Halo temen2 serayaHonda…. Balik lagi mau lanjut ripiw civic FE setelah dipakai untuk liburan nih.
Penumpang 2 dewasa 2 bocah, beserta koper
Rute nya jakarta pik – lembang – dago – punclut – tj priuk – pik.
Sengaja di pilih rute jauh dan nanjak2 pegunungan yang cukup ekstrim, untuk tes performa keseluruhan civic ini. Kondisi mobil saya, semua standar, hanya remap ecu saja. Bensin full ron98 nitro+. Ganti oli mesin pertama di 1000km dengan oli beres eco pro.
Oke langsung aja.
Perjalanan dimulai dari PIK, langsung tujuan floating market lembang lanjut istirahat di setiabudhi.
Asli, enak banget pake ini mobil. Gas tipis2, top speed max 150kph aja di tol MBZ. Gampang banget naiknya. Yang mengejutkan buat saya, konsumsi bbm bisa tembus 19.4km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.50.18.jpeg
momen menuju 150km/h, di keplak istri sembari pegang hp sembari nyetir kenceng
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.50.18 (1).jpeg
Tiba di tol padalarang. Tanjakan curam yang paling Panjang kayanya tanjakan blibli ya. Tapi nggak kerasa ngeden nih mobil. Mungkin kuncinya jaga momentum RPM aja kali ya. Kalo turbo udh masuk, ga ada cerita ngeden2. Bahkan dalam beberapa kesempetan, nyalip trio ladderframe gampang aja tuh. Selain torsi yang ngisi terus, lincahnya mobil juga bikin pede banget untuk nyalip2. Tiba di hotel, udah mikir nih wah fuel cons pasti turun nih, soalnya rute nanjak dan bejek terus kan. Lah.. ternyata masih dapet 16.2km/liter. Sedep..
Hari ke 2. Rute nya ke noah’s park, dago dream park, lanjut dinner di punclut, baru pulang ke hotel lagi di setiabudi. Pergi dari pagi sih enak banget, jalanan masih kosong. Libas gunung, naik turun, belok2, bahkan nyalip, kerasa banget effortless.
Tapi masa2 indah naek civic ini berubah jadi mimpi buruk begitu sore, dan mulai di hadapi dengan kemacetan daerah punclut. Bagi yang nggak tau, ini jalanan tanjakannya curam banget, dan hanya bisa dilewati 2 mobil berlawanan arah dengan lebar jalan yang pas2an banget buat 2 mobil ukuran sedang. Mesin 1.5T+cvt nggak bisa boong. Keteteran banget kalo pas lagi stop and go. Kerasa berat, berat banget. Cuma ya asal berani bejek dan tega denger CVT nya sih ya nanjak aja sih. Mesin nge-gerung ditemenin dgn raungan CVT yang nguuuuu aduh, nggak enak banget. Ada momen lucu, bisa2 nya disalip innova 2.0G gen1, facelift pertama, lengkap dengan suara whooosssshhh nya. Saat2 kaya gini sih kangen banget naek 2GD. Mungkin saat kaya gini, naek crv 1.5T mendingan kali ya. Kalo kata om chz kan gear nya lebih kasar. Kali aja lebih nolong pas stop and go tanjakan curam gini. Setelah semua acara selesai, balik ke setiabudi. Fuel cons langsung tercatat 13.2km/liter. Ouch..
Hari ke 3, udah tepar…. Pagi2 pergi ke farmhouse, maen seharian. Abis itu lunch di daerah kota bandungnya, restoran dunia baru. Jos abis. Balik lagi ke hotel setiabudi, udah istirahat full total disana. Gak tau kenapa, jalanan lancar banget, tumben2an tuh farmhouse. Padahal hari minggu, biasa rame. Fuel cons membaik di 15.2km/liter. Mantep..
Hari ini pulang, mampir dulu ke rest area pertama di tol padalarang arah jakarta, tercatat 16.7km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09.jpeg
Yok kita gas, tujuan langsung ke kantor di daerah tj priuk. Asli, cvt nya pinter abis. Di turunan Panjang, gak perlu kita untuk maenin paddleshift engine brake. Dia bisa engine brake sendiri,. Cuma ya ga tega denger suara mesin meraung naek di rpm 3 sih. Jadi kalo dia nyala engine brakenya, auto lompat ke rpm 3, biasa saya maenin paddleshift +, untuk upshift gigi virtualnya. Nanti rpmnya turun ke 2.5, tapi efek engine brake nggak sekuat yang rpm 3.
Masuk ke tol MBZ arah pulang, gak kerasa fuel cons udh naik di 19 km/liter.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09 (1).jpeg
Thanks to tol bandung arah jakarta yang turunan terus kebanyakan. Lanjut masuk tol cikunir, dan berhenti di kantor tj priuk, akhirnya dapet fuel cons 18.9 km/liter. total fuel cons yang didapat dengan beragam rute yang ada selama trip ini di dapat 14.1 km/liter. muantap pol.
WhatsApp Image 2023-09-25 at 15.52.09 (2).jpeg
Kesimpulan
Okay, mungkin sedan bukan selera semua orang. Terlebih di jaman orang semua pada demen SUV. Tapi percayalah, duduk rendah di sebuah sedan, dengan kenikmatan body roll minim saat ditekuk sana tekuk sini ditambah pula mesin yang sangat bertenaga dan irit, bener2 suatu sensasi nikmat tersendiri.
Kalau memang ngga selera sedan, secara spesifik combo mesin 1.5T dan cvt ini bener2 boleh banget diperhitungkan. Tenaga nya dapet, irit nya dapet, transmisi nya pun pinter banget. Sigap. Tapi kan tadi katanya di tanjakan, rasanya berat banget ngegerung mesinnya. Yes bener, tapi seberapa sering sih kita mengalami posisi spt itu di real life? Paling kebanyakan ya rute perkotaan aja, atau kalopun nanjak, ya tentu gak akan se ekstrim tanjakan punclut itu. tanjakan ujung langit dah.
oh belum bahas the famous road noise? jadi, civic FE dengan segala improvement noise nya, beserta ban bawaannya yokohama advan db gimana? jawabannya, honda is still honda. ngga nolong wkwkwk. better dari hrv lama saya iya, jauh. tapi kalo dibilang senyap sih nggak banget. tinggal yg belum kejajal pas ujan gede nih. brisiknya seberapa sih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.