Bibieight wrote: Thu Oct 05, 2023 7:28
Yang ini :
ChZ wrote: Thu Oct 05, 2023 3:25
internal combustion mau se gimana reverse engineeringnya tetep perlu waktu buat nyamain krn ngga cuma urusan bongkar pasang doank. meleset 0.1mm aja bisa fatal akibatnya
Sama yang ini :
ChZ wrote: Thu Oct 05, 2023 3:25
krn kalo udah ngomong kompetisi banyak banyakan dan murah murahan barang biasa QC akan jadi korban pertama, lebih fokus gimana 1 detik bisa produksi berapa juta unit
Memang ndak kompatibel. Mau nguber cycle time cepet tapi akurasi kelas mikron ya harus beli mesin2 kelas wahid yang run-out-nya cuma 1 mikron per 100.000 parts. Mesin segitu harganya ajaib, udah gitu pabrik yang bisa bikin ndak banyak, jumlahnya seiprit pulak...
Makanya Jepang sama Jerman untuk urusan ICE hebat2 ya disitu, secara kultur memang biasa berurusan dengan barang njelimet, liat aja hasil kerja mereka diluar otomotif, macam lensa, kamera, alat2 ukur dll, presisi banget kan. Bayangin 1000 part yang saling terkait satu sama lain dan presisinya harus terkait juga, butuh puluhan tahun biar bisa sempurna kan. Penyebab mobcin berasa kayak ada off gitu kan ya gini, ada aja satu dua part yang ndak nyambung....
Kayak si Omoda ini, mau dry apa wet DCT kan tetep lebih njlimet mekanisnya dari CVT, yang VW/Audi aja enggak bisa langsung sekali tembak bikin DCT bener apalagi bikinan RRC....
Makanya saya heran, mobcin disini koq mau buang uang main dua kaki, ICE ya BEV iya, mau usaha gimanapun ndak bakal mereka menang sama Nippon di ICE, liat aja itu malaz sama defesek, bisa bikin irit = jepang aja sampe hari ini ndak nyampe... Benernya mumpung angin bagus harusnya langsung all out di BEV, dari pricing bisa main dumping di battery pack, iklan2/campaign2/medsos2 kontras-in ICE vs BEV, kasih trade-in battery pack tiap abis warranty dll....
makanya om ini kultur industrinya aja udah beda. yg ditonjolin sama japan engineering selalu level precisionnya yang tinggi. jerman selalu unggulin keberanian mereka ngulik teknologi baru. itali selalu form over function. kulturnya inline dengan natur internal combustion engine. inget toyota dulu tukang bikin mesin jahit. wkwkwkwk.
kroya aja internal combustion awalnya blajar dari mitsubishi. skrg mitsubishinya sekarat wkwkwk.
kalau ngomong masspro apalagi BEV siapapun bakal kalah telak sama china. krn china modalnya reverse engineering ngga pake uji prototype habis jutaan dollar. barang nggak lolos QC dan safety dipertanyakan pun bisa jual di domestik. kadang lolos ke negara dunia ketiga contoh mainan anak, baju, sepatu, kosmetik, dll.
maaf ngomong barang cungkwo seringkali konsumennya yang jadi guinea pig nya krn kultur industrinya memang gitu. kasarannya bodo amat, mau murah kok cari selamet. di sisi lain ya pasti invest supaya kualitas makin baik. kalau ada yang main modelkit, bakal kaget sekarang hampir ga bisa bedain bootleg sama ori band*i jepang, ketauannya kalo dirakit ya yang china punya musti dimodif dikit2 pake "kreativitas" krn ada kurang presisinya
udah kayak mesin kopi giling manual vs pake espresso machine. taste kopi giling manual lebih spesifik (internal combustion), tapi soal kecepatan penyajian ya jelas espresso machine lebih baik buat kelangsungan hidup bisnis kafe krn lebih simple dan cepet penyajiannya, apalagi nggak semua orang mudheng dalemannya kopi cuma butuh melek aja.
ya sama, mobil orang kebanyakan cuma butuh gelinding dan murah aja, dan ke depannya 2 hal ini cuma bisa dipenuhi oleh chinese brands krn precision macem japanese nggak terlalu relate buat konsumen yang lebih besar

QC problems di produk2 jepang under 500 ini kan akibat mereka berusaha bertahan dengan mengorbankan precision yang jadi andalan mereka di tengah serangan produk2 china.
nah masalahnya kalo jepangan udah mengorbankan QC tingkat dewa, terus pointnya beli barang jepang apa gitu kan
