di bandung omdo25n46 wrote: Mon Oct 09, 2023 3:18 Kalau boleh tau bengkel spooringnya dimana ya om? Saya habis ganti racksteer dan spooring mobil masih lari ke kiri.
beda kota kan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
di bandung omdo25n46 wrote: Mon Oct 09, 2023 3:18 Kalau boleh tau bengkel spooringnya dimana ya om? Saya habis ganti racksteer dan spooring mobil masih lari ke kiri.
Apakah maksudnya seperti gambar ini ? Gambar kiri : setir lurus, roda lurusSupersedan wrote: Mon Oct 09, 2023 9:56 Kalau kasus saya, sekitar bulan agustus tahun lalu ganti support shock dan link stabil (semua part ganti kiri kanan), satu bulan sehabis penggantian part tersebut saya ganti 4 ban, baru spooring.
Sehabis spooring posisi mobil bisa jalan lurus tapi stir sedikit terputar ke kanan, gimana ya jelasinnya bingung saya![]()
Sudah claim garansi, di Spooring ulang masih juga seperti itu, trus pindah ke tempat Spooring lain tetep begitu. Apa harus buka stir ya trus pindah posisi gigi batang stirnya?
Karena setahun kemudian, bulan lalu saya rotasi ban setelah jarak kurang lebih 15rb KM, dan dispooring ulang stir tetep sedikit belok ke kanan tapi laju mobil lurus.
*Mobilio 2017
Greenhunter wrote: Mon Oct 09, 2023 13:22
Apakah maksudnya seperti gambar ini ?
Screenshot_20231009-201713_Drawing pad.jpg
Gambar kiri : setir lurus, roda lurus
Gambar kanan : setir miring kanan, roda lurus
yak, bagus......Greenhunter
kl setirnya pernah dibongkar lepas, ya memang ada kemungkinan dipasangnya salah/miring.Greenhunter wrote: Mon Oct 09, 2023 13:22Apakah maksudnya seperti gambar ini ?Supersedan wrote: Mon Oct 09, 2023 9:56 Kalau kasus saya, sekitar bulan agustus tahun lalu ganti support shock dan link stabil (semua part ganti kiri kanan), satu bulan sehabis penggantian part tersebut saya ganti 4 ban, baru spooring.
Sehabis spooring posisi mobil bisa jalan lurus tapi stir sedikit terputar ke kanan, gimana ya jelasinnya bingung saya![]()
Sudah claim garansi, di Spooring ulang masih juga seperti itu, trus pindah ke tempat Spooring lain tetep begitu. Apa harus buka stir ya trus pindah posisi gigi batang stirnya?
Karena setahun kemudian, bulan lalu saya rotasi ban setelah jarak kurang lebih 15rb KM, dan dispooring ulang stir tetep sedikit belok ke kanan tapi laju mobil lurus.
*Mobilio 2017
Screenshot_20231009-201713_Drawing pad.jpg
Gambar kiri : setir lurus, roda lurus
Gambar kanan : setir miring kanan, roda lurus
Kalau betul seperti gambar kanan berartinlingkar setirnya pernah dilepas dan waktu kembalikan posisi rodanya miring kiri, setir dipasang lurus karena itu untuk roda tetap lurus saat mobil jalan linglar setirnya harus diputar sedikit ke kanan.
Harusnya pada waktu pasang lingkar setir posisi roda harus lurus.
Iya om,Omnibus wrote: Mon Oct 09, 2023 13:43 kl setirnya pernah dibongkar lepas, ya memang ada kemungkinan dipasangnya salah/miring.
tp maaf om, kl sejarahnya ga pernah dilepas, jangan betulin dgn cara setir dilepas trus dilurusin. bakal banyak resiko komplikasinya ntar om. 1. joint steer/intermediate shaft yg menghubungkan steering column dan steering rack posisinya bakal miring nanti pas setir lurus. percaya deh itu ga enak rasa nyetirnya, kiri n kanan dikit aja pas cruising jd ga sama. efek yg sama dgn masang joint steer ga center.
ke 2. kl ga ati2 spiral cable bisa putus kl ga sengaja keputer dan ga tau center nya dimana. lampu airbag nyala, klakson ga nyala, dsb.
jd kl setir ga pernah ada sejarah dilepas, itu murni tugasnya tukang spooring nyetel di kolong sampe dapet. kl udah berkali2 repeat ga beres2 artinya hrs pindah bengkel krn artinya montir mentok di skill.
Omnibus wrote: Mon Oct 09, 2023 13:43kl setirnya pernah dibongkar lepas, ya memang ada kemungkinan dipasangnya salah/miring.Greenhunter wrote: Mon Oct 09, 2023 13:22Apakah maksudnya seperti gambar ini ?Supersedan wrote: Mon Oct 09, 2023 9:56 Kalau kasus saya, sekitar bulan agustus tahun lalu ganti support shock dan link stabil (semua part ganti kiri kanan), satu bulan sehabis penggantian part tersebut saya ganti 4 ban, baru spooring.
Sehabis spooring posisi mobil bisa jalan lurus tapi stir sedikit terputar ke kanan, gimana ya jelasinnya bingung saya![]()
Sudah claim garansi, di Spooring ulang masih juga seperti itu, trus pindah ke tempat Spooring lain tetep begitu. Apa harus buka stir ya trus pindah posisi gigi batang stirnya?
Karena setahun kemudian, bulan lalu saya rotasi ban setelah jarak kurang lebih 15rb KM, dan dispooring ulang stir tetep sedikit belok ke kanan tapi laju mobil lurus.
*Mobilio 2017
Screenshot_20231009-201713_Drawing pad.jpg
Gambar kiri : setir lurus, roda lurus
Gambar kanan : setir miring kanan, roda lurus
Kalau betul seperti gambar kanan berartinlingkar setirnya pernah dilepas dan waktu kembalikan posisi rodanya miring kiri, setir dipasang lurus karena itu untuk roda tetap lurus saat mobil jalan linglar setirnya harus diputar sedikit ke kanan.
Harusnya pada waktu pasang lingkar setir posisi roda harus lurus.
tp maaf om, kl sejarahnya ga pernah dilepas, jangan betulin dgn cara setir dilepas trus dilurusin. bakal banyak resiko komplikasinya ntar om. 1. joint steer/intermediate shaft yg menghubungkan steering column dan steering rack posisinya bakal miring nanti pas setir lurus. percaya deh itu ga enak rasa nyetirnya, kiri n kanan dikit aja pas cruising jd ga sama. efek yg sama dgn masang joint steer ga center.
ke 2. kl ga ati2 spiral cable bisa putus kl ga sengaja keputer dan ga tau center nya dimana. lampu airbag nyala, klakson ga nyala, dsb.
jd kl setir ga pernah ada sejarah dilepas, itu murni tugasnya tukang spooring nyetel di kolong sampe dapet. kl udah berkali2 repeat ga beres2 artinya hrs pindah bengkel krn artinya montir mentok di skill.
Greenhunter wrote: Mon Oct 09, 2023 14:15Iya om,Omnibus wrote: Mon Oct 09, 2023 13:43 kl setirnya pernah dibongkar lepas, ya memang ada kemungkinan dipasangnya salah/miring.
tp maaf om, kl sejarahnya ga pernah dilepas, jangan betulin dgn cara setir dilepas trus dilurusin. bakal banyak resiko komplikasinya ntar om. 1. joint steer/intermediate shaft yg menghubungkan steering column dan steering rack posisinya bakal miring nanti pas setir lurus. percaya deh itu ga enak rasa nyetirnya, kiri n kanan dikit aja pas cruising jd ga sama. efek yg sama dgn masang joint steer ga center.
ke 2. kl ga ati2 spiral cable bisa putus kl ga sengaja keputer dan ga tau center nya dimana. lampu airbag nyala, klakson ga nyala, dsb.
jd kl setir ga pernah ada sejarah dilepas, itu murni tugasnya tukang spooring nyetel di kolong sampe dapet. kl udah berkali2 repeat ga beres2 artinya hrs pindah bengkel krn artinya montir mentok di skill.
Hati hati juga dengan airbag kalau melepas lingkar setir., intinya jangan sembarangan lepas lingkar setir
Hallo om. Makasih jawabannya.Greenhunter wrote: Mon Oct 09, 2023 13:22Apakah maksudnya seperti gambar ini ?Supersedan wrote: Mon Oct 09, 2023 9:56 Kalau kasus saya, sekitar bulan agustus tahun lalu ganti support shock dan link stabil (semua part ganti kiri kanan), satu bulan sehabis penggantian part tersebut saya ganti 4 ban, baru spooring.
Sehabis spooring posisi mobil bisa jalan lurus tapi stir sedikit terputar ke kanan, gimana ya jelasinnya bingung saya![]()
Sudah claim garansi, di Spooring ulang masih juga seperti itu, trus pindah ke tempat Spooring lain tetep begitu. Apa harus buka stir ya trus pindah posisi gigi batang stirnya?
Karena setahun kemudian, bulan lalu saya rotasi ban setelah jarak kurang lebih 15rb KM, dan dispooring ulang stir tetep sedikit belok ke kanan tapi laju mobil lurus.
*Mobilio 2017
Screenshot_20231009-201713_Drawing pad.jpg
Gambar kiri : setir lurus, roda lurus
Gambar kanan : setir miring kanan, roda lurus
Kalau betul seperti gambar kanan berartinlingkar setirnya pernah dilepas dan waktu kembalikan posisi rodanya miring kiri, setir dipasang lurus karena itu untuk roda tetap lurus saat mobil jalan linglar setirnya harus diputar sedikit ke kanan.
Harusnya pada waktu pasang lingkar setir posisi roda harus lurus.