Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Oct 07, 2023 7:43
t105erd wrote: Sat Oct 07, 2023 6:42
Mesin nya ada rembes2 gitu ga om? pcv valve aman? Seal vtec aman?
Ngaruh ke uoa ga yah kalo rembes gitu.
ga ada rembes samsek. pcv aman. valve cover, cam cover 2 sisi kirikanan, vtec, oil sump, front main seal, rear main seal aman semua.
ga tau segimana ngaruhnya ya, tp kl yg bocornya dilewati oli bertekanan akan ngurangin oil pressure, mungkin ngaruh jg kl parah bocornya krn ngefek excessive wear di komponen tertentu.

itu kemungkinan besar sih krn panas. barusan balik dr jkt ke arah bdg di km 77 (rest area AW) ke atas itu 39°C. mana nanjak pula. pas lg pake anf yg olinya 10 bln nih. auto jinak ga berani bejek gas :big_biglaugh: org lain jg ga ada yg bejek, selow semua. 5w40 nih pakenya.
ac udah nyalain depan belakang msh ga nyess, cukupan doang dinginnya. ga bisa disepelekan el nino.


IMG_20231007_124427~2.jpg
Dejavu salfokkk.. sy pikir mbah kompre

Klo jalan kyk gini, udah speedo nyender kanan itu,
gak lihat temperature lagi udah.. gas polls, biar kena angin radiatornya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by serseran »

Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by t105erd »

serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Kalo ga tau riwayatnya mending di flush saja pakai oli yg sesuai spek gearboxnya. Saya ga hapal kalo oli matik/cvt, bisa di cari di buku manualnya. Selanjutnya ganti tiap 20rb km

Oli mesin pakai 5W30 saja yg full sintetis
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Pernah miara freed.
1. Atf nya pakai Honda Dw1, beli dan ganti di beres aja, sistem drain and refill 2x

2. Oli bisa 0w20, full sintetis,
Ganti tiap <5rb km / 6 bulan

Lbh Enteng akselnya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by W42d »

serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Bantu jawab om. Sama2 pake freed, cuma saya tahun 2012.
Kalo atf menurut bukman pake nya Honda DW1.
Selama ini riwayat penggantian ATF nya gimana? Kalau sama sekali belum pernah ganti boleh di flushing. Kalau saya pribadi, saya akan drain and fill aja 2x. Sekali drain and fill habis 3lt. Pake oli DW-1 juga ga masalah. Kalau mau ganti oli, lihat aja di kemasan nya comply ga ke Honda DW-1. Setelah itu rutin ganti tiap 20k ato 2 taun. Saya sendiri ATF pake Aisin AFW+ yg murmer.
Untuk olmes freed ga minta aneh2, sesuain budget aja. Saran saya stick di 5w-30.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by daimler »

W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20
serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Bantu jawab om. Sama2 pake freed, cuma saya tahun 2012.
Kalo atf menurut bukman pake nya Honda DW1.
Selama ini riwayat penggantian ATF nya gimana? Kalau sama sekali belum pernah ganti boleh di flushing. Kalau saya pribadi, saya akan drain and fill aja 2x. Sekali drain and fill habis 3lt. Pake oli DW-1 juga ga masalah. Kalau mau ganti oli, lihat aja di kemasan nya comply ga ke Honda DW-1. Setelah itu rutin ganti tiap 20k ato 2 taun. Saya sendiri ATF pake Aisin AFW+ yg murmer.
Untuk olmes freed ga minta aneh2, sesuain budget aja. Saran saya stick di 5w-30.
Aman ya brati transmisi matic honda pakai oli selain merk honda?
Soalnya mitos2 yg beredar AT ama CVT nya honda kan amannya pakai oli merk honda, kalo ndak rawan selip
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

daimler wrote: Sat Oct 07, 2023 15:41
W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20
serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Bantu jawab om. Sama2 pake freed, cuma saya tahun 2012.
Kalo atf menurut bukman pake nya Honda DW1.
Selama ini riwayat penggantian ATF nya gimana? Kalau sama sekali belum pernah ganti boleh di flushing. Kalau saya pribadi, saya akan drain and fill aja 2x. Sekali drain and fill habis 3lt. Pake oli DW-1 juga ga masalah. Kalau mau ganti oli, lihat aja di kemasan nya comply ga ke Honda DW-1. Setelah itu rutin ganti tiap 20k ato 2 taun. Saya sendiri ATF pake Aisin AFW+ yg murmer.
Untuk olmes freed ga minta aneh2, sesuain budget aja. Saran saya stick di 5w-30.
Aman ya brati transmisi matic honda pakai oli selain merk honda?
Soalnya mitos2 yg beredar AT ama CVT nya honda kan amannya pakai oli merk honda, kalo ndak rawan selip
Aman banget, malahan kalo pake yang bagusan ya lebih ok.

Tapi cari yang budget mininim harus lebih pilih², beberapa harga miring lebih jelek kualitasnya dari oem punya. Kalo pake oli honda lebih gak pusing aja
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by marmut »

sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 15:47


selamat malam bung, karena anda paling gencar promosi di forum ini, saya mau kasih masukan.


20231007_144829.jpg


coba itu segel bagimana caranya diperbaiki. karena untuk membukanya tidak bisa hanya dengan jari tangan, musti dengan alat bantu.
kalau alat bantu (anggap saja obeng) tidak steril, jelas ada kontaminan masuk kedalam oli.
kalau dengan jari tangan saja, lebih dari 50% kemungkinan jari terluka kena segel almunium dan sangat sedap sekali rasanya.

coba tolong dipikir lagi segel aman dan nyaman buat yg nuang oli.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

marmut wrote: Sat Oct 07, 2023 16:19
sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 15:47


selamat malam bung, karena anda paling gencar promosi di forum ini, saya mau kasih masukan.



20231007_144829.jpg



coba itu segel bagimana caranya diperbaiki. karena untuk membukanya tidak bisa hanya dengan jari tangan, musti dengan alat bantu.
kalau alat bantu (anggap saja obeng) tidak steril, jelas ada kontaminan masuk kedalam oli.
kalau dengan jari tangan saja, lebih dari 50% kemungkinan jari terluka kena segel almunium dan sangat sedap sekali rasanya.

coba tolong dipikir lagi segel aman dan nyaman buat yg nuang oli.
Siap, terimakasih atas masukannya akan sampaikan kesana.

Kalo saya biasa digarisin/tandain dulu pake kuku jari , jadi pas pake jari gampang bukanya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 16:33
marmut wrote: Sat Oct 07, 2023 16:19
sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 15:47


selamat malam bung, karena anda paling gencar promosi di forum ini, saya mau kasih masukan.



20231007_144829.jpg



coba itu segel bagimana caranya diperbaiki. karena untuk membukanya tidak bisa hanya dengan jari tangan, musti dengan alat bantu.
kalau alat bantu (anggap saja obeng) tidak steril, jelas ada kontaminan masuk kedalam oli.
kalau dengan jari tangan saja, lebih dari 50% kemungkinan jari terluka kena segel almunium dan sangat sedap sekali rasanya.

coba tolong dipikir lagi segel aman dan nyaman buat yg nuang oli.
Siap, terimakasih atas masukannya akan sampaikan kesana.

Kalo saya biasa digarisin/tandain dulu pake kuku jari , jadi pas pake jari gampang bukanya.
Kaya aditif rz yg mbah jual bagus banget itu segelnya.
Inovatif dan amann.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Angelpesek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
Location: Medan
Daily Vehicle: Kia_rio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Angelpesek »

Suryaputra wrote: Sat Oct 07, 2023 11:17
serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Pernah miara freed.
1. Atf nya pakai Honda Dw1, beli dan ganti di beres aja, sistem drain and refill 2x

2. Oli bisa 0w20, full sintetis,
Ganti tiap <5rb km / 6 bulan

Lbh Enteng akselnya.
Sorry mw nanya
Drain refill 2x gmn maksudnya
Kuras buang trus tunggu pemakaian beberapa km apa gmn?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Angelpesek wrote: Sun Oct 08, 2023 1:07
Suryaputra wrote: Sat Oct 07, 2023 11:17
serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Pernah miara freed.
1. Atf nya pakai Honda Dw1, beli dan ganti di beres aja, sistem drain and refill 2x

2. Oli bisa 0w20, full sintetis,
Ganti tiap <5rb km / 6 bulan

Lbh Enteng akselnya.
Sorry mw nanya
Drain refill 2x gmn maksudnya
Kuras buang trus tunggu pemakaian beberapa km apa gmn?
1. Buang
2. Isi baru
3. Jalanin mobil muter muter bengkel
4. Buang lagi
5. Isi baru + fine tuning level oli

Dah :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sat Oct 07, 2023 23:20
sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 16:33
marmut wrote: Sat Oct 07, 2023 16:19



selamat malam bung, karena anda paling gencar promosi di forum ini, saya mau kasih masukan.



20231007_144829.jpg



coba itu segel bagimana caranya diperbaiki. karena untuk membukanya tidak bisa hanya dengan jari tangan, musti dengan alat bantu.
kalau alat bantu (anggap saja obeng) tidak steril, jelas ada kontaminan masuk kedalam oli.
kalau dengan jari tangan saja, lebih dari 50% kemungkinan jari terluka kena segel almunium dan sangat sedap sekali rasanya.

coba tolong dipikir lagi segel aman dan nyaman buat yg nuang oli.
Siap, terimakasih atas masukannya akan sampaikan kesana.

Kalo saya biasa digarisin/tandain dulu pake kuku jari , jadi pas pake jari gampang bukanya.
Kaya aditif rz yg mbah jual bagus banget itu segelnya.
Inovatif dan amann.
Saya malah gak suka mbah, kalo di tarik obatnya suka kena jari gak sih, ato nyiprat :big_biglaugh:

Btw member² SM yang mau coba additive bbm, injector cleaner ,dll yang pernah di post mbah Surya di trit additive viewtopic.php?p=1279670#p1279670


boleh PM saya ya untuk voucher disc 30%. 10 pengguna pertama
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Oct 08, 2023 4:09 Saya malah gak suka mbah, kalo di tarik obatnya suka kena jari gak sih, ato nyiprat :big_biglaugh:
Ngebukanya jangan bar bar mbah
foreplay dulu :mky_03:

pelan2.. dijamin rapi dan gak belepetan :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by W42d »

daimler wrote: Sat Oct 07, 2023 15:41
W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20
serseran wrote: Sat Oct 07, 2023 10:04 Sore om-om semua, mau tanya dong.

Dapat Mobil seken freed thn 2014 akhir. Km 88rb.
Yang mau ditny :
1. Apa perlu kuras oli transmisi ? Atau hanya tab aja ?
Ada rekomen apa ya untuk oli nya ? Ada mampir ke toko olie liat repsol, total, gulf.. yg kira² harganya mirip² ada ptt lebih mahal sedikit

2. Olie nya kan 5-30, tp tokonya sempet saranin kalau ga nguap, boleh pake 5-30 tp kalau ga pake ini 10-40 apa 20-40 saya lupa.
Kalau saran dr om sekalian gmn ya? Saya liat lg ya oli nya repsol leader, sama gulf ultrasyn.
Baca bbrp page kebelakang seh kok 0-20 ya saya liat.
Maaf masih awam soal mobil dan oli.

Terima kasih sblmnya
Bantu jawab om. Sama2 pake freed, cuma saya tahun 2012.
Kalo atf menurut bukman pake nya Honda DW1.
Selama ini riwayat penggantian ATF nya gimana? Kalau sama sekali belum pernah ganti boleh di flushing. Kalau saya pribadi, saya akan drain and fill aja 2x. Sekali drain and fill habis 3lt. Pake oli DW-1 juga ga masalah. Kalau mau ganti oli, lihat aja di kemasan nya comply ga ke Honda DW-1. Setelah itu rutin ganti tiap 20k ato 2 taun. Saya sendiri ATF pake Aisin AFW+ yg murmer.
Untuk olmes freed ga minta aneh2, sesuain budget aja. Saran saya stick di 5w-30.
Aman ya brati transmisi matic honda pakai oli selain merk honda?
Soalnya mitos2 yg beredar AT ama CVT nya honda kan amannya pakai oli merk honda, kalo ndak rawan selip
So far aman om, ga ada issue apa2. Di freed ini blm lama ganti atf selain DW-1, baru sekitar 20k km. Tapi di rumah saya piara brio yg masih 5AT, sblm pindah CVT. Itu dr 75k km smpe skrg 170k km pake ATF non Honda. So far aman, cuma saya majuin aja jadwal ganti nya consider tiap hari pake macet2an.
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by serseran »

t105erd wrote: Sat Oct 07, 2023 10:38 Kalo ga tau riwayatnya mending di flush saja pakai oli yg sesuai spek gearboxnya. Saya ga hapal kalo oli matik/cvt, bisa di cari di buku manualnya. Selanjutnya ganti tiap 20rb km

Oli mesin pakai 5W30 saja yg full sintetis
thx om buat masukannya...
Suryaputra wrote: Sat Oct 07, 2023 11:17 Pernah miara freed.
1. Atf nya pakai Honda Dw1, beli dan ganti di beres aja, sistem drain and refill 2x

2. Oli bisa 0w20, full sintetis,
Ganti tiap <5rb km / 6 bulan

Lbh Enteng akselnya.
thx om buat masukannya, btw tadi mau tanya soal drain and refill 2x. ternyata sudah dijawab juga diatas.

tapi, kalau habis 6ltr-an ya, udah mau mirip flushing ga ya om ? 10ltr ? atau flushing ini bisa lebih dari 10ltr ?
W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20 Bantu jawab om. Sama2 pake freed, cuma saya tahun 2012.
Kalo atf menurut bukman pake nya Honda DW1.
Selama ini riwayat penggantian ATF nya gimana? Kalau sama sekali belum pernah ganti boleh di flushing. Kalau saya pribadi, saya akan drain and fill aja 2x. Sekali drain and fill habis 3lt. Pake oli DW-1 juga ga masalah. Kalau mau ganti oli, lihat aja di kemasan nya comply ga ke Honda DW-1. Setelah itu rutin ganti tiap 20k ato 2 taun. Saya sendiri ATF pake Aisin AFW+ yg murmer.
Untuk olmes freed ga minta aneh2, sesuain budget aja. Saran saya stick di 5w-30.
thx om buat masukannya...
nah mirip dgn jawaban om suryaputra diatas, drain and fill.
Suryaputra wrote: Sun Oct 08, 2023 1:33 1. Buang
2. Isi baru
3. Jalanin mobil muter muter bengkel
4. Buang lagi
5. Isi baru + fine tuning level oli

Dah :big_peace:
om, fine tuning level oli itu apa ya ? thx
W42d wrote: Sun Oct 08, 2023 5:57 So far aman om, ga ada issue apa2. Di freed ini blm lama ganti atf selain DW-1, baru sekitar 20k km. Tapi di rumah saya piara brio yg masih 5AT, sblm pindah CVT. Itu dr 75k km smpe skrg 170k km pake ATF non Honda. So far aman, cuma saya majuin aja jadwal ganti nya consider tiap hari pake macet2an.
sekalian nanya om, kalau om pake atf non Honda, apakah boleh ganti2 merk nya terus.. atau tetep merk yg sama ? thx
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by W42d »

Suryaputra wrote: Sat Oct 07, 2023 11:17 Pernah miara freed.
1. Atf nya pakai Honda Dw1, beli dan ganti di beres aja, sistem drain and refill 2x

2. Oli bisa 0w20, full sintetis,
Ganti tiap <5rb km / 6 bulan

Lbh Enteng akselnya.
thx om buat masukannya, btw tadi mau tanya soal drain and refill 2x. ternyata sudah dijawab juga diatas.

tapi, kalau habis 6ltr-an ya, udah mau mirip flushing ga ya om ? 10ltr ? atau flushing ini bisa lebih dari 10ltr ?
W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20 Bantu jawab om. Sama2 pake freed, cuma saya tahun 2012.
Kalo atf menurut bukman pake nya Honda DW1.
Selama ini riwayat penggantian ATF nya gimana? Kalau sama sekali belum pernah ganti boleh di flushing. Kalau saya pribadi, saya akan drain and fill aja 2x. Sekali drain and fill habis 3lt. Pake oli DW-1 juga ga masalah. Kalau mau ganti oli, lihat aja di kemasan nya comply ga ke Honda DW-1. Setelah itu rutin ganti tiap 20k ato 2 taun. Saya sendiri ATF pake Aisin AFW+ yg murmer.
Untuk olmes freed ga minta aneh2, sesuain budget aja. Saran saya stick di 5w-30.
thx om buat masukannya...
nah mirip dgn jawaban om suryaputra diatas, drain and fill.
W42d wrote: Sun Oct 08, 2023 5:57 So far aman om, ga ada issue apa2. Di freed ini blm lama ganti atf selain DW-1, baru sekitar 20k km. Tapi di rumah saya piara brio yg masih 5AT, sblm pindah CVT. Itu dr 75k km smpe skrg 170k km pake ATF non Honda. So far aman, cuma saya majuin aja jadwal ganti nya consider tiap hari pake macet2an.
sekalian nanya om, kalau om pake atf non Honda, apakah boleh ganti2 merk nya terus.. atau tetep merk yg sama ? thx
Kalo yg dari saya baca2, flushing (melalui selang in out ke cooler di radiator) pun tidak akan bisa menjamin 100% akan terganti semua dengan yg baru. Kalau mau semua terganti dgn yg baru harus OH. Kapasitas oli matic freed seingat saya 6lt. Tap dr pan itu sekitar 2.8 lt -3lt. Berarti sudah hampir stghnya terganti. Tap 2x sudah sekitar 60-70%. Pernah ada yg share tabel nya di thread diskusi oli transmisi dgn metode drain n fill. Saran saya coba main2 ke thread oli transmisi. Cara fine tuning bisa lihat di buku manual, dilakukan saat mesin di suhu op. Temp, matikan, tunggu 90 detik (pastinya better cek di bukman), lalu cek dipstik posisi hot.

Untuk ganti merk oli, saran saya stick ke 1 aja. Kl ga ada keluhan ma yg skrg, ganti aja ma ori honda. Yg ptg pastiin oli nya ori. Dulu saya pernah coba 2x, PTT LV1 dan Aisin AFW+. Saya lbh cocok AFaw+. LV1 downshift cepet, tp berasa kurang gigit. Aisin AFW+ downshift ga secepet LV1 tp berasa lbh gigit. Dibanding DW1 bawaan, rasanya AFW+ lbh gliding kl abis lepas gas. Tp itu di brio. Di freed saya ga merasakan perbedaan, mungkin karena bobot yg lbh berat sehingga momentum gliding nya sama. Disclaimer ya, ini pengalaman pribadi dan cuma sharing. Anyway, maaf kalo panjang lebar, main ke thread oli trans aja biar ga OOT juga. Hehehe :big_sorry:
serseran
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Fri Oct 21, 2022 13:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by serseran »

W42d wrote: Sun Oct 08, 2023 13:16 Kalo yg dari saya baca2, flushing (melalui selang in out ke cooler di radiator) pun tidak akan bisa menjamin 100% akan terganti semua dengan yg baru. Kalau mau semua terganti dgn yg baru harus OH. Kapasitas oli matic freed seingat saya 6lt. Tap dr pan itu sekitar 2.8 lt -3lt. Berarti sudah hampir stghnya terganti. Tap 2x sudah sekitar 60-70%. Pernah ada yg share tabel nya di thread diskusi oli transmisi dgn metode drain n fill. Saran saya coba main2 ke thread oli transmisi. Cara fine tuning bisa lihat di buku manual, dilakukan saat mesin di suhu op. Temp, matikan, tunggu 90 detik (pastinya better cek di bukman), lalu cek dipstik posisi hot.

Untuk ganti merk oli, saran saya stick ke 1 aja. Kl ga ada keluhan ma yg skrg, ganti aja ma ori honda. Yg ptg pastiin oli nya ori. Dulu saya pernah coba 2x, PTT LV1 dan Aisin AFW+. Saya lbh cocok AFaw+. LV1 downshift cepet, tp berasa kurang gigit. Aisin AFW+ downshift ga secepet LV1 tp berasa lbh gigit. Dibanding DW1 bawaan, rasanya AFW+ lbh gliding kl abis lepas gas. Tp itu di brio. Di freed saya ga merasakan perbedaan, mungkin karena bobot yg lbh berat sehingga momentum gliding nya sama. Disclaimer ya, ini pengalaman pribadi dan cuma sharing. Anyway, maaf kalo panjang lebar, main ke thread oli trans aja biar ga OOT juga. Hehehe :big_sorry:
siap om, baru ngeh jg.. ternyata ada trit oli trans. ntar posting disana...
kalau saya seh ga pernah piara mobil, jd ga tau om gmn2 nya... btw, thx buat sharing nya.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by daimler »

sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 15:47
daimler wrote: Sat Oct 07, 2023 15:41
W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20
Aman ya brati transmisi matic honda pakai oli selain merk honda?
Soalnya mitos2 yg beredar AT ama CVT nya honda kan amannya pakai oli merk honda, kalo ndak rawan selip
Aman banget, malahan kalo pake yang bagusan ya lebih ok.

Tapi cari yang budget mininim harus lebih pilih², beberapa harga miring lebih jelek kualitasnya dari oem punya. Kalo pake oli honda lebih gak pusing aja
Oke mbah :big_deal: , kalo kiyu di AT honda pakainya berarti yg auto jk atau yg auto mv ya
W42d wrote: Sun Oct 08, 2023 5:57
daimler wrote: Sat Oct 07, 2023 15:41
W42d wrote: Sat Oct 07, 2023 11:20
So far aman om, ga ada issue apa2. Di freed ini blm lama ganti atf selain DW-1, baru sekitar 20k km. Tapi di rumah saya piara brio yg masih 5AT, sblm pindah CVT. Itu dr 75k km smpe skrg 170k km pake ATF non Honda. So far aman, cuma saya majuin aja jadwal ganti nya consider tiap hari pake macet2an.
Sip om, trims atas jawabannya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

daimler wrote: Sun Oct 08, 2023 17:34
sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 15:47
daimler wrote: Sat Oct 07, 2023 15:41
Aman ya brati transmisi matic honda pakai oli selain merk honda?
Soalnya mitos2 yg beredar AT ama CVT nya honda kan amannya pakai oli merk honda, kalo ndak rawan selip
Aman banget, malahan kalo pake yang bagusan ya lebih ok.

Tapi cari yang budget mininim harus lebih pilih², beberapa harga miring lebih jelek kualitasnya dari oem punya. Kalo pake oli honda lebih gak pusing aja
Oke mbah :big_deal: , kalo kiyu di AT honda pakainya berarti yg auto jk atau yg auto mv ya
W42d wrote: Sun Oct 08, 2023 5:57
daimler wrote: Sat Oct 07, 2023 15:41

So far aman om, ga ada issue apa2. Di freed ini blm lama ganti atf selain DW-1, baru sekitar 20k km. Tapi di rumah saya piara brio yg masih 5AT, sblm pindah CVT. Itu dr 75k km smpe skrg 170k km pake ATF non Honda. So far aman, cuma saya majuin aja jadwal ganti nya consider tiap hari pake macet2an.
Sip om, trims atas jawabannya
Q8 Auto MV
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by chain90s »

sahabatq8 wrote: Sun Oct 08, 2023 22:18
daimler wrote: Sun Oct 08, 2023 17:34
sahabatq8 wrote: Sat Oct 07, 2023 15:47

Aman banget, malahan kalo pake yang bagusan ya lebih ok.

Tapi cari yang budget mininim harus lebih pilih², beberapa harga miring lebih jelek kualitasnya dari oem punya. Kalo pake oli honda lebih gak pusing aja
Oke mbah :big_deal: , kalo kiyu di AT honda pakainya berarti yg auto jk atau yg auto mv ya
W42d wrote: Sun Oct 08, 2023 5:57
Sip om, trims atas jawabannya
Q8 Auto MV
Om sahabatQ8 kalau utk ford fiesta AT better yg mana antara MV dan JK?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

Minggu lalu akhirnya nyempetin diri ke TODA buat ganti oli + sekalian nyoba coolant Q8 .

Ini coolant agak ajaib , kalo diliat langsung dari tutup radiator warnanya ijo neon, tapi kalo diliat dari samping tangki reservoir atau dari galon warnanya merah/orange. Saya pake campuran 40/60
IMG-20230922-WA0008.jpg
IMG-20230922-WA0007.jpg
Coolant sebelumnya di kuras pake alat (oem nissan), total abis sekitar 9.5 liter.

AC langsung berasa lebih dingin, coolant sebelumnya udah lama gak diganti (lupa berapa taun, tapi warna udah agak beda dan susut ke batas bawah min)

Sekalian minta ambil sample oli untuk di UOA.

Mobil: Xtrail t32 2.5 2015
ODO : 123000 an km
ODO on oil: hampir 12rb km
Durasi sekitar 6.5 bulan
Bbm: full pertamax
Rute: 70% antara sudirman/scbd (daerah macet sinting) dan 30% daerah serpong+pik+senayan. Sering jadi genset jg (anabul gak tahan panas).
Basically either macet macetan, kebut-kebutan, ato jadi genset.

Note: Filter udara udah 2 tahun gak ganti udah agak rapuh, alhasil di bengkel sebelumnya disemprot kompressor ada 1 titik dipinggir agak sobek dikit. 2.5 bulan kemudian baru saya sadar, dan akhirnya diganti merek S*ak*ra.
Filter oli pake oem punya asli nissan.
Cooling system kipas sehat, tapi coolant udah agak kurang. Kipas jadi sering nyala, ac jadi kurang dingin.
Screenshot_20231009-180322.jpg
Dan Hasilnya, D1 FE 0w20, memang bukan sembarang 0w20 :big_exellent:

Dengan hasil tersebut saya gak ragu kalo misalnya kepepet di terusin ke 15rb km. Dengan pemakaian hampir 12rb km aja wear level single digit, di mobil yang gak muda muda amat dan kondisi coolant dan filter udara yang so so.

Conclusion:
Wear level top (walaupun silicon 20+ppm dari filter udara lama proteksi masih top)
V100 batas atas 0w20 (biasanya karena oksidasi (el nino maybe?), Atau contaminant)
TBN OK , (baru 6.8 based on voa mbah surya)
15rb km <9 bulan ok
10rb/1 tahun ok
Buat orang yang bilang mobil 5 tahun /100.000 km+ gak boleh pake oli encer :big_weee:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Mon Oct 09, 2023 11:46 Minggu lalu akhirnya nyempetin diri ke TODA buat ganti oli + sekalian nyoba coolant Q8 .

Ini coolant agak ajaib , kalo diliat langsung dari tutup radiator warnanya ijo neon, tapi kalo diliat dari samping tangki reservoir atau dari galon warnanya merah/orange. Saya pake campuran 40/60

IMG-20230922-WA0008.jpgIMG-20230922-WA0007.jpg

Coolant sebelumnya di kuras pake alat (oem nissan), total abis sekitar 9.5 liter.

AC langsung berasa lebih dingin, coolant sebelumnya udah lama gak diganti (lupa berapa taun, tapi warna udah agak beda dan susut ke batas bawah min)

Sekalian minta ambil sample oli untuk di UOA.

Mobil: Xtrail t32 2.5 2015
ODO : 123000 an km
ODO on oil: hampir 12rb km
Durasi sekitar 6.5 bulan
Bbm: full pertamax
Rute: 70% antara sudirman/scbd (daerah macet sinting) dan 30% daerah serpong+pik+senayan. Sering jadi genset jg (anabul gak tahan panas).
Basically either macet macetan, kebut-kebutan, ato jadi genset.

Note: Filter udara udah 2 tahun gak ganti udah agak rapuh, alhasil di bengkel sebelumnya disemprot kompressor ada 1 titik dipinggir agak sobek dikit. 2.5 bulan kemudian baru saya sadar, dan akhirnya diganti merek S*ak*ra.
Filter oli pake oem punya asli nissan.
Cooling system kipas sehat, tapi coolant udah agak kurang. Kipas jadi sering nyala, ac jadi kurang dingin.

Screenshot_20231009-180322.jpg

Dan Hasilnya, D1 FE 0w20, memang bukan sembarang 0w20 :big_exellent:

Dengan hasil tersebut saya gak ragu kalo misalnya kepepet di terusin ke 15rb km. Dengan pemakaian hampir 12rb km aja wear level single digit, di mobil yang gak muda muda amat dan kondisi coolant dan filter udara yang so so.

Conclusion:
Wear level top (walaupun silicon 20+ppm dari filter udara lama proteksi masih top)
V100 batas atas 0w20 (biasanya karena oksidasi (el nino maybe?), Atau contaminant)
TBN OK , (baru 6.8 based on voa mbah surya)
15rb km <9 bulan ok
10rb/1 tahun ok
Buat orang yang bilang mobil 5 tahun /100.000 km+ gak boleh pake oli encer :big_weee:
Mbah ini api sp atau dexos 1 gen3?

Soalnya aditifnya agak beda (range nya), sm saya punya (api sn+) @9800 km.
Yg mbah pakai di bagian Zinc dan Ca lbh tinggi, tp Mg lbh rendah.

Too good to be true
Coba buka head covernya :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Oct 09, 2023 12:07
sahabatq8 wrote: Mon Oct 09, 2023 11:46 Minggu lalu akhirnya nyempetin diri ke TODA buat ganti oli + sekalian nyoba coolant Q8 .

Ini coolant agak ajaib , kalo diliat langsung dari tutup radiator warnanya ijo neon, tapi kalo diliat dari samping tangki reservoir atau dari galon warnanya merah/orange. Saya pake campuran 40/60

IMG-20230922-WA0008.jpgIMG-20230922-WA0007.jpg

Coolant sebelumnya di kuras pake alat (oem nissan), total abis sekitar 9.5 liter.

AC langsung berasa lebih dingin, coolant sebelumnya udah lama gak diganti (lupa berapa taun, tapi warna udah agak beda dan susut ke batas bawah min)

Sekalian minta ambil sample oli untuk di UOA.

Mobil: Xtrail t32 2.5 2015
ODO : 123000 an km
ODO on oil: hampir 12rb km
Durasi sekitar 6.5 bulan
Bbm: full pertamax
Rute: 70% antara sudirman/scbd (daerah macet sinting) dan 30% daerah serpong+pik+senayan. Sering jadi genset jg (anabul gak tahan panas).
Basically either macet macetan, kebut-kebutan, ato jadi genset.

Note: Filter udara udah 2 tahun gak ganti udah agak rapuh, alhasil di bengkel sebelumnya disemprot kompressor ada 1 titik dipinggir agak sobek dikit. 2.5 bulan kemudian baru saya sadar, dan akhirnya diganti merek S*ak*ra.
Filter oli pake oem punya asli nissan.
Cooling system kipas sehat, tapi coolant udah agak kurang. Kipas jadi sering nyala, ac jadi kurang dingin.

Screenshot_20231009-180322.jpg

Dan Hasilnya, D1 FE 0w20, memang bukan sembarang 0w20 :big_exellent:

Dengan hasil tersebut saya gak ragu kalo misalnya kepepet di terusin ke 15rb km. Dengan pemakaian hampir 12rb km aja wear level single digit, di mobil yang gak muda muda amat dan kondisi coolant dan filter udara yang so so.

Conclusion:
Wear level top (walaupun silicon 20+ppm dari filter udara lama proteksi masih top)
V100 batas atas 0w20 (biasanya karena oksidasi (el nino maybe?), Atau contaminant)
TBN OK , (baru 6.8 based on voa mbah surya)
15rb km <9 bulan ok
10rb/1 tahun ok
Buat orang yang bilang mobil 5 tahun /100.000 km+ gak boleh pake oli encer :big_weee:
Mbah ini api sp atau dexos 1 gen3?

Soalnya aditifnya agak beda (range nya), sm saya punya (api sn+) @9800 km.
Yg mbah pakai di bagian Zinc dan Ca lbh tinggi, tp Mg lbh rendah.

Too good to be true
Coba buka head covernya :ngacir:
Ini pake yang botolnya API SP (tapi seinget saya masih dexos 1 gen 2) soalnya produksi 2022 seinget saya belum ada dexos 1 gen 3.

Oh iya lupa tambahin, ada penyusutan sedikit sekitar 200ml an. Ganti oli sebelumnya (10rb) penyusutan dikit bgt pas dibawah batas max.
Last edited by sahabatq8 on Mon Oct 09, 2023 12:38, edited 1 time in total.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by kendibocor »

sahabatq8 wrote: Mon Oct 09, 2023 11:46 Minggu lalu akhirnya nyempetin diri ke TODA buat ganti oli + sekalian nyoba coolant Q8 .

Ini coolant agak ajaib , kalo diliat langsung dari tutup radiator warnanya ijo neon, tapi kalo diliat dari samping tangki reservoir atau dari galon warnanya merah/orange. Saya pake campuran 40/60

IMG-20230922-WA0008.jpgIMG-20230922-WA0007.jpg

Coolant sebelumnya di kuras pake alat (oem nissan), total abis sekitar 9.5 liter.

AC langsung berasa lebih dingin, coolant sebelumnya udah lama gak diganti (lupa berapa taun, tapi warna udah agak beda dan susut ke batas bawah min)

Sekalian minta ambil sample oli untuk di UOA.

Mobil: Xtrail t32 2.5 2015
ODO : 123000 an km
ODO on oil: hampir 12rb km
Durasi sekitar 6.5 bulan
Bbm: full pertamax
Rute: 70% antara sudirman/scbd (daerah macet sinting) dan 30% daerah serpong+pik+senayan. Sering jadi genset jg (anabul gak tahan panas).
Basically either macet macetan, kebut-kebutan, ato jadi genset.

Note: Filter udara udah 2 tahun gak ganti udah agak rapuh, alhasil di bengkel sebelumnya disemprot kompressor ada 1 titik dipinggir agak sobek dikit. 2.5 bulan kemudian baru saya sadar, dan akhirnya diganti merek S*ak*ra.
Filter oli pake oem punya asli nissan.
Cooling system kipas sehat, tapi coolant udah agak kurang. Kipas jadi sering nyala, ac jadi kurang dingin.

Screenshot_20231009-180322.jpg

Dan Hasilnya, D1 FE 0w20, memang bukan sembarang 0w20 :big_exellent:

Dengan hasil tersebut saya gak ragu kalo misalnya kepepet di terusin ke 15rb km. Dengan pemakaian hampir 12rb km aja wear level single digit, di mobil yang gak muda muda amat dan kondisi coolant dan filter udara yang so so.

Conclusion:
Wear level top (walaupun silicon 20+ppm dari filter udara lama proteksi masih top)
V100 batas atas 0w20 (biasanya karena oksidasi (el nino maybe?), Atau contaminant)
TBN OK , (baru 6.8 based on voa mbah surya)
15rb km <9 bulan ok
10rb/1 tahun ok
Buat orang yang bilang mobil 5 tahun /100.000 km+ gak boleh pake oli encer :big_weee:
UOAnya dimana ini om? Kebetulan minggu depan mo ganti oli sekalian liat hasil UOA oli si biem kuat ga dibawa sampe 10rb km. Secara rekomennya 12rb. Malah ini saya uda pake 10rb di idrive dibilangnya interval ganti olinya masih 3500km lg. Jadi asumsi CBSnya bisa sampe 13500 km usia olinya dengan kondisi berkendara ane.