zonepublic wrote: Thu Jun 29, 2023 13:15
Lagi bingung bikin rencana jangka panjang performance tuning jazz ge8 matic jadi butuh masukan,kali aja ada yang seriusin performance tuning mobilnya entah mobil harian atau
mobil balap di track
Bisa share part performance tuningnya pake apa aja dituning siapa(mobil apa,transmisi apa) dari beberapa sumber performance tuning dibagi beberapa stage
Stage 1
Air filter replacement
Full exhaust system
Remapping ECU/pasang custom ECU
Stage 2
Intercooler
Oil cooler
Turbocharger
Supercharger
Intake manifold
Stage 3
Internal engine component
Katup
Piston
Camshaft
Port and polish
Stage 4
Suspensi
Braking system
Stage 5++
Swap engine
Dll
kalo tujuannya mau sering dipake trackday and masi mobil harian, mending yg stage 1 aja saran saya, sisa duitnya diberesin buat suspensi,lsd, braking, system.
apalagi turbo2 mendingan jangan yah kalo bawaan mobilnya dari ge8 yang basednya bukan mbl non turbo, karena kita di indo negara tropis, ga bs dibandingin ama orang yg trackday di eropa/US, kita disini baru start aja IAT udah melejit ke 50c
ijin share pengalaman dulu buat mobil untuk trackday :
- GTI MK6, kondisi remap stg 2 (sekitar 300 hp dyno dastek), hardware full bolt on (full exhaust,cold air intake,big intercooler, uprated oilcooler, piping2) + WMI = selama wmi nyemprot mobil adem sentosa, tapi berhubung tangki wminya cuman 1 gallon (2 lap juga abis) setelah itu tahan 2 hotlap n oil temp langsung melejit ke 130c dan mobil masuk limp mode

, lalu karena mobil suspensi cuman pake per eibach (shock masi standart) mobil understeer sekali dan karena torsinya kegedean berasa torque steer setiap keluar tikungan.
- GT86, remap only, full exhaust, replacement air intake(220 hp dyno dastek) = aman sentosa, mobil digeber terus 6-7 lap oil temp anteng aja di 100-110c, padahal ga ada upgrade cooler2, yang nyerah duluan selang remnya karena bloon belom diganti yg braided
- Megane RS265, remap,full bolt on tapi oil cooler masih standart (340 hp dyno dastek)= sama penyakitnya kaya di GTI, heatsoak, baru 3 lap oil temp udah mentok di 130c, jadi main cmn bs 1x outlap. waktu kondisi masih stock belum di remap dll padahal kuat2 aja 6-7 lap
- F87 M2, remap stg 1, full bolt on + oilcooler (approx 420 hp, yg ini engga di dyno soalnya) = aman sentosa walafiat, digeber ampe 10 lap berturut2 oil temp juga masi anteng and mobil ga ada penurunan performa signifikan, drivernya yang kaga kuat karena kepanasan (kagak tega nyalain ac karena mobil uda out of warranty

)
jadi kalo berdasarkan pengalaman saya, mesin 2.0 turbo high performance rata2 kalo cmn diremap dan full fbo penyakitnya heatsoak, karena boostnya udah ketinggian and space enginenya juga packed banget
and kalo mau buat trackday, kebalikan sama drag/buat morning run dsbnya. karena kalo kt main buat track, yang penting longevity mobilnya, percuma misal kenceng2 kalo 1 hotlap aja kaga sanggup
semoga membantu
