mobil manual PUNAH??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
mobil manual PUNAH??
Beberapa waktu terakhir kebetulan nanya2 sama sales mobil baru dan pedagang mobil bekas,mayoritas mobil yang laku memang bervariasi tapi baik seller mobil baru maupun pedagang mobil bekas pada bilang,mayoritas mau mobil city car sekelas lcgc,low mpv yang paling laku transmisi matic
Mau mobil taun jadul 90-2000an yang transmisi maticnya masih banyak cacat,bego,rentan bermasalah tetap lebih dicari sampe mobil masa kini yang sudah pake cvt
Apa sekarang orang2 sudah pada tidak takut rawat matic ya?padahal transmisi manual rawatnya jauh lebih mudah dan murah lho daripada matic
Mobil manual kalo accu habis didorong masih bisa distarter sehingga bisa jalan setidaknya sampe bengkel/toko accu terdekat
Konsumsi bbm mobil manual juga jauh lebih irit daripada mobil matic apapun mau ags,cvt sampai konvensional
Keasikan berkendara,trus buat diupgrade performanya lebih mudah ditransmisi manual karena lebih tahan banting dan nerima torsi besar
Kayanya kedepan indonesia bakal banyak orang seperti orang amerika,banyak yang ga bisa bawa mobil manual
Bagaimana menurut anda?apa yang mempengaruhi hal ini?
Apakah nantinya mobil niaga juga akan beralih ke transmisi otomatis seperti bus transjakarta?
Mau mobil taun jadul 90-2000an yang transmisi maticnya masih banyak cacat,bego,rentan bermasalah tetap lebih dicari sampe mobil masa kini yang sudah pake cvt
Apa sekarang orang2 sudah pada tidak takut rawat matic ya?padahal transmisi manual rawatnya jauh lebih mudah dan murah lho daripada matic
Mobil manual kalo accu habis didorong masih bisa distarter sehingga bisa jalan setidaknya sampe bengkel/toko accu terdekat
Konsumsi bbm mobil manual juga jauh lebih irit daripada mobil matic apapun mau ags,cvt sampai konvensional
Keasikan berkendara,trus buat diupgrade performanya lebih mudah ditransmisi manual karena lebih tahan banting dan nerima torsi besar
Kayanya kedepan indonesia bakal banyak orang seperti orang amerika,banyak yang ga bisa bawa mobil manual
Bagaimana menurut anda?apa yang mempengaruhi hal ini?
Apakah nantinya mobil niaga juga akan beralih ke transmisi otomatis seperti bus transjakarta?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: mobil manual PUNAH??
pengguna setia manual dari 2014-2023. Kyknya si bakal punah di jabodetabek. Unit second manual laku nya cuman ke daerah jabar, jateng, sumatera. Terakhir jual mobil second manual laku nya ke serang, satu nya lagi laku ke jateng.
Skrg pake cvt. ngantuk parah bawa nya



Tentu nya harus honda kalo manual. Tgl di Kasih oli 0-20w. Wuzzz wuzzz....
Skrg pake cvt. ngantuk parah bawa nya
Tentu nya harus honda kalo manual. Tgl di Kasih oli 0-20w. Wuzzz wuzzz....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: mobil manual PUNAH??
Di jateng juga peminat manual menurun jauhmobilkutu wrote: Mon Dec 18, 2023 16:51 pengguna setia manual dari 2014-2023. Kyknya si bakal punah di jabodetabek. Unit second manual laku nya cuman ke daerah jabar, jateng, sumatera. Terakhir jual mobil second manual laku nya ke serang, satu nya lagi laku ke jateng.
Skrg pake cvt. ngantuk parah bawa nya
Tentu nya harus honda kalo manual. Tgl di Kasih oli 0-20w. Wuzzz wuzzz....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: mobil manual PUNAH??
Kalo mobil matic rajin ganti oli transmisi, kira2 per 40 ribu km, itu reliabel bgt kok om. Plat koplingnya kerendam oli, jadi selama olinya bagus itu kopling ga kan hancur. Sering malah valve bodynya yang macet duluan. Masalahnya dulu seringnya jadwal ganti oli matic sesat dari pabrik, ada yang bilang 80 ribu lah, ada yg bilang lifetime lah ga perlu ganti selamanya. Padahal tuh sesat betul.
Memang jadi ga bisa ganti start dorong / jumpstart, tapi aki lemah kan ga dadakan juga. Belum kalo pake aki kering, jauh lebih lama umurnya. Aki kering made in India, thailand, korea sudah ga semahal dulu. Anehnya bisa lebih murah dari aki kering lokal. Aku sendiri selalu ready kabel jumper, biar bisa bantu orang yang perlu jumper aki.
Lalu matic torsi awalnya itu lebih kuat, lebih ga rawan kopling kebakar waktu di tanjakan.
Memang jadi ga bisa ganti start dorong / jumpstart, tapi aki lemah kan ga dadakan juga. Belum kalo pake aki kering, jauh lebih lama umurnya. Aki kering made in India, thailand, korea sudah ga semahal dulu. Anehnya bisa lebih murah dari aki kering lokal. Aku sendiri selalu ready kabel jumper, biar bisa bantu orang yang perlu jumper aki.
Lalu matic torsi awalnya itu lebih kuat, lebih ga rawan kopling kebakar waktu di tanjakan.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: mobil manual PUNAH??
Bau2nya sih gitu ya bakal punah. Soalnya ane sendiri termasuk yg berpindah dari manual ke matic
Emang ane sendiri ga menampik kalo dipake kasar2an tuh tetep lebih kuat manual. Cuma nyatanya ternyata orang zaman sekarang mulai lebih rela keluar duit ekstra buat beli unit matic dan ngerawat transmisi matic ketimbang ribet2 injek kopling. Kaya motor matic aja. Dulu diisukan boros dan lebih ringkih dari motor manual. Untuk durability, rasanya sampai sekarang pun msh menang motor manual. Tapi nyatanya yang laris manis matic bukan? Orang2 udah lebih rela aja keluar duit lebih buat ngerawat cvt nya.
Sekarang bahkan transmisi matic ini udah mulai merambah ke mobil2 komersil. Bus AKAP sebagian kecil udah pada pake matic. Bus kota kalo transjakarta malah ada kali separoh unitnya pake transmisi matic. Pick up double cabin juga tersedia trans matic. Paling tinggal truk2 pick up kecil sampai truk2 sedang dan besar merek jepun aja yang masih full manual. Kalo truk eropa kaya merkedes scania volvo ane gatau itu dia manual atau matic sih?
Kemudian salah satu hal yang membuat punahnya mobil manual adalah suatu keniscayaan adalah : mobil listrik!
Mobil listrik udah pasti gak pake kopling bukan? Mau suatu hari nanti ternyata berhasil ditemukan transmisi manual buat mobil listrik pun juga harusnya gak perlu kopling. Nah sekarang ini tren kendaraan ke arah tenaga listrik. Jadi udah jelas ya jawabannya.

Emang ane sendiri ga menampik kalo dipake kasar2an tuh tetep lebih kuat manual. Cuma nyatanya ternyata orang zaman sekarang mulai lebih rela keluar duit ekstra buat beli unit matic dan ngerawat transmisi matic ketimbang ribet2 injek kopling. Kaya motor matic aja. Dulu diisukan boros dan lebih ringkih dari motor manual. Untuk durability, rasanya sampai sekarang pun msh menang motor manual. Tapi nyatanya yang laris manis matic bukan? Orang2 udah lebih rela aja keluar duit lebih buat ngerawat cvt nya.
Sekarang bahkan transmisi matic ini udah mulai merambah ke mobil2 komersil. Bus AKAP sebagian kecil udah pada pake matic. Bus kota kalo transjakarta malah ada kali separoh unitnya pake transmisi matic. Pick up double cabin juga tersedia trans matic. Paling tinggal truk2 pick up kecil sampai truk2 sedang dan besar merek jepun aja yang masih full manual. Kalo truk eropa kaya merkedes scania volvo ane gatau itu dia manual atau matic sih?
Kemudian salah satu hal yang membuat punahnya mobil manual adalah suatu keniscayaan adalah : mobil listrik!
Mobil listrik udah pasti gak pake kopling bukan? Mau suatu hari nanti ternyata berhasil ditemukan transmisi manual buat mobil listrik pun juga harusnya gak perlu kopling. Nah sekarang ini tren kendaraan ke arah tenaga listrik. Jadi udah jelas ya jawabannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: mobil manual PUNAH??
mobil listrik malah enakan manual kalo mau bawa pelan atau cruising lsg masuk 5 final gear kalo mau kebut2xan maen 1-2-3-4-5rakyatwkwkland wrote: Mon Dec 18, 2023 19:29 Bau2nya sih gitu ya bakal punah. Soalnya ane sendiri termasuk yg berpindah dari manual ke matic![]()
Emang ane sendiri ga menampik kalo dipake kasar2an tuh tetep lebih kuat manual. Cuma nyatanya ternyata orang zaman sekarang mulai lebih rela keluar duit ekstra buat beli unit matic dan ngerawat transmisi matic ketimbang ribet2 injek kopling. Kaya motor matic aja. Dulu diisukan boros dan lebih ringkih dari motor manual. Untuk durability, rasanya sampai sekarang pun msh menang motor manual. Tapi nyatanya yang laris manis matic bukan? Orang2 udah lebih rela aja keluar duit lebih buat ngerawat cvt nya.
Sekarang bahkan transmisi matic ini udah mulai merambah ke mobil2 komersil. Bus AKAP sebagian kecil udah pada pake matic. Bus kota kalo transjakarta malah ada kali separoh unitnya pake transmisi matic. Pick up double cabin juga tersedia trans matic. Paling tinggal truk2 pick up kecil sampai truk2 sedang dan besar merek jepun aja yang masih full manual. Kalo truk eropa kaya merkedes scania volvo ane gatau itu dia manual atau matic sih?
Kemudian salah satu hal yang membuat punahnya mobil manual adalah suatu keniscayaan adalah : mobil listrik!
Mobil listrik udah pasti gak pake kopling bukan? Mau suatu hari nanti ternyata berhasil ditemukan transmisi manual buat mobil listrik pun juga harusnya gak perlu kopling. Nah sekarang ini tren kendaraan ke arah tenaga listrik. Jadi udah jelas ya jawabannya.

lagian gak bakalan punah lah selama masih ada petrolhead bmw aja dari jaman kapan M katanya bakalan gak ada manual sampe sekarang malah ada malah malah ud gak ada diada2xin

listrik itu produk gagal bentaran juga cuma jadi opsi kayak diesel

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: mobil manual PUNAH??
Sepertinya demikian Om.
Saya terakhir punya mobil manual 2005...
Lalu anak saya, perempuan, ngga bisa bawa manual. Bukan karena ngga belajar, tapi memang nga ada mobil manualnya. Haha
Saya terakhir punya mobil manual 2005...
Lalu anak saya, perempuan, ngga bisa bawa manual. Bukan karena ngga belajar, tapi memang nga ada mobil manualnya. Haha
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: mobil manual PUNAH??
saya udah janjiin ke anak saya, perempuan juga... untuk ensure dia bisa bawa mobil manualthestoneroses wrote: Mon Dec 18, 2023 21:32 Sepertinya demikian Om.
Saya terakhir punya mobil manual 2005...
Lalu anak saya, perempuan, ngga bisa bawa manual. Bukan karena ngga belajar, tapi memang nga ada mobil manualnya. Haha
Jangan kayak emaknya yang cuma bisa bawa matic...
*she's 10

Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: mobil manual PUNAH??
sekarang kalo mau mobil manual either harus ambil kelas lcgc, subcompact,atau macam type R, kelas compact ke med sudah ga keluar tipe transmisi manual, khususnya di asia tenggara, tapi kalo liat review2 di canada sono masih dikeluarin tuh tansmisi manual...
kedepannya generasi 5-10 taun berikut yg baru belajar mengemudi mungkin ga ada lagi yg bisa bawa manual, bukan karena ga mau belajar, tapi ga ada mobilnya buat belajar...
jadi ga ada lagi tuh sensasi2 setengah kopling sampe angit, newbie yg keringet dingin karena stop di tanjakan...
kedepannya generasi 5-10 taun berikut yg baru belajar mengemudi mungkin ga ada lagi yg bisa bawa manual, bukan karena ga mau belajar, tapi ga ada mobilnya buat belajar...


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: mobil manual PUNAH??
Sepengalaman ane, CVT tetep lebih irit om dibanding manualnya (at least di HRV E CVT β17 vs BRV E manual β16). Klo cvt ahond cruising flat road nyetir sendiri bisa nahan sekitar 1000-1200 rpm, sementara klo di manualnya its almost impossible (setidaknya menurut pengalaman ane).zonepublic wrote: Mon Dec 18, 2023 14:38 Konsumsi bbm mobil manual juga jauh lebih irit daripada mobil matic apapun mau ags,cvt sampai konvensional
Klo dibanding matic conven iya sih masih iritan manual. Gak tau deh klo DSG & AGS, blom pernah nyetir mobil gituan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: mobil manual PUNAH??
ponkanan saya umur 17 dikasih manual sama emaknya katanya biar temennya gak bisa pinjem kemaren beli city HB manual padahal cewe ponakan sayalevofloxacine wrote: Tue Dec 19, 2023 0:27 sekarang kalo mau mobil manual either harus ambil kelas lcgc, subcompact,atau macam type R, kelas compact ke med sudah ga keluar tipe transmisi manual, khususnya di asia tenggara, tapi kalo liat review2 di canada sono masih dikeluarin tuh tansmisi manual...
kedepannya generasi 5-10 taun berikut yg baru belajar mengemudi mungkin ga ada lagi yg bisa bawa manual, bukan karena ga mau belajar, tapi ga ada mobilnya buat belajar...![]()
jadi ga ada lagi tuh sensasi2 setengah kopling sampe angit, newbie yg keringet dingin karena stop di tanjakan...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: mobil manual PUNAH??
ide bagus ini, dicatat dulu tunggu 8 tahun lagi kalau anak sdh boleh bawa mobil tak kasih yg manual saja.b0ku wrote: Tue Dec 19, 2023 1:04ponkanan saya umur 17 dikasih manual sama emaknya katanya biar temennya gak bisa pinjem kemaren beli city HB manual padahal cewe ponakan sayalevofloxacine wrote: Tue Dec 19, 2023 0:27 sekarang kalo mau mobil manual either harus ambil kelas lcgc, subcompact,atau macam type R, kelas compact ke med sudah ga keluar tipe transmisi manual, khususnya di asia tenggara, tapi kalo liat review2 di canada sono masih dikeluarin tuh tansmisi manual...
kedepannya generasi 5-10 taun berikut yg baru belajar mengemudi mungkin ga ada lagi yg bisa bawa manual, bukan karena ga mau belajar, tapi ga ada mobilnya buat belajar...![]()
jadi ga ada lagi tuh sensasi2 setengah kopling sampe angit, newbie yg keringet dingin karena stop di tanjakan...
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: mobil manual PUNAH??
Kayaknya mau hunting n keep 1 mobil manual yg bukan spek dasar, buat kenang2an, tapi yg hrganya ga mahal. Galant hiu atu accord cm/cp manual bisa jadi opsi....
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: mobil manual PUNAH??
Biasa nya setelah kena macet 4jam di mobil manual bakal berubah pikiran.alexdonovan wrote: Mon Dec 18, 2023 22:34saya udah janjiin ke anak saya, perempuan juga... untuk ensure dia bisa bawa mobil manualthestoneroses wrote: Mon Dec 18, 2023 21:32 Sepertinya demikian Om.
Saya terakhir punya mobil manual 2005...
Lalu anak saya, perempuan, ngga bisa bawa manual. Bukan karena ngga belajar, tapi memang nga ada mobil manualnya. Haha
Jangan kayak emaknya yang cuma bisa bawa matic...
*she's 10![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: mobil manual PUNAH??
Kl yg 5speed sih 3000rpm wkt lari 100km/h.qushay20019 wrote: Tue Dec 19, 2023 0:39Sepengalaman ane, CVT tetep lebih irit om dibanding manualnya (at least di HRV E CVT β17 vs BRV E manual β16). Klo cvt ahond cruising flat road nyetir sendiri bisa nahan sekitar 1000-1200 rpm, sementara klo di manualnya its almost impossible (setidaknya menurut pengalaman ane).zonepublic wrote: Mon Dec 18, 2023 14:38 Konsumsi bbm mobil manual juga jauh lebih irit daripada mobil matic apapun mau ags,cvt sampai konvensional
Klo dibanding matic conven iya sih masih iritan manual. Gak tau deh klo DSG & AGS, blom pernah nyetir mobil gituan![]()
Cuman eco nyala terus si wlpn rpm 3000.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: mobil manual PUNAH??
Kemarin waktu beli mobil baru, saya maunya matic. Tapi nyokap dan istri gak bisa matic akhirnya ambil manual..
Berapa bulan lalu beli mobil second buat istri, beli manual lg. Tau gitu pas ambil mobil baru beli yg matic aja....
Untuk konsumsi bbm, cvt jauh lebih irit kalo dipake jalan jauh, bedanya bisa 2-3 km/l di mobil yg sama.
Berapa bulan lalu beli mobil second buat istri, beli manual lg. Tau gitu pas ambil mobil baru beli yg matic aja....
Untuk konsumsi bbm, cvt jauh lebih irit kalo dipake jalan jauh, bedanya bisa 2-3 km/l di mobil yg sama.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1376
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: mobil manual PUNAH??
Gak bisa matic itu uda pernah coba atau cuma takut om?Supersedan wrote: Tue Dec 19, 2023 1:47 Kemarin waktu beli mobil baru, saya maunya matic. Tapi nyokap dan istri gak bisa matic akhirnya ambil manual..
Berapa bulan lalu beli mobil second buat istri, beli manual lg. Tau gitu pas ambil mobil baru beli yg matic aja....
Untuk konsumsi bbm, cvt jauh lebih irit kalo dipake jalan jauh, bedanya bisa 2-3 km/l di mobil yg sama.
Bini ane jg awalnya dl ngga berani pake matic, tp setelah coba 1x lgsg ga mau lg bawa manual sampe skrg

Dan pindah dr manual ke matic ngga pake belajar apa2 lg, cm di parkiran 5 menit buat jelasin fungsi PRNDL, udah abis itu bisa lgsg bawa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: mobil manual PUNAH??
Udah pernah coba om, nyokap dulu dirumah ada mobil matic, berapa kali dipake belajar tetep gak mau, istri juga begitu..kenop wrote: Tue Dec 19, 2023 2:02Gak bisa matic itu uda pernah coba atau cuma takut om?Supersedan wrote: Tue Dec 19, 2023 1:47 Kemarin waktu beli mobil baru, saya maunya matic. Tapi nyokap dan istri gak bisa matic akhirnya ambil manual..
Berapa bulan lalu beli mobil second buat istri, beli manual lg. Tau gitu pas ambil mobil baru beli yg matic aja....
Untuk konsumsi bbm, cvt jauh lebih irit kalo dipake jalan jauh, bedanya bisa 2-3 km/l di mobil yg sama.
Bini ane jg awalnya dl ngga berani pake matic, tp setelah coba 1x lgsg ga mau lg bawa manual sampe skrg![]()
Dan pindah dr manual ke matic ngga pake belajar apa2 lg, cm di parkiran 5 menit buat jelasin fungsi PRNDL, udah abis itu bisa lgsg bawa
Dipikir daripada nanti kenapa2 dijalan, yaudah ngalah aja ngambil manual

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil manual PUNAH??
yg om tulis itu hanya berlaku di early 2000s.
perawatan matic malah relatif lbh mudah preventifnya. matic hanya perlu ganti oli matic p. 40rb utk konvensional dan 20rb untuk CVT. manual ada ritual harus ganti kupleng dan kalo supirnya kasar atau sering nanjak setengah kupleng dijamin kampas kupleng nggak akan tahan lama.
iritnya manual sdh bisa diimbangi matic 6-speed, 7-speed, 8-speed dst kalo mbl murah ya CVT. performa 11-12 juga. manual performanya sangat reliant ke supirnya.
manual sdh jadi niche sendiri utk mobil tertentu. kelebihan manual hanya ini :
manual kalo mau torsi besar harus ganti kopling. cuma ini potensi besarnya ya bisa diganti kupleng racing yang sekali lap mungkin betis udah berasa leg press 100x.
udah terbukti aisin a340 di toyota innova malah jauh lebih favorit utk upgrade krn lebih simple nggak perlu ganti apa apa. innova diesel manual harus ganti kupleng, yang auto dihajar 500Nm lebih masih strong. makanya di pasar bekas, innova diesel matic lebih kuat.
tp hari gini poin pake manual bukan lagi soal tenaga besar. manual itu soal control and having fun. professional driver di track bisa ngatur kapan downshift kapan upshift sendiri sesuai selera dan gaya nyetir. regardless of laptimes, karena laptimes manual skrg saja kalah dengan dual clutch udah dibuktikan sama keiichi tsuchiya dia pake GTI Manual vs GTI DSG, kecepatan shiftingnya tetep kalah.
tapi nggak semua manual fun sih. kalo udah bawa manualnya daihatsu, saya lebih suka automaticnya. nggak semua manual cocok buat saya. manual nya honda brio miles better daripada daihatsu. sy dah pernah bawa head on krn dititipin orang brio dan ayla sekaligus.
perawatan matic malah relatif lbh mudah preventifnya. matic hanya perlu ganti oli matic p. 40rb utk konvensional dan 20rb untuk CVT. manual ada ritual harus ganti kupleng dan kalo supirnya kasar atau sering nanjak setengah kupleng dijamin kampas kupleng nggak akan tahan lama.
iritnya manual sdh bisa diimbangi matic 6-speed, 7-speed, 8-speed dst kalo mbl murah ya CVT. performa 11-12 juga. manual performanya sangat reliant ke supirnya.
manual sdh jadi niche sendiri utk mobil tertentu. kelebihan manual hanya ini :
itupun nggak selaluKeasikan berkendara,trus buat diupgrade performanya lebih mudah ditransmisi manual karena lebih tahan banting dan nerima torsi besar
manual kalo mau torsi besar harus ganti kopling. cuma ini potensi besarnya ya bisa diganti kupleng racing yang sekali lap mungkin betis udah berasa leg press 100x.
udah terbukti aisin a340 di toyota innova malah jauh lebih favorit utk upgrade krn lebih simple nggak perlu ganti apa apa. innova diesel manual harus ganti kupleng, yang auto dihajar 500Nm lebih masih strong. makanya di pasar bekas, innova diesel matic lebih kuat.
tp hari gini poin pake manual bukan lagi soal tenaga besar. manual itu soal control and having fun. professional driver di track bisa ngatur kapan downshift kapan upshift sendiri sesuai selera dan gaya nyetir. regardless of laptimes, karena laptimes manual skrg saja kalah dengan dual clutch udah dibuktikan sama keiichi tsuchiya dia pake GTI Manual vs GTI DSG, kecepatan shiftingnya tetep kalah.
tapi nggak semua manual fun sih. kalo udah bawa manualnya daihatsu, saya lebih suka automaticnya. nggak semua manual cocok buat saya. manual nya honda brio miles better daripada daihatsu. sy dah pernah bawa head on krn dititipin orang brio dan ayla sekaligus.
Last edited by ChZ on Tue Dec 19, 2023 2:30, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: mobil manual PUNAH??
kalo dibilang punah, berlebihan lah. peminat menurun, tapi masih banyak kok yg lebih pilih manual. utk mobil niaga, sport, pegunungan atau kota kecil masih sangat banyak peminat manual.
tergantung lokasi aja.
tergantung lokasi aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: mobil manual PUNAH??
udh ngga, apalagi bengkel non resmi udh banyak yg bs handle + udh banyak yg melek jg tentang mobil matic terutama dari youtube or medsos lain menurut saya + trendnya emg udh kesana, apalagi jabodetabek yg tau sendiri macetnya kaya gmn. kalo dari saya, yg mempengaruhizonepublic wrote: Mon Dec 18, 2023 14:38 Beberapa waktu terakhir kebetulan nanya2 sama sales mobil baru dan pedagang mobil bekas,mayoritas mobil yang laku memang bervariasi tapi baik seller mobil baru maupun pedagang mobil bekas pada bilang,mayoritas mau mobil city car sekelas lcgc,low mpv yang paling laku transmisi matic
Mau mobil taun jadul 90-2000an yang transmisi maticnya masih banyak cacat,bego,rentan bermasalah tetap lebih dicari sampe mobil masa kini yang sudah pake cvt
Apa sekarang orang2 sudah pada tidak takut rawat matic ya?padahal transmisi manual rawatnya jauh lebih mudah dan murah lho daripada matic
Mobil manual kalo accu habis didorong masih bisa distarter sehingga bisa jalan setidaknya sampe bengkel/toko accu terdekat
Konsumsi bbm mobil manual juga jauh lebih irit daripada mobil matic apapun mau ags,cvt sampai konvensional
Keasikan berkendara,trus buat diupgrade performanya lebih mudah ditransmisi manual karena lebih tahan banting dan nerima torsi besar
Kayanya kedepan indonesia bakal banyak orang seperti orang amerika,banyak yang ga bisa bawa mobil manual
Bagaimana menurut anda?apa yang mempengaruhi hal ini?
Apakah nantinya mobil niaga juga akan beralih ke transmisi otomatis seperti bus transjakarta?
- edukasinya udh banyak, udh banyak di youtube yg bahas tentang mobil matic ini
- trend kota besar terutama di pulau jawa terutama yg ibukota provinsi trafficnya udh mulai meningkat, jd perlu yg lebih praktis & lebih santai bawanya buat menembus kemacetan, ya matic ini solusinya menurut saya
- lebih practical jg nyetirnya menurut saya
kalo kendaraan niaga sepertinya iya, tp ngga dalam waktu deket, paling 5-10 tahun lagi paling cepet hehehe
ngga juga, kebetulan saya cukup sering kirim mobil kesana, menurun iya, tapi ngga jauh kok. even di ibukota provinsinya pun masih banyak penggemar manual, tp dibanding tahun2 sblmnya, memang udh mulai geser trend, tp di ibukota provinsinya aja, itupun ngga jauh, justru di jabodetabek yg peminat manualnya menurun jauh. kalo di jateng ya yg mulai pindah ke matic paling di ibukota provinsinya aja atau jogja. itupun ngga jauh penurunannya, malah yg non ibukota provinsinya di jateng , peminat manualnya masih sangat sangat banyak menurut saya
betul, intinya keluar jabodetabek, karena memang peminatnya disana masih banyak, terutama diluar jawa & pulau jawa sekalipun, terutama non ibukota provinsinyamobilkutu wrote: Mon Dec 18, 2023 16:51 pengguna setia manual dari 2014-2023. Kyknya si bakal punah di jabodetabek. Unit second manual laku nya cuman ke daerah jabar, jateng, sumatera. Terakhir jual mobil second manual laku nya ke serang, satu nya lagi laku ke jateng.
Skrg pake cvt. ngantuk parah bawa nya
Tentu nya harus honda kalo manual. Tgl di Kasih oli 0-20w. Wuzzz wuzzz....
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: mobil manual PUNAH??
menurut saya manual honda masih yg paling oke feelnya, terutama sensasi pindah gear, dari brio sd civic rasanya perpindahan giginya tegas dan masuk, kalo di atoyot, daihatsu dan sijuki, rasanya kayak masuk ga masuk tuh persneling, kadang malah kayak rasa oblak ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: mobil manual PUNAH??
Dulu waktu tinggal di Bandung juga gw selalu bawa manual (karena memang bokap beli mobil selalu manual).
Tapi begitu pindah ke Jakarta, wew, gak mau deh pake manual di kota ini, apalagi buat nguli saban hari...
Tapi begitu pindah ke Jakarta, wew, gak mau deh pake manual di kota ini, apalagi buat nguli saban hari...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: mobil manual PUNAH??
Klo BRV manualnya 6 speed om, gear ratio pendek2 jadi saya waktu punya dulu suka ganti gigi 1 ke 3, ato 2 ke 4 klo di jalan datar, hehehemobilkutu wrote: Tue Dec 19, 2023 1:41 Kl yg 5speed sih 3000rpm wkt lari 100km/h.
Cuman eco nyala terus si wlpn rpm 3000.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil manual PUNAH??
di daihatsu gigi 1 nyendat nyendut, gigi 2 kurang torsi. kalo stop and go musti hati2 banget lepas kopling biar nggak lompat.levofloxacine wrote: Tue Dec 19, 2023 2:44 menurut saya manual honda masih yg paling oke feelnya, terutama sensasi pindah gear, dari brio sd civic rasanya perpindahan giginya tegas dan masuk, kalo di atoyot, daihatsu dan sijuki, rasanya kayak masuk ga masuk tuh persneling, kadang malah kayak rasa oblak ...
honda brio aja rasanya linear bgt lebih gampang dipasinnya. saya jg masih punya cita cita punya manual... antara FK8 atau nanti kalo matic E39 jebol gw mau swap manual...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7