zonepublic wrote: Fri Dec 01, 2023 3:28
Bukan sentimen,cuma memang secara keseluruhan mobil2 sekarang makin terlihat murahan terkesan bikinnya asal jadi materialnya padahal harganya makin mahal,dari dasbor plastik2 keras (udah jarang empuk2nya) ,bodi disenderin dikit penyok,sealant2 dan kualitas pengecatan yg tidak rapi
Coba anda bandingkan sesama honda civic/accord yg sudah ada sejak tahun 90an sampe sekarang saya ga ngomongin turun kelas ke brio dulu lho ya
Perbedaanya jelas kelihatan,bodi mekar,teknologi ngikutin jaman
Tapi rasa berkendaranya berubah,seperti sudah meninggalkan DNAnya honda dulu,kalo ditanya lha mobil baru kan lebih nyaman,lho ya benar lbh nyaman,namanya juga mobil baru,karet2nya masih empuk2 smua
kalau materials, fit and finish, namanya benda makin massal dan tdk specialized / tailormade macem Rolls atau Ferrari ya nggak akan bisa apalagi natur dari industry selalu reducing cost. new production plants, new parts supplier, etc. mercedes brand new skrg juga plasticky.
tp ya jangan gelap mata sama engineering prowessnya om, jauh.
sy ga mau komentar 90s honda karena ga banyak exp (dan buat sy banyak yang overrated karena ngga se-sempurna itu) tp saya adanya malah exp dgn german sedan 90s. contoh aja sasis E36 mobil 90s yang menurut ane paling seru, itu ngga rigid compared to brand new Hondas, ditekuk berasa nge flex sasisnya walau ringan.
ini baru sasis ya blom ngomongin engine dan powertrain yang makin seamless. jgn alesan E36 mobil mewah, E36 itu didesain jadi econobox sebenernya sama kayak honda civic.
kalau feel berkendara, modern Electronic power steering seenak apapun ngga akan menandingi serunya hydraulic power steering jadul (kec hydraulic power steering di toyota yang ampang). F30 seenak apapun sasisnya, setirnya ngga se natural E36. sama kayak alesan sy ngambil E39 over F10, walau belakangan agak berpikir utk consider F10 523 krn masih inline six dan easier to use.
80-90s cars buat sy bukan perkara mobilnya objectively lebih bagus... jelas enggak. tp feel mechanicalnya lebih merasuk ke jiwa

E39 kenceng sih kaga, jauh sama F10 mah. tp walaupun dia automatic mode semi-manualnya aja nagih ada mechanical feedbacknya. lebih k faktor emosional aja.
zonepublic wrote: Fri Dec 01, 2023 3:28
Kalo anda bilang pindah dari jazz ge8 ke city hatchback ,begitu balik berasa gerobak,ya emang benar,namanya mobil umur part2nya yg fleksibel sudah mengeras semua
CRV turbo sy udah 5 thn mau 40 ribu dan dulu pake CRV RE sampe 5 thn 40 ribu jg, masih tetep ga ngerasa RE sy lebih enak dari RW. tetep ngerasa RE itu grobak blom leather2 interior RW yang lebih awet. 22nya rawat from brand new.
suspension setup di RW juga lbh refine jauh. powertrain jangan diomong enak RW jauh. sasis enakan RW walau lebih empuk.
interior RW yang katanya lebih downgrade, kok rasanya lbh cepet deteriorate RE jauh. RE umur 4-5 thn ngelupas dan sobek leather trimmingnya.