zonepublic wrote: Thu Aug 03, 2023 6:35
betul saya juga pernah pake produk suzuki,dari dulu memang mobil suzuki harganya paling murah dibanding merk jepang lainnya
cuma jujur produk suzuki yang kurang bagus adalah kualitas spare partnya dibanding merk lain,kekuatannya sih sama aja tapi teknologinya tidak sebagus punya pabrikan jepang lain seperti tertinggal 1 langkah dibelakang merk H&T makannya jujur naikannya nyaman tapi tidak berkesan
nambahin saja karena baru saja dapet TD unit punya kenalan, keluaran baru, ready stock, harga entah berapa karena yang pake ga tau, km 1300an sudah ganti oli dengan oli 0W-16 karena oli aslinya bikin tambah lemot.
soal Harga khusus GV ini menurut saya justru good deal banget daripada HRV atau Yaris Cross Hybrid, apalagi kalau rajin tunggu kebiasan Suzuki yang jualan diskon, kenapa:
1. Pake Mild Hybrid pun ternyata di toll tetep dapet 30 kpl! gila si ini, entah diapain itu sama Suzuki cabang Delhi. dalkot? 15-20 kpl tergantung seberapa buruknya. Kata ownernya, kok Zenix Hybrid malah jadi berasa bloon ya, lah toll paling 25-30 kpl dalkot juga 15-20 kpl

emang si 7 Seater lebih mewah lebih nyama tapi by spec kan lebih canggih TMC lah.
2. Mild Hybrid. yang rusak duluan batere? harga battery pack 16 juta yang kapasitanya cuma 0,06kwh. Harga ISG? 21 jutaan. Yaris Cross? sampe sekarang kurang jelas harganya berapa, tapi mestinya harganya lebih mahal karena kapasitas lebih besar di 0,77 kwh = 10x yaris cross. ini juga sepertinya alasan kenapa GV yang masuk indo dapetnya hanya satu opsi powertrain by Suzuki karena kalau masukin varian Strong Hybrid by Toyota (yang mirip banget dengan Yaris Cross hanya beda di mesin pake Toyota M15A) harganya akan lebih mahal dari Yaris Cross.
3. Interior menurut saya setara atau lebih baik 1 level dari HRV. Yaris Cross tentulah kalah.

Build Quality memang standard mobil zaman now tapi fit n finish okelah. Pemilihan material memang ga lebih baik dari HRV tapi setidaknya itu sunroof lebih niat bikinannya.
3. Fitur memang tidak istimewa karena ga ada ADAS bla2 bahkan no EPB tapi jangan lupa selalu ada segmen pembeli mobil yg ga butuh gitu2an, dengan segala alasaannya. Disinilah Suzuki bermain, harga murah fitur tetep ga malu2in daripada maksain beli Yaris Cross atau HRV varian mid grade ini sudah dapet top grade. Ga kasih yang canggih2 tapi Camera 360 ada (biarpun jelek), HU keren dan integrated ke Speedo, ada HUD, proper panoramic sunroof lengkap dengan sunshade beneran (kainnya si jelek tapi daripada sunshade lego kaya HRV), dapet jok kulit juga.
4. Teknologi. Memang kuno tapi setelah nyobain dan tau iritnya, jadi mikir: kadang2 memang benar terbaru belum tentu terbaik. Kombinasi powertrain kuno begitu malah end result bagus. karena sesuai kata mbah2 dimari: mobil itu pada akhirnya 99% soal konsumsi bbm
5. Driving experience, jelek? saya pribadi belum coba HRV dan Yaris Cross. Tapi ini GV ga jelek2 banget, sangat cocok untuk driver yang taunya nyampe. suzuki know their customer very well. Rasa steer itu mati tapi aneh karena kaya ada feedback mental mentul kaya hidrolik pas di jalan lurus, rem juga rada "bagel" diinjek kaya ga pake daleman dikit langsung maksimal = tidak gradual.
TAPI terbayarkan dengan bantingan empuk dan goyangan body yang ngikut jalur beton pantura dengan baik memang ayunannya berlebihan tapi orang indo nyatanya maunya gini kan karena PJS dan ANF mirip2 gini. DAN SENYAP. Ban boleh cap cokelat Apollo tapi senyap, kebayang si kalau ganti ban senyap yang proper bakalan lebih mantap lagi.
okelah, kesannya bagus2 semua ya, yang jelek ada dong, jelas ada.
1. Exterior, subyektif tentunya, saya si ga suka.
2. Cabin ga lega2 amat, biasa saja, ya mungkin faktor dimensi cuma 4,35 meter atau karena kebiasaan saya naik Daihatsu A210 yang emang terlega di kelasnya. Bagasi pun juga ga istimewa. Bangku belakang juga sama. Hanya driving position buat yang suka mirip2 sedan yang agak selonjoran dan santai akan oke.
3. Horrible HU. Itu UI kacau banget, bikin mumet. Mesti ngebiasain banget. TAPI layarnaya bagus banget, tajem bening touch responsive.
4. Aircon. Entah kenapa dinginnya pas2an. faktor cuaca lagi panas2nya, padahal kaca film kata yang punya langsung ganti vkool.
5. Power train lemot. Lemot selemotnya, seperti disetel super eco dan butuh tombol Super-Corsa

inilah kelemahan terbesar dari mobil ini, saking iritnya jadi lupa soal kadang butuh nyalip2 truk atau bus yang drivernya ngambil SIM di kantor kades. Percayalah adalah hal berbahaya sruntulan dengan mobil ini saking lemotnya. Paddle shift keren pun ga guna karena rasio transmisi lebih cocok dipasang di mesin 4800cc V8, emang hebat si mesin 1500cc kecepatan 80 kpj rpm cuma 1600an doang padahal 6 speed geared AT doang. bikin HUD jadi beneran gimmick.
Overall, kendaraan paling good deal di kelasnya, dan tentu ga cocok buat netijen mendang mending yg belinya toyota juga.
Tiny bity:
- Exterior rear view mirror kurang lebar, dan housingnya pas ngelipet kaya ga beda dari unfolded
- Auto dimming interior rear view mirror lemot, jadi macem ga guna. dan ukurannya mini banget.
- Camera 360 harus upgrade itu kamera modulnya, karena parah banget kualitasnya, sudahlah low resolution + grainy pas malem + distorsi banget. padahal integrated ke HU.
- Remote kaya mainan ukurannya, ga ada tombol apa2 pula, diperparah tombol smart entry masih pake tombol beneran.
- Interior pas malem keren! perpaduan orange backlight + ambient light white. bahkan paddle shift pun lampunya lengkap.
- Rear Aircon vent rada aneh, dua outlet tapi semi independen.
- Ada heater dan rear defogger. setelan AC tentunya komplit karena jebolan Suzuki cabang Delhi.
- jok kulit bawaan bahannya panas, padahal sudah perforated.
- steering wheel enak di pegangnya.
- jok driver dan penumpang depan enak banget, pas.
- panoramic sunroof!
- parking brake naronya di kiri macem mobil LHD
- seperti trend masa kini yg penting lampu mesti LED, lampu utama LED tapi ga guna karena terangnya ga beda dari lampu mundur.
