Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.
Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.
Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.
Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Justru itu dy sensasi kuda liar ajrut ajrutan yg dicari mbahh. Didepan mo ada apa jg trabass hajarrrsintoni wrote: Mon Aug 28, 2023 8:09 Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.
Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.
Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2558
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
ndak harus pedal to kampret sih um, cuma dicab 7seater ini cocok dipake buat jelajah belantara hutan/ long trip sekalian.ChZ wrote: Mon Aug 28, 2023 7:20
Iya bener bgt tuh transmisinya nurunin gigi agresif bener. Kek kg bisa alus wkwkwkwk.
Angin ban kg cek sih kemaren. Biasa ma camer disamain anginnya ma pabrikan.
Emg berarti hrs dibawa pedal to the kampret yakiya biasa bawa honda turbo cvt mo nyalip rasanya lebih pinter tuh cvt nurunin rasio wakakakak.
peace of mind utk explore tempat, gada lawan, tinggal bawa cadangan / space consummable seh ud bisa kemana aja, aplg 4x4

tapi klo dipake di kota mah mending monokok ajah, lebi forgiving

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lgsintoni wrote: Mon Aug 28, 2023 8:09 Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.
Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.
Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.

Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
setuju om, kebetulan sebelum miara reborn sempet piara fortie vrz 2018 jg & memang lebih enak innova, apalagi row 2 nya. terlebih punya om yg fl & tipe V, gaheran lebih enak, secara udh improve kekedapannya & bantingan suspensinya dibanding tipe g & tipe pfl nya, kebetulan saya pernah coba yg 2021 memang 2 hal itu improve dibanding tipe g pfl punya saya dulu hehehe, walaupun kalo nyetir sendiri & duduk didepan saya akuin lebih enak fortie.NestlePureLife wrote: Mon Aug 28, 2023 7:34
Sebagai mantan pengguna 2gd 2021
Agree at all point described
Untuk range segitu blm ada lawan di tol
Even abis saya jual ganti fortie malah dikomplain istri lebih enak innova![]()
kalo fl 2021 mah jangan heran, dibanding reborn pfl punya saya dulu aja lebih enak innova om, apalagi rebornnya fl hehehe, salah 1 alasan saya jual vrz ganti ke reborn karena yg saya bold itu, row 2nya lebih nyaman dan empuk dibanding fortie, selain waktu itu memang perlu kembalian jg buat modal usaha


Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
KielConstantine wrote: Mon Aug 28, 2023 8:30 Justru itu dy sensasi kuda liar ajrut ajrutan yg dicari mbahh. Didepan mo ada apa jg trabass hajarrr![]()
Tapi beneran loh, rasanya lbih pede aja bawa ladder diesel, mau kemana aja hayok.kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 11:59 Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg
Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel![]()
Malah ane ngerasa ladder diesel kalau jalannya rusak malah lebih mantep dibanding monokok. Haha.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Saya si belum test zenix untuk ratusan km yaa om..
Tp enakan zenix si klo untuk ngetoll..
Beda cerita kalo acara nanjak2 bengek yaa, enakan reborn diesel.
Tp enakan zenix si klo untuk ngetoll..
Beda cerita kalo acara nanjak2 bengek yaa, enakan reborn diesel.
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
iya 1-1nya kelebihan beli gajah dijel yg ane bisa pikirkan ya bisa isi solar jelek wakakkaka.kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 11:59
Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg![]()
Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel![]()
trs sekarang aliran isi minimal 600 rebu fulltank tp kalo ride qualitynya begitu anggep aja bayar lebih buat kesenangan dan kenyamanan lebih di jalan

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Ane jarang lewat jalan rusak sih om, jdnya mungkin dptnya ga enaknya doang kali ya jln bergelombang dikit goyang2sintoni wrote: Tue Aug 29, 2023 1:20KielConstantine wrote: Mon Aug 28, 2023 8:30 Justru itu dy sensasi kuda liar ajrut ajrutan yg dicari mbahh. Didepan mo ada apa jg trabass hajarrr
Tapi beneran loh, rasanya lbih pede aja bawa ladder diesel, mau kemana aja hayok.kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 11:59 Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg
Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel![]()
Malah ane ngerasa ladder diesel kalau jalannya rusak malah lebih mantep dibanding monokok. Haha.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Zenix naikannya memang lmyn enak. Pernah duduk di 3rd row Zenix waktu di Bali selama 2 jam perjalanan. Cukup lega & bantingannya OK. Space lmyn luas dibanding ANKI. Sampe2 mertua saya beli 2 Zenix (1 V gasoline & 1 Q hybrid)...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
saya sih lebih menyarankan zenix
memang buat tol terutama tol tanjakan panjang misal di padalarang dan ungaran enak turbodiesel
Tapi buat lurusan ini M20 FkS juga masih enak,
Di perkotaan malah lebih enak lagi, berasa bawa mobil lebih kecil padahal body bongsor
Handling udah beda kelas sama kapal reborn, interior lebih lega
Kalo pertimbangan emang jalan relatif bagus di jawa, ambil zenix aja, even sering transjawabahn masih worth zenix kok
memang buat tol terutama tol tanjakan panjang misal di padalarang dan ungaran enak turbodiesel
Tapi buat lurusan ini M20 FkS juga masih enak,
Di perkotaan malah lebih enak lagi, berasa bawa mobil lebih kecil padahal body bongsor
Handling udah beda kelas sama kapal reborn, interior lebih lega
Kalo pertimbangan emang jalan relatif bagus di jawa, ambil zenix aja, even sering transjawabahn masih worth zenix kok
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
vote Zenix, karena pas saya cobain, kerasa koq naek kelasnya
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 308
- Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
- Location: Jakarta
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
kalau saya secara desain pilih Zenix sih, soalnya dari dulu sampai sekarang gak pernah suka sama desain eksterior Innova reborn
pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget
weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga

pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget

weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Ikut sumbang saran om, kebetulan ane baru 1 minggu pakai zeniq Q HEV. Kalau bicara kenyamanan dibanding reborn bumi dan langit jauh lebih nyaman zenix mulai dari posisi duduk, kestabilan di dalam kabin, termaksud lewat jalan jelek. Apalagi kalau dibandingkan fitur dan chasis ya, sudah jelas 2 spesies berbeda.
Sy kebetulan pernah short use pakai venturer bokap 2 bulanan, yang buat berbeda dan mungkin bisa menjadi significant point of differences menurut sy adalah rasa berkendaranya yang gak bisa dibandingkan. Mau bagaimanapun reborn itu sensasi rasa berkendaranya apalagi kalau dipakai luar kota "sesuatu" apalagi didukung dengan torsi besar dan perasaan peace of mind nya considering ini mobil toyota yg sangat durable + ladder frame.
Nah kalau Zenix yg saya rasain (kemarin sempat bawa dr lampung - bintaro) lebih kepada orientasi kenyamanan dan ada perasaan "sayang" untuk dipake dgn gaya berkendara yang agresif. Meskipun untuk cruising sy lebih prefer pakai zenix karena ini mobil antep banget di tol dan dipake manuver nikung agak tajam.
Sy kebetulan pernah short use pakai venturer bokap 2 bulanan, yang buat berbeda dan mungkin bisa menjadi significant point of differences menurut sy adalah rasa berkendaranya yang gak bisa dibandingkan. Mau bagaimanapun reborn itu sensasi rasa berkendaranya apalagi kalau dipakai luar kota "sesuatu" apalagi didukung dengan torsi besar dan perasaan peace of mind nya considering ini mobil toyota yg sangat durable + ladder frame.
Nah kalau Zenix yg saya rasain (kemarin sempat bawa dr lampung - bintaro) lebih kepada orientasi kenyamanan dan ada perasaan "sayang" untuk dipake dgn gaya berkendara yang agresif. Meskipun untuk cruising sy lebih prefer pakai zenix karena ini mobil antep banget di tol dan dipake manuver nikung agak tajam.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Congrats mobil barunya om.. boleh deh dipertimbangkan CRV ini, cuma harus hunting 2nd kali yaa, kalau brand new harganya dah hampir 2x zenix...adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 12:32 Cb test drive dulu aja om..
RWD ngga selamanya jelek kok.. kalao ngomongin durability sdh pasti menang.. kalahnya reborn diesel sih sdh pasti di oli lebih banyak ( dan mahal ) + sering cek filter solar kalau pakai biosol..
Skr pake CRV RW non prestij om.. ambil seken karena harga lebih bersahabat drpd 2GD yg kegoreng banget..
rencana pemakaian full jawa, paling kalo ada tenaga dan waktunya pingin roadtrip tipis ke p. bali omAbdulHakim wrote: Sun Aug 27, 2023 14:13 Ijin sumbang saran ya om
Jawa? Monocoque saja, ambil Zenix gasoline, lebih worry free ke depannya.
Di sini saya liat Zenix ngantri di dispenser RON90, no issue kyknya, aToyot pasti sudah setting biar aman dikasih bbm bersubsidi.
iseng nimbrung di grup FB zenix, malah temuin beberapa kasus pakai pertamax gelitik, pake pertalite malah normal.. apa ecu nya dituning retard pengapiannya ya?
mayoritas aspal om, paling kalo blusukan ke rumah mertua ada beberapa bagian jalan yg belum begitu mulus, tapi masih ok lah gak separah di kalimantan hehe..darrelund wrote: Sun Aug 27, 2023 14:40 tergantung rute
klo mayoritas aspal mah enakan zenix
begimanapun empuknya ribon, ttp geter" kecilnya itu walo ga kerasa tapi bikin badan cape. akumulatif
atau klo mau seru dikit, paling crv turbo![]()
crv turbo pernah numpang punya temen, emang ok sih, cuma harga brand new nya itu om... polda minta kalo bisa beli yg buka bungkus..
sorry om, maksud ane plain dalam artian handlingnya .. base on nyetir gnki dan reborn 2gd 2016.. kalo tenaga ya nampol pas dalam kota, belom pernah pake 2gd kalo di tol jarak jauhctopher7 wrote: Sun Aug 27, 2023 15:25 kalo dibilang reborn plain rasa bawanya, menurut saya sih engga ya. reborn diesel diisi biosolar aja narik om, saya pake anf isi full bio solar aja tarikan bawahnya berasa ngisi. cuman atasnya rada bengek, apalagi kalo uda lewat 150.
kalo handling, lebih enak anf standar drpd reborn standar. rebordnstandar berasa jauh lebih limbung (uda nyobain sndiri, venturer 2021 dan anf 2021). mungkin karena settingan mpv dibikin lebih lembek drpd suv
intinya kalo ngejer operasional murah pake bio solar, silahkan beli 2gd/1gd. kalo ga demen bio solar, banyak mobil yang lebih enak drpd ini dengan harga yang sama
untuk ANF kayanya belom dulu, budget blm masuk soalnya om
noted om, kayanya lebih condong zenix yaa untuk penggunaan dalkot rutin - roadtrip tipis. thanks sarannya omcarlzeiss wrote: Sun Aug 27, 2023 15:38 Zenix aja om, skrg mah milih reborn diesel cuman klo pake dimedan yang kurang bersahabat sama emg doyan cumi cumi sisanya zenix refinement dari reborn
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
halo om,KielConstantine wrote: Sun Aug 27, 2023 18:59
Budget brarti kurang lebih 400 jt kan ya..
Coba CR-V turbo prestige PFL deh
CX-5 prefl juga ok
Zenix g hybrid jg masuk seh buat rasain teknologi baru
Di pulau jawa masih gampang pelihara modelan diatas. Kcuali emang daerah2 pulau laen pasti ane kasih saran reborn bensin .. klo pake diesel 2gd di pulau laen malah susah cari solar ya. Jadi whats the point pelihara diesel klo tinggal di sumatra / kalimantan![]()
budget maks di otr zenix G Hybrid, dan rencana mau masuk KKB aja, jadi prefer ambil baru
CRV udah pernah nyoba punya temen, dan ok sih, sayang aja belom mau dilepas itu CRV... masih rada mikir2 kalo ambil 2nd dari yg bukan kenalan,
kemarin beli brand new toyota aja ggra nyoba dealer lain, jadi ada aja drama tuh mobil,
dan iya, di kalimantan solar ampun2 deh antrinya bisa seharian, lawannya truk tronton, agak bersyukur ambil gnki bensin bukan solar waktu itu
review nya super lengkap om, jadi dapet lah bayangan pastinya gimana..Pboyz97 wrote: Mon Aug 28, 2023 2:08
kebetulan ex user gnki v bensin at 2014, reborn g diesel at 2018, avanza g mt 2017, 2018 & 2019 yg mesinnya persis transmover + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip zenix hybrid . tergantung jawanya dimana, secara pulau jawa lumayan gede dan ada beberapa provinsi. tapi kalo ts nya sendiri ada kata kunci "roadtrip jkt - sby" per 3 bulan saya merem reborn diesel at udh. kecuali jawanya makenya cuma muter muter jabodetabek aja baru zenix. tapi kalo sering luar kota, apalagi 3 bulan sekali saya merem reborn diesel. biarpun plain rasa bawanya tapi enak bgt buat lukot, saya dulu pernah bawa reborn saya jakarta- cirebon - tegal - semarang - solo - karanganyar PP lari 120 bener2 effortless bgt, konsumsi bbmnya kalo lukot jg gajauh beda sm zenix HV, paling beda 2-3 km doang. zenix HV enaknya kalo dipake muter2 dalkot, soalnya dia jauh lebih irit dibanding diesel, tapi kalo lukot, apalagi jakarta - surabaya, saya merem diesel udh, konsumsi bbm gajauh beda tapi tarikannya jauhhhh lebih asyikk hehehe. pengalaman lukot pake voxy tarikannya ampun deh, bengekkk bgt, mau nyalip aja mesti digas dalam dulu. sedangkan pas pake reborn diesel bener2 effortless, gas 1/2 aja udh berasa tarikannya
. kalo di sby mah gausah kuatir soal diesel, justru populasi diesel terbanyak di jawa ada disana setau saya hehehe . sm kalo dari GNKI + transmover ke reborn bakal nyaman kok, gak berasa plain, malah berasa upgrade dari segi fitur, desain & teknologinya hehehe, apalagi punya om gnki nya bensin . udh memenuhi kriteria kalo emg mau dijadiin 1 mobil aja itu reborn diesel, tipe g jg udh cukup sebenernya kalo emg mau merasakan semua kelebihan reborn, tp kalo mau yg lebih kedap sm fitur lebih lengkap bisa lirik tipe v , q or venturer , harusnya di budget zenix G hybrid dapet yg tahun muda kondisi bagus kalo di kota saya jabodetabek hehehe . sm zenix, walaupun saya akuin jauh lebih modern, jauh lebih nyaman & jauh lebih empuk dibanding reborn tp entah knp dari segi naikkan, drivetrain, bq masih lebih solid gnki / reborn. dulu pas ke iims saya liat zenix q aja menyedikan bq nya terutama di bagian engine baynya, nggak kaya mobil 600 jt. masih jauh lebih solid gnki & reborn saya dulu hehehe, makanya saya waktu itu batal upgrade & mutusin buat ambil voxy. jangka panjang kalo skrg apalagi om sering lukot saya merem reborn, karena emg durabilitynya udh teruji dari tahun ke tahun hehehe
nah, sekedar sharing aja ya, setelah menjual gnki buat dijadiin reborn , terus rebornnya dijual barengan sm crv turbo dan dijadian 1 mobil aja yaitu voxy. akhirnya beberapa bulan lalu saya memutuskan buat nambah lagi ANPS dakar 2018 seken. alasannya sama kaya om. saya adalah orang yg doyan roadtrip lewat transjawa sm kek TS nya, tp pemakaian harian jg. pengalaman bawa voxy jakarta bandung full load orang - barang bener2 bengek bgt, mau nanjak jg tarikan lemot parah, even dibanding crv turbo saya dulu yg sama2 cvt pun masih lebih responsif crv dibanding voxy / zenix kondisi full loadnya, reborn diesel ? gausah ditanya, jkt sby bener2 effortless bgt, dulu saya geber sampe 180 kpj aja gampang bgt dapetnya di transjawa, makanya saya nambah lg piaraan diesel1 biji buat lukot or tol. mobil voxy saya biar jadi mobil dalkot jabodetabek aja / saya pake pas lg bawa ibu / nenek saya yg memang perlu mobil yg gampang akses keluar masuknya karena sliding door hehehe
saran lain bisa pertimbangkan ANF ANPS or kalo mau monokok bisa lirik CX5 / CRV turbo pres hehehe
intinya reborn masih paling badak buat pemakaian kemana-mana
dan yes mobil rencananya banyak dipake di area dalkot jakarta om, road trip paling 3bln sekali
kalo ANF ANPS kayanya overbudget kalau brand new om
hehehe yang Q kayanya nyaman buat penumpang tengah omsapifr22 wrote: Mon Aug 28, 2023 2:33 Zenix yang cocok utk road trip yg Q, TSSnya nikmat betul di tol yang rapi.
Effortless utk driver...
Ada 1 point lagi yang penting, operational cost.
Kalau tega pakai biosolar utk reborn, murahnya ngga ada lawan, bahkan dibanding LCGC sekalipun. Dalkot, lurkot.
Kalau Zenix G HV atau gasoline, minimal pertamax.
btw TSS nya zenix ini apa sama seperti yg dipake di raize ya?
sekarang pake unit apa om?sintoni wrote: Mon Aug 28, 2023 8:09 Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.
Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.
Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
wah ini baru mantep, bisa bandingkan 2 zenix dengan powertrain yang bedabensinsolar wrote: Tue Aug 29, 2023 4:01 Zenix naikannya memang lmyn enak. Pernah duduk di 3rd row Zenix waktu di Bali selama 2 jam perjalanan. Cukup lega & bantingannya OK. Space lmyn luas dibanding ANKI. Sampe2 mertua saya beli 2 Zenix (1 V gasoline & 1 Q hybrid)...
untuk zenix bensin dan hybrid apa ada perbedaan mencolok dari segi vibrasi mesin dan perawatannya om? oli harus sama sama encer ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
noted om, awalnya emang udah condong reborn g at, terus berpikir dengan up harga 50jt an dapat mobil yang teknologi baru, fresh, polda juga naksir modelnya yang luas, sementara kalo reborn kesannya lebih sempit daripada GNKI, dan medan yang akan dilalui cenderung lebih halus daripada di kalimantan.ariswp wrote: Tue Aug 29, 2023 9:04 saya sih lebih menyarankan zenix
memang buat tol terutama tol tanjakan panjang misal di padalarang dan ungaran enak turbodiesel
Tapi buat lurusan ini M20 FkS juga masih enak,
Di perkotaan malah lebih enak lagi, berasa bawa mobil lebih kecil padahal body bongsor
Handling udah beda kelas sama kapal reborn, interior lebih lega
Kalo pertimbangan emang jalan relatif bagus di jawa, ambil zenix aja, even sering transjawabahn masih worth zenix kok
perbedaan kelasnya signifikan kah om? saya nyetir xp facelift dan reborn/gnki malah lebih rileks di xp entah kenapaChr1stm1 wrote: Tue Aug 29, 2023 9:25 vote Zenix, karena pas saya cobain, kerasa koq naek kelasnya
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
siap om, kayanya buat trans jawa lebih nyaman si zenix ini ya, btw zenix G si om apa ada keluhan selama pemakaian? indent brp lama om?Iriawans wrote: Tue Aug 29, 2023 9:55 kalau saya secara desain pilih Zenix sih, soalnya dari dulu sampai sekarang gak pernah suka sama desain eksterior Innova reborn![]()
pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget![]()
weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga![]()
congrats mobil barunya om, komparasi nya pun pakai flagship, jadi bisa ketahuan maximum performance antara tiap spesies.. sip ompierrecardin wrote: Wed Aug 30, 2023 4:10 Ikut sumbang saran om, kebetulan ane baru 1 minggu pakai zeniq Q HEV. Kalau bicara kenyamanan dibanding reborn bumi dan langit jauh lebih nyaman zenix mulai dari posisi duduk, kestabilan di dalam kabin, termaksud lewat jalan jelek. Apalagi kalau dibandingkan fitur dan chasis ya, sudah jelas 2 spesies berbeda.
Sy kebetulan pernah short use pakai venturer bokap 2 bulanan, yang buat berbeda dan mungkin bisa menjadi significant point of differences menurut sy adalah rasa berkendaranya yang gak bisa dibandingkan. Mau bagaimanapun reborn itu sensasi rasa berkendaranya apalagi kalau dipakai luar kota "sesuatu" apalagi didukung dengan torsi besar dan perasaan peace of mind nya considering ini mobil toyota yg sangat durable + ladder frame.
Nah kalau Zenix yg saya rasain (kemarin sempat bawa dr lampung - bintaro) lebih kepada orientasi kenyamanan dan ada perasaan "sayang" untuk dipake dgn gaya berkendara yang agresif. Meskipun untuk cruising sy lebih prefer pakai zenix karena ini mobil antep banget di tol dan dipake manuver nikung agak tajam.

untuk zenix memang lebih cocok di perkotaan ya om? dan venturer lebih cocok buat jalan agak jauh.
boleh di detailkan perasaan "sesuatu" nya itu om? masih penasaran hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
yg saya bold bawa inspektor yg ngerti mobil dan independen, dijamin aman, saya kebetulan udah pake beberapa kali dan recomended, kalo mau info lebih detil bisa pm saya hehehe . saya sendiri udh beberapa kali pake mobil seken aman2 aja so far walaupun jarang yg sekali jadi, alias perlu cek beberapa unit dulu baru milih mana yg worth dibeli dari segi harga dan kondisizzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:30
halo om,
budget maks di otr zenix G Hybrid, dan rencana mau masuk KKB aja, jadi prefer ambil baru
CRV udah pernah nyoba punya temen, dan ok sih, sayang aja belom mau dilepas itu CRV... masih rada mikir2 kalo ambil 2nd dari yg bukan kenalan,
kemarin beli brand new toyota aja ggra nyoba dealer lain, jadi ada aja drama tuh mobil,
dan iya, di kalimantan solar ampun2 deh antrinya bisa seharian, lawannya truk tronton, agak bersyukur ambil gnki bensin bukan solar waktu itu
yes, apalagi yg saya bold, saya tetep merem reborn, 3 bulan sekali termasuk sering lohh hehehe, kecuali om lukotnya 1 tahun sekali baru ambil zenix. sebagai gambaran kenalan ortu saya ada yg beli zenix karena memang dipake 90% dalkot jabodetabek aja, keluar kota aja paling banter jg 1 tahun sekali pake mobil, seringnya pake pesawat or keretazzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:30 review nya super lengkap om, jadi dapet lah bayangan pastinya gimana..
intinya reborn masih paling badak buat pemakaian kemana-mana
dan yes mobil rencananya banyak dipake di area dalkot jakarta om, road trip paling 3bln sekali
kalo ANF ANPS kayanya overbudget kalau brand new om

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
perbedaan kelasnya signifikan kah om? saya nyetir xp facelift dan reborn/gnki malah lebih rileks di xp entah kenapaChr1stm1 wrote: Tue Aug 29, 2023 9:25 vote Zenix, karena pas saya cobain, kerasa koq naek kelasnya
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
Imo, jauh Om, berasa banget naek kelasnya.
Gapnya jauh gak kayak dari innova barong ke reborn. cmiiw
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
kalo pakenya keluar kota, diesel lebih enak, mau nyalip juga pede karena torsi gede
dan kalo ngisi biosolar 6800 berasa murah banget operasional mobil kijang 2GD walaupun kalo sekalian di racunin pake HSS EDT
tapi kalo mobilnya jarang di jalanin saya rekomendasi ngi solar DEX aja biar gak ada istilah solar basi / busuk
lalu untuk zenix G HV kalo per tahun di bawah 20rb km rasanya masih kurang worth pengiritan karena hybrid nya
lebih baik zenix V gasoline aja biar gak berasa kopongan mobilnya
dan kalo ngisi biosolar 6800 berasa murah banget operasional mobil kijang 2GD walaupun kalo sekalian di racunin pake HSS EDT
tapi kalo mobilnya jarang di jalanin saya rekomendasi ngi solar DEX aja biar gak ada istilah solar basi / busuk
lalu untuk zenix G HV kalo per tahun di bawah 20rb km rasanya masih kurang worth pengiritan karena hybrid nya
lebih baik zenix V gasoline aja biar gak berasa kopongan mobilnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 308
- Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
- Location: Jakarta
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
inden sktr 5 bulan Om, tapi kemarin Ktr beli 1 lagi tipe G HV cuma 2 bln indennya. So far ok sih Om, cuma spion yg masih manual aja agak annoying. Driver Ktr juga happy pake Zenix karena jarang ke SPBUzzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:42siap om, kayanya buat trans jawa lebih nyaman si zenix ini ya, btw zenix G si om apa ada keluhan selama pemakaian? indent brp lama om?Iriawans wrote: Tue Aug 29, 2023 9:55 kalau saya secara desain pilih Zenix sih, soalnya dari dulu sampai sekarang gak pernah suka sama desain eksterior Innova reborn![]()
pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget![]()
weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga![]()

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Aug 24, 2023 2:00
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
kemaren coba duduk di row 3 dengan konfigurasi penumpang:
3 penumpang di baris ke 3,
3 penumpang di baris ke 2,
2 orang di row 1 (incl. supir)
saya duduk di bagian kanan row 3.
luar biasa lega ya, dengkul aman (row 2 maju dikit aja).
suspensinya jg nyaman gak limbung
minusnya cm 1, dengan tingi 175 cm, kepala saya mepet dengan hand grip dan bentuk plafonnya yang agak miring ke kiri
3 penumpang di baris ke 3,
3 penumpang di baris ke 2,
2 orang di row 1 (incl. supir)
saya duduk di bagian kanan row 3.
luar biasa lega ya, dengkul aman (row 2 maju dikit aja).
suspensinya jg nyaman gak limbung
minusnya cm 1, dengan tingi 175 cm, kepala saya mepet dengan hand grip dan bentuk plafonnya yang agak miring ke kiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Yg hybrid belum pernah nyoba, barangnya baru dateng mid agustus. Nanti kalo ud coba ya.zzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:30wah ini baru mantep, bisa bandingkan 2 zenix dengan powertrain yang bedabensinsolar wrote: Tue Aug 29, 2023 4:01 Zenix naikannya memang lmyn enak. Pernah duduk di 3rd row Zenix waktu di Bali selama 2 jam perjalanan. Cukup lega & bantingannya OK. Space lmyn luas dibanding ANKI. Sampe2 mertua saya beli 2 Zenix (1 V gasoline & 1 Q hybrid)...
untuk zenix bensin dan hybrid apa ada perbedaan mencolok dari segi vibrasi mesin dan perawatannya om? oli harus sama sama encer ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
Masih penasaran sama Zenix non Hybrid, konsumsi bensin nya berapaan ya, baik dalam kota atau luar kota?
Ada yg bilang konsumsi realnya dalam kota dapat 1:9nan dan luar kota non tol 1:14an..
Kalo reborn diesel kan dalam kota bisa dapat 1:11-12an dan luat kota non tol 1:16an..
Ada yg bilang konsumsi realnya dalam kota dapat 1:9nan dan luar kota non tol 1:14an..
Kalo reborn diesel kan dalam kota bisa dapat 1:11-12an dan luat kota non tol 1:16an..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?
kebetulan saya user AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip2 sm zenix non hybrid. kalo dalkot 1:9-11. kalo lukot 1:14-15quyquy wrote: Wed Sep 06, 2023 4:56 Masih penasaran sama Zenix non Hybrid, konsumsi bensin nya berapaan ya, baik dalam kota atau luar kota?
Ada yg bilang konsumsi realnya dalam kota dapat 1:9nan dan luar kota non tol 1:14an..
Kalo reborn diesel kan dalam kota bisa dapat 1:11-12an dan luat kota non tol 1:16an..
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11