MrRichardhn wrote: Wed Dec 06, 2023 13:08
Siang semua, ingin tanya-tanya rekomendasi mobil pengganti Harrier orangtua di rumah.
Kebetulan Harrier kami tahun ini sudah habis asuransinya, dan tidak bisa diperpanjang lagi setelah 15 tahun minta terus ke agen asuransinya untuk diperpanjang hehe. Harrier ini seringkali dipakai oleh orangtua untuk perjalanan luar kota Jakarta-Bandung, tidak jauh-jauh amat tapi treknya terbukti cukup membuat Harrier kami kewalahan di usianya sekarang. Juga pastinya ada beberapa part yang perlu diremajakan sesegera mungkin karena faktor usia. Kalau saya yang pakai mungkin bakal tenang-tenang aja, toh mobilnya masih enak, parts berlimpah, dan servisnya pun juga mudah. Tapi orangtua saya lebih memilih mobil baru dengan alasan "ease of mind", dan juga dengan adanya asuransi, masih bisa kalau terjadi apa-apa di jalan ketika dipakai mobilnya.
20231206_114616.jpg
Kriteria mobil yang diinginkan orangtua adalah mobil baru atau bekas yang:
-
Bukan Sedan, karena orangtua sudah terbiasa dengan posisi menyetir Harrier.
- Punya bantingan suspensi yang nyaman ketika dipakai di tol, khususnya jalan layang MBZ.
- Mobil masih bisa nunggak bensin RON 92, dengan konsumsi BBM sama atau lebih irit dari Harrier.
- Masih bisa disetir sendiri kalau lagi tidak ada supir (alias tidak besar ukurannya)
- Untuk mobil bekas, umur mobil maksimal 5 tahun.
- Harga dibawah 1m
Agak banyak ya persyaratannya, tapi pada akhirnya setelah menonton beberapa review di youtube dan membaca banyak thread di SM dan forum-forum lainnya. Sejauh ini listnya adalah:
Mobil baru:
-
Honda CRV RS Hybrid (Masalahnya si Hybrid ini sudah menyentuh angka 8xx buat sebuah CRV, BQ nothing special tapi cukup solid, bahan jok kulitnya agak bikin geleng-geleng kepala)
-
Honda CRV RS Turbo (Sama kayak di atas, tapi harga beli lebih murah namun masih mahal di 7xx, jok baris ke-3 pun gak guna juga malah makan ruang bagasi)
-
Mazda CX5 (Ukurannya pas, harga masih di 6xx tapi duduk di baris ke-2 lebih sempit. BQ dan bahan interior bagus, cuma masih skeptis dengan reliability, spareparts not widely available, dan juga cerita horror STNK & BPKB keluarnya lama minta ampun)
-
Toyota Voxy R90 (menang di aspek CBU Jepang, yang berarti BQ bagus. Harga pun masih di 6xx rendah. Ukuran mobil overall lebih pendek dan tidak selebar Harrier, tapi katanya agak boyo ya kalau di tol?)
-
Toyota Innova Zenix V/Q Hybrid (Ini masih 50:50 karena masih nunggu improvement, BQ masih agak meh, keluar-masuk kabin agak aneh karena lantainya tinggi, tapi menang di brand reliability dan image mobilnya yang bisa dipakai kemana saja tanpa mengundag rasa iri)
-
Toyota Innova Zenix V Gasoline (pemikiran yang sama dengan hybrid, tapi sepertinya ini bakal jauh lebih awet untuk pemakaian jangka panjang tapi harus mengorbankan keiritan bensin)
Mobil bekas:
-
Lexus RX300 Luxury 2018-2022 (Secara spiritual, cocoknya memang upgrade ke ini. Tapi bensinnya harus RON 95 keatas, dan artinya running costnya berbeda cukup signifikan)
-
Honda Odyssey RC 2019 (Facelift dan pre-Honda Sensing, HU masih full touch sensitive tombolnya tapi no big deal sih)
-
Honda Odyssey RC 2021 (Facelift dan sudah Honda Sensing, HU sudah Carplay dan Android Auto juga ada tombol fisik buat volume dan tuning)
Sekian dilema saya saat ini. Mohon rekomendasinya, maklum saya masih agak newbie kalau bahas-bahas mobil agak baru jadi manatau ada yang punya rekomendasi mobil yang yang lebih pas
kebetulan ex user CRV turbo pres, CX5 elite, RX 300 luxury & sekarang user voxy R90. serta sudah pernah TD harrier model kaya ts nya punya sodara, zenix gasoline dan hybrid + crv rs
kalo saya jadi tsnya, saya bakal pick alphard G ATPM 2018-2020. paling masuk kriteria dan budget. upgrade hampir disemua sisi terutama kenyamanan, karena jok row 2 jg termasuk yg paling tebel & paling empuk juga dibanding kandidat lain (kecuali oddys), saya gabisa komen karena blm pernah td apalagi punya hehehe
kalo CRV gen 6 ya cukup worthed, jauh improvenya dibanding crv rw saya dulu, kalo mau cari mobil yg all rounder juga saya pilih crv. ballance semua. nyaman dapet, empuk dapet, fitur udh lumayan lengkap, lega, dan practical + masih enak buat disetir dan punya tarikan, handling serta driving feel yg oke. walaupun masih dibawah cx5, tapi 3 aspek yg terakhir saya sebutkan bakal upgrade dari harrier , even sm lexus rx300 pun masih lebih enak crv nyetirnya. tp kalo cari kenyamanan dengan benchmark harrier, crv baru ya jangan harap bisa setara, paling kenyamanan standar kelasnya menurut saya, secara class jg never lies, tp dapet dealbreaker di fitur, driving feel, tarikan , handling dan model yg fresh karena baru
cx5 reliable kok, aftersales juga kalo tinggal di jabodetabek masih aman2 aja, bengkel banyak yg bs handle. dulu saya pake 3 tahun sampe dijual di km 54rb cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya aman, cuma servis rutin dan ganti oli aja . tapi ya minus paling fatal ada di akomodasi yg emg agak kurang, apalagi dibanding crv, kenyamanan jg dibanding kandidat lain termasuk yg paling keras bantingan suspensinya. tp dibanding semua kandidat, cx5 lah yg punya driving feel, tarikan , dan handling yg paling oke dibanding semua kandidat, even lexus rx sekalipun (kebetulan saya pernah piara crv turbo pres 2019, cx5 elite 2018 & rx 300 luxury 2018 barengan)
kalo voxy 90. hmm, gimana ya, jujur aja saya agak nyesel ambil ini, apalagi waktu itu sampe2 merelakan 2 mobil yaitu reborn diesel dan crv turbo pres buat digulung jadi 1 mobil ini, even saya termasuk antrian inden dari 2022 & baru dapet bulan mei kmrn , saran saya jangan ambil ini kecuali memang butuh bgt mobil yg gampang akses masuknya or nyari akomodasinya aja , gak worthed di harga segitu menurut saya, banyak minusnya
- walaupun CBU jepang, tapi bqnya biasa2 aja, masih bagussan CX5 elite saya dulu + sejak mobil kmnya baru 1.000 perak, sudah rattle dan geter dari pintu belakang sebelah kiri, bolak balik bengkel pas servis rutin gak sembuh, akhirnya pasrah aja deh, gedein audio aja, kalo bukan karena pusaka keluarga , secara ibu dan nenek saya suka dengan kepraktisan, akomodasi & akses masuknya yg gampang sehingga mobil ini jadi salah 1 mobil kesayangan dikeluarga saya, sudah saya jual dari jauh jauh hari
- BOYO PAKE BANGET di tol. saya bilang gini karena memang saya punya unitnya & sudah pernah saya bawa ke puncak , bandung ,semarang, jogja dan solo. gacuma di tol, di tanjakkan kondisi full load jg bengek parah, minus yg agak fatal buat saya di mobil ini pas lari 120 di transjawa berasa mau terbang, mobil goyang kekiri kekanan. perbandingan saya rute sama pake CRV turbo, innova reborn diesel, cx5 elite, anf vrz & ANPS dakar ngga ada yg segitunya + kalo di tanjakkan full load mesti diurut dulu pedal gasnya, saya kemaren di jogja aja pake mode manual kalo nanjak, kalo pake mode d, bakal ngos ngosan mobilnya
- bantingan nggak empuk2 amat buat mpv sliding door. well, memang membaik dibanding gen sblmnya, tp dibanding c26 & c27 saya berani bilang masih lebih empuk c26 % c27 dibanding voxy saya. mobil ini all rounder alias serba cukup aja, cukup fun to drive dan cukup nyaman, secara driving feel, tarikan dan handlingnya masih dibawah biante + bantingan suspensi, keempukkan dan kenyamanan masih dibawah serena
cuma plusnya ya fitur lumayan, desain exterior dan interior cakep, akomodasi, kelegaan dan kepraktisan juara + akses masuknya jg gampang
kalo zenix no lah, bakal berasa downgradenya kalo dari harrier, apalagi ngomong BQ sm kenyamanan, kalo pindah dari trio ladder or kelas bawahnya baru cocok ( no offence ya) . sm reborn dan gnki saya dulu aja masih lebih solid reborn & gnki interiornya, kalo zenix entah knp agak kurang bq nya buat harga segitu. cm plusnya ya fitur banyak, irit bbm buat dalkotnya terutama kl yg hybrid, interiornay cakep + nyaman juga buat row 2 & dalkotnya secara skrg udh 1 platform sm voxy , udh gak 1 platform sm fortuner lg hehehe
RX300 luxury ngga harus ron 95 kok, saya pake 3 tahunan beli seken pake pertamax terus sampe dijual awal tahun ini gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja
kalo saya buat mobil baru vote crv . kalo seken RX, tapi yg f sport hehehe