Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Oct 25, 2007 16:56
bung PPT mo nanya nih, gw beli yaris minggu lalu, baru nyadar pas gw nyalain boil pagi2 ada bunyi tek tek tek cukup keras akhirnya gw claim ke toyota katanya ada oli yg sedikit entering ke VVT-i akhirnya ceritanya diganti nih olinya ama Mob 1 10-40 eh... masih juga tapi kalo panas sih kagak keras gitu suaranya, kata orang astra sih gak masalah, katanya kalo panas lubang olinya memuai terus olinya lancar dan oli juga encer..emang faktor oli pengaruh banget gak sih ato apa ya ...thks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
tapi pake oli mesin diesel + cairan engine flush buat ng'flush' mesin bensin gak masalah khan? walau cuma 15 menit idle?PenyuTurbo wrote: Kalau udah makai oli diesel ... ya gak usah campur dengan engine flush ... karena engine flush cuman diperbolehkan mesin dalam keadaan IDLE dan gak Jalan.
Last edited by alim ulama on Fri Oct 26, 2007 3:39, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 214
- Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51
mo nanya niyh sama bos2..
soal warranty mobil en ganti oli..
klo kita pake oli full sintetik, semacem shell helix ultra, interval ganti oli kan jadi 10000km ..
sementara buat warranty, servis diwajibkan buat ganti oli tiap 5000km..
jdnya harus ganti juga ato gimana yah di akalinnya?
ada pengalaman ?
soal warranty mobil en ganti oli..
klo kita pake oli full sintetik, semacem shell helix ultra, interval ganti oli kan jadi 10000km ..
sementara buat warranty, servis diwajibkan buat ganti oli tiap 5000km..
jdnya harus ganti juga ato gimana yah di akalinnya?
ada pengalaman ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
GPP ASAL BOIL IDLE.alim ulama wrote:tapi pake oli mesin diesel + cairan engine flush buat ng'flush' mesin bensin gak masalah khan? walau cuma 15 menit idle?PenyuTurbo wrote: Kalau udah makai oli diesel ... ya gak usah campur dengan engine flush ... karena engine flush cuman diperbolehkan mesin dalam keadaan IDLE dan gak Jalan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Antara TAPPET dengan camlobe ada jarak (clearance) ... sehingga pada saat dingin mesin di start (oli belum masuk ke jarur mekanisme TAPPET) ... Gerakan Camlobe bukan mendorong Valve (katup) ... tapise olah-olah ngantem ... cuman begitu oli udah stabil masuk ke TAPPET ... clearance tersebut akan menjadi rapet (bersentuhan) sehingga gerakan camlobe akan menekan TAPPET ... akibatnya bunyi tek-tek akan hilang.Nyupri wrote:bung PPT mo nanya nih, gw beli yaris minggu lalu, baru nyadar pas gw nyalain boil pagi2 ada bunyi tek tek tek cukup keras akhirnya gw claim ke toyota katanya ada oli yg sedikit entering ke VVT-i akhirnya ceritanya diganti nih olinya ama Mob 1 10-40 eh... masih juga tapi kalo panas sih kagak keras gitu suaranya, kata orang astra sih gak masalah, katanya kalo panas lubang olinya memuai terus olinya lancar dan oli juga encer..emang faktor oli pengaruh banget gak sih ato apa ya ...thks
Akan tetapi apabila pada saat mesin sudah panas ... bunyi tek-tek-tek masih kedengaran ... ada kemungkinan terjadi sedikit penyumbatan pada sistem saluran oli yang msuk ke TAPPET ... Dengan mengingat boil baru beli ... kemungkinan ini tipis ... berarti ada kecacatan pada TAPPET ... kalau masih garansi minta ganti TAPPET yang baru.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Oct 25, 2007 16:56
wah thanks nih, BTW kalo oli 10-40 atau 0-30 memang lebih encer and agak berisik tapi dirasain licin, apa kagak ganggu gesekan suaranya lebih berisik dari ..-50, ..-60, kalo logika awam makin berisik gesekan makin besar, terus soal viskositas yg juga asalnya mediasi malah bisa jadi pengantar gesekan juga pada suhu tertentu ?PenyuTurbo wrote:Antara TAPPET dengan camlobe ada jarak (clearance) ... sehingga pada saat dingin mesin di start (oli belum masuk ke jarur mekanisme TAPPET) ... Gerakan Camlobe bukan mendorong Valve (katup) ... tapise olah-olah ngantem ... cuman begitu oli udah stabil masuk ke TAPPET ... clearance tersebut akan menjadi rapet (bersentuhan) sehingga gerakan camlobe akan menekan TAPPET ... akibatnya bunyi tek-tek akan hilang.Nyupri wrote:bung PPT mo nanya nih, gw beli yaris minggu lalu, baru nyadar pas gw nyalain boil pagi2 ada bunyi tek tek tek cukup keras akhirnya gw claim ke toyota katanya ada oli yg sedikit entering ke VVT-i akhirnya ceritanya diganti nih olinya ama Mob 1 10-40 eh... masih juga tapi kalo panas sih kagak keras gitu suaranya, kata orang astra sih gak masalah, katanya kalo panas lubang olinya memuai terus olinya lancar dan oli juga encer..emang faktor oli pengaruh banget gak sih ato apa ya ...thks
Akan tetapi apabila pada saat mesin sudah panas ... bunyi tek-tek-tek masih kedengaran ... ada kemungkinan terjadi sedikit penyumbatan pada sistem saluran oli yang msuk ke TAPPET ... Dengan mengingat boil baru beli ... kemungkinan ini tipis ... berarti ada kecacatan pada TAPPET ... kalau masih garansi minta ganti TAPPET yang baru.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Aku (dan kayaknya bung Handling juga) bener2 pingin tau gimana performa Shell Helix Ultra.. kalo gak salah dulu ada 10W40 terus discontinued ? Diganti 5W30 (CMIIW), benarkah ? Kalo liat di toko2 oli, oli ini termasuk jenis fully synthetic yang relatif murah... Kayaknya SHU ini diproduksi di Malaysia... Gimana Pak Penyu, sudah ada data untuk Shell Helix Ultra ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Termasuk dalam golongan IV ... Fully Synthetic jenis PAO (Poly Alpha Olefins) ... yang memang lebih murah dari oli Golongan V (jenis Ester/Diseter). Kononnya FERARI Factory Fill ... hehehhe kan formula1 ferari makai shell.JESKONENG wrote:Aku (dan kayaknya bung Handling juga) bener2 pingin tau gimana performa Shell Helix Ultra.. kalo gak salah dulu ada 10W40 terus discontinued ? Diganti 5W30 (CMIIW), benarkah ? Kalo liat di toko2 oli, oli ini termasuk jenis fully synthetic yang relatif murah... Kayaknya SHU ini diproduksi di Malaysia... Gimana Pak Penyu, sudah ada data untuk Shell Helix Ultra ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
kemaren dah coba beralih dari eneos ke mobil1 10/40 untuk mesin , gearbox dari eneos ke motul rdx, perbedaan dengan olie merk sebelumnya suara mesin lebih alus, untuk tarikan..... ??? ini yg blom terbukti..... karena kemaren ganti olie + tune up, skalian warp header pke dei yg pasti skarang tenaga dah.... ngisi dari 1800rpm
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Sat Oct 20, 2007 23:00
sblmnya mobil gw pake eneos molybdenum, waktu ganti oli, gw cari oli petronas syntium, krn gak dapet & waktu mepet, akhirnya gw pilih castrol magnatectonie wrote:kemaren dah coba beralih dari eneos ke mobil1 10/40 untuk mesin , gearbox dari eneos ke motul rdx, perbedaan dengan olie merk sebelumnya suara mesin lebih alus, untuk tarikan..... ??? ini yg blom terbukti..... karena kemaren ganti olie + tune up, skalian warp header pke dei yg pasti skarang tenaga dah.... ngisi dari 1800rpm
terasa perbedaannya, tarikan lebih enteng
temen gw yg pemilik sblmnya dari mobil gw jg komentar nya sama stlh dia coba test drive
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Castrol Magnatec API standardnya kalah ya ama Shell Helix super?
Kalo ga salah CM itu SJ, kalo SHS SL..
Gearbox, yang shell juga bagus tuh..
Kalo ga salah CM itu SJ, kalo SHS SL..
Gearbox, yang shell juga bagus tuh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
^^^
Kebetulan pake Castrol Magnatec, ingat2 sih API-nya sudah SM/CF (sorry...botol-nya sudah dibuang). saya pake Hyundai Santa Fe lama, kalo ganti oli di BeRes, biasanya dikasi Repsol. Bagusan mana ya? Pakenya oli dgn kekentalan 10-40. Penasaran mo make ELF juga sih...
Ada yg pernah pake/denger oli Global Petro America ga? Kemarin coba tapi yg buat transmisi (80-90), belum berani coba yg buat mesin nih....
Kebetulan pake Castrol Magnatec, ingat2 sih API-nya sudah SM/CF (sorry...botol-nya sudah dibuang). saya pake Hyundai Santa Fe lama, kalo ganti oli di BeRes, biasanya dikasi Repsol. Bagusan mana ya? Pakenya oli dgn kekentalan 10-40. Penasaran mo make ELF juga sih...
Ada yg pernah pake/denger oli Global Petro America ga? Kemarin coba tapi yg buat transmisi (80-90), belum berani coba yg buat mesin nih....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
sy selalu pakai FK/massimo SSX 10w30 high-grade mineral oil setiap 5000km, bukan yg NA-beat 5w30 (lebih mahal dari SSX, NA-beat pun masih mineral).
Uniknya merk ini, spec nya average saja SJ-CF, & most tipe2 oil nya adalah mineral (sptnya cuma merk ini yg bikin mineral 5w30 CMIIW); infonya kualitas mineralnya ini masih lebih bagus dari bbrp full-syntetic level entry sekalipun.
Jg harganya relatif mahal / setara full-syntetic nya petronas yah.
Harga yg NA-beat mineral malah setara/lebih mahal daripada HKS semi-syntetic 10w40.
Tp since ini asli japan, kualitas & spec nya percaya asli deh, FK/massimo ini sptnya supplier juga buat bbrp oil japan brand lain.
ada lagi yg "Racing Spec 10w60" kl ga salah; penjualnya malah sama sekali tidak menganjurkan kecuali sy perlu pakai untuk mesin turbo utk balap/race di sirkuit.
Apa ada smers lain yg pakai FK/massimo juga?
Uniknya merk ini, spec nya average saja SJ-CF, & most tipe2 oil nya adalah mineral (sptnya cuma merk ini yg bikin mineral 5w30 CMIIW); infonya kualitas mineralnya ini masih lebih bagus dari bbrp full-syntetic level entry sekalipun.
Jg harganya relatif mahal / setara full-syntetic nya petronas yah.
Harga yg NA-beat mineral malah setara/lebih mahal daripada HKS semi-syntetic 10w40.
Tp since ini asli japan, kualitas & spec nya percaya asli deh, FK/massimo ini sptnya supplier juga buat bbrp oil japan brand lain.
ada lagi yg "Racing Spec 10w60" kl ga salah; penjualnya malah sama sekali tidak menganjurkan kecuali sy perlu pakai untuk mesin turbo utk balap/race di sirkuit.
Apa ada smers lain yg pakai FK/massimo juga?
eternorockstar wrote:denger2 Petro Kanada bs tahan sampe 80000km.tp apa g bawa pengaruh buruk k mesin???
ada yg pernah coba FK/Massimmo NA Beat????
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45