Kalo dari pengalaman pribadi tapi saya gak sebut spesifik olinya yang mana ya. Daripada pakai oli kelas 5000km , mending pake bagus 10rb km.kenop wrote: Mon Dec 11, 2023 5:02Pikiran iseng aja ini, shell city 0w20 di online shop rata2 jual 90rb/liter, misal pake 4 L, 360rb buat 5000 kmSuryaputra wrote: Mon Dec 11, 2023 4:17Amancarlzeiss wrote: Mon Dec 11, 2023 4:11 ada yang udh pernah coba shell city 0w-20 ?
rekomen ga ya untuk range harga sgitu atau ada yg lebih ok ? jgn oli keraton ya udh ga masuk budget
rencana pakai untuk 1TR km 85 ribu
mau dipakai liburan nataru trip jawa tengah dari tangerang
Ganti per 5rb km aja.
Bagus mana sm pake oli yg bs 10rb km, misal motul htech 0w20 yg dijual di range harga 700rban/4 L
Bagus opsi yg mana?
Kl dr waktu sih hemat yg opsi ke 2 ya, jd ngga usah 2x ke bengkel dlm rentang 10rb km
Kl buat ke mesinnya?
1. Irit waktu
2. Wear level lebih baik (supported by hasil UOA oli)
3. Filter cuma ganti 1x
Oli bagus misalnya Q8, pake 15rb km pun masih bisa. Jadi kondisi oli saat masa akhir pakai 10rb itu masih jauh lebih bagus daripada oli kelas 5000km.
Tapi kalo kita bicara ekonomisnya, sebenernya tergantung juga spek mesin, pola nyetir kita, dll.
Misalnya punya mobil eropa 6 silinder, ya kali pake oli ECO. Bisa jebol itu mesin

Oli murah jg sering drop dibawah 90rb / liter om, kalo itu kan brati kurang lebih 2x lebih murah dari Q8 untuk 1/2 masa pakainya. Kadang bisa 3x lebih murah masalahnya

Jadi balik lagi tergantung usernya juga, cara terbaik sih di coba aja 22nya
