Makasih banyak infonya mbah, daging semua nih

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Makasih banyak infonya mbah, daging semua nih
kalo L15 pake seri ngk ix yg mana mbah?Omnibus wrote: Mon Aug 14, 2023 12:46
just info, sy pake ngk ix udah jalan 12rb, terakhir diinspek at 10k msh layak pakai bgt trus lanjut pake lg. sampe skrg 12rb msh jreng cold start nya, no ngelitik, fuel cons normal. beda sm busi std yg ga sampe 5k udah hard start.
zfr6fix / zfr5fix mbah. tp yg skrg made in thai bukan jpn lagi.
Jadi buat HRV E 1.5 2018 lebih cocok ZFR6FIX drpd tipe yg BKR ya om? Denger2 klo yg tipe ZFR panjang electroda nya lbh panjang ktnya bs mentok piston, bener om?
inpoh mbah seller dielectric grease permatex repack yg trustedwicaksono99 wrote: Fri Jul 28, 2023 11:03 Repiew busi denso nikel twin tip running 11rb km pakai bahan bakar gas CNG.
Warnanya sempurna sekali dan kinclong (padahal gak dibersihin).
IMG_20230728_122203.jpg
Ujung elektroda juga ga terkikis warna merah bata![]()
IMG_20230728_122049.jpg
Sudah tidak ada lagi namanya corona stain pada busi, karena karet boot koilnya saya kasih dielectric grease permatex beli repack 4gram (buat 4tahun juga ga habis ini), dikasih tipis2 aja dibagian boot yg nyentuh keramik busi (jangan sampai kena per coilnya ntar gak ngalir itu arus listriknya). Makanya kinclong itu keramik businya. Ngelepas businya aja udah kaya perawan, rapet bener sampe bunyi plok lepasnya![]()
IMG_20230728_122117.jpg
IMG_20230728_122126.jpg
Greasenya ada di tempat balsem kiri busi tuh![]()
IMG_20230728_122156.jpg
Tidak lupa busi dikencangkan pakai kunci torsi sebesar 18Nm![]()
https://tokopedia.link/K5XZaKKOUFbdaimler wrote: Thu Dec 28, 2023 8:38inpoh mbah seller dielectric grease permatex repack yg trustedwicaksono99 wrote: Fri Jul 28, 2023 11:03 Repiew busi denso nikel twin tip running 11rb km pakai bahan bakar gas CNG.
Warnanya sempurna sekali dan kinclong (padahal gak dibersihin).
IMG_20230728_122203.jpg
Ujung elektroda juga ga terkikis warna merah bata![]()
IMG_20230728_122049.jpg
Sudah tidak ada lagi namanya corona stain pada busi, karena karet boot koilnya saya kasih dielectric grease permatex beli repack 4gram (buat 4tahun juga ga habis ini), dikasih tipis2 aja dibagian boot yg nyentuh keramik busi (jangan sampai kena per coilnya ntar gak ngalir itu arus listriknya). Makanya kinclong itu keramik businya. Ngelepas businya aja udah kaya perawan, rapet bener sampe bunyi plok lepasnya![]()
IMG_20230728_122117.jpg
IMG_20230728_122126.jpg
Greasenya ada di tempat balsem kiri busi tuh![]()
IMG_20230728_122156.jpg
Tidak lupa busi dikencangkan pakai kunci torsi sebesar 18Nm![]()
selama ini pakai silicone grease crc buat boot caliper sama bagian keramik businya, sekalian buat buat kaliper rem, sama bbrapa material karet kaya karet shock breaker
![]()
tenkyiu ganwicaksono99 wrote: Fri Dec 29, 2023 4:22
https://tokopedia.link/K5XZaKKOUFb
Beli 2, gram juga udah cukup![]()
kl saya bakal sy cek itu percikan api di busi. buka semua businya, tempelin di blok mesin, lalu starter. cek kondisi percikannya tiap2 busi. jangan lupa disable injector spy ga nyemprotin bensin saat prosesnya (bisa kebakaran kl apes).icanjr wrote: Wed Feb 07, 2024 12:24 Misi mbah
Mau nanya perihal masalah di mobil Outlander ane
Awal ambil mobil ane ada masalah nyendat pas jalan dengan kondisi mesin sudah panas. Pas dicek ke bengkel ternyata koil ada 1 yang aftermarket dan businya pake NGK BKR6EGP. Direkomendasiin ganti pake busi bawaannya (FR6EI) .
Setelah ane ganti busi bawaannya tanpa ganti koil, masalah sempet ilang tapi cuma sementara. Setelah kurleb 1000km balik nyendat lagi. Ane putusin untuk ganti koil yang aftermarket itu sekalian carbon cleaning dan tune up tapi masalah nyendatnya masih ada.
Pas dibawa ke bengkel spesialis mitsu di daerah Jaktim dan dicek cek ternyata penyebabnya dari busi dan digantilah dengan busi NGK BKR6E. Setelah diganti busi ini masalah nyendatnya hilang tapi akselerasinya kerasa lemot sama pas lagi jalan kecepatan tinggi kaya loss power.
Pertanyaannya mungkin ga ya koil yang aftermarket tadi bisa merusak busi baru? Atau ane sial dapet busi cacat atau kw?![]()
Sama ane rencana mau ganti busi denso IK20TT, kira-kira cocok ga ya untuk outlander ini? Makasih sebelumnya
Cara disablenyenya gimana om? Baru pertama kali pegang mobil jadi masih sambil belajar. Sekalian penasaran juga sama kondisi coil iniOmnibus wrote: Wed Feb 07, 2024 15:44kl saya bakal sy cek itu percikan api di busi. buka semua businya, tempelin di blok mesin, lalu starter. cek kondisi percikannya tiap2 busi. jangan lupa disable injector spy ga nyemprotin bensin saat prosesnya (bisa kebakaran kl apes).icanjr wrote: Wed Feb 07, 2024 12:24 Misi mbah
Mau nanya perihal masalah di mobil Outlander ane
Awal ambil mobil ane ada masalah nyendat pas jalan dengan kondisi mesin sudah panas. Pas dicek ke bengkel ternyata koil ada 1 yang aftermarket dan businya pake NGK BKR6EGP. Direkomendasiin ganti pake busi bawaannya (FR6EI) .
Setelah ane ganti busi bawaannya tanpa ganti koil, masalah sempet ilang tapi cuma sementara. Setelah kurleb 1000km balik nyendat lagi. Ane putusin untuk ganti koil yang aftermarket itu sekalian carbon cleaning dan tune up tapi masalah nyendatnya masih ada.
Pas dibawa ke bengkel spesialis mitsu di daerah Jaktim dan dicek cek ternyata penyebabnya dari busi dan digantilah dengan busi NGK BKR6E. Setelah diganti busi ini masalah nyendatnya hilang tapi akselerasinya kerasa lemot sama pas lagi jalan kecepatan tinggi kaya loss power.
Pertanyaannya mungkin ga ya koil yang aftermarket tadi bisa merusak busi baru? Atau ane sial dapet busi cacat atau kw?![]()
Sama ane rencana mau ganti busi denso IK20TT, kira-kira cocok ga ya untuk outlander ini? Makasih sebelumnya
dr situ ketauan kan kondisinya, mana yg perlu ganti coil + busi. jangan lupa diluar sana banyak busi dan coil palsu.
mekanik mitsu menurut sy paling jago itu anto casenk. cek aja yutupnya. tp dia di lampung. urusan gini kelar sm dia.
lepas sekring efi atau lepas soket kabel injectornyaicanjr wrote: Fri Feb 09, 2024 9:06Cara disablenyenya gimana om? Baru pertama kali pegang mobil jadi masih sambil belajar. Sekalian penasaran juga sama kondisi coil iniOmnibus wrote: Wed Feb 07, 2024 15:44kl saya bakal sy cek itu percikan api di busi. buka semua businya, tempelin di blok mesin, lalu starter. cek kondisi percikannya tiap2 busi. jangan lupa disable injector spy ga nyemprotin bensin saat prosesnya (bisa kebakaran kl apes).icanjr wrote: Wed Feb 07, 2024 12:24 Misi mbah
Mau nanya perihal masalah di mobil Outlander ane
Awal ambil mobil ane ada masalah nyendat pas jalan dengan kondisi mesin sudah panas. Pas dicek ke bengkel ternyata koil ada 1 yang aftermarket dan businya pake NGK BKR6EGP. Direkomendasiin ganti pake busi bawaannya (FR6EI) .
Setelah ane ganti busi bawaannya tanpa ganti koil, masalah sempet ilang tapi cuma sementara. Setelah kurleb 1000km balik nyendat lagi. Ane putusin untuk ganti koil yang aftermarket itu sekalian carbon cleaning dan tune up tapi masalah nyendatnya masih ada.
Pas dibawa ke bengkel spesialis mitsu di daerah Jaktim dan dicek cek ternyata penyebabnya dari busi dan digantilah dengan busi NGK BKR6E. Setelah diganti busi ini masalah nyendatnya hilang tapi akselerasinya kerasa lemot sama pas lagi jalan kecepatan tinggi kaya loss power.
Pertanyaannya mungkin ga ya koil yang aftermarket tadi bisa merusak busi baru? Atau ane sial dapet busi cacat atau kw?![]()
Sama ane rencana mau ganti busi denso IK20TT, kira-kira cocok ga ya untuk outlander ini? Makasih sebelumnya
dr situ ketauan kan kondisinya, mana yg perlu ganti coil + busi. jangan lupa diluar sana banyak busi dan coil palsu.
mekanik mitsu menurut sy paling jago itu anto casenk. cek aja yutupnya. tp dia di lampung. urusan gini kelar sm dia.
Untuk sekarang sih dicoba beli busi IK20tt dulu semoga emang busi yang bawaan itu rusak atau cacat. Karena waktu dicoba pake busi nikel biasa ga ada masalah nyendatnya
Waduh posisi ane di Sumsel mayan juga kalo harus bawa ke lampung
Setelah coba ganti busi denso IK20TT ternyata nyendatnya masih ada. Coba nanti ane pastiin coilnya dengan cabut injector. Atau bisa ga ya ngecek coil pake ohmmeter/multimeter. Kayanya lebih mudah soalnya ga perlua cari kabel injector wkwkOmnibus wrote: Fri Feb 09, 2024 11:22lepas sekring efi atau lepas soket kabel injectornyaicanjr wrote: Fri Feb 09, 2024 9:06Cara disablenyenya gimana om? Baru pertama kali pegang mobil jadi masih sambil belajar. Sekalian penasaran juga sama kondisi coil iniOmnibus wrote: Wed Feb 07, 2024 15:44
kl saya bakal sy cek itu percikan api di busi. buka semua businya, tempelin di blok mesin, lalu starter. cek kondisi percikannya tiap2 busi. jangan lupa disable injector spy ga nyemprotin bensin saat prosesnya (bisa kebakaran kl apes).
dr situ ketauan kan kondisinya, mana yg perlu ganti coil + busi. jangan lupa diluar sana banyak busi dan coil palsu.
mekanik mitsu menurut sy paling jago itu anto casenk. cek aja yutupnya. tp dia di lampung. urusan gini kelar sm dia.
Untuk sekarang sih dicoba beli busi IK20tt dulu semoga emang busi yang bawaan itu rusak atau cacat. Karena waktu dicoba pake busi nikel biasa ga ada masalah nyendatnya
Waduh posisi ane di Sumsel mayan juga kalo harus bawa ke lampung
tp dipikir2 sensor oxygen yg mulai rusak jg bisa bikin nyendat gitu. maf dan map sensor jg bisa. semua hrs ditest utk kepastian.
Wah apakabar busi saya yg udah hampir 20rb km yah, saya pakai busi standar denso/toyota yg harganya 70rban/set buat mesin 1NZ, terakhir saya cek sih ga terlalu kotor/rusak yg kaya gimana, makanya saya bersihin sikat2 doang pasang lagi. Sama bener tuh kemarin ada yg agak kendor jadi ada 1 busi yg agak basah gitu. Next ganti oli saya ganti deh, murah iniOmnibus wrote: Mon Aug 14, 2023 12:46udah hrs ganti mbah. dpt hampir 9k busi std udah lumayan dgn kondisi extended low rpm.qushay20019 wrote: Mon Aug 14, 2023 11:28 Mohon info kondisi busi ini dong:
1BAC0B5C-61F2-42F6-9529-96ACDC15055C.jpeg
FAF4A83E-A24A-46D8-94D3-1EB9BABA92B6.jpeg
Pemakaian 24 bulan, 8600 km aja (iya itu gak salah ketik, rute dalkot 95% anjem anak + pasar doang, pertalite, oli Ams.SS 5w-30.
Busi di atas adalah NGK BKR5E-11 dipakai di SX4 lawas (keluaran 2012), mulai Agustus 2021-Agustus 2023 ini. Bukman minta BKR6E-11 tapi ane iseng pake BKR5E-11 yg rada “panas” dikit krn pemakaian mobil hampir selalu di rpm rendah (kurang dari 3000). Tujuan dipasangin busi yg lebih panas krn katanya fitur self-cleaning itu terjadi pada kondisi busi panas (rpm tinggi). Karena pemakaian selalu di rpm rendah, maka ane pikir pake heat range yg lebih panas aja
Apa businya masih layak pakai ato emang udah perlu ganti? Apa bisa tetep di heat type 5 ato harus balik sesuai bukman ke heat type 6?
next jangan pake std lagi. upgrade ke bkr5egp (G power) atau kl ada dana xtra ke bkr5eix-11. pastikan orikintil. kl kata sy stay di heat range 5 krn itu aja msh carb fouling. apalagi di 6.
trus yg penting bersihin lubang busi di cyl head nya, make sure mating surface yg kena ring gasket busi bersih total jd ga ada combustion gas yg bocor evidenced by ulir busi lama ngana agak basah/kotor. jangan lupa torqued to 25Nm regardless what fsm say. ngk mintanya 25Nm. tp pastikan mating surface dan drat di cyl head clean n at room temp when torquing.
just info, sy pake ngk ix udah jalan 12rb, terakhir diinspek at 10k msh layak pakai bgt trus lanjut pake lg. sampe skrg 12rb msh jreng cold start nya, no ngelitik, fuel cons normal. beda sm busi std yg ga sampe 5k udah hard start.
kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:11
Wah apakabar busi saya yg udah hampir 20rb km yah, saya pakai busi standar denso/toyota yg harganya 70rban/set buat mesin 1NZ, terakhir saya cek sih ga terlalu kotor/rusak yg kaya gimana, makanya saya bersihin sikat2 doang pasang lagi. Sama bener tuh kemarin ada yg agak kendor jadi ada 1 busi yg agak basah gitu. Next ganti oli saya ganti deh, murah ini![]()
Siap. Nanti kita nabung beli. Ngemeng2 kalo liat spek kekencangan torsi itu dimana yah?Omnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 13:19kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:11
Wah apakabar busi saya yg udah hampir 20rb km yah, saya pakai busi standar denso/toyota yg harganya 70rban/set buat mesin 1NZ, terakhir saya cek sih ga terlalu kotor/rusak yg kaya gimana, makanya saya bersihin sikat2 doang pasang lagi. Sama bener tuh kemarin ada yg agak kendor jadi ada 1 busi yg agak basah gitu. Next ganti oli saya ganti deh, murah ini![]()
Nah itu suhu nya DIY, mbah mbah:t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:45Siap. Nanti kita nabung beli. Ngemeng2 kalo liat spek kekencangan torsi itu dimana yah?Omnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 13:19kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:11
Wah apakabar busi saya yg udah hampir 20rb km yah, saya pakai busi standar denso/toyota yg harganya 70rban/set buat mesin 1NZ, terakhir saya cek sih ga terlalu kotor/rusak yg kaya gimana, makanya saya bersihin sikat2 doang pasang lagi. Sama bener tuh kemarin ada yg agak kendor jadi ada 1 busi yg agak basah gitu. Next ganti oli saya ganti deh, murah ini![]()
di factory service manual mobil. di kardus businya jg suka ada. di website busi jg ada.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:45Siap. Nanti kita nabung beli. Ngemeng2 kalo liat spek kekencangan torsi itu dimana yah?Omnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 13:19kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:11
Wah apakabar busi saya yg udah hampir 20rb km yah, saya pakai busi standar denso/toyota yg harganya 70rban/set buat mesin 1NZ, terakhir saya cek sih ga terlalu kotor/rusak yg kaya gimana, makanya saya bersihin sikat2 doang pasang lagi. Sama bener tuh kemarin ada yg agak kendor jadi ada 1 busi yg agak basah gitu. Next ganti oli saya ganti deh, murah ini![]()
ga jg mbahOmnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 14:08di factory service manual mobil. di kardus businya jg suka ada. di website busi jg ada.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:45Siap. Nanti kita nabung beli. Ngemeng2 kalo liat spek kekencangan torsi itu dimana yah?Omnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 13:19
kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.
1NZ-FE kalau di FSM Yaris sih di 18Nm om untuk busi, 9Nm untuk baut koil. Baut koil saya pernah patah 1 karena kekencengan pasangnya, untung masih gampang ngeluarin patahannyat105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:45Siap. Nanti kita nabung beli. Ngemeng2 kalo liat spek kekencangan torsi itu dimana yah?Omnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 13:19kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:11
Wah apakabar busi saya yg udah hampir 20rb km yah, saya pakai busi standar denso/toyota yg harganya 70rban/set buat mesin 1NZ, terakhir saya cek sih ga terlalu kotor/rusak yg kaya gimana, makanya saya bersihin sikat2 doang pasang lagi. Sama bener tuh kemarin ada yg agak kendor jadi ada 1 busi yg agak basah gitu. Next ganti oli saya ganti deh, murah ini![]()
Kalo ngikut SOP di dus busi...puter pake otot dl..abis itu lanjut putar pake kunci kl ga salah 180drjt, itu kira2 sama dengan max 25Nm ga omOmnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 14:08di factory service manual mobil. di kardus businya jg suka ada. di website busi jg ada.t105erd wrote: Thu Feb 29, 2024 13:45Siap. Nanti kita nabung beli. Ngemeng2 kalo liat spek kekencangan torsi itu dimana yah?Omnibus wrote: Thu Feb 29, 2024 13:19
kl mau yg pasti2 sih ngencenginnya hrs pakai torque wrench. set 25Nm udah jaminan kenceng tanpa merusak drat. ga worth it drat di cyl head rusak cuma krn ga mau invest tw mbah.
beda om.MSU wrote: Fri Mar 01, 2024 10:00
Kalo ngikut SOP di dus busi...puter pake otot dl..abis itu lanjut putar pake kunci kl ga salah 180drjt, itu kira2 sama dengan max 25Nm ga om
sejak kapan jij ngerti satuan newton2 begitu
beda mbah