copy paste dari https://mechanicaljungle.com/what-is-a-beater-car/
Beater cars are usually older, higher-mileage vehicles that still run. And although they may be a little unattractive to look at, they do the job of taking their occupants from points A to point B, regardless of their cosmetic issues or minor flaws. When properly maintained, it’s not unheard of for a better car to last for years & years. Beater’s cars range in prices from $500 to $2,000 but can be more or less depending on a number of factors.
A beater car has little intrinsic value, & while not “easy on the eyes,” a beater car is generally a smart choice for high-mileage commutes and normal, everyday driving. Beater cars are rarely pretty, but they “get the job” when it comes to getting you and yours from here to there. Some people refer to their beater cars as their “daily drivers,” which are cars they use only to get to and from work, or even during work hours, such as to deliver food.
Saya tidak menemukan istilah yang pas untuk beater car dalam bahasa Indonesia, Motuba ? tidak tepat juga karena definisi motuba itu lebih ke mobil tua yang cenderung bobrok dan menyusahkan, sementara dalam beater car yang dimaksud ini adalah mobil yang sudah cukup umur tetapi belum terlalu tua untuk wira wiri di jalanan.
Beater car saya adalah Nissan Grand Livina XV Automatic 2008.
Kendaraan ini saya beli bekas pada tahun 2014 dengan odometer 96.000. November tahun 2023 ini kilometernya 132,043 and still going.
2014 lalu saya dapat harga 105 jt, ganti evaporator, bearing roda depan kiri, long tie rod, ganti 2 ban, total 5 juta pada waktu itu. Jadi biaya akuisisi mobil dan peremajaan 110jt ditahun 2014.
Istri pada waktu itu dapat mobil dinas yoyota apanja 2012 brand new, 2014 resign karena anak lahir. Pertama kali pakai OGL ini komentarnya : kok lebih enak daripada mobil dinas ya ? saya tanya enaknya bgmn ? lebih stabil di tol, kalau pakai apanja kecepatan diatas 80 kayak ngleyang, pakai lipina lebih menapak, dibelokin juga nurut.
Mobil dipakai terus sampai tahun 2023 mulai ada keluhan bunyi klatak pada saat persneling dipindah dari N ke D, sekali aja bunyinya setelah itu ilang. Kalau sdh bunyi, dari D pindah ke N dan diulang dari N ke D tidak ada bunyi lagi, hanya 1x bunyi di awal itu saja. Akan bunyi lagi kalau dipindahnya ke R, kalau sdh bunyi 1x dari R di netralkan lalu N ke R tidak bunyi lagi. Intinya mau maju bunyi 1x mau mundur bunyi 1x.
Perbaikan yg sdh dilakukan ganti inner CV join yg ke girbox, cv join yg ke roda di cek masih bagus. Oli matic baru jalan 4000an km pakai aisin AFW+.
cek ke beres Nissan jemursari Surabaya, mobil di coba di depan area penerimaan service yg posisinya miring agak menanjak, waktu dicoba bunyi klatak klatak semakin keras dan kasar, ini sih maticnya pak, mesti bongkar girbox maticnya, saya Tanya berapa biayanya : tidak tahu pak, harus bongkar dulu dilihat yang rusak baru kita keluarkan estimasinya, kami baru 1x ini dapat kasus seperti ini.
Mobil saya bawa pulang, telp temen rekomen untuk cek ke bengkel di jalan ngagel. Dugaan bengkel tsb gigi differential girbox matic, turun matic dengan perkiraan biaya 7jt. Karena perpindahan giginya masih responsif dan halus, bunyi hanya kalau oper matic dari D NR atau R N D maka saya biarin aja terus sambil googling dan tanya kesana sini.
Saya kenal dengan bengkel auto service di jalan prapen surabaya (ini cabang saja, pusatnya di jakarta), komentarnya dia : jangan sembarangan turun girbox matic, girbox matic itu kuat, tidak mudah rusak. Hati hati harus cek pastikan girboxnya bermasalah baru turun matic.
Berdasarkan pengalaman beliau dan hasil googling sana sini akhirnya saya beli engine mounting kanan, emgine mounting kiri dan belakang lalu saya bawa ke bengkel minta untuk ganti 3 item itu.
Setelah dilepas hasilnya : engine mounting kiri pecah jadi 3 bagian, lubang baut engine mounting kanan karetnya turun sktr 1 cm dibandingkan yang baru, engine mounting belakang masih bagus, keliatan karetnya mulai ada yang retak rambut. Setelah ke 3 nya diganti perpindahan gigi PNRD dan sebaliknya jadi halus tidak ada suara sama sekali.
Kasus selesai dengan total biaya belanja sparepart termasuk ongkos pasang 841.200.
Tahun 2023 ini sparepart yang diremajakan :
1. Flushing matic AFW + = 1.1 jt
2. Perbaikan kaki kaki (CV join, bushing crossmember, dll) = 2.8 jt
3. Engine mounting = 841.000
4. Shockbreaker 4 roda + karet2 = 2.8 jt
5. Kaca film = 3 jt
6. Kompresor AC merk pokka : 3jt termasuk freon dan jasa pasang
7. Link comp + gasket rocket cover + seal kruk as = 1.8 jt
8. Ganti head unit nakamichi + speaker = 1 jt
9. Spoiler belakang, pasang sendiri pakai lem SIKA yg khusus otomotif, tanpa bor atap hanya lem silicon tersebut, 450.000 saja belanja bahan + lem
Setelah perbaikan itu semua mobil skrg berasa 5 tahun lebih muda dari usia BPKB dia. Sehari hari masih dipakai antarjemput anak sekolah + les. Sesekali istri tengok mamanya di kediri setir sendiri Surabaya Kediri kurang lebih 100 km sekali jalan. dari beli sampai hari ini tidak merasa rugi merawatnya, dulu merawat nissan mahal, skrg merawat nissan sama aja dengan jepangan lainnya. pesen saya jangan ragu merawat mobil tua, hasilnya gak kalah dengan mobil masa kini, note : beater car = motuba ?



