Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29
Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.
Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?
Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.
Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.
Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless
Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
Kalau di Indo, pengalaman pribadi, wajib periksa dipstick oli dari habis servis. Terutama kalo di tagihan masuknya 4 liter.
Pake filter 3.7, tanpa filter 3.4 apa 3.5 lupa. kalo ampe 4ltr overfill abis wakakakaka.
Emang aneh mesin turbo cenggo cuma 3.5 literan wakakaka. Tp kalo ngomong nguap ya asal spek tepat penguapan minim. Ga tau sih kalo long drain, ane tetep 5000-6000 ganti
Anki G AT 2GD banyak yg ready Om. kalo ga masalah sama kopongannya sih gas aja..
gak ada ruginya beli Anki, kuat bgt harga jual nya, boleh dibilang kalah sama inflasi aja, secara angka nya gak jauh dari harga baru kalo diliat2.
Pake filter 3.7, tanpa filter 3.4 apa 3.5 lupa. kalo ampe 4ltr overfill abis wakakakaka.
Emang aneh mesin turbo cenggo cuma 3.5 literan wakakaka. Tp kalo ngomong nguap ya asal spek tepat penguapan minim. Ga tau sih kalo long drain, ane tetep 5000-6000 ganti
Ga di beres ga di bengkel biasa, emang musti diliatin mekaniknya pas nuang wkwkwk
tapi pas di bengkel biasa, mekaniknya lebih pinter loh, itu filter diolesnya dulu, dituang, baru dipasang.
AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 8:14
Ga di beres ga di bengkel biasa, emang musti diliatin mekaniknya pas nuang wkwkwk
tapi pas di bengkel biasa, mekaniknya lebih pinter loh, itu filter diolesnya dulu, dituang, baru dipasang.
di tempat langganan ane, biasa mau ngecek via dipstick.
beres kadang asal tuang abis aja gak diliatin dipstick udah overfill apa belum
Pake filter 3.7, tanpa filter 3.4 apa 3.5 lupa. kalo ampe 4ltr overfill abis wakakakaka.
Emang aneh mesin turbo cenggo cuma 3.5 literan wakakaka. Tp kalo ngomong nguap ya asal spek tepat penguapan minim. Ga tau sih kalo long drain, ane tetep 5000-6000 ganti
Ga di beres ga di bengkel biasa, emang musti diliatin mekaniknya pas nuang wkwkwk
tapi pas di bengkel biasa, mekaniknya lebih pinter loh, itu filter diolesnya dulu, dituang, baru dipasang.
Bukan masalah pinter ga pinter om, tapi ini "sistemik" dan official dari honda nya.
Coba saja cek di website official nya honda indonesia .com tentang panduan servis per model. Ditulisnya 4 liter.
Ane dulu sempat tanya di beres, karena oli epro turbo, hanya dijual botolan. Bukan drum2an seperti epro gold.
DI hrv lama, juga 3.5 liter, 7 tahun ganti oli di tempat yang sama, ga pernah overfill sekali pun.
Jadi entah karena males kasih penjelasan ke customer, dituanglah itu botol ke 4, full.
Ya positive nya sih, mereka ga ngumpetin jatah sisa. Kan bisa saja di simpen 1/2nya buat next customer.
ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 8:26
Ya positive nya sih, mereka ga ngumpetin jatah sisa. Kan bisa saja di simpen 1/2nya buat next customer.
ampe kalo ganti di luar, kadang suka lupa om masih nyimpen oli sisa. tuh kemaren ngumpulin sisa-sisa olmes kyu eit mayan hemat cuma beli 2 liter buat nambahin, CVTFnya irit seliter kurang
Rencana masih mau survey2 GIASS surabaya minggu depan,
dan kemungkinan opsi 2 mungkin akan langsung dibungkus kalau deal nego harga tanpa ke GIASS lagi, kebetulan ketemu yang kondisi cukup pristine dan penawaran harga bargain dari pemilik langsung.
opsi 2 mending vrz atau trd. fitur lebih lengkap + lebih liquid jg. tipe g entah knp fiturnya agak kurang menurut saya. or opsi 1 bisa dipertimbangkan juga yg tipe v /q / venturer hehehe . kalo mau monokok saya vote opsi no 4 yg prestigenya hehe
faridrach wrote: Sat Sep 09, 2023 9:54
Mirip kasus saya maret lalu.
Cari pengganti ANKI 2GD setelah odo 117rb km, setelah menimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANF 2GD, ternyata menurut saya sbg driver ini adalah upgrade di sisi handling (ANKI terlalu empuk menurut saya jd kayak naik kapal) dan kekedapan kabin yang saya gak nyangka ternyata sekedap ini, Venturer diesel pun masih kalah kedap kalau dibanding ANF.
Di rumah kebetulan saya sering sharing mobil baik punya kakak/ortu, ada ANKI bensin, Veloz, Panther Grand Touring, Mercy E300.
Seenak2nya engine bensin, tetep rasanya susah pindah dari diesel, terutama 2GD.
Torsi melimpah, melibas jalan apapun siap, solar 6800/liter, nikmat mana lagi yang kau dustakan
AWET, IRIT, BUANTER
Anehnya saya setuju dengan point ini.
Kalo fortuner sudah jelas : keras, gak enak, kebanting2, kekocok2. Tapi di balik itu semua,jadinya jauh lebih predictable dibanding anki yang berusaha nyaman tapi malah susah diprediksi. Pernah bawa anki lewat jembatan panjang 20 meteran tinggi 2 meter, naik dulu lalu turun ,lari 60,mobilnya sudah ke mana2 lumayan liar.
Di tempat yang sama,speed sama bawa fortuner jauh lebih aman. Cuma ya gitu,siapkan pinggang cadangan kalo jalan jauh naek forti.
Sepakat om, kemarin habis lumayan juga untuk coba beberapa setup upgrade suspensi ANKI, blm sampai ke yang bener2 enak, tapi akhirnya memutuskan untuk disudahi dan diterima saja karena sudah jauh mending daripada standar
Sedang menimbang-nimbang kalau mau mengulang modif yang sama (minimal ke settingan terakhir) kalau beli ANKI lagi sementara dompet berkata jangan karena base price ANKI seken yang mahal masih harus ditambah budget modif kaki-kaki lagi
Tapi memang seperti kata om Faridrach,tidak pusing mau kemana, bonus biosol murmer dan terutama torsinya memang ngangenin
Sekalian sumbang saran. Kalo saya di posisi spt ini, pasti pilih lederprem disel. Sekalian fortuner/pajero.
Kenapa? Karena sudah ada sienta. Bensin, monokok.
Jadi ada 2 mobil yang bisa saling melengkapi.
Mau pergi nyaman,praktis,banyak lewat tol, pake sienta.
Mau pergi ke tempat2 yang gak jelas, pake forti/pajero.
noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29
Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.
Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?
Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.
Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.
Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless
Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
kyknya grgr ni desain mesin terlalu dingin, jadi di banjirin bengsin supaya cepet panas
tapi sebelum panas, bengsin yg ga kebakar turun ke oli
AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 6:50
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.
Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.
Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless
Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
kyknya grgr ni desain mesin terlalu dingin, jadi di banjirin bengsin supaya cepet panas
tapi sebelum panas, bengsin yg ga kebakar turun ke oli
Kalau ini kayaknya aman sih y om baik di RM ataupun RW untuk indo. Rencana memang akan langsung disuruh check up atau opname ringan begitu ambil seken untuk full check ke bengkel teman.
Om ChZ, CMIIW untuk K24 di CRV RM ini DOHC kan y om? begitu juga dengan L15 di RW nya? keduanya untuk setel klep apakah dengan penggantian shim? Hanya versi 2.0 baik di RM ataupun RW yang pakai R20 SOHC? maaf saya benar2 awam mesin honda hehe
Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).
Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
noire wrote: Fri Sep 15, 2023 0:04
Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).
Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
Kalo merasa fortuner enak, harusnya pasti gak masalah dengan cx5.
Dulu sempat td singkat cx5,kalo dibandingkan forti sih jauh lebih enak cx5 ke mana2. Memang pas itu sebagian besar jalannya mulus,tapi pas kena jalan gak rata enak kok. Suspensinya lebih ke arah kenyal daripada keras.
Coba td saja dulu,soalnya ukuran kenyamanan suspensi tiap orang bisa beda.
Btw,penasaran innovanya diganti apa saja sampai forti dibilang empuk?
Saran dari orang yang sangat awam permobilan, tapi punya permasalahan sama dengan anda yang ganti dari reborn G 2016. Ternyata saya tidak menemukan masalah berarti saat ganti ke ANPS 2017, kenyamanan juga baik2 saja, masih bisa ditolerir, terbukti juga mobil ini laku keras di pasaran, kalo gak enak mana mungkin laku. Sekarang kilometer dah 96K juga masih oke. Kemudian saya di 2019 tambah pake VRZ juga baik2 saja sampai sekarang, kilometer dah more than 50K. tidak ada masalah juga. Saya akui memang 2GD itu nyaman ya, tapi saya berpikir, kalo anda tipe orang yang tidak sangat rewel atau bukan otomotif freak, saya pikir tidak akan menjadi masalah berarti saat anda memutuskan mengganti dengan dua pilihan mobil tersebut meskipun seken ya. Kalo saya keduanya beli baru ya pas itu, dua2nya juga minum full biosol dan dua2nya saya ajak kerja keras, solo - bali 3 bulan sekali untuk kerja nyeles. Iya saya memang Sales, meski yang saya jual produksi keluarga sendiri, jadi dituntut ni mobil dua2nya bawa beban berat saat kerja, dan dua2nya oke2 saja. Servis wajib rutin dan ganti filter solar harus tiap 10K ya.
kayanya sih emang kan waktu awal2 cibo launch, ada isu kan ya soal oli nguap? kalo gk salah ada case yang sampe customernya di ganti unit baru.
trus om.. kalo masalah overfill ini ya. gimana cara ngakalinnya ya? maksudnya gini. kalo kita isi full 4liter, harapannya nanti misal emang terjadi penguapan oli kan nanti volume oli yg ada di dalem masih dalam tahap wajar. dibanding kalo misal kita isi 3.5liter, lalu terjadi penguapan, anggeplah 3 liter sisanya? lbh bahaya bukan? jgn diketawain ya, ini logika org awam aja kaya saya
kalo disuruh sering2 cek level ketinggian oli sih ya emang saya orgnya males sih ginian wkwkw. atau sebenernya fitur oil life di speedometer honda udh canggih, kalo sampe ketinggian oli kurang, dia juga nyala?
tapi waktu kmrn servis pertama di km1000, sy minta ganti oli mesin dan filter oli sih. itu emang di tagihan masuknya 4liter, tapi tetep yg diisi 3.5liter. saya dikasih botol oli bekas nya yg kesisa 0.5liter.
noire wrote: Fri Sep 15, 2023 0:04
Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).
Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
kebetulan ex user vrz 2018 & cx5 elite 2018. kalo dibanding cx5 ya lebih empuk cx5 om. kl om merasa suspensi fortuner udh empuk, cx5 bakal berasa lebih empuk lg. tapi kalo saya tinggal di sby saya bakal stick to crv aja. aftersalesnya entah knp masih meragukan merek ini kalo di luar jabodetabek. kalo saya tinggal di jabodetabek saya akan pilih cx5 kl cuek sm akomodasi secara bengkelnya masih ada yg bs handle hehehe
noire wrote: Thu Sep 14, 2023 23:55
Om ChZ, CMIIW untuk K24 di CRV RM ini DOHC kan y om? begitu juga dengan L15 di RW nya? keduanya untuk setel klep apakah dengan penggantian shim? Hanya versi 2.0 baik di RM ataupun RW yang pakai R20 SOHC? maaf saya benar2 awam mesin honda hehe
Iya skrg DOHC om. Sohc skrg keknya udah afkir semua sejak CRV ganti model terakhir 2.0 CRV masih R20 sohc.
Kemarin si gak ada ganti apa2 yg diganti karet paking cover klepnya agak rembes. Wkwkwkw.
Yang bikin lama nunggu mesin adem. Bisa 1/2 hari sendiri. Ni mesin L15 turbo panas banget.
kayanya sih emang kan waktu awal2 cibo launch, ada isu kan ya soal oli nguap? kalo gk salah ada case yang sampe customernya di ganti unit baru.
trus om.. kalo masalah overfill ini ya. gimana cara ngakalinnya ya? maksudnya gini. kalo kita isi full 4liter, harapannya nanti misal emang terjadi penguapan oli kan nanti volume oli yg ada di dalem masih dalam tahap wajar. dibanding kalo misal kita isi 3.5liter, lalu terjadi penguapan, anggeplah 3 liter sisanya? lbh bahaya bukan? jgn diketawain ya, ini logika org awam aja kaya saya
kalo disuruh sering2 cek level ketinggian oli sih ya emang saya orgnya males sih ginian wkwkw. atau sebenernya fitur oil life di speedometer honda udh canggih, kalo sampe ketinggian oli kurang, dia juga nyala?
tapi waktu kmrn servis pertama di km1000, sy minta ganti oli mesin dan filter oli sih. itu emang di tagihan masuknya 4liter, tapi tetep yg diisi 3.5liter. saya dikasih botol oli bekas nya yg kesisa 0.5liter.
Dulu nguap soalnya epro gold ga sesuai spek mesin mbah itu epro gold di mesin NA lama macem K24 aja dipake goceng jg udah kasar.
Skrg pake epro turbo aman. Nguap pun mestinya ga ampe abis 1/2 liter sendiri.
oil life di ahond bacanya dari fuel flow. Jd gak bisa tuh ngebaca working hoursnya atau brp bulan. Makanya dulu isu kan yang bisa nyala per 2000 km. Keknya itu skrg di update biar "lambat" dikit bacanya. biasa keknya thn 2016-2018 itu beta testing civic turbo / CRV turbo softwarenya banyak kaco kalo di remap jg wheel speed sensornya perlu di re-calibrate biar gak bikin bacaan error.
Mblnya didiemin lama jg dia gak nyuruh ganti oli mbah. kek CRV ane kilometernya di oil life ya segitu2 aja pdhl nganggur tuh mobil.
Overfill ditap lagi aja mbah kalo masih di bengkel
ChZ wrote: Fri Sep 15, 2023 2:21
Iya skrg DOHC om. Sohc skrg keknya udah afkir semua sejak CRV ganti model terakhir 2.0 CRV masih R20 sohc.
Kemarin si gak ada ganti apa2 yg diganti karet paking cover klepnya agak rembes. Wkwkwkw.
Yang bikin lama nunggu mesin adem. Bisa 1/2 hari sendiri. Ni mesin L15 turbo panas banget.
nah ini nih bener. puanas pol mesinnya. posisi mesin mati, 1jam 2jam aja masih aja kerasa hawa panasnya. padahal mobil diparkir di depan, lapangan terbuka angin nya lumayan kenceng.
terakhir waktu remap, ngobrol2, jadi katanya karena lambda nya tinggi apa rendah dah gitu gw juga lupa. trs disetel sdkt biar gk tll sepanas itu. gk tau juga sih efek realnya ke mesin dan driving experience gimana. cuma mungkin yg paling masuk akal buat sy pribadi, karet2 di dalem ruang mesin nggak cepet getas.
ChZ wrote: Fri Sep 15, 2023 2:25
Dulu nguap soalnya epro gold ga sesuai spek mesin mbah itu epro gold di mesin NA lama macem K24 aja dipake goceng jg udah kasar.
Skrg pake epro turbo aman. Nguap pun mestinya ga ampe abis 1/2 liter sendiri.
oil life di ahond bacanya dari fuel flow. Jd gak bisa tuh ngebaca working hoursnya atau brp bulan. Makanya dulu isu kan yang bisa nyala per 2000 km. Keknya itu skrg di update biar "lambat" dikit bacanya. biasa keknya thn 2016-2018 itu beta testing civic turbo / CRV turbo softwarenya banyak kaco kalo di remap jg wheel speed sensornya perlu di re-calibrate biar gak bikin bacaan error.
Mblnya didiemin lama jg dia gak nyuruh ganti oli mbah. kek CRV ane kilometernya di oil life ya segitu2 aja pdhl nganggur tuh mobil.
Overfill ditap lagi aja mbah kalo masih di bengkel
makanya dulu nggak terlalu berani ambil FC pertimbangannya gitu.. berita nya kan kenceng banget tuh sampe dikata vampir oli.
epro turbo itu ya, kalo di liat dibelakangnya tulisnya diproduksi oleh idemit**su lho. hebat juga oli idemit, tapi harga murah gitu.
kalo sampe mobil didiemin trus minta ganti oli sih, cabein aja mobilnya sekalian.........
kagak sih, aman.. saya kan pas kelar service ganti oli, dikasih tuh sisa oli epro setengah botol.. disuruh bawa pulang. aman dah harusnya mah. ntar service goceng baru diperhatiin lagi deh pastiin cuma 3.5liter
iamwewe wrote: Fri Sep 15, 2023 3:29
nah ini nih bener. puanas pol mesinnya. posisi mesin mati, 1jam 2jam aja masih aja kerasa hawa panasnya. padahal mobil diparkir di depan, lapangan terbuka angin nya lumayan kenceng.
terakhir waktu remap, ngobrol2, jadi katanya karena lambda nya tinggi apa rendah dah gitu gw juga lupa. trs disetel sdkt biar gk tll sepanas itu. gk tau juga sih efek realnya ke mesin dan driving experience gimana. cuma mungkin yg paling masuk akal buat sy pribadi, karet2 di dalem ruang mesin nggak cepet getas.
makanya dulu nggak terlalu berani ambil FC pertimbangannya gitu.. berita nya kan kenceng banget tuh sampe dikata vampir oli.
epro turbo itu ya, kalo di liat dibelakangnya tulisnya diproduksi oleh idemit**su lho. hebat juga oli idemit, tapi harga murah gitu.
kalo sampe mobil didiemin trus minta ganti oli sih, cabein aja mobilnya sekalian.........
kagak sih, aman.. saya kan pas kelar service ganti oli, dikasih tuh sisa oli epro setengah botol.. disuruh bawa pulang. aman dah harusnya mah. ntar service goceng baru diperhatiin lagi deh pastiin cuma 3.5liter
kalo punya kocheng berasa kochengnya suka tiduran di kap, enak kan anget wakakakka.
yg epro green - blue - gold itu dari id*mitsu. kalo yg epro turbo denger2 rebadge en*os sust*na. dulu agak aneh juga kok oli buat turbo2 spek tinggi gini disamain sama oli generik buat HRV brio dkk temp mesinnya aja gak sama. makanya dulu udah curiga, hajar aja langsung beli Q8.
itu HCF-2 juga kurang kompatibel mbah kalo sering bawa pedal to the kampret. cepet banget kepanasan transmisinya, mana terakhir pake HCF-2 udah males di drain bau sangitnya ampun ampunan artinya panas bgt itu oli di dalem ampe bau nyengat.
tp kalo bawa kalem2 aja gak ada masalah.
wakakakka kan kalo misal kek punya mitsu itungan bulannya jalan mbah. kalo ahond ga ada itungan bulannya. jd tuh mobil mau nganggur 2 taun jg indikator gak jalan. di CRV ane karena sekali hajar luar kotaan dan jarang pake dalkot, jadi minta gantinya bisa ampe 10k sekali di indikator
Pertanyaan tambahan om2 sekalian, sambil nunggu klaim asuransi cair dan mulai bisa serius hunting intensif.
Masih sambil desk research dan barusan ketemu satu review CRV RW dari C*T Indonesia ini
Ngeri juga dengernya 2x turbo jebol di umur segitu, sementara sempat skimming subforum CRV turbo sepertinya tidak ada yang kena masalah serupa.
Saya khawatir kl beli RW seken dan sudah diluar garansi, dan jadi mikir lebih aman beli K24 NA kl memang RW lumayan rentan turbonya
Untuk CRV RW, apakah ada batch2 yang perlu dihindari atau lebih hati2 ketika hunting? Misalnya seperti 2GD batch2 awal yang sempat ada isu putu dan jedug. Atau case tersebut lebih ke arah apes saja?
Terima kasih
Last edited by noire on Sun Sep 17, 2023 10:18, edited 1 time in total.
iamwewe wrote: Fri Sep 15, 2023 3:29
nah ini nih bener. puanas pol mesinnya. posisi mesin mati, 1jam 2jam aja masih aja kerasa hawa panasnya. padahal mobil diparkir di depan, lapangan terbuka angin nya lumayan kenceng.
terakhir waktu remap, ngobrol2, jadi katanya karena lambda nya tinggi apa rendah dah gitu gw juga lupa. trs disetel sdkt biar gk tll sepanas itu. gk tau juga sih efek realnya ke mesin dan driving experience gimana. cuma mungkin yg paling masuk akal buat sy pribadi, karet2 di dalem ruang mesin nggak cepet getas.
makanya dulu nggak terlalu berani ambil FC pertimbangannya gitu.. berita nya kan kenceng banget tuh sampe dikata vampir oli.
epro turbo itu ya, kalo di liat dibelakangnya tulisnya diproduksi oleh idemit**su lho. hebat juga oli idemit, tapi harga murah gitu.
kalo sampe mobil didiemin trus minta ganti oli sih, cabein aja mobilnya sekalian.........
kagak sih, aman.. saya kan pas kelar service ganti oli, dikasih tuh sisa oli epro setengah botol.. disuruh bawa pulang. aman dah harusnya mah. ntar service goceng baru diperhatiin lagi deh pastiin cuma 3.5liter
kalo punya kocheng berasa kochengnya suka tiduran di kap, enak kan anget wakakakka.
yg epro green - blue - gold itu dari id*mitsu. kalo yg epro turbo denger2 rebadge en*os sust*na. dulu agak aneh juga kok oli buat turbo2 spek tinggi gini disamain sama oli generik buat HRV brio dkk temp mesinnya aja gak sama. makanya dulu udah curiga, hajar aja langsung beli Q8.
itu HCF-2 juga kurang kompatibel mbah kalo sering bawa pedal to the kampret. cepet banget kepanasan transmisinya, mana terakhir pake HCF-2 udah males di drain bau sangitnya ampun ampunan artinya panas bgt itu oli di dalem ampe bau nyengat.
tp kalo bawa kalem2 aja gak ada masalah.
wakakakka kan kalo misal kek punya mitsu itungan bulannya jalan mbah. kalo ahond ga ada itungan bulannya. jd tuh mobil mau nganggur 2 taun jg indikator gak jalan. di CRV ane karena sekali hajar luar kotaan dan jarang pake dalkot, jadi minta gantinya bisa ampe 10k sekali di indikator
Baru tahu om, kalau indikatornya berbasis flow gitu, bisa di override kan ya warningnya?
Dulu di mitsu saya pada bisa di override kalau km blm nyampai pada target bulan yang ditentukan (pas awal2 masih garansi dan servicenya di beres). Pas udah lepas beres saya main long drain dengan oli bagusan dan bisa diset sendiri bulannya karena km nya juga tidak nambah segitu banyak juga.
Wah perumahan saya juga banyak masalah kocheng , alamat wajib parkir dalam garasi, ngga bisa diparkir di carport ini kalau ngga mau jadi singgasana kocheng
noire wrote: Fri Sep 15, 2023 0:04
Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).
Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
Kalo merasa fortuner enak, harusnya pasti gak masalah dengan cx5.
Dulu sempat td singkat cx5,kalo dibandingkan forti sih jauh lebih enak cx5 ke mana2. Memang pas itu sebagian besar jalannya mulus,tapi pas kena jalan gak rata enak kok. Suspensinya lebih ke arah kenyal daripada keras.
Coba td saja dulu,soalnya ukuran kenyamanan suspensi tiap orang bisa beda.
Btw,penasaran innovanya diganti apa saja sampai forti dibilang empuk?
Bener om, mesti tes duduk juga sambil jalan ini. Mertua saya juga lebih appreciate tidak limbung daripada terombang ambing seperti kapal layaknya bawaan ANKI hehe
Upgrade tipis2 aja kok om, krn budget di scrut ketat sama menkeu, jadi malu kl dibandingkan banyak sesepuh yang sudah jauh lebih banyak trial dan error dibanding saya disini. Saya cuma ganti semua bushing ke PU dan lebih banyakan beberapa kali ganti coilover, shock absorber dan ban - terakhir pakai dan memutuskan stop di K*B excel G depan belakang dengan ban LM705 krn udah cukup enak dan balance dengan kebutuhan tapi masih cukup empuk dan ringan di budget. Tp kl ditotal2 benernya jatuhnya bisa dapat setup highend juga