kendibocor wrote:Liat aja tuh mata na*wa setahunan yg lalu ttg bongkar muat batu bara deket daerah marunda. Harusnya ditutup terpal dll segala aja ngasal. Gw rasa ada bbrp orng kerja disana jg warga sekitar tp ya gitu seperti biasa ada SOP dianggap syarat doang bukan bener dikerjain. Kalo orng blg SDM rendah SDM rendah ya ga bisa disangkal sih.
Mengenai kendaraan bermotor mah emang ikut nyumbang jg tp kalo mo nyalahin cuman 1 penyebab mah yg ngomong ngasal aja. Kalo dibandingin ma new delhi segala aja lebih banyak jauh kendaraan disana drpd di jkt tp kualitas udara lebih bagus disana tuh. Gw yakin bbrp kota besar di china, US segala jg jauh lebih banyak kendaraan tp ga sejelek udara disini.
Wah . Bener itu Mbah yg yt edisi batu bara di Marunda. Mengenaskan memang.kebayang gimana bersihin tuh rusun tiap hari.. dan ga kebayang risiko ISPA di dewasa dan anak2.
Btw, saya sih sebenernya pernah uji emisi bensi dan diesel. Deinget saya, mobil bensin sih selama dah injeksi, ga dimodif nacem2, catalytic converter masih ada, perawatan rutin ganti oli dan tune up, harusnya gampang tuk lolos.
Seinget saya yang rada susah memang mobil diesel. Pas itu Spin diesel saya dicoba beberapa kali dan digeber2 dulu guk bersihin knalpot tuh sama bengkelnya. Padahal saya isi [cencored], perawatan rutin, rajin ganti filter solar juga, kilometer di 70 ribuan, dan ga ada campur minyak goreng.. wwkwwkk.. btw akhirnya lolos sih di percobaan kedua..
Saya malahan lebih takut sebnernya motor, denger2 lebih banyak yg gagal di motor. Bener gak sih selentingan ini? Saya sih dah lgs mau coba tambah aditif tuk carbonclean tuh motor.
Thanks in advance.