Background
Mobil ini dibeli secara tidak sengaja, kebetulan ada kenalan ibu saya yg mau meremajakan GNKI nya ke innova zenix g bensin cvt non hybrid 2023, sehingga mobil ini dilepas ke saya. Kmnya cukup rendah dibawah 55rb buat ukuran mobil innova umur 9 tahun, tipe V yg notabene jadi tipe "rare" karena yg laku tipe g . Walaupun cukup disayangkan kondisinya agak "memprihatinkan " buat km segitu + ada bekas insiden ringan tp ortu saya udh mengamanatkan saya buat membenahi mobil ini yasudah, saya nurut aja

History
Berhubung udh banyak yg review, saya jelasin singkat aja ya. Mobil ini merupakan versi improvement dari GNKI yg udh meluncur lebih dulu di Indonesia bulan september 2011 lalu, yg kemudian pada bulan juni 2013, dapet improvment berupa airbag disemua variannya, dmn sblmnya cuma tipe v aja yg pake airbag, tipe j,e,g blm. Hingga kemudian, pada bulan september 2013, keluarlah versi grill gede alias barong. Bedanya gak terlalu signifikan memang, cm beda di grill doang sm reflektor belakang, sisanya sama. Hingga pada tahun 2015 , keluar versi velg 2 tone yg disebut sebagai last edition sblm reborn
Exterior




keliatan simpel tapi enak dilihat, walaupun saya masih lebih suka yg fl1 tahun 2008 akhir - 2011 akhir, tp yg model ini tetep good looking, gak berasa kalau mobil ini sudah hampir 10 tahun umurnya, even di sandingin sm reborn & zenix pun gak berasa tua sama sekali hehehe
Interior





berhubung udh banyak yg tau & review, saya jelaskan secara singkat aja ya.cukup simpel walaupun udh mulai keliatan oudated, terlebih di compare ke reborn or zenix, keliatan mobil ini udh lumayan berumur secara desain interiornya + pembeda tipe v dibanding tipe dibawahnya ada di ac digital, wood panel & tombol audio disetir + desain speedometer
fitur
fitur mobil ini udh dilengkapi dengan immobilizer, ac digital, tombol audio disetir, tv plafon & untuk fitur safety sudah dilengkapi dengan dual airbag & abs
driving feel

berasa biasa aja. cm lebih kedap dibanding tipe g nya + tarikan berasa kurang bgt cederung lemot. buat dalkot or cruising, sudah cukup oke asal nggak mikirin konsumsi bbm
kesimpulan
mobil ini cocok buat yg cari mobil yg lega, perawatan murah, muat banyak, part gampang , harga yg lebih terjangkau dibanding varian innova yg lain, fitur yg lumayan lengkap buat ukuran innova pada jamannya + nggak masalah dengan konsumsi bbm , bisa diisi bbm dan oli apa aja + aftersales terjamin
plus
- desain exterior
- fitur lumayan
- aftersales
- easy to maintain
- akomodasi
- kepraktisan
- row 2 & row 3 lega
- bisa diisi oli & bbm apa aja
- interior quality
- road noise
- harga lebih terjangkau dibanding varian innova lainnya di tahun yg sama
minus
- 2b, boyo boros
- handling agak kurang
- rv termasuk anjlok buat ukuran innova
sekarang saya akan menjelaskan kondisi awal, akhir & biaya serta margin yg saya dapatkan ketika menjual mobil ini
kondisi awal



































plus
- exterior interior masih original
- km rendah asli record beres toyota
- sasis, apron , bullhead masih aman
- bukan bekas banjir
- ban empat2nya tebel semua
- mesin halus no rembes
- matic sehat & responsif
- buku2 lengkap
- kaki2 senyap
minus
- dudukkan bemper penyok habis insiden
- kap mesin penyok perlu perbaikkan
- setir grebes
- cover buku servis grebes
- cover airbag retak
- tv plafon udh rusak layarnya warna warni
- pajak mepet sisa 2 bulan lagi
hingga akhirnya mobil tersebut saya benahi & kondisi akhirnya seperti ini















modal yg saya keluarkan adalah sbb
Beli 162.000.000
perbaikkan 8.815.000
cover airbag 100.000
tape 950.000
bensin 200.000
Perpanjang pajak 4.850.000
total 176.915.000
jual 180.000.000
margin 3.085.000
kesimpulannya mobil ini memang bukan yg fast moving. dengan margin , effort & biaya yg saya keluarkan buat mobil ini memang kurang worth menurut saya, secara lakunya juga lama, 2 bulan baru laku, which is mobil saya yg lain nggak sampe 2 minggu udh laku. even bisa laku segitu saya harus perpanjang pajaknya dulu . memang saya akuin, saya nyetok ini memang sudah saya perhitungkan dengan matang akibatnya, secara mobil ini memang bukan varian innova yg favorit karena lemot & boros . beda jauh sm versi dieselnya yg harganya kalo di luar jabodetabek bisa setara bahkan ngalahin reborn yg tahunnya lebih muda & generasinya lebih baru. awal2 terus terang saya buka diatas 200 lebih dikit karena percaya diri pajak panjang, tipe v yg katanya "tipe langka, jarang ada, barang investasi" + km rendah 50 rb asli. namun entah knp rata2 pada nawar jauh semua, pdg jabodetabek rata2 cuma berani 165-167. hingga ada akhirnya ada pembeli dari jogja berani 180 & akhirnya laku hari itu juga ke jogja
sekian dari review saya kali ini. mohon maaf kalo ada kesalahan. i hope you will enjoy my review. thank you