrote: Tue Dec 19, 2023 6:19
Yang bilang matik lemot di tanjakan, either mobilnya cc kecil atau belum pernah coba matik cc gede.
Tergantung juga Om.
Ada kok matic cc 3200 atau 6000, emang bawaan mobilnya boyo, ya lemot. Apalagi di tanjakan.
Mau diisi amosil signature atau festron sama aja, 90/98 idem ditto.
Tapi masih bisa ngejer diesel kalau di tol yang panjanggg ihik ihik ihik
Sy nyetir pertama kali manual, mistu kuda disel kayanya pas kelas 6 sd hahahahaa. Motor pun motor kopling, rx king sm satria. Skrg pun msh ada 2 mbl manual ya mbl2 bak sih
Mati lah om org suruh belajar manual mercy lama hahahahaa
Injek rem tangan, tarik tuas kanan, siap2 gigi tangan kiri, kaki kiri lg atur kopling, kanan gas. Nangis pasti nangis hahaha
Last edited by farizfsa on Tue Dec 19, 2023 14:28, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: mobil manual PUNAH??
Itu di video mah mesin2 kecil plg gede 1600cc si bmw. Ga nanjak karena kehilangan grip, apa lagi dual clutch. Dual clutch itu trans manual yg di robotin.zonepublic wrote: Tue Dec 19, 2023 13:53Ini duo eropa mesin gede mercy sama BMW aja 1 ga kuat nanjak,1 lagi setengah mati naiknya ditambah banyak sekali intervensi elektroniknyaslapnuts wrote: Tue Dec 19, 2023 6:19
Benar om, untuk cruising di tol mah enakan CVT dibanding manual, lebih irit juga. CVT ahond dan Mitsu saya, lari 100 cuma butuh 1800-2000rpm saja, jauh dibanding manual 5 speed.
Pun kalau dipakai harian di dalam kota, itu rpm jarang nyentuh di atas 2000rpm, main di 1500-2000 saja. Beda sama manual yang mostly ganti gigi di 2500rpm an.
Buat tanjakan? Enakan matik juga. Tinggal gas saja di pesk torque, beres, gaperlu mikir gigi berapa. Apalagi kalau macet di tanjakan, jauuh lebih enak matik dibanding manual. Antri di tanjakan? Pengguna matik masih santai masih bisa makan roti, apalagi kalau ada hill start/brake hold. Manual? Keringat dingin dah mainin handrem, kopling, rem, dan gas.
Yang bilang matik lemot di tanjakan, either mobilnya cc kecil atau belum pernah coba matik cc gede.
Kalah sama mocin/suv jepun 1500cc
Santafe diesel aja ga kuat nanjak disana ya karena dual clutch bukan karena mesin. Grip dan clutch yg jd problem.
Kl udh bisa manual lancar mah ga bakal keringet dingin, yg keringet dingin itu yg ga bs nyetir manual haha.
Matic cc gede? Kalo karakter matic nya ratio panjang ya ttp aja bakal lemot. Cc kecil kalo ratio kasar nanjak jg bakal ringan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: mobil manual PUNAH??
Nah itu emg yg ga biasa nyetir manual udh ketar ketir duluan. Sy bawa ranger macet2an jakarta, masuk gigi 1 udh kaya mbl matic ngerayap sendiri, kl full stop baru la atur kopling. Jrg juga main handbrakemarmut wrote: Tue Dec 19, 2023 13:58thestoneroses wrote: Tue Dec 19, 2023 13:44
Belajarnya pakai kopling d9 macet ke puncak sekalian turun. Terus sekali lagi balik bawa 300E manual.
d9 sama 505 gr mirip² ya? mana tu manusia² cengeng amatiran yg bilang kopling mbl jepang berat?
300e sih enteng pedal koplingnya, sama kaya be em vve.
tadi sempet baca kalo pake manual ngantri di tanjakan bikin keringet dingin siapa ya? masih amatir kayanya....
saya pake manual ngantri macet²an santai aja. dan jarang banget pake bantuan handbrake. ada kaki kiri kaki kanan masih sehat kok, ngapain tangan kiri dibikin capek mainan handbrake?
![]()
Nah bener cb deh tuh kopling mbl perancis lawas, mbl jepang lgs kerasa ringan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: mobil manual PUNAH??
umur sudah lewat 30, ngapain pake gitu²an... yg standar aja sudah enak kok.
mending kita makan ayam bakar di sebrang alfa aja yuk. lele bakarnya jg enak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: mobil manual PUNAH??
itu komen saya tadi om, "newbie" saya bilang ya yang keringet dingin di tanjakan, alias orang yang lagi/baru belajar nyetir, bukan saya maksudnya, kalo udah lancar ya ga usah pake hand brake pun gpp, tinggal seimbangin kopling ama gas doank.. coba dibaca lagi komennya ommarmut wrote: Tue Dec 19, 2023 13:58thestoneroses wrote: Tue Dec 19, 2023 13:44
Belajarnya pakai kopling d9 macet ke puncak sekalian turun. Terus sekali lagi balik bawa 300E manual.
d9 sama 505 gr mirip² ya? mana tu manusia² cengeng amatiran yg bilang kopling mbl jepang berat?
300e sih enteng pedal koplingnya, sama kaya be em vve.
tadi sempet baca kalo pake manual ngantri di tanjakan bikin keringet dingin siapa ya? masih amatir kayanya....
saya pake manual ngantri macet²an santai aja. dan jarang banget pake bantuan handbrake. ada kaki kiri kaki kanan masih sehat kok, ngapain tangan kiri dibikin capek mainan handbrake?
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: mobil manual PUNAH??
saya si prefer at sih cuma tetep aja terakhir saya bawa manual hilux single cab malah bawa tuh mobil lebih sengsara rutenya cuma ya enjoy2x aja kok om gak masalahIriawans wrote: Tue Dec 19, 2023 8:14
mungkin krn tinggal di Jakarta yg macetnya makin gila dari hari ke hari, baca statement itu lgs membayangkan anak saya kalo dikasih manual kasian banget tersiksa di jalan setiap hari hanya untuk menghindari kemungkinan (kecil) dipinjam temannya. just my 2 cents![]()

apalagi kalo lagi dapet MOBILIO S manual lebih asik lagi

lagian gak semua cocok juga sama matic kek cici saya ud dikasih accord matic eh dia malah beli city hb manual satu lagi mobilnya juga manual dari dulu emang cc saya pake manual waktu jaman dia kuliah dia bawa LGX DIESEL dia dapet matic baru accord aja itu aja baru pake 2thn belakangan ini dan tuh accord karena kemaren musibah bakalan dijual penggantinya ya city HB manual

saya matic puny juga picky sih min musti kayak 5atnya honda atau lebih pinter CVT paling ogah

terakhir dapet matic busuk yaris bakpao saya hujat abis2xan tuh mobil belom ngomongin saya jadiin manual saking keselnya Saya pake kek pake sequintial masukin L-2-D3 baru D ntar kalo mau engine brake tarik ke 2

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: mobil manual PUNAH??
Topik ini emang agak sensitif.
kayak bahas bbm subsidi vs non-subsidi, innivi disil metic vs Universe, pilpres dsb.
no valuable information here, ego only
kayak bahas bbm subsidi vs non-subsidi, innivi disil metic vs Universe, pilpres dsb.
no valuable information here, ego only

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: mobil manual PUNAH??
kebanyakan orang yang lbih pilih manual karena manual resiko rusaknya lebih kecil paling seputaran kopling jarang kena overhaul......nah bongkar kopling pake kunci2x standart mah cukup kalo bongkar matic kuncinya ada lagi makanya manual mah gak bakalan punah juga lagian kalo ngomongin odol JUGA mendingan pake manualAbdulHakim wrote: Wed Dec 20, 2023 2:19 Topik ini emang agak sensitif.
kayak bahas bbm subsidi vs non-subsidi, innivi disil metic vs Universe, pilpres dsb.
no valuable information here, ego only![]()

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil manual PUNAH??
TSnya jg ego only dan full asumsiAbdulHakim wrote: Wed Dec 20, 2023 2:19 Topik ini emang agak sensitif.
kayak bahas bbm subsidi vs non-subsidi, innivi disil metic vs Universe, pilpres dsb.
no valuable information here, ego only![]()

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: mobil manual PUNAH??
manual yang bikin panik cuma pas kopling jebol los hahaha, udah 3x kejadian, mana 1 jalan padat merayapb0ku wrote: Wed Dec 20, 2023 2:43kebanyakan orang yang lbih pilih manual karena manual resiko rusaknya lebih kecil paling seputaran kopling jarang kena overhaul......nah bongkar kopling pake kunci2x standart mah cukup kalo bongkar matic kuncinya ada lagi makanya manual mah gak bakalan punah juga lagian kalo ngomongin odol JUGA mendingan pake manualAbdulHakim wrote: Wed Dec 20, 2023 2:19 Topik ini emang agak sensitif.
kayak bahas bbm subsidi vs non-subsidi, innivi disil metic vs Universe, pilpres dsb.
no valuable information here, ego only![]()
![]()
sisanya pegel2 dikit aja kalo di jalanan ibu kota
pas sma pernah konvoi sm tmn2 ke pelabuhan ratu, ga biasa pake avanza manual keluar kota, di tanjakan sering setengah kopling, panas deh tuh kebakar kopling sm berasep, bau sangit, ga berani lanjutin lg dia haha. saya lg pake escape 3.0, jd saya tarik aja bentar sampe tempat aman, neduh dulu 30 menit, minta gantian sy yg nyetir manual, kebetulan destinasi cuma sisa 15 menit.
matic jebol rusak sih lebih puyeng lg, macem cvt alphard aja overhaul udh minta 35-40 jt sekarang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: mobil manual PUNAH??
dual clutch bukan problemnya. di video lain ada santa fe yang nanjak no problem. di video ini kan udah dikasih tau duluan kalo kondisi ban santa fe ngga bagus. berarti pure dari grip ban yang kondisinya udah jelek yang bikin ga nanjak.farizfsa wrote: Tue Dec 19, 2023 14:26Itu di video mah mesin2 kecil plg gede 1600cc si bmw. Ga nanjak karena kehilangan grip, apa lagi dual clutch. Dual clutch itu trans manual yg di robotin.zonepublic wrote: Tue Dec 19, 2023 13:53Ini duo eropa mesin gede mercy sama BMW aja 1 ga kuat nanjak,1 lagi setengah mati naiknya ditambah banyak sekali intervensi elektroniknyaslapnuts wrote: Tue Dec 19, 2023 6:19
Benar om, untuk cruising di tol mah enakan CVT dibanding manual, lebih irit juga. CVT ahond dan Mitsu saya, lari 100 cuma butuh 1800-2000rpm saja, jauh dibanding manual 5 speed.
Pun kalau dipakai harian di dalam kota, itu rpm jarang nyentuh di atas 2000rpm, main di 1500-2000 saja. Beda sama manual yang mostly ganti gigi di 2500rpm an.
Buat tanjakan? Enakan matik juga. Tinggal gas saja di pesk torque, beres, gaperlu mikir gigi berapa. Apalagi kalau macet di tanjakan, jauuh lebih enak matik dibanding manual. Antri di tanjakan? Pengguna matik masih santai masih bisa makan roti, apalagi kalau ada hill start/brake hold. Manual? Keringat dingin dah mainin handrem, kopling, rem, dan gas.
Yang bilang matik lemot di tanjakan, either mobilnya cc kecil atau belum pernah coba matik cc gede.
Kalah sama mocin/suv jepun 1500cc
Santafe diesel aja ga kuat nanjak disana ya karena dual clutch bukan karena mesin. Grip dan clutch yg jd problem.
Kl udh bisa manual lancar mah ga bakal keringet dingin, yg keringet dingin itu yg ga bs nyetir manual haha.
Matic cc gede? Kalo karakter matic nya ratio panjang ya ttp aja bakal lemot. Cc kecil kalo ratio kasar nanjak jg bakal ringan
kalo ban kondisi bagus, grip dapet, tanjakan kaya krakalan juga disikat gampang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1427
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
Re: mobil manual PUNAH??
ane rencana mau beli manual dah ah,
tapi mau tanya salesnya ada gak unit manualnya,
sbenarnya ane mau beli manual,cuma waktu itu mau kabarin sales klo bisa manual,
krn salesnya segan unit setaun lbih gak ada kabar eh gak diangkat ane telpon,
setelah brapa ari dikabarin tengah malam pesan wat ap,pagi baru ane baca,klo unit sudah redi,
ya sudahlah drpd gak ada ane oke in aja,sales juga sudah senang bgt unit datang menit menit akhir menjelang tutup bulan,kasian juga sales langganan sudah berjuang minta kacab sound ke tam,ane mengalah dah ah,toh gak jelek juga,
sbenarnya matik juga responsif dan kencang,dan lebih irit,
tapi gimana ya,hmmmm ,
matik tetap aja ngelag dan kadang ecunya kagok siftingnya
buat harian ugal dan sirkuit itu manual lebih enak,
bebas semau dewek shifting,dan lagi top sepet kbiasaan ane rapet brp meter baru rem,
yah walo umur menjelang gocap,sing penting terhibur,
apalg bodi mobilnya sudah klewat sadis buat fun driv,nekuk setir gak pake otak waras,
walo mesin gak sbrutal honda civic turbo RS,
klo manualnya ky mobil eropa ya ane haraammkan,botol insienyurnya,
siksa diri nanti,betis injak batu,
tapi mau tanya salesnya ada gak unit manualnya,
sbenarnya ane mau beli manual,cuma waktu itu mau kabarin sales klo bisa manual,
krn salesnya segan unit setaun lbih gak ada kabar eh gak diangkat ane telpon,
setelah brapa ari dikabarin tengah malam pesan wat ap,pagi baru ane baca,klo unit sudah redi,
ya sudahlah drpd gak ada ane oke in aja,sales juga sudah senang bgt unit datang menit menit akhir menjelang tutup bulan,kasian juga sales langganan sudah berjuang minta kacab sound ke tam,ane mengalah dah ah,toh gak jelek juga,
sbenarnya matik juga responsif dan kencang,dan lebih irit,
tapi gimana ya,hmmmm ,
matik tetap aja ngelag dan kadang ecunya kagok siftingnya
buat harian ugal dan sirkuit itu manual lebih enak,
bebas semau dewek shifting,dan lagi top sepet kbiasaan ane rapet brp meter baru rem,
yah walo umur menjelang gocap,sing penting terhibur,
apalg bodi mobilnya sudah klewat sadis buat fun driv,nekuk setir gak pake otak waras,
walo mesin gak sbrutal honda civic turbo RS,
klo manualnya ky mobil eropa ya ane haraammkan,botol insienyurnya,
siksa diri nanti,betis injak batu,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: ANF
Re: mobil manual PUNAH??
Kalo dibilang punah sih nggak. Sama seperti hal nya pergeseran dari telpon kabel ke telpon celular. Populasi telpon kabel tergerus sangat besar tapi in the end akan tetap ada.
Pendorong utama peralihan ke matic sebenernya cuma 2 : practicality dan macet yg menggila.
Penjualan mobil di Indonesia terkosentrasi di Jkt dan Jabar (40%0), yang mana di dua tempat ini terkenal dengan macretnya. Matic ditambah dengan fitur brake hold sudah sangat enak sekali.
Kemudian trend jumlah wanita memiliki dan membawa mobil juga meningkat pesat, dan kita tau kaum hawa mayoritas lebih suka yg practical kalo menyangkut otomotif semacem transmisi matic ini.
Saya sendiri bawa mobil manual mulai tahun 1997 (kijang dan innova series, panther, civic HB, city sedan), dan familiar dengan matic baru di tahun 2013. Setelah kenal matic, berasa banget perubahan nya. Setelah itu mobil kami selalu matic.
Pendorong utama peralihan ke matic sebenernya cuma 2 : practicality dan macet yg menggila.
Penjualan mobil di Indonesia terkosentrasi di Jkt dan Jabar (40%0), yang mana di dua tempat ini terkenal dengan macretnya. Matic ditambah dengan fitur brake hold sudah sangat enak sekali.
Kemudian trend jumlah wanita memiliki dan membawa mobil juga meningkat pesat, dan kita tau kaum hawa mayoritas lebih suka yg practical kalo menyangkut otomotif semacem transmisi matic ini.
Saya sendiri bawa mobil manual mulai tahun 1997 (kijang dan innova series, panther, civic HB, city sedan), dan familiar dengan matic baru di tahun 2013. Setelah kenal matic, berasa banget perubahan nya. Setelah itu mobil kami selalu matic.