iwing wrote: Thu Dec 07, 2023 10:30
btw bukan nya salah satu arti dari garansi seumur hidup adalah selama produk tersebut masih di produksi ya (baterai). klo sudah ganti generasi baterai atau sdh tidak produksi tipe tsb, otomatis garansi seumur hidup gak berlaku..??
Nah ini bahan diskusi baru. Kalau ketersediaan produk itu tergantung dari lama garansi, kalo garansi 8 tahun berarti dalam 8 tahun pasti ada partnya. Nah kalo lewat 8 tahun itu tergantung pabrikan, kalo Honda 2W&4W pernah denger onderdilnya ATPM jamin stocknya pasti ada sampai 10 tahun, lewat 10 tahun mengandalkan sisa di gudang sama di market. Lewat itu tergantung pabrikan KW.
Nah di ICE, kalo ganti model engine jeroan ganti semua, makanya umur engine panjang2 dan 1 engine dipake buat segala macam model, harapannya setelah discontinue banyak sisanya di pasar umum.
Yang gelap EV. Menang besar dia di platform, kayak Hyundai e-GMP itu dipake I5,I6,I7,Kia EV6,EV7, kayaknya Kona baru juga pake, jadi kayaknya kalo battery module aja populasi pemakainya relatif lebih banyak dari ICE. Cuma beginipun battery modulenya Hyundai spesifik banget, ndak ada cerita batere e-GMP bisa dipasang di EQS
Yang saya penasaran itu low end EV China macam Wuling & Neta, jangan2 pakenya battery-nya generik, pake prismatik biru LFP, mau Wuling, Neta apalagi bisa tuker2an modul, makanya pada berani lifetime2an
