Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Coba di fotoin aja dulu om lubang masuk olinya, sudah kaya gimana dalamnya?
Kaya gini om
Hmm sludgenya mulai ngebentuk
Pakai aja bardahl s9 5w30 API SP, itu bisa buat diesel spec ACEA C3.
Sering2 ngetoll @3-4rb RPM
Pakai 2rb km selama 3x OCI mbah
Trus lihat efeknya tiap ganti oli
Anyway,
- mbl apa?
- sblmnya pk oli apa mbah?
- & ada history gantinya brp lama sekali?
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Pakai aja bardahl s9 5w30 API SP, itu bisa buat diesel spec ACEA C3.
Sering2 ngetoll @3-4rb RPM
Pakai 2rb km selama 3x OCI mbah
Trus lihat efeknya tiap ganti oli
Anyway,
- mbl apa?
- sblmnya pk oli apa mbah?
- & ada history gantinya brp lama sekali?
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Innalillahi
klo gak salah A140 tahun itu, butuhnya W30~W40 API Sx
jadi selama oli dieselnya fulfill API SN ke atas, aman
Radiator Coolant better lgs ganti di bengkel spesialis.
Last edited by Suryaputra on Wed Aug 30, 2023 2:44, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 1:56
Hmm sludgenya mulai ngebentuk
Pakai aja bardahl s9 5w30 API SP, itu bisa buat diesel spec ACEA C3.
Sering2 ngetoll @3-4rb RPM
Pakai 2rb km selama 3x OCI mbah
Trus lihat efeknya tiap ganti oli
Anyway,
- mbl apa?
- sblmnya pk oli apa mbah?
- & ada history gantinya brp lama sekali?
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Innalillahi
iya bisa mbah
klo gak salah A140 tahun itu, butuhnya cuma W30~W40 API Sx
jadi selama oli dieselnya fulfill API SN ke atas, aman
Radiator Coolant better lgs ganti di bengkel spesialis.
Thanks pencerahannya om
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
akubocahnakal wrote: Wed Aug 30, 2023 0:05
Ijin bertanya sesepuh dimari...
Mungkin sudah banyak yg nanya ttg inj di post sebelumnya..cuman lebih sreg aja pengen nanya lagi langsung.. Baru ngangkat Avanza E tahun 2009 om.. kM di odo masih 37 rb an.. Lihat servis record oli sebelum nya.,pake TMO, Castrol sama yg terakhir idemitsu..
Mohon pencerahan pengen ganti oli yg lain rekomendasi apa ya.. Yg 5w apa 10 w.. Mobil buat harian aja ..dipake mungkin pas weekend aja om.mkasih om..mohon maaf kalo ijin bertanya..
Wihh garage queen nih
Cekokin 5w30 aja om
ya om..nemu barang antik termasuk... mkasih om..rencana pake yg disarankan ptt 5w30 syhtetic.. 1 liter 125 rb.. Avanza cukup 3 liter ya?
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Innalillahi
iya bisa mbah
klo gak salah A140 tahun itu, butuhnya cuma W30~W40 API Sx
jadi selama oli dieselnya fulfill API SN ke atas, aman
Radiator Coolant better lgs ganti di bengkel spesialis.
Thanks pencerahannya om
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
Tetap buka baut bawah, mbah
apalagi udh dirancang pabrik dan insinyur jerman spt itu, berarti baut bawah emg untuk dipakai untuk buka tutup
btw ptt 10w30 diesel masih API SL, mercy si mbah mintanya minimal API SM kan
takutnya klo dikasih API SL, malah resiko bikin mampet CC nya lagi, nambahin sakit akut baru
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iya bisa mbah
klo gak salah A140 tahun itu, butuhnya cuma W30~W40 API Sx
jadi selama oli dieselnya fulfill API SN ke atas, aman
Radiator Coolant better lgs ganti di bengkel spesialis.
Thanks pencerahannya om
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
Tetap buka baut bawah, mbah
apalagi udh dirancang pabrik dan insinyur jerman spt itu, berarti baut bawah emg untuk dipakai untuk buka tutup
btw ptt 10w30 diesel masih API SL, mercy si mbah mintanya minimal API SM kan
takutnya klo dikasih API SL, malah resiko bikin mampet CC nya lagi, nambahin sakit akut baru
Kalo saya baca baca sih bisa api SL ama SM.
Cuman speck MB nya udah sesuai
MB 229.1
sahabatq8 wrote: Sun Aug 27, 2023 5:09
Biasanya yang agak fatal kalo oli diesel dipake di mesin turbo direct injection, kadar kalsium tinggi. Bisa cepet modar mesinnya kena LSPI
ini berlaku untuk mesin turbo bensin direct injection y? bukan diesel turbo direct injection y?
Iya biasanya mesin turbo bensin dengan direct injection dan cc kecil (dibawah 500cc per cylinder). Kalo diesel gak masalah.
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
Tetap buka baut bawah, mbah
apalagi udh dirancang pabrik dan insinyur jerman spt itu, berarti baut bawah emg untuk dipakai untuk buka tutup
btw ptt 10w30 diesel masih API SL, mercy si mbah mintanya minimal API SM kan
takutnya klo dikasih API SL, malah resiko bikin mampet CC nya lagi, nambahin sakit akut baru
Kalo saya baca baca sih bisa api SL ama SM.
Cuman speck MB nya udah sesuai
MB 229.1
okeh aman klo gtu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ga kok, cuman habis ambil mobil second aja buat istri
mau ganti semua lendir yg ada di nie mobil doank
takutnya ada kotoran atau bahkan sludge
Coba di fotoin aja dulu om lubang masuk olinya, sudah kaya gimana dalamnya?
Kaya gini om
waduh burik banget itu om, coba pakai PTT flushing oil dulu, sekarang udah bisa beli eceran dari drum di tokped.
habis itu pakai oli diesel yg sesuai spek MB berapa, pakai dipersingkat. Mudah2an masih aman.
Radiator juga di bersihkan, jalur air di mesin harus bersih, ganti thermostat dan tutup radiator, baru kasih coolant std pabrikan kalo ada, sambil dipantau 4 bulan sekali, pokoknya sampe bening ga coklat2/berubah wana coolantnya. Semoga masih bisa dipakai 50rb km lagi aman tanpa masalah.
akubocahnakal wrote: Wed Aug 30, 2023 0:05
Ijin bertanya sesepuh dimari...
Mungkin sudah banyak yg nanya ttg inj di post sebelumnya..cuman lebih sreg aja pengen nanya lagi langsung.. Baru ngangkat Avanza E tahun 2009 om.. kM di odo masih 37 rb an.. Lihat servis record oli sebelum nya.,pake TMO, Castrol sama yg terakhir idemitsu..
Mohon pencerahan pengen ganti oli yg lain rekomendasi apa ya.. Yg 5w apa 10 w.. Mobil buat harian aja ..dipake mungkin pas weekend aja om.mkasih om..mohon maaf kalo ijin bertanya..
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Innalillahi
iya bisa mbah
klo gak salah A140 tahun itu, butuhnya cuma W30~W40 API Sx
jadi selama oli dieselnya fulfill API SN ke atas, aman
Radiator Coolant better lgs ganti di bengkel spesialis.
Thanks pencerahannya om
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
Kalo ini tergantung mobilnya om, ada mobil yang pake suction udah cukup. Ada juga yang bisa nyisa 1.5 L . Tapi kalo memungkinkan buka baut memang lebih bagus, asal kencenginnya jangan ngasal aja
Coba di fotoin aja dulu om lubang masuk olinya, sudah kaya gimana dalamnya?
Kaya gini om
waduh burik banget itu om, coba pakai PTT flushing oil dulu, sekarang udah bisa beli eceran dari drum di tokped.
habis itu pakai oli diesel yg sesuai spek MB berapa, pakai dipersingkat. Mudah2an masih aman.
Radiator juga di bersihkan, jalur air di mesin harus bersih, ganti thermostat dan tutup radiator, baru kasih coolant std pabrikan kalo ada, sambil dipantau 4 bulan sekali, pokoknya sampe bening ga coklat2/berubah wana coolantnya. Semoga masih bisa dipakai 50rb km lagi aman tanpa masalah.
Siap om,ini mau bener2 diberesin.
Coolant untungnya aman,ga ada tanda2 kecampur oli.
Habis ini pasti langsung saya flushing
iya bisa mbah
klo gak salah A140 tahun itu, butuhnya cuma W30~W40 API Sx
jadi selama oli dieselnya fulfill API SN ke atas, aman
Radiator Coolant better lgs ganti di bengkel spesialis.
Thanks pencerahannya om
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
Kalo ini tergantung mobilnya om, ada mobil yang pake suction udah cukup. Ada juga yang bisa nyisa 1.5 L . Tapi kalo memungkinkan buka baut memang lebih bagus, asal kencenginnya jangan ngasal aja
akubocahnakal wrote: Wed Aug 30, 2023 0:05
Ijin bertanya sesepuh dimari...
Mungkin sudah banyak yg nanya ttg inj di post sebelumnya..cuman lebih sreg aja pengen nanya lagi langsung.. Baru ngangkat Avanza E tahun 2009 om.. kM di odo masih 37 rb an.. Lihat servis record oli sebelum nya.,pake TMO, Castrol sama yg terakhir idemitsu..
Mohon pencerahan pengen ganti oli yg lain rekomendasi apa ya.. Yg 5w apa 10 w.. Mobil buat harian aja ..dipake mungkin pas weekend aja om.mkasih om..mohon maaf kalo ijin bertanya..
Wihh garage queen nih
Cekokin 5w30 aja om
ya om..nemu barang antik termasuk... mkasih om..rencana pake yg disarankan ptt 5w30 syhtetic.. 1 liter 125 rb.. Avanza cukup 3 liter ya?
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
aman.
saya lebih pilih cara disedot kalo emang ada alatnya krn hampir semua oli lama kebuang dan yg pasti drain plug aman dari org2 tolol yg hobi lilit seal tape dan ngencengin baut seenaknya.
btw turut prihatin dgn kondisi mesinnya. itu bukan sludge lagi, tapi udh jadi kerak.
kalo saya sih, udh males piara mobil yg internal mesinnya kaya gitu apalagi radiator ngga pake coolant. nabung persoalan namanya....
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
aman.
saya lebih pilih cara disedot kalo emang ada alatnya krn hampir semua oli lama kebuang dan yg pasti drain plug aman dari org2 tolol yg hobi lilit seal tape dan ngencengin baut seenaknya.
btw turut prihatin dgn kondisi mesinnya. itu bukan sludge lagi, tapi udh jadi kerak.
kalo saya sih, udh males piara mobil yg internal mesinnya kaya gitu apalagi radiator ngga pake coolant. nabung persoalan namanya....
sangat direct mbah master
mending nabung emas ya mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
aman.
saya lebih pilih cara disedot kalo emang ada alatnya krn hampir semua oli lama kebuang dan yg pasti drain plug aman dari org2 tolol yg hobi lilit seal tape dan ngencengin baut seenaknya.
btw turut prihatin dgn kondisi mesinnya. itu bukan sludge lagi, tapi udh jadi kerak.
kalo saya sih, udh males piara mobil yg internal mesinnya kaya gitu apalagi radiator ngga pake coolant. nabung persoalan namanya....
iya om,makanya sambil saya benerin nih mobil.
Toh cuman buat latihan istri, klo dah lancar, baru ganti lagi
beres beres sambil belajar
Pakai aja bardahl s9 5w30 API SP, itu bisa buat diesel spec ACEA C3.
Sering2 ngetoll @3-4rb RPM
Pakai 2rb km selama 3x OCI mbah
Trus lihat efeknya tiap ganti oli
Anyway,
- mbl apa?
- sblmnya pk oli apa mbah?
- & ada history gantinya brp lama sekali?
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Waduh, cek buku manual om, penting itu,
kalau Mercy ama BMW selalu pake standard mereka sih. Mercy tuh MB 229.x atau 228.x, kadang juga ada tambahan ACEA A/B/C
takutnya ntar butuhnya MB 228.51 kok dikasih oli yg nggak ada standard itu atau malah dikasih oli standar MB 229.5
Kalau PTT Commonrail 10w30 (wadah item) punya sertifikasi MB 229.1 ama 228.3, jadinya cek apakah memenuhi dengan kendaraannya om...
Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 1:56
Hmm sludgenya mulai ngebentuk
Pakai aja bardahl s9 5w30 API SP, itu bisa buat diesel spec ACEA C3.
Sering2 ngetoll @3-4rb RPM
Pakai 2rb km selama 3x OCI mbah
Trus lihat efeknya tiap ganti oli
Anyway,
- mbl apa?
- sblmnya pk oli apa mbah?
- & ada history gantinya brp lama sekali?
Nah itu dia om, makanya pengen pake oli diesel PTT Commonrail 10W30 yg katanya deterjen nya tinggi.
Rencana dipake 1.000km dulu baru ganti ke Q8 VX
Kalo bardahl S9 mayan mahal om klo cuman dipake 2.000km,hahahaha
Mobil Mercy A140 jadul tahun 2002
Buat belajar dulu ama istri
Pemilik sebelum nya kaya kurang perhatian ama nie mobil.
Oli aja terakhir diganti 1 tahun lalu, radiator pake air biasa, aki ga sesuai spek yurop yg harus DIN
Waduh, cek buku manual om, penting itu,
kalau Mercy ama BMW selalu pake standard mereka sih. Mercy tuh MB 229.x atau 228.x, kadang juga ada tambahan ACEA A/B/C
takutnya ntar butuhnya MB 228.51 kok dikasih oli yg nggak ada standard itu atau malah dikasih oli standar MB 229.5
Kalau PTT Commonrail 10w30 (wadah item) punya sertifikasi MB 229.1 ama 228.3, jadinya cek apakah memenuhi dengan kendaraannya om...
Siap, aman om
baca manual nya yg penting spec MB229.1 229.3 229.5
Btw klo saya dulu pernah ganti oli tapi si bengkel nya sistem draining oli pake yg di sedot gitu.
aman ga sih metode itu?
Saking ga percayanya sampe saya minta baut oli bawah nya dibuka juga, eh ternyata udah kering, kesedot semua ama tuh alat
aman.
saya lebih pilih cara disedot kalo emang ada alatnya krn hampir semua oli lama kebuang dan yg pasti drain plug aman dari org2 tolol yg hobi lilit seal tape dan ngencengin baut seenaknya.
btw turut prihatin dgn kondisi mesinnya. itu bukan sludge lagi, tapi udh jadi kerak.
kalo saya sih, udh males piara mobil yg internal mesinnya kaya gitu apalagi radiator ngga pake coolant. nabung persoalan namanya....
iya om,makanya sambil saya benerin nih mobil.
Toh cuman buat latihan istri, klo dah lancar, baru ganti lagi
beres beres sambil belajar
Kalo lulus ngurusin A140 sampe 50rb km aja udah langsung wisuda, ini yg mesinya susah dibongkar itu kan?
saya lebih pilih cara disedot kalo emang ada alatnya krn hampir semua oli lama kebuang dan yg pasti drain plug aman dari org2 tolol yg hobi lilit seal tape dan ngencengin baut seenaknya.
btw turut prihatin dgn kondisi mesinnya. itu bukan sludge lagi, tapi udh jadi kerak.
kalo saya sih, udh males piara mobil yg internal mesinnya kaya gitu apalagi radiator ngga pake coolant. nabung persoalan namanya....
iya om,makanya sambil saya benerin nih mobil.
Toh cuman buat latihan istri, klo dah lancar, baru ganti lagi
beres beres sambil belajar
Kalo lulus ngurusin A140 sampe 50rb km aja udah langsung wisuda, ini yg mesinya susah dibongkar itu kan?
Anda benar
ga kan nyampe 50Rb km sepertinya
ini cuman buat latihan istri doank. Paling max 2 tahun ganti.
iya om,makanya sambil saya benerin nih mobil.
Toh cuman buat latihan istri, klo dah lancar, baru ganti lagi
beres beres sambil belajar
Kalo lulus ngurusin A140 sampe 50rb km aja udah langsung wisuda, ini yg mesinya susah dibongkar itu kan?
Anda benar
ga kan nyampe 50Rb km sepertinya
ini cuman buat latihan istri doank. Paling max 2 tahun ganti.
Ga banyak bengkel yg bisa dengan nie mobil.
Pertama saya pernah naik waktu SMP punya ibunya temen berangkat sekolah bareng warna ijo.
2 tahun berarti 15 - 20rb km yah? Semangat om pasti bisa, asal jangan mogok aja ditengah jalan.