Overdrive wrote: Sat Oct 21, 2023 19:50
Halo suhu2 SM, mohon nubie diberikan masukan dan saran nih suhu,
Apakah worth untuk membeli sebuah santa fe diesel th 2013 di tahun 2023 ini?
Harga yg ditawarkan pada saya di harga 200 jt, saat ini belum cek kondisi mobil.
mobil ini kalau jadi diangkut akan dijadikan kendaraan utama utk 5 tahun kedepan. Pemakaian tidak sering, paling hnya weekend dan sesekali jarak jauh.
Yg jd poin keraguan:
1. Resale value
Mengingat ini merk korea. Apakah resale valuenya 5 thn lg
akan sangat jatuh suhu?
2. Perawatan
Mobil ini apakah termasuk yg rewel bnyak jajan?
Dan penyakit2 apa saja yg perlu dicek saat beli mobil ini ya suhu?
Mohon masukan dan saran2 suhu sekalian, terima kasih
Coba kasih pandangan sebagai pengguna Santa FE DM 2012.
Saya baru angkut di awal 2020 KM 125xxx, sekarang KM 146xxx itungannya slow going lah ya
1. Saya waktu awal angkut 225jt dengan kondisi pajak terima panjang, karena saat itu mepet banget pajaknya, pajak +-5jt berarti harga mobil kita anggap 220jt, kalau sekarang saya lihat di marketplace harga masih 19xjt-2xxjt untuk tahun 2012-2013 tergantung kondisi, silahkan disimpulkan sendiri masalah resale valuenya.
2. Perawatan normal normal aja pada umumnya, awal beli pasti seluruh fluida diganti termasuk minyak power steering, masalah purging ada bengkel yang bilang ga perlu selama ga ada keluhan tapi bisa cuma emang lebih susah, BBM saya pake tergantung harga di pasaran wkwkwk, max 14rban saya masih pake shell diesel, kalo diatas itu saya selalu pake biosolar + additif (dengan catatan oli wajib ganti maksimal banget 4rb KM, karena di 4rb itu aja udah bau asem olinya dicium dari dipstick).
Pergantian part besar selama saya pakai 3 tahun ini :
- Kompresor AC (kurang dingin kalau lagi idle) DC sekitar 5jt include pasang
- Pulley tensioner + belt (ada suara grgrgrgrgr pada saat start awal, +-5 detik, hilang) DC sekitar 1,8 include pasang kalo ga salah
- Dinamo starter (mogok di basement di mall teras kota dugaan awal aki, udah ganti aki tetap masih tetap ga ada cetak cetek pada saat starter, telpon hyundai emergency call center, karena ga memungkinkan buat di gendong minta bantu buat keluarin dari basement atleast mereka tidak bisa malah menawarkan rekanan mekanik mereka yg derek dengan harga yg menurut saya gak masuk akal, akhirnya saya derek pake armada bengkel yang 24 jam lumayan oke di gading serpong ke bengkel itu dan mobil ditinggal disitu. Besoknya saya hunting sparepart dinamo starter nya santafe DM gak ada yg ready harga pun >5jt baru kepikiran saya bawa ke tempat bengkel repair spesialis dinamo dan radiator daerah ciater, ternyata setelah bongkar dalem nya sama dengan punya Captiva, jadi casingnya pakai santafe dalemannya punya Captiva) DC 1,5jt diluar pasang.
- Ban (ban mobil ini ukuran 235/55/R19 (diesel) yang ga semua bengkel ready dan harganya cukup mahal, @>1,3jt ini lokal, kalau ban import @>2jt.
- Sensor ABS (indikator parking brake nyala terus padahal disenganged, indikator ABS malah gak nyala) ganti sensor ABS belakang ki-ka DC @250rb termasuk pasang
- Rebuilt bushing-bushing racksteer dan ganti repair kit power steeringnya (rembes oli power steering di CV Joint kanan) DC 3,2jt include spooring