
hellaw welkam back, sebagai pecinta long wheelbase sedan, ane mau meneruskan Review mobil tua tapi presence OKL.
Setelah sebelumnya review terakhir long sedan itu F02 730Li 2012, yang enak, akhirnya mobil tsb terjual di 2020 dan digantikan oleh adiknya, oh iya semua 7 series sejak dari e38, e66, f02 sampai sekarang yang G12 merupakan mobil ayah saya, yang selalu setia memanjakan diri oleh balutan kulit pabrikan Munich tersebut.
Snippet of the new car.
730Li MSPORT 2021 Saya gak akan bicara banyak tentang G12,

As a child, i dreamt about owning one, S55-AMG, so much presence M113K producing 493 hp, 700NM


Nah fast forward, the love of cars pindah haluan karena gue emang tersuntik oleh mobil segala medan AKA 4x4. Larilah sejak 2008 pas kuliah di Aussie liat LandCruiser kok gagah banget, eversince 2008 pake LC200 dan 2020 kemarin nambah 2004 LC Prado dari jeripayah sendiri.
Untuk W220 yang satu ini memang kebetulan hadiah yang tak terduga, mungkin rezeki anak soleha.

2004, short wheelbase, CBU pake TV dan kilometer baru 30.000!
Pas pertama kali dateng dan parkir dirumah pake velg 20inch rotiform. Langsung seminggu pake gue rubah jadi velg S55AMG, well karena simply nyari S55AMG kompressor disini, close to impossible, dan harga yang masuk, ngimpi lah. Eversince di rumah, hal yang sudah terjadi:
- sensor temp mesin yang harus diganti, ga sampe 1jt
link airsus yang sudah getas, seperti karet, diganti juga
Head Unit with TV tuner yang udah gak jelas, service layar 1jt
Velg AMG 8.5 + 9.5 255/275 20jt sama ban
Sidemarker USDM 2juta
REVIEW:
Performance & FC
7/10 kenapa? karena ni mobil bawaan nya dibawa langsam lebih enak, kalo dipaksa ngebut agak kedodoran karena hanya 195hp tapi tetep bisa topspeed 190kmh, walopun gue baru coba sampe 150kmh. Dan combined FC average di 1L for 6-7km, not bad, tapi cuma beda 1km sama V8 4700 saya, kan lucu yang 1L 5KM.
Comfort and Suspension
Enakk, R20 awal dimobil ini aja sudah berasa nyaman, sejak diganti R18 AMG [all money gone], dan ban yang proper, napak banget dan empukkk gila. Joknya juga bisa ada setelan thigh support, berasa sofa tapi lagi nyetir.
Access wise juga oke banget, sudah keyless entry dan start stopnya ada di persneling yang membuat banyak orang berdecak kagum untuk teknologi 2004 yah.

Sound system mumpuni, semua jalan dan kaca dalam mobil ini layaknya limousine buanyak serta ada krey belakang yang khas banget dengan kasta tertinggi sebuah sedan StuttGart.
Suspensi, kadang bs naik, bisa turun menyesuaikan speed, dan enaknya airmatic mobil ini ya begitu, khas empuk.
VERDICT
Dengan AVG price gak sampe 200jt pristine condition, dan dana benerin (termasuk dandan), gue rasa i scored a bargain of the year!
Again, ini mobil yang ngerawat sebelumnya itu gue kenal, so all maintenance was done regularly karena beliau adalah kolektor.
Perbandingan dengan w140 kakak nya, jauh sekali, kalau w140 kesan klasiknya memang dapet dan era Pres soeharto banget, namun, tua sekali jika kita masuk ke dalamnya dan bunyi2 pada mobil tua itu yang buat saya gak bs tolerir, krenyet2 nya itu.
Buat yang minat ambil, spare yourself at least 50juta to be safe, karena banyak running components nya, TAPIiiiii, once all goes well, nikmatnya JUWARA!
