Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Soedirman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Nov 28, 2023 7:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Soedirman »

Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Soedirman wrote: Tue Nov 28, 2023 7:23 Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
i think, not really
selama masih pk oli range w30 sih aman aja harusnya.

cb fokus ke cooling system + coolant aja dulu mbah
dan kondisi thermos nya gmn.
+ bbm minimal ron 92
Last edited by Suryaputra on Tue Nov 28, 2023 8:50, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by josomba »

Soedirman wrote: Tue Nov 28, 2023 7:23 Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
Kalau lipina baikan rutin pake redline fuel cleaner atau sejenis yg tinggi PEA. Sama pakai Oil Catch Tank aja um, biar ga cepet penumpukan karbon.

mungkin mbah @DOHC bisa bersabda juga
Image
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Chr1stm1 »

josomba wrote: Tue Nov 28, 2023 8:46
Soedirman wrote: Tue Nov 28, 2023 7:23 Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
Kalau lipina baikan rutin pake redline fuel cleaner atau sejenis yg tinggi PEA. Sama pakai Oil Catch Tank aja um, biar ga cepet penumpukan karbon.

mungkin mbah @DOHC bisa bersabda juga
Suryaputra wrote: Tue Nov 28, 2023 8:07
Soedirman wrote: Tue Nov 28, 2023 7:23 Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
i think, not really
selama masih pk oli range w30 sih aman aja harusnya.

cb fokus ke cooling system + coolant aja dulu mbah
dan kondisi thermos nya gmn.
+ bbm minimal ron 92
Nambahin kedua ahli di atas...untuk coolant better yg 30/70 aja, lebih bagus daya lepas panasnya
Atau kalo stay di 50/50 pakai coolant tokcer macam mannol G12+ ( 5 liter 240rban )
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Spies »

Soedirman wrote: Tue Nov 28, 2023 7:23 Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
Padahal udah ga pake EGR ya, ternyata ngelitik masih ada juga

Coba dulu bersih2 ruang bakar om, pakai fuel cleaner macam redline atau hotshot's lanjut italian tune up

Oli bagus ada pengaruhnya juga sih, mesin hr15de mah maksimal kasih oli buntut 30
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Greenhunter »

Soedirman wrote: Tue Nov 28, 2023 7:23 Siiang puuh..
Mohon sharingnya..

Untuk meminimalisir suara nglitik di Livina L11, bisa pakai oli merk n type apa ya?

Krn infonya salah satu penyebab nglitik krn suhu yg terlalu panas di mesin.
Apakah kira2 dgn memakai oli yg bagus, akan bisa menekan gejala ngelitiki ini?
Saya pakai OGL 1x carbon clean dari lubang busi waktu kilometer 96rb bengkelnya pakai bahan merk spirit. skrg kilometer 132rb. BBM selalu pertalite, bulan lalu saya isi redline CFCS ½ botol lalu isi pertamax sampai penuh berharap dia bersihkan injektor dan ruang bakar. Setelah itu balik ke pertalite lagi, redline CFCS yang tinggal ½ botol di pakai untuk maintenance, tuang redline 50 ml tiap kali isi 200rb pertalite sampai redline habis dan lanjut isi pertalite terus sampai skrg tidak ada bunyi ngelitik.
bloodwingg2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
Location: Jkt
Daily Vehicle: Brio Satya 18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by bloodwingg2 »

Suryaputra wrote: Fri Nov 10, 2023 8:11
12punch wrote: Fri Nov 10, 2023 8:01
Suryaputra wrote: Wed Nov 01, 2023 7:38 yg ptg coolant mbah
kpn terakhir ganti nya?
Suryaputra wrote: Wed Nov 01, 2023 8:44 2 thn sekali aja coolant

Ada di buku manual koq, ganti awal di 100rb km / 5 thn klo gak salah.
Selanjutnya jauh lbh pendek.
kalo ganti coolant, harus tipe dan warna yg sama atau bebas om ?
agak oot tp ada rekomen kah?
makin tinggi titik didih collant makin baik ya ? atau apa nih yg perlu diperhatikan kalo ganti coolant ?
warna mah bebas, yg penting spec / kebutuhan ingredients-nya sesuai dgn bawaan / manual book.

yg perlu diperhatikan:
- interval ganti / cr aman aja
harga coolant gak seberapa dibanding....
- make sure, dinamo kipas berfungsi kencang, gak ada bocor selang, kisi2 radiator, reservoir, dan aman buka / tutup thermostatnya. :big_peace:
kebetulan diskusinya masih seputar coolant dan radiator.
Kemarin saya ganti air radiator dari master ke prestone hijau om. Saya cek suhu pas macet2an masih sama (sekitar 90-95 derajat), cuma kalo dibawa jalan bisa manteng di 90 (siang) dan kalo malem dibawa cruising sekitar 85-88.
Barusan saya cek tutup radiator, di tutupnya udah gak ada main sih. Oh iya, dan mobil nya honda brio.

Apakah suhu segitu wajar? Atau memang harus ganti tutup radiatornya juga kalo dari tutupnya udah gak ada main per nya?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

bloodwingg2 wrote: Thu Nov 30, 2023 11:10
Suryaputra wrote: Fri Nov 10, 2023 8:11
12punch wrote: Fri Nov 10, 2023 8:01



kalo ganti coolant, harus tipe dan warna yg sama atau bebas om ?
agak oot tp ada rekomen kah?
makin tinggi titik didih collant makin baik ya ? atau apa nih yg perlu diperhatikan kalo ganti coolant ?
warna mah bebas, yg penting spec / kebutuhan ingredients-nya sesuai dgn bawaan / manual book.

yg perlu diperhatikan:
- interval ganti / cr aman aja
harga coolant gak seberapa dibanding....
- make sure, dinamo kipas berfungsi kencang, gak ada bocor selang, kisi2 radiator, reservoir, dan aman buka / tutup thermostatnya. :big_peace:
kebetulan diskusinya masih seputar coolant dan radiator.
Kemarin saya ganti air radiator dari master ke prestone hijau om. Saya cek suhu pas macet2an masih sama (sekitar 90-95 derajat), cuma kalo dibawa jalan bisa manteng di 90 (siang) dan kalo malem dibawa cruising sekitar 85-88.
Barusan saya cek tutup radiator, di tutupnya udah gak ada main sih. Oh iya, dan mobil nya honda brio.

Apakah suhu segitu wajar? Atau memang harus ganti tutup radiatornya juga kalo dari tutupnya udah gak ada main per nya?
klo per (spring) nya gak main, baiknya diganti ajah lgs mbah.

sekalian cek thermostat, khawatir menghindari macet buka tutup thermos.
Krn klo macet ketika posisi closed, wah berabe, bisa overhit.
artinya coolant bisa gak sirkulasi ke dalam waterjacket :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bloodwingg2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Sun Jul 03, 2022 12:18
Location: Jkt
Daily Vehicle: Brio Satya 18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by bloodwingg2 »

Suryaputra wrote: Thu Nov 30, 2023 11:14
bloodwingg2 wrote: Thu Nov 30, 2023 11:10
Suryaputra wrote: Fri Nov 10, 2023 8:11

warna mah bebas, yg penting spec / kebutuhan ingredients-nya sesuai dgn bawaan / manual book.

yg perlu diperhatikan:
- interval ganti / cr aman aja
harga coolant gak seberapa dibanding....
- make sure, dinamo kipas berfungsi kencang, gak ada bocor selang, kisi2 radiator, reservoir, dan aman buka / tutup thermostatnya. :big_peace:
kebetulan diskusinya masih seputar coolant dan radiator.
Kemarin saya ganti air radiator dari master ke prestone hijau om. Saya cek suhu pas macet2an masih sama (sekitar 90-95 derajat), cuma kalo dibawa jalan bisa manteng di 90 (siang) dan kalo malem dibawa cruising sekitar 85-88.
Barusan saya cek tutup radiator, di tutupnya udah gak ada main sih. Oh iya, dan mobil nya honda brio.

Apakah suhu segitu wajar? Atau memang harus ganti tutup radiatornya juga kalo dari tutupnya udah gak ada main per nya?
klo per (spring) nya gak main, baiknya diganti ajah lgs mbah.

sekalian cek thermostat, khawatir menghindari macet buka tutup thermos.
Krn klo macet ketika posisi closed, wah berabe, bisa overhit.
artinya coolant bisa gak sirkulasi ke dalam waterjacket :upss:
barusan dicoba jalan om, suhu nya naik cepet kalo lagi pas akselerasi. cuma kalo dibawa kalem biasa, dia cenderung stabil, naik sampe ke 91c
Nah, pas dicoba idle, suhunya langsung turun dan kipasnya berputar cepat. Tadi pas standby jd genset turun sampe 85c
berarti dalam hal ini gapapa ya om?

Kalau dibawa jalan santai ke bengkel yg jaraknya 3km gapapa ya om?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

bloodwingg2 wrote: Thu Nov 30, 2023 12:45
Suryaputra wrote: Thu Nov 30, 2023 11:14
bloodwingg2 wrote: Thu Nov 30, 2023 11:10

kebetulan diskusinya masih seputar coolant dan radiator.
Kemarin saya ganti air radiator dari master ke prestone hijau om. Saya cek suhu pas macet2an masih sama (sekitar 90-95 derajat), cuma kalo dibawa jalan bisa manteng di 90 (siang) dan kalo malem dibawa cruising sekitar 85-88.
Barusan saya cek tutup radiator, di tutupnya udah gak ada main sih. Oh iya, dan mobil nya honda brio.

Apakah suhu segitu wajar? Atau memang harus ganti tutup radiatornya juga kalo dari tutupnya udah gak ada main per nya?
klo per (spring) nya gak main, baiknya diganti ajah lgs mbah.

sekalian cek thermostat, khawatir menghindari macet buka tutup thermos.
Krn klo macet ketika posisi closed, wah berabe, bisa overhit.
artinya coolant bisa gak sirkulasi ke dalam waterjacket :upss:
barusan dicoba jalan om, suhu nya naik cepet kalo lagi pas akselerasi. cuma kalo dibawa kalem biasa, dia cenderung stabil, naik sampe ke 91c
Nah, pas dicoba idle, suhunya langsung turun dan kipasnya berputar cepat. Tadi pas standby jd genset turun sampe 85c
berarti dalam hal ini gapapa ya om?

Kalau dibawa jalan santai ke bengkel yg jaraknya 3km gapapa ya om?
Normal sih.

Cuma ya klo per / spring radiator cap udh gak main, kudu diganti.

Krn itu fungsinya untuk nyeimbangin tekanan coolant di radiator X reservoir.

Sekaliam cek thermostat coolant gakda salahnya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ashuron2
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun Jul 17, 2022 4:43
Location: Jakarta Barat
Daily Vehicle: Cortez CT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by ashuron2 »

Malam mbah2 semuanya, apakah ada yg pernah coba Mobil 1 Triple Action Power 5w30 ?

Kalau benar bisa 10.000km / 1 tahun harganya lagi menggiurkan di J****** M****
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

ashuron2 wrote: Fri Dec 01, 2023 15:44 Malam mbah2 semuanya, apakah ada yg pernah coba Mobil 1 Triple Action Power 5w30 ?

Kalau benar bisa 10.000km / 1 tahun harganya lagi menggiurkan di J****** M****
Gass mbah
Coba aja

Sambil cek penguapan di dipstick tiap 1rb km
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by wicaksono99 »

Kyu eit 0w-20 sudah mau running 16rb km di mobil all new ertiga bahan bakar CNG..Masih enak aja, nanti rencana ganti setelah running 17rb km dan cek UOA lagi :big_grin:
IMG_20231201_143629.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by rendr »

VOA FK Mass Trinity
Oli tua est 2016 kurleb

agak impress juga
Walau udh keliatan oksidasi dan sulphation udh agak tinggi ya
Calciumnya tinggi ya
IMG-20190619-WA0023.jpg
Screenshot_20231202_081400_Drive.jpg
Screenshot_20231202_081348_Drive.jpg
Any comment?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gaspol resing tim
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Sat Dec 02, 2023 0:39 Kyu eit 0w-20 sudah mau running 16rb km di mobil all new ertiga bahan bakar CNG..Masih enak aja, nanti rencana ganti setelah running 17rb km dan cek UOA lagi :big_grin:
IMG_20231201_143629.jpg
Gokil mbah suhu :big_biglaugh:
Sy kira dah ganti dr kpn tau
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Sat Dec 02, 2023 1:18 VOA FK Mass Trinity
Oli tua est 2016 kurleb

agak impress juga
Walau udh keliatan oksidasi dan sulphation udh agak tinggi ya
Calciumnya tinggi ya
IMG-20190619-WA0023.jpg
Screenshot_20231202_081400_Drive.jpg
Screenshot_20231202_081348_Drive.jpg

Any comment?
Gpp bisa koq pakai 7-10rb km tergantung traffic

Q8 storage 3 tahun jg; oxi, nit, dan sulfur, mirip value VOA nya.

Asal ketika UOA, soot nya tetap 0.

Krn klo soot dah muncul valuenya >0, itu gejala varnish.
Soot itu bikin varnish = lumpur in mid term :upss:

https://www.caesarvery.com/2021/05/pros ... n.html?m=1
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by severmaya »

rendr wrote: Sat Dec 02, 2023 1:18 VOA FK Mass Trinity
Oli tua est 2016 kurleb

agak impress juga
Walau udh keliatan oksidasi dan sulphation udh agak tinggi ya
Calciumnya tinggi ya
IMG-20190619-WA0023.jpg
Screenshot_20231202_081400_Drive.jpg
Screenshot_20231202_081348_Drive.jpg

Any comment?
Wah dapet dari mana oli gituan? Dah jarang bgt yang jual
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sintoni »

rendr wrote: Sat Dec 02, 2023 1:18 VOA FK Mass Trinity
Lamanya sudah ga liat oli ini om.

Dulu 10-11 taun lalu masih sering pake FK Freshing 5w30. Jaman 2011-2012 itu kalau ga salah si Freshing ini harga 450rb per galon, lebih murah sikit dibanding kompetitorny si LM AsiaAmerica jg mirip2 segitu. Itu harga di bengkel termasuk jasa ganti oli ya.

Trinity ini kemaren dapat harga berapa om?

Kalau ada toko onlinenya boleh spill dong om. Haha.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Supersedan »

sintoni wrote: Sat Dec 02, 2023 9:06
rendr wrote: Sat Dec 02, 2023 1:18 VOA FK Mass Trinity
Lamanya sudah ga liat oli ini om.

Dulu 10-11 taun lalu masih sering pake FK Freshing 5w30. Jaman 2011-2012 itu kalau ga salah si Freshing ini harga 450rb per galon, lebih murah sikit dibanding kompetitorny si LM AsiaAmerica jg mirip2 segitu. Itu harga di bengkel termasuk jasa ganti oli ya.

Trinity ini kemaren dapat harga berapa om?

Kalau ada toko onlinenya boleh spill dong om. Haha.
Betul, 10an tahun yg lalu freshing di 450rb, trinity 600rban.
Saya masih ada simpen berapa kaleng bekasnya freshing. Keren aja dulu ganti oli pake model kaleng begini :big_biglaugh:
D2DW
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Dec 02, 2023 14:27
Location: Bdo
Daily Vehicle: Fiesta Ecoboost

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by D2DW »

Greenhunter wrote: Wed Nov 29, 2023 2:55 Saya pakai OGL 1x carbon clean dari lubang busi waktu kilometer 96rb bengkelnya pakai bahan merk spirit. skrg kilometer 132rb. BBM selalu pertalite, bulan lalu saya isi redline CFCS ½ botol lalu isi pertamax sampai penuh berharap dia bersihkan injektor dan ruang bakar. Setelah itu balik ke pertalite lagi, redline CFCS yang tinggal ½ botol di pakai untuk maintenance, tuang redline 50 ml tiap kali isi 200rb pertalite sampai redline habis dan lanjut isi pertalite terus sampai skrg tidak ada bunyi ngelitik.
Sorry om tanya, pake redline CFCS impresinya gimana? Beneran bisa cleaning injector dan ruang bakar? Ga bikin mampet filter bensin om?
Jadi ga perlu lagi gurah mesin & tune up lagi dong ya?

Maaf nih masih nubitol 😅
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Greenhunter »

D2DW wrote: Sat Dec 02, 2023 14:56
Greenhunter wrote: Wed Nov 29, 2023 2:55 Saya pakai OGL 1x carbon clean dari lubang busi waktu kilometer 96rb bengkelnya pakai bahan merk spirit. skrg kilometer 132rb. BBM selalu pertalite, bulan lalu saya isi redline CFCS ½ botol lalu isi pertamax sampai penuh berharap dia bersihkan injektor dan ruang bakar. Setelah itu balik ke pertalite lagi, redline CFCS yang tinggal ½ botol di pakai untuk maintenance, tuang redline 50 ml tiap kali isi 200rb pertalite sampai redline habis dan lanjut isi pertalite terus sampai skrg tidak ada bunyi ngelitik.
Sorry om tanya, pake redline CFCS impresinya gimana? Beneran bisa cleaning injector dan ruang bakar? Ga bikin mampet filter bensin om?
Jadi ga perlu lagi gurah mesin & tune up lagi dong ya?

Maaf nih masih nubitol 😅
OGL mobil harian istri, saya hanya kebagian merawat saja. Sehari setelah saya isi redline dia tanya, mobilnya kamu apain kok jadi enak ? Di gas dikit udah jalan, mobil terasa responsif, bahasa dia mobil lebih nglenyer (bahasa jawa).
1x seminggu saya pakai mobil tsb untuk saya isikan bbm. Sudah 2 bulan ini selalu isi pertalie 200rb + 50 ml redline yang saya rasakan respon mesin serasa pakai pertamak, di gas lebih responsif, mobil juga tidak ngelitik padahal mesin OGL yg terkenal raja ngelitik. Filter bensin tidak tersumbat, seumur hidup tidak pernah kuras tangki, ini pertama kali pakai redline, tidak ada keluhan negatif pakai redline CFCS.
Saya tuang ½ botol redline untuk pemakaian awal karena termakan sugesti akibat baca baca di internet banyak yg menyarankan pakai ½ kaleng kalau tidak pernah pakai redline sebelumnya.
Saya coba hitung :
Redline harga 187500 isi 443 ml. Berarti per 1 ml sktr 425 rupiah.
Isi pertalite 200rb + 50 ml redline = 200.000 + 21.250 = 221.250 dapat 20 liter bbm. Berarti perliternya setara dengan harga 11.062, jauh lebih murah dibandingkan isi pertamak, cuma lebih repot aja mesti ukur redline dan tuang setiap kali isi bbm tapi dapetnya setara pertamak dengan harga 11.000 saja + efek cleaning injektor dan ruang bakar.
Baru aja kemarin isi bbm lagi dengan sisa redline yg ada, total sudah habis 2 botol (termasuk ½ yg dituang di awal pemakaian). Setelah ini bakal isi pertalite saja tanpa redline, mau tahu efeknya mesin jadi responsif itu apakah masih berlanjut atau tidak biarpun tanpa redline, kalau iya berarti efek cleaning injektor dan ruang bakanya dapet
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by xfraps »

Greenhunter wrote: Sat Dec 02, 2023 23:33
D2DW wrote: Sat Dec 02, 2023 14:56
Greenhunter wrote: Wed Nov 29, 2023 2:55 Saya pakai OGL 1x carbon clean dari lubang busi waktu kilometer 96rb bengkelnya pakai bahan merk spirit. skrg kilometer 132rb. BBM selalu pertalite, bulan lalu saya isi redline CFCS ½ botol lalu isi pertamax sampai penuh berharap dia bersihkan injektor dan ruang bakar. Setelah itu balik ke pertalite lagi, redline CFCS yang tinggal ½ botol di pakai untuk maintenance, tuang redline 50 ml tiap kali isi 200rb pertalite sampai redline habis dan lanjut isi pertalite terus sampai skrg tidak ada bunyi ngelitik.
Sorry om tanya, pake redline CFCS impresinya gimana? Beneran bisa cleaning injector dan ruang bakar? Ga bikin mampet filter bensin om?
Jadi ga perlu lagi gurah mesin & tune up lagi dong ya?

Maaf nih masih nubitol 😅
OGL mobil harian istri, saya hanya kebagian merawat saja. Sehari setelah saya isi redline dia tanya, mobilnya kamu apain kok jadi enak ? Di gas dikit udah jalan, mobil terasa responsif, bahasa dia mobil lebih nglenyer (bahasa jawa).
1x seminggu saya pakai mobil tsb untuk saya isikan bbm. Sudah 2 bulan ini selalu isi pertalie 200rb + 50 ml redline yang saya rasakan respon mesin serasa pakai pertamak, di gas lebih responsif, mobil juga tidak ngelitik padahal mesin OGL yg terkenal raja ngelitik. Filter bensin tidak tersumbat, seumur hidup tidak pernah kuras tangki, ini pertama kali pakai redline, tidak ada keluhan negatif pakai redline CFCS.
Saya tuang ½ botol redline untuk pemakaian awal karena termakan sugesti akibat baca baca di internet banyak yg menyarankan pakai ½ kaleng kalau tidak pernah pakai redline sebelumnya.
Saya coba hitung :
Redline harga 187500 isi 443 ml. Berarti per 1 ml sktr 425 rupiah.
Isi pertalite 200rb + 50 ml redline = 200.000 + 21.250 = 221.250 dapat 20 liter bbm. Berarti perliternya setara dengan harga 11.062, jauh lebih murah dibandingkan isi pertamak, cuma lebih repot aja mesti ukur redline dan tuang setiap kali isi bbm tapi dapetnya setara pertamak dengan harga 11.000 saja + efek cleaning injektor dan ruang bakar.
Baru aja kemarin isi bbm lagi dengan sisa redline yg ada, total sudah habis 2 botol (termasuk ½ yg dituang di awal pemakaian). Setelah ini bakal isi pertalite saja tanpa redline, mau tahu efeknya mesin jadi responsif itu apakah masih berlanjut atau tidak biarpun tanpa redline, kalau iya berarti efek cleaning injektor dan ruang bakanya dapet
dlu innova bengsin saya ngelitik, saya kasi ginian ilang ngelitik nya om
brarti bekerja eaa :big_exellent:
tarikan memang lebih responsif sedikit, tapi perbedaan nya ya tipsi2 saja
D2DW
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Dec 02, 2023 14:27
Location: Bdo
Daily Vehicle: Fiesta Ecoboost

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by D2DW »

Greenhunter wrote: Wed Nov 29, 2023 2:55 OGL mobil harian istri, saya hanya kebagian merawat saja. Sehari setelah saya isi redline dia tanya, mobilnya kamu apain kok jadi enak ? Di gas dikit udah jalan, mobil terasa responsif, bahasa dia mobil lebih nglenyer (bahasa jawa).
1x seminggu saya pakai mobil tsb untuk saya isikan bbm. Sudah 2 bulan ini selalu isi pertalie 200rb + 50 ml redline yang saya rasakan respon mesin serasa pakai pertamak, di gas lebih responsif, mobil juga tidak ngelitik padahal mesin OGL yg terkenal raja ngelitik. Filter bensin tidak tersumbat, seumur hidup tidak pernah kuras tangki, ini pertama kali pakai redline, tidak ada keluhan negatif pakai redline CFCS.
Saya tuang ½ botol redline untuk pemakaian awal karena termakan sugesti akibat baca baca di internet banyak yg menyarankan pakai ½ kaleng kalau tidak pernah pakai redline sebelumnya.
Saya coba hitung :
Redline harga 187500 isi 443 ml. Berarti per 1 ml sktr 425 rupiah.
Isi pertalite 200rb + 50 ml redline = 200.000 + 21.250 = 221.250 dapat 20 liter bbm. Berarti perliternya setara dengan harga 11.062, jauh lebih murah dibandingkan isi pertamak, cuma lebih repot aja mesti ukur redline dan tuang setiap kali isi bbm tapi dapetnya setara pertamak dengan harga 11.000 saja + efek cleaning injektor dan ruang bakar.
Baru aja kemarin isi bbm lagi dengan sisa redline yg ada, total sudah habis 2 botol (termasuk ½ yg dituang di awal pemakaian). Setelah ini bakal isi pertalite saja tanpa redline, mau tahu efeknya mesin jadi responsif itu apakah masih berlanjut atau tidak biarpun tanpa redline, kalau iya berarti efek cleaning injektor dan ruang bakanya dapet
Uihh paten juga ya berarti, OGL kalo ga salah problem nya ngelitik kan ya..
Kalo pemakaian awal cukup 1/2 Botol untuk full tanki petralite ya?
Soalnya sellernya bilang pemakaian pertama tuang 1 botol full, berikutnya buat maintenance cukup 1/2 botol (lupa berapa ribu km sekali)
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Greenhunter »

D2DW wrote: Sun Dec 03, 2023 4:01
Greenhunter wrote: Wed Nov 29, 2023 2:55 OGL mobil harian istri, saya hanya kebagian merawat saja. Sehari setelah saya isi redline dia tanya, mobilnya kamu apain kok jadi enak ? Di gas dikit udah jalan, mobil terasa responsif, bahasa dia mobil lebih nglenyer (bahasa jawa).
1x seminggu saya pakai mobil tsb untuk saya isikan bbm. Sudah 2 bulan ini selalu isi pertalie 200rb + 50 ml redline yang saya rasakan respon mesin serasa pakai pertamak, di gas lebih responsif, mobil juga tidak ngelitik padahal mesin OGL yg terkenal raja ngelitik. Filter bensin tidak tersumbat, seumur hidup tidak pernah kuras tangki, ini pertama kali pakai redline, tidak ada keluhan negatif pakai redline CFCS.
Saya tuang ½ botol redline untuk pemakaian awal karena termakan sugesti akibat baca baca di internet banyak yg menyarankan pakai ½ kaleng kalau tidak pernah pakai redline sebelumnya.
Saya coba hitung :
Redline harga 187500 isi 443 ml. Berarti per 1 ml sktr 425 rupiah.
Isi pertalite 200rb + 50 ml redline = 200.000 + 21.250 = 221.250 dapat 20 liter bbm. Berarti perliternya setara dengan harga 11.062, jauh lebih murah dibandingkan isi pertamak, cuma lebih repot aja mesti ukur redline dan tuang setiap kali isi bbm tapi dapetnya setara pertamak dengan harga 11.000 saja + efek cleaning injektor dan ruang bakar.
Baru aja kemarin isi bbm lagi dengan sisa redline yg ada, total sudah habis 2 botol (termasuk ½ yg dituang di awal pemakaian). Setelah ini bakal isi pertalite saja tanpa redline, mau tahu efeknya mesin jadi responsif itu apakah masih berlanjut atau tidak biarpun tanpa redline, kalau iya berarti efek cleaning injektor dan ruang bakanya dapet
Uihh paten juga ya berarti, OGL kalo ga salah problem nya ngelitik kan ya..
Kalo pemakaian awal cukup 1/2 Botol untuk full tanki petralite ya?
Soalnya sellernya bilang pemakaian pertama tuang 1 botol full, berikutnya buat maintenance cukup 1/2 botol (lupa berapa ribu km sekali)
Seller tempat saya beli juga bilang langsung tuang 1 botol penuh biarpun blm pernah pakai. Sehari hari selama ini selalu isi pertalite tapi untuk pertama kali tuang redline itu saya ½ botol redline p+ isi pertamak sampai penuh. 1x itu aja isi pertamak + ½ botol redline.
Selanjutnya waktu jarum tangki bensin ½ tangki saya kembali isi pertalite 200 rb + 50 ml redline. Begitu terus (200rb pertalite + 50 ml redline) sampai habis 2 botol redline kemarin terakhir abis redlinenya.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Greenhunter »

Pemakaian pertama kali ½ botol redline + pertamak sampai tangki penuh itu tujuan saya untuk memaksimalkan daya bersihnya. Gak tahu bener apa tidak tapi pikiran awam saya dgn begitu akan maksimal mereka membersihkan injektor dan ruang bakarnya.