winzev wrote: Mon Feb 12, 2024 15:33
Izin hidupin thread lama.
Saya juga lagi mikir antara ambil Zenix G CVT atau LMPV (pilihannya BRV Prestige Non HS dan Stargazer Improvement).
Asumsi beda harga persis 100jt, apakah lebih baik hajar Zenix G CVT? Atau turun ke LMPV/LSUV aja?
Btw non hybrid ya karena saya dah ngitung running cost 8 tahun dengan estimasi fuel economy saat ini dan saya ga bisa justify 70 mil increase in acquisition price nya.
Jadi ini mobil akan gantiin Innova Bensin Matic 2012 dan mungkin akan jadi daily driver ganjil genap Jakarta.
Pilihannya wajib 7 seater karena udah punya momongan dan bagasi Mazda dan Raize di rumah ga muat barang bawaan bayi ketika keluar kota. Asumsi saya, mobil 7 seater third row dilipat harusnya cukul lega untuk taroh stroller + koper bayi ortu suster + perlengkapan bayi yang macem2 itu.
Awalnya sempet mau hajar aja gausah mikir ambil Zenix, tapi kok itu row 2 gabisa dilipet padahal kadang mobilnya perlu masuk sepeda. Juga secara ukuran buat macet macetan sepertinya enak yg kecilan dikit.
Kemudian pernah nyetir BRV temen ke Majalengka, rasanya ga berasa bawa mobil gede. Enak, pakem, ga mental mentul, really a good car menurut saya. Sayangnya interiornya bukan selera saya, dan ini mobil kok interiornya keliatan ga niat design nya ketika rival rivalnya sangat modern. Apalagi tuas transmisi nya itu lohhhh…. Cheap bener…..
Kemudian ada Stargazer yang belakangan mulai enak dipandang mata dan bentuk dashboard improvement yang saya lumayan suka. Karena akan masuk sepeda tentu ambil yang non-captain seat.
Kekedeapan bukan masalah karena mungkin mobilnya akan pasang peredam tambahan anyway.
Avanza dan Xpander tidak masuk list karena mobil akan saya bawa sendiri dan dua mobil itu too unrefined menurut saya dari segi driving feel dan tuning shocknya (terutama xpander yang mental mentulnya kacau). Dan mungkin ini jadi mobil utama kalau keluar kota.
Mohon masukan.
saya kebetulan pernah ada di posisi yg sama & mantep milih AN BRV, waktu itu buat gantiin brio satya 2022 & innova v bensin at 2014 barong. alesannya sama kaya yg om bilang, entah knp lmpv or lsuv selain brv saya kurang sreg, terutama ride quality, handling & tarikannya. tdnya sempet kepikiran zenix ini juga , cm selisihnya lumayan & udh ada voxy yg notabene mesin & drivetrainnya mirip kaya zenix bensin
kl om nya kurang sreg sm BRV ya zenix aja, jelas upgrade dari innova bensin lama , minimal suara mesin, tarikan & konsumsi bbm nya lebih irit + lebih halus . kalo emg peredam bukan masalah, saya bakal pick AN BRV. karena terlepas dari interiornya yg memang agak kurang sm BQ nya, tp driving feel, tarikan dan handling tetep yg terbaik dikelasnya, entah knp lmpv / lsuv jaman now yg saya sreg cuma itu, kalo emg saya merasa interior brv agak kurang, saya bakal pick mobil seken yg seharga itu (innova reborn diesel tipe G, vnt, or ops dakar), jelas lebih enak dibanding lsuv or lmpv baru jaman now apalagi buat lukot (no offence ya)

, salah 1 alesan saya pick BRV adalah driving feel, tarikan sm handlingnya, paling enak, kaya yg om bilang, masalah interior & bq + road noise yg agak kurang udh ketutup sm driving feel, tarikan dan handlingnya yg enak buat kelas lsuv / lmpv , jd ya masih bs sy toleransi hehe