iamwewe wrote: Mon Oct 23, 2023 6:55
nah om.. numpang belajar lagi nih. tau darimana sih kita kalo digeber gak ada tenaga, vonisnya karena cvt nya yang jelek? kenapa nggak dibilang mesinnya yang jelek? atau bisa jadi kan oli bawaannya kurang bagus nih. entah oli mesinnya, entah oli maticnya. knp spesifik ngomongnya karena cvt nya jelek?
oh.. disini sy juga gak bela alvez ya. kalo punya duit segitu juga nggak bakal beli alvez juga sih soalnya karena satu dan lain hal. gak tega ngomong alasannya wkwkw
xforce sendiri, rasanya nilai jualnya ya memang built quality, fabric2 yang di dashboard, drive mode yang gimmick, dan tentunya yamaha audionya.
th depan kan katanya keluar xforce yang lengkap dengan ADAS nya ya
fun factnya : hampir 80% behavior mobil di jalan itu ditentukan sama response transmisinya (setup gearing, software tuning, dll) om.
nggak peduli itu transmisi dari manual (manual modern udah computerized juga sih sebenernya ngebuka koplingnya diatur komputer juga), auto biasa DSG CVT semua prinsipnya sama. makanya ini penting nih orang paham mobil biasa harus bisa bawa transmisi manual karena paling gampang ngejelasin istilah2 kayak lockup dan selip kopling.
di transmisi automatic itu fungsi kopling digantikan sama torque converter (di dual clutch digantikan multiplate clutch).
nah bayangin aja om kita nyetir mobil manual, sebelum nge-release kopling udah pasti kita nambah gas. itu belum 100% tenaga mesin disalurkan. rpm akan naik dulu sebelum speed nambah, ini selip kopling, rasanya kayak udah ngegas tapi mobilnya belom kita kasih maju karena kalo tiba-tiba dilepas antara mesin mati (putarannya mesin dan transmisi nggak sama jadi dilepas ngga mau ngelock ke flywheel) atau mobilnya maju tapi kasar karena kaget.
tapi dalam proses selip kopling itu kita kira-kira kan mau ngelepas nya segimana. kita naikin putaran mesin ke rpm tertentu sesuai kebutuhan. dalam transmisi automatic fungsi ini dilakukan oleh torque converter via fluid coupling. ini namanya multiplikasi torsi.
dalam contoh kasus alvez aja om, imo alvez ini waktu jalan kayak orang belajar nyetir tapi gak berani lepas pedal kopling takut mesin mati. alhasil apa? ya istilahnya mesin mau kasih tenaga tapi sama transmisinya gak dikasih ngelock mungkin gak pede transmisinya sama torsi mesinnya. selip selip doang kita dapetnya. giliran lepas gas, loh transmisinya malah kasih engine brake berlebih padahal kita mau gliding, waktu kita tambah gas supaya dia mau gliding eh dia nangkepnya kita mau akselerasi. jadinya jerky abis.
tapi kalo mau penjelasan sederhana dari semua istilah teknikal di atas :
kalo mobil ngga berjalan sesuai apa yang kita mau, hampir pasti itu ulah transmisinya. mau cruising malah jadi akselerasi, mau pelan halus malah jerky jerky nggak jelas, mau akselerasi malah selip melulu. mobil yang tuningnya bagus buat butt o meter ane harus tau supirnya mau apa.
pada prinsipnya cars are tools. tools gunanya harus bisa menerjemahkan gerakan kaki supirnya mau ngapain.
kalau mesinnya yang lemot ... rata-rata kelas ini rate powernya mirip. biasa ketauannya kalo udah posisi lock-up rasio (atau gigi) itu mesin underpower (mesinnya nambah tenaga tapi mobilnya gak tambah lari) atau enggak. krn dimana-mana mesin di-rate dari daya (hp/kW) yang diraih pada putaran tertentu. jadi kalo ngebejek lari ditempat, ya itu mesinnya lemot.
tp kalo kayak alvez transmisinya aja bingung mau ngapain ya makin susah lagi menilai mesinnya lemot apa kaga

mungkin harus bawa di toll. tapi kalo 104 ps sih harusnya mirip-mirip sama kompetitor. cuma 0-100 pasti paling lamban liat respon transmisinya begitu.