Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Greenhunter wrote: Sat Sep 16, 2023 6:07
OGL saya matic 2008. setelah beres beres CV joint, bushing rack steer dan shock breaker sekarang ini kalau lwat jalan paving ada bunyi tek tek dari arah kiri depan, sudah periksa area kaki kaki, pin kaliper tidak menemukan sumber suaranya. bunyi timbul sesekali saja, saat posisi lurus juga bunyi, kadang di jalan halus kena guncangan halus juga keluar bunyinya.
sejauh ini yang sudah diperiksa :
- support shock sudah diperiksa semua bautnya
- engine mounting kanan kiri belakang baru ganti
- kaliper dan kampas rem sudah diperiksa
- CV join baru, sudah di grease ulang
- ball join dan link stabiliser sudah diperiksa menurut bengkel masih bagus
- rack steer setelah ganti bushing skrg keluar bunyi klutuk klutuk lagi kalau digerakkan kanan kiri dengn cepat., yang saya cari ini bunyinya kletek kletek semacam besi beradu.
kemarin kamis 15 sept hampir 1/2 hari dibengkel tidak menemukan sumbernya.
any idea ?
Coba cek link comp
Kadang jelek ataunkeropok dudukannya
Jarang dicek item ini
Bearing roda dpn jg coba cek
Racksteer minta garansi kalau masi bunyi atau beli heiker aja
Greenhunter wrote: Sat Sep 16, 2023 6:07
OGL saya matic 2008. setelah beres beres CV joint, bushing rack steer dan shock breaker sekarang ini kalau lwat jalan paving ada bunyi tek tek dari arah kiri depan, sudah periksa area kaki kaki, pin kaliper tidak menemukan sumber suaranya. bunyi timbul sesekali saja, saat posisi lurus juga bunyi, kadang di jalan halus kena guncangan halus juga keluar bunyinya.
sejauh ini yang sudah diperiksa :
- support shock sudah diperiksa semua bautnya
- engine mounting kanan kiri belakang baru ganti
- kaliper dan kampas rem sudah diperiksa
- CV join baru, sudah di grease ulang
- ball join dan link stabiliser sudah diperiksa menurut bengkel masih bagus
- rack steer setelah ganti bushing skrg keluar bunyi klutuk klutuk lagi kalau digerakkan kanan kiri dengn cepat., yang saya cari ini bunyinya kletek kletek semacam besi beradu.
kemarin kamis 15 sept hampir 1/2 hari dibengkel tidak menemukan sumbernya.
any idea ?
Trust me, mostly masalah ini timbul dari balljoint yang rusak. Kalau dibiarin lama-lama posisi setir miring walau parkir roda lurus, dan akhirnya patah dari sambungan lower arm.
trebla88 wrote: Sat Sep 16, 2023 6:14
Coba cek link comp
Kadang jelek ataunkeropok dudukannya
Jarang dicek item ini
Bearing roda dpn jg coba cek
Racksteer minta garansi kalau masi bunyi atau beli heiker aja
Siap om trebla88, minggu depan kalo kerjaan longgar saya bawa bengkel cek link comp
Or4cle wrote: Sat Sep 16, 2023 12:11
Trust me, mostly masalah ini timbul dari balljoint yang rusak. Kalau dibiarin lama-lama posisi setir miring walau parkir roda lurus, dan akhirnya patah dari sambungan lower arm.
Terima kasih om Or4cle, saya juga akan cek balljoint memastikan
trebla88 wrote: Sat Sep 16, 2023 6:14
Coba cek link comp
Kadang jelek ataunkeropok dudukannya
Jarang dicek item ini
Bearing roda dpn jg coba cek
Racksteer minta garansi kalau masi bunyi atau beli heiker aja
Sudah cek dan betul penyebabnya ini. terima kasih om trebla88
Or4cle wrote: Sat Sep 16, 2023 12:11
Trust me, mostly masalah ini timbul dari balljoint yang rusak. Kalau dibiarin lama-lama posisi setir miring walau parkir roda lurus, dan akhirnya patah dari sambungan lower arm.
balljoin dicek kembali dan dipastikan aman. terima kasih masukannya om Or4cle.
kasus saya selesai, hari ini perbaikan :
1. Ganti link komp kiri, bautnya karatan dan aus. link comp kanan masih bagus.
WhatsApp Image 2023-09-27 at 07.57.41.jpeg
2. Ganti seal kruk as
WhatsApp Image 2023-09-27 at 07.57.41.jpeg
3. Las bak oli carter karena ada bekas kena gasruk batu atau semacam itu, selama ini tidak ada oli keluar tapi di tes pakai air rembes aluuuuuuuuuus seddiiiiiiiikiiiiiit banget
4. Ganti seal rocker cover karena rembes lagi
WhatsApp Image 2023-09-27 at 07.57.49.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
trebla88 wrote: Wed Sep 27, 2023 12:51
Sipp
Linkcomp mayan tuh harganya 600rban,banyak yg ga kecek item ini
Ganti seal rembes kena brp ?ama di bengkel mana
Ini sparepart yang saya beli
IMG-20230926-WA0017.jpg
Ini ongkos pasang dan bengkelmya
Oo ya mayan lah ya 300rb
Jasanya 900rban itu bongkar pasang mesin lipindut emang aga nyusahin
Item linkcomp emang aga jarang diperiksa
Kalau ga salah di L10 bbrp ada yg harus las ulang dudukannya kalau baca di FB grup
Moga abis dibenerin ini aman ya om
Atau malah rencana dijual
trebla88 wrote: Wed Sep 27, 2023 12:51
Sipp
Linkcomp mayan tuh harganya 600rban,banyak yg ga kecek item ini
Ganti seal rembes kena brp ?ama di bengkel mana
Ini sparepart yang saya beli
IMG-20230926-WA0017.jpg
Ini ongkos pasang dan bengkelmya
Oo ya mayan lah ya 300rb
Jasanya 900rban itu bongkar pasang mesin lipindut emang aga nyusahin
Item linkcomp emang aga jarang diperiksa
Kalau ga salah di L10 bbrp ada yg harus las ulang dudukannya kalau baca di FB grup
Moga abis dibenerin ini aman ya om
Atau malah rencana dijual
Mau dipakai dulu untuk bbrp tahun kedepan om, kalau gantinya mobil bekas yg setara LMPV gak ada poin plusnya dari livina ini. Sedang kumpulkan duitnya berharap bisa ganti baru.
fachryXGear2014 wrote: Thu Oct 26, 2023 3:10
Om, misi mau tanya, apa ada rekomendasi bengkel spesialis Nissan di daerah Bandung Raya?
newbie bantu jawab om, coba ke Trident di Solontongan, Bubat. Alamat lengkapnya kurang ngeh seh tapi ada kok di Gmap ... bos Alex ownernya enak banget diajak disscuss, parts jg lumayan lengkap...
Tanya om, bearing roda belakang yang aftermarket selain NTN merek apa yg rekomended ya?
1. King steel
2. NIS
3. DeTMK
4. Trivindo
5. Rekomendasi lainnya..
erwinsetia wrote: Thu Apr 11, 2024 14:42
Tanya om, bearing roda belakang yang aftermarket selain NTN merek apa yg rekomended ya?
1. King steel
2. NIS
3. DeTMK
4. Trivindo
5. Rekomendasi lainnya..
pulsy wrote: Tue Apr 16, 2024 9:40
Permisi ada yang tau yang jual baut chamber spooring Livina L10 dimanakah yang bagus? sekalian yang bisa setelnya.
Thanks
mau diapain om? saran sich mendingan jangan dimodif2 itu.
kl jual mah banyak yg jual di spesialis tp ya sebaiknya itu baut jangan diutak atik selain ganti baut orinya di beres.
pulsy wrote: Tue Apr 16, 2024 9:40
Permisi ada yang tau yang jual baut chamber spooring Livina L10 dimanakah yang bagus? sekalian yang bisa setelnya.
Thanks
mau diapain om? saran sich mendingan jangan dimodif2 itu.
kl jual mah banyak yg jual di spesialis tp ya sebaiknya itu baut jangan diutak atik selain ganti baut orinya di beres.
pulsy wrote: Tue Apr 16, 2024 9:40
Permisi ada yang tau yang jual baut chamber spooring Livina L10 dimanakah yang bagus? sekalian yang bisa setelnya.
Thanks
baut camber maksudnya?
yg dipasang di shock bagian bawah a.k.a lower strut bolt?
saran saya sbg nubi mending lupakan pake baut² gituan krn bikin geometri shock jadi ngaco.
Jadi ceritanya kemarin abis spooring om di B-quick hasil spooring chamber kiri Minus satu, menurut mekanik dia ga bisa setel kalo chamber yang bisa disetel cuma caster sama toe. Kemungkinan bisa minus satu ini ada bongkar shockbreaker atau karet shock pas masang ga pas. Disaranin kalo mau dibongkar ulang tutup karet shock yang kiri samain sama yang kanan karena yang kanan masih masuk toleransi. Kalo ga mau bongkar pake baut chamber yang bisa disetel2.
FYI hasil foto spooring pas lagi dikerjain, yang print2 hasil selesai spooring lupa difoto.
Kalo ga salah inget yang center sama toe da ijo semua. cuma chamber kiri yang masih minus
WhatsApp Image 2024-04-17 at 09.17.04.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pulsy wrote: Tue Apr 16, 2024 9:40
Permisi ada yang tau yang jual baut chamber spooring Livina L10 dimanakah yang bagus? sekalian yang bisa setelnya.
Thanks
mau diapain om? saran sich mendingan jangan dimodif2 itu.
kl jual mah banyak yg jual di spesialis tp ya sebaiknya itu baut jangan diutak atik selain ganti baut orinya di beres.
pulsy wrote: Tue Apr 16, 2024 9:40
Permisi ada yang tau yang jual baut chamber spooring Livina L10 dimanakah yang bagus? sekalian yang bisa setelnya.
Thanks
baut camber maksudnya?
yg dipasang di shock bagian bawah a.k.a lower strut bolt?
saran saya sbg nubi mending lupakan pake baut² gituan krn bikin geometri shock jadi ngaco.
Jadi ceritanya kemarin abis spooring om di B-quick hasil spooring chamber kiri Minus satu, menurut mekanik dia ga bisa setel kalo chamber yang bisa disetel cuma caster sama toe. Kemungkinan bisa minus satu ini ada bongkar shockbreaker atau karet shock pas masang ga pas. Disaranin kalo mau dibongkar ulang tutup karet shock yang kiri samain sama yang kanan karena yang kanan masih masuk toleransi. Kalo ga mau bongkar pake baut chamber yang bisa disetel2.
FYI hasil foto spooring pas lagi dikerjain, yang print2 hasil selesai spooring lupa difoto.
Kalo ga salah inget yang center sama toe da ijo semua. cuma chamber kiri yang masih minus
WhatsApp Image 2024-04-17 at 09.17.04.jpeg
sebelumnya apa hbs overhaul kaki2 Om?
kl iya ya kembaliin ama yg pasang kl emang ada kurang pas pemasangannya.
mau diapain om? saran sich mendingan jangan dimodif2 itu.
kl jual mah banyak yg jual di spesialis tp ya sebaiknya itu baut jangan diutak atik selain ganti baut orinya di beres.
baut camber maksudnya?
yg dipasang di shock bagian bawah a.k.a lower strut bolt?
saran saya sbg nubi mending lupakan pake baut² gituan krn bikin geometri shock jadi ngaco.
Jadi ceritanya kemarin abis spooring om di B-quick hasil spooring chamber kiri Minus satu, menurut mekanik dia ga bisa setel kalo chamber yang bisa disetel cuma caster sama toe. Kemungkinan bisa minus satu ini ada bongkar shockbreaker atau karet shock pas masang ga pas. Disaranin kalo mau dibongkar ulang tutup karet shock yang kiri samain sama yang kanan karena yang kanan masih masuk toleransi. Kalo ga mau bongkar pake baut chamber yang bisa disetel2.
FYI hasil foto spooring pas lagi dikerjain, yang print2 hasil selesai spooring lupa difoto.
Kalo ga salah inget yang center sama toe da ijo semua. cuma chamber kiri yang masih minus
WhatsApp Image 2024-04-17 at 09.17.04.jpeg
sebelumnya apa hbs overhaul kaki2 Om?
kl iya ya kembaliin ama yg pasang kl emang ada kurang pas pemasangannya.
Pernah overhaul kaki-kaki tapi da lama om da ampir 2 taon, abis ganti shock depan di Beres taon lalu sekitar bulan 2 apa 3.
Jadi jedanya emang da agak lama. Kemarin ini sekalian mau rotasi ban jadi spooring & balancing di b-quick.
Jadi ceritanya kemarin abis spooring om di B-quick hasil spooring chamber kiri Minus satu, menurut mekanik dia ga bisa setel kalo chamber yang bisa disetel cuma caster sama toe. Kemungkinan bisa minus satu ini ada bongkar shockbreaker atau karet shock pas masang ga pas. Disaranin kalo mau dibongkar ulang tutup karet shock yang kiri samain sama yang kanan karena yang kanan masih masuk toleransi. Kalo ga mau bongkar pake baut chamber yang bisa disetel2.
FYI hasil foto spooring pas lagi dikerjain, yang print2 hasil selesai spooring lupa difoto.
Kalo ga salah inget yang center sama toe da ijo semua. cuma chamber kiri yang masih minus
WhatsApp Image 2024-04-17 at 09.17.04.jpeg
baut top mounting yg 3 pcs itu bisa digeser sedikit walopun mungkin nggak sempurna hasilnya. kendorin aja trus geser paksa buat cari sudut paling maksimal.
images.jpeg
kalo lower strut bolt diganti, sudut CAMBER hub (roda) memang bisa berubah sesuai keinginan, tapi sudut CAMBER strut assy (shock depan) pun ikut berubah sudutnya jadi makin tegak.
images (1).jpeg
images (2).jpeg
efeknya, saat high speed ayunan suspensi depan jadi nggak sama antara kiri dan kanan. bahasa mudahnya "terasa limbung".
nb : CAMBER, nggak pake "h". bukan chamber.
2 kata beda arti beda penggunaan.
tapi balik lg keputusan ada di pemilik mobil.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.