Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by touchme »

sahabatq8 wrote: Mon Aug 21, 2023 4:00
RezPrat wrote: Mon Aug 21, 2023 3:45
touchme wrote: Mon Aug 21, 2023 3:19

nggak sesat lah, as long oli kentel yang dimaksud masi masuk range sae dan api yang dianjurin.

kita masi simpen garage queen my2004, odo ampir 400rb km. langganan olmes 5w sebelum sil karternya lemah dan rembes.. alhasil oli netes sampai ke lantai garasi. sementara belum sempet beresi, ane naikin ke 10 40. suara mesin alusan? yes,dikit,terutama pas langsam. rembes? masih, tapi tetesan berkurang banget. parkir itungan minggu baru ada 1-2 tetesan baru.. dibanding sebelumnya tiap malem pasti netes.
Yup bahkan d bbrp mobil yg udah jalan lama let says more than 10 years, kadang penguapan agak berlebih, biasanya naik viscosity bisa menolong selama Masi dalam engine range specification.
Intinya case by case sih. Tapi kadang bengkel bengkel ada yang suka lucu. 5 tahun /100rb km udah gak boleh pake 0w20/5w30 :mky_01:
ane sering ke bengkel oli terkenal tuh.. 2 mobil ane odonya emang gondrong (+300rb), so ada beberapa rembesan wajar. sering ditawarin oil stabilizer buat ilangin rembes. lah oli rembes mah benerin sealnya.. ya kali ngentelin oli pake aditif gile uda kaya madu kentelnya.. apakabar oilpump dllnya sekali fail ambyar 1 mesin.

lagian kalo kepepet mo ngirit dan mesinnya suka kurang oli ntah karna rembes ato nguap berlebih, sering cek aja dan tambah olinya. oli murah kok.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sahabatq8 »

touchme wrote: Mon Aug 21, 2023 4:35
sahabatq8 wrote: Mon Aug 21, 2023 4:00
RezPrat wrote: Mon Aug 21, 2023 3:45

Yup bahkan d bbrp mobil yg udah jalan lama let says more than 10 years, kadang penguapan agak berlebih, biasanya naik viscosity bisa menolong selama Masi dalam engine range specification.
Intinya case by case sih. Tapi kadang bengkel bengkel ada yang suka lucu. 5 tahun /100rb km udah gak boleh pake 0w20/5w30 :mky_01:
ane sering ke bengkel oli terkenal tuh.. 2 mobil ane odonya emang gondrong (+300rb), so ada beberapa rembesan wajar. sering ditawarin oil stabilizer buat ilangin rembes. lah oli rembes mah benerin sealnya.. ya kali ngentelin oli pake aditif gile uda kaya madu kentelnya.. apakabar oilpump dllnya sekali fail ambyar 1 mesin.

lagian kalo kepepet mo ngirit dan mesinnya suka kurang oli ntah karna rembes ato nguap berlebih, sering cek aja dan tambah olinya. oli murah kok.
:big_biglaugh: , wkwkkwkwk
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3055
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by farizfsa »

mamat wrote: Sun Aug 20, 2023 14:59
farizfsa wrote: Sat Aug 19, 2023 14:14 Malam om

Mau nanya, td ane main ke bengkel spesialis diesel mau rapihin solar rembes maklum udh umur

Nah sekalian td nanya oli untuk ford ranger 2.2, katanya baiknya pakai oli 15w40 jangan pake 5w30 atau 40, di buki manual 5w30, nah baiknya ane ikutin yg mana nih?

Thank you gans
Pernah pakai Motul 913D 5w30 sebelum ganti mesin assy, setelah ganti mesin assy di beres ford mereka anjurkan pakai Caltex 10w30, dan sampai skrg pakai caltex 10w30 dengan durasi 5.000km saya gantinya.
wah oke om 10w30 caltex ya, sekarang sih masih pake ptt 5sw30. saya coba deh. thanks a lot om
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 2:28
sh00t wrote: Sun Aug 20, 2023 6:30
Profith83 wrote: Sun Aug 20, 2023 6:19

Mobil jenis apa om? pakai PTT yang 5w30 harga 125rb, atau 5w30 harga 200rb, atau 10w30 ?
Santa Fe om. Saya pernah pakai PTT Performa 5W-40 om.
Yang Performa synthetic botol emas 5w40 API SN/CF, ACEA A3/B4-16 (light duty diesel high SAPS) betul yah?
Ini kayanya diesel bisa, bensin bisa
Kalau yang khusus diesel ada tulisan commonrail
Betul om saya pakai yang ini. Intinya kalau saya beli oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil saya ACEA A3/B4 saja om. Saya gak pernah perhatiin yang lainnya. :big_peace:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by hackers11 »

saat servis kembali menemukan komen mekanik yg bilang oli 0w40 itu keenceran karena depannya 0. dia bilang beli yg 5w40 atau 10w40 aja.
nah karena penasaran mau coba get feedback rekan2 SM. di attachment ada 2 oli, 0w40 dan 10w40 dua2nya bikinan mobil1.
jadi apa memang 0w40 lebih encer dari 10w40 dari 2 oli ini?
apa itu banyak bedanya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: Mon Aug 21, 2023 7:20 saat servis kembali menemukan komen mekanik yg bilang oli 0w40 itu keenceran karena depannya 0. dia bilang beli yg 5w40 atau 10w40 aja.
nah karena penasaran mau coba get feedback rekan2 SM. di attachment ada 2 oli, 0w40 dan 10w40 dua2nya bikinan mobil1.
jadi apa memang 0w40 lebih encer dari 10w40 dari 2 oli ini?
apa itu banyak bedanya?
Sesunggguhnya.. :mky_03:
- 0w
- 5w
- 10w
itu berlaku saat mesin dingin pagi hari, atau bahkan lebih ngefek ketika suhu <0 C (beku)

klo udah operating temp (apalagi di negara tropis), itu angka belakangnya ajah yg dibaca

jd klo udah suhu mesin panas, SAE 10w40 sampai 0w40.. udah mirip level encer nya
bole dibaca di bagian "Kinematic Viscocity @ 100C"
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 714
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by hackers11 »

Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Mon Aug 21, 2023 7:20 saat servis kembali menemukan komen mekanik yg bilang oli 0w40 itu keenceran karena depannya 0. dia bilang beli yg 5w40 atau 10w40 aja.
nah karena penasaran mau coba get feedback rekan2 SM. di attachment ada 2 oli, 0w40 dan 10w40 dua2nya bikinan mobil1.
jadi apa memang 0w40 lebih encer dari 10w40 dari 2 oli ini?
apa itu banyak bedanya?
Sesunggguhnya.. :mky_03:
- 0w
- 5w
- 10w
itu berlaku saat mesin dingin pagi hari, atau bahkan lebih ngefek ketika suhu <0 C (beku)

klo udah operating temp (apalagi di negara tropis), itu angka belakangnya ajah yg dibaca

jd klo udah suhu mesin panas, SAE 10w40 sampai 0w40.. udah mirip level encer nya
bole dibaca di bagian "Kinematic Viscocity @ 100C"
Thanks om, jelas.
Kirain yg VI yg dicompare wkwkwkwk.

Kesimpulan, mekaniknya memang kurang ilmunya nih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: Mon Aug 21, 2023 7:37
Suryaputra wrote:
hackers11 wrote: Mon Aug 21, 2023 7:20 saat servis kembali menemukan komen mekanik yg bilang oli 0w40 itu keenceran karena depannya 0. dia bilang beli yg 5w40 atau 10w40 aja.
nah karena penasaran mau coba get feedback rekan2 SM. di attachment ada 2 oli, 0w40 dan 10w40 dua2nya bikinan mobil1.
jadi apa memang 0w40 lebih encer dari 10w40 dari 2 oli ini?
apa itu banyak bedanya?
Sesunggguhnya.. :mky_03:
- 0w
- 5w
- 10w
itu berlaku saat mesin dingin pagi hari, atau bahkan lebih ngefek ketika suhu <0 C (beku)

klo udah operating temp (apalagi di negara tropis), itu angka belakangnya ajah yg dibaca

jd klo udah suhu mesin panas, SAE 10w40 sampai 0w40.. udah mirip level encer nya
bole dibaca di bagian "Kinematic Viscocity @ 100C"
Thanks om, jelas.
Kirain yg VI yg dicompare wkwkwkwk.

Kesimpulan, mekaniknya memang kurang ilmunya nih.
siapp

klo VI acuannya bisa ke bahasan ini mbah
👇👇
Suryaputra wrote: Wed Jun 14, 2023 4:14
mr_mytplx wrote: Wed Jun 14, 2023 0:39
Suryaputra wrote: Wed Jun 14, 2023 0:18
Belum tentu mbah
Visc index hanya nunjukin seberapa gap kekentalan dr suhu dingin ke suhu panas.

Lbh kepakai di winter country.

Yg plg penting di indo, itu viscocity @100c, setelah dipakai dalam rentang wkt tertentu.
Itu cm bisa diukur pakai test lab.

Image
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?

MSU wrote: Wed Jun 14, 2023 0:42
mr_mytplx wrote: Wed Jun 14, 2023 0:39
Itu cara baca grafiknya gmn om? Kl dilihat sekilas artinya semakin tinggi suhu semakin encer y? Danjuga oli sintetis lebih stabil gt?
cmiiw...
jadi kalo oli dipanasin kan cenderung menjadi encer om...nah kalo VI tinggi...itu ga sampe terlalu encer
sedangkan VI rendah...akan jadi lebih encer drpd oli VI tinggi
kalo terlalu encer seolah2 proteksi ke mesinnya jadi berkurang krn gesekan meningkat
di grafik terlihat yg sintetik lebih bagus dr mineral
nah makanya knp oli

- 0w40 ini lbh mahal dibanding oli 10w40
- 0w30 juga lbh mahal dibanding 10w30

Base oilnya beda

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Greenhunter »

touchme wrote: Mon Aug 21, 2023 3:19
Greenhunter wrote: Sun Aug 20, 2023 23:36
t105erd wrote: Sun Aug 20, 2023 2:09

Ikutin saran pabrikan pembuat mesin nya lah om :big_peace:
Masa mesin diesel modern disamain kaya mesin diesel panther/l300/kijang yang pakai 15W40
L300 euro4 4N14 sekarang aja pakai W30 kok.
Kadang masih ada orang bengkel yang cara pikirnya "kuno". Mobil sdh berumur dikasihnya oli yg kental katanya supaya suara mesinnya halus, celah mesin mulai longgar, dll pemikiran kuno yang menyesatkan.
nggak sesat lah, as long oli kentel yang dimaksud masi masuk range sae dan api yang dianjurin.

kita masi simpen garage queen my2004, odo ampir 400rb km. langganan olmes 5w sebelum sil karternya lemah dan rembes.. alhasil oli netes sampai ke lantai garasi. sementara belum sempet beresi, ane naikin ke 10 40. suara mesin alusan? yes,dikit,terutama pas langsam. rembes? masih, tapi tetesan berkurang banget. parkir itungan minggu baru ada 1-2 tetesan baru.. dibanding sebelumnya tiap malem pasti netes.
tapi itu tidak mengobati sakitnya, ibaratnya itu hanya dikasih pain killer, tidak mengobati penyakitnya.
sesuai iman dan kepercayaan masing masing aja. kalau saya akan kembali ke buku manual. mesin rembes kalau rencana masih dipakai 3 tahun ke depan akan saya betulkan.
barusan saya peremajaan nissan livina 2008 matic.
- ganti top head packing
- ganti shock breaker depan belakang
- bushing rack steer
- bushing crossmember
- karet stabil
- bearing roda
- CV join kiri
- engine mounting kanan kiri belakang
- IC regulator alternator
pengennya tuker tambah tapi apa daya belum ada uang jadi saya lakukan itu karena tidak ada duit buat tukar tambah dan masih sayang sama mobil ini, tidak rewel sama sekali.
setelah peremajaan itu semua istri komen begini : kok serasa naik mobil yang berbeda ya., lebih tenang, lebih kedap, lebih enak dipakainya.
saya ajukan ke dia pakai mobil skrg atau calya baru ? gak mau ganti mobil. bahkan teman saya yang pakai sigra 2019 dari baru menyatakan dengan sesungguhnya dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya masih enak livina 2008 saya padahal umur beda 11 tahun.
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Or4cle »

Greenhunter wrote: Mon Aug 21, 2023 8:52
touchme wrote: Mon Aug 21, 2023 3:19
Greenhunter wrote: Sun Aug 20, 2023 23:36

Kadang masih ada orang bengkel yang cara pikirnya "kuno". Mobil sdh berumur dikasihnya oli yg kental katanya supaya suara mesinnya halus, celah mesin mulai longgar, dll pemikiran kuno yang menyesatkan.
nggak sesat lah, as long oli kentel yang dimaksud masi masuk range sae dan api yang dianjurin.

kita masi simpen garage queen my2004, odo ampir 400rb km. langganan olmes 5w sebelum sil karternya lemah dan rembes.. alhasil oli netes sampai ke lantai garasi. sementara belum sempet beresi, ane naikin ke 10 40. suara mesin alusan? yes,dikit,terutama pas langsam. rembes? masih, tapi tetesan berkurang banget. parkir itungan minggu baru ada 1-2 tetesan baru.. dibanding sebelumnya tiap malem pasti netes.
tapi itu tidak mengobati sakitnya, ibaratnya itu hanya dikasih pain killer, tidak mengobati penyakitnya.
sesuai iman dan kepercayaan masing masing aja. kalau saya akan kembali ke buku manual. mesin rembes kalau rencana masih dipakai 3 tahun ke depan akan saya betulkan.
barusan saya peremajaan nissan livina 2008 matic.
- ganti top head packing
- ganti shock breaker depan belakang
- bushing rack steer
- bushing crossmember
- karet stabil
- bearing roda
- CV join kiri
- engine mounting kanan kiri belakang
- IC regulator alternator
pengennya tuker tambah tapi apa daya belum ada uang jadi saya lakukan itu karena tidak ada duit buat tukar tambah dan masih sayang sama mobil ini, tidak rewel sama sekali.
setelah peremajaan itu semua istri komen begini : kok serasa naik mobil yang berbeda ya., lebih tenang, lebih kedap, lebih enak dipakainya.
saya ajukan ke dia pakai mobil skrg atau calya baru ? gak mau ganti mobil. bahkan teman saya yang pakai sigra 2019 dari baru menyatakan dengan sesungguhnya dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya masih enak livina 2008 saya padahal umur beda 11 tahun.
Om, kalo boleh tau neng Livi sdh masuk KM berapa ? Ini ganti top head packing tanpa skir klep ?
Livina memang mantap Om ; nyaman, irit dan cukup kencang di tol.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Greenhunter »

Or4cle wrote: Mon Aug 21, 2023 9:56
Greenhunter wrote: Mon Aug 21, 2023 8:52 tapi itu tidak mengobati sakitnya, ibaratnya itu hanya dikasih pain killer, tidak mengobati penyakitnya.
sesuai iman dan kepercayaan masing masing aja. kalau saya akan kembali ke buku manual. mesin rembes kalau rencana masih dipakai 3 tahun ke depan akan saya betulkan.
barusan saya peremajaan nissan livina 2008 matic.
- ganti top head packing
- ganti shock breaker depan belakang
- bushing rack steer
- bushing crossmember
- karet stabil
- bearing roda
- CV join kiri
- engine mounting kanan kiri belakang
- IC regulator alternator
pengennya tuker tambah tapi apa daya belum ada uang jadi saya lakukan itu karena tidak ada duit buat tukar tambah dan masih sayang sama mobil ini, tidak rewel sama sekali.
setelah peremajaan itu semua istri komen begini : kok serasa naik mobil yang berbeda ya., lebih tenang, lebih kedap, lebih enak dipakainya.
saya ajukan ke dia pakai mobil skrg atau calya baru ? gak mau ganti mobil. bahkan teman saya yang pakai sigra 2019 dari baru menyatakan dengan sesungguhnya dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya masih enak livina 2008 saya padahal umur beda 11 tahun.
Om, kalo boleh tau neng Livi sdh masuk KM berapa ? Ini ganti top head packing tanpa skir klep ?
Livina memang mantap Om ; nyaman, irit dan cukup kencang di tol.
Beberapa hari lalu kilometer 130.176. Ganti packing karena ada yg basah di area deket engine mounting kanan. Tidak skir kelep.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by omnyanaira »

Suryaputra wrote: Mon Aug 21, 2023 3:11
Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 2:30
RezPrat wrote: Sun Aug 20, 2023 9:48
PTT commonrail A5/B5 5w30 sama PTT semi synthetic 10w30 api Ci4. Oli Toyota diesel yg 15w40 juga gak nguap, cuma ini pake nya bentar aja.
Dari 2 diatas enak yang mana? A5/B5 5w30 atau 10w30 api Ci4
PTT 5w30 kelasnya ttp lbh tinggi dibanding 10w30 :big_peace:

liat test labnya jg best value dijel oil si PTT 5w30 a5/b5

Image
Om, ini ptt dinamyc commonrail A5/B5 5w30 dibanding Bardhal S9 5w30 bagus mana utk dipakai long interval?? Terus lebih encer mana diantara 2 oli tsb om??
Sama boleh ga yaa ptt commonrail ini dipakai di mesin bensin?? Terimakasih
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Profith83 »

touchme wrote: Mon Aug 21, 2023 4:35
sahabatq8 wrote: Mon Aug 21, 2023 4:00
RezPrat wrote: Mon Aug 21, 2023 3:45

Yup bahkan d bbrp mobil yg udah jalan lama let says more than 10 years, kadang penguapan agak berlebih, biasanya naik viscosity bisa menolong selama Masi dalam engine range specification.
Intinya case by case sih. Tapi kadang bengkel bengkel ada yang suka lucu. 5 tahun /100rb km udah gak boleh pake 0w20/5w30 :mky_01:
ane sering ke bengkel oli terkenal tuh.. 2 mobil ane odonya emang gondrong (+300rb), so ada beberapa rembesan wajar. sering ditawarin oil stabilizer buat ilangin rembes. lah oli rembes mah benerin sealnya.. ya kali ngentelin oli pake aditif gile uda kaya madu kentelnya.. apakabar oilpump dllnya sekali fail ambyar 1 mesin.

lagian kalo kepepet mo ngirit dan mesinnya suka kurang oli ntah karna rembes ato nguap berlebih, sering cek aja dan tambah olinya. oli murah kok.
Rembes oli di mesin apa?
Dari pertama kali rembes sudah jalan berapa KM?
Kalau seal rusak dibiarin gak kuatir air radiator bercampur oli mesin?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Profith83 »

sh00t wrote: Mon Aug 21, 2023 6:59
Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 2:28
sh00t wrote: Sun Aug 20, 2023 6:30

Santa Fe om. Saya pernah pakai PTT Performa 5W-40 om.
Yang Performa synthetic botol emas 5w40 API SN/CF, ACEA A3/B4-16 (light duty diesel high SAPS) betul yah?
Ini kayanya diesel bisa, bensin bisa
Kalau yang khusus diesel ada tulisan commonrail
Betul om saya pakai yang ini. Intinya kalau saya beli oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil saya ACEA A3/B4 saja om. Saya gak pernah perhatiin yang lainnya. :big_peace:
yang ini ?
https://www.tokopedia.com/pttlubricants ... %3D7554319

Mobilnya santa fee diesel?
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by doko86 »

1KR DE th 2014, oli selalu pakai 0w20 Dr pertama pakai di km 130 rb km.

Kalau sekarang sdh segini km nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

omnyanaira wrote: Mon Aug 21, 2023 12:09
Om, ini ptt dinamyc commonrail A5/B5 5w30 dibanding Bardhal S9 5w30 bagus mana utk dipakai long interval?? Terus lebih encer mana diantara 2 oli tsb om??
Sama boleh ga yaa ptt commonrail ini dipakai di mesin bensin?? Terimakasih
a5/b5 bisa bensin dan diesel

a5/b5 longer interval khusus buat diesel bisa, dgn kondisi stock engine, krn... klausul A5/b5 cukup ok spec nya.

https://360.lubrizol.com/Specifications ... A-A5-B5-21

klo udah operating temp / mesin panas / Viscocity @100 C mah encernya mirip2 mbah,
- Visco @ 100 C PTT a5/b5 w30, ada di 10.4 mm2/s
- Visco @ 100 C Bardahl S9 w30, ada di 11.1 mm2/s

cuma pas cold start @ 40 C, PTT vs Bardahal lbh enteng mayan,
- 58.5 VS 68.9
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

doko86 wrote: Mon Aug 21, 2023 13:42 1KR DE th 2014, oli selalu pakai 0w20 Dr pertama pakai di km 130 rb km.

Kalau sekarang sdh segini km nya
mantap kan mbah
mesin tetap enteng :big_okay:

so far ada gejala rembes?
0w20 nya biasa pakai apa mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by doko86 »

Suryaputra wrote: Mon Aug 21, 2023 13:56
doko86 wrote: Mon Aug 21, 2023 13:42 1KR DE th 2014, oli selalu pakai 0w20 Dr pertama pakai di km 130 rb km.

Kalau sekarang sdh segini km nya
mantap kan mbah
mesin tetap enteng :big_okay:

so far ada gejala rembes?
0w20 nya biasa pakai apa mbah?
Sempe mbah, di km 170 rb, rembes ke busi, tp setelah d ganti aman mbah.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

doko86 wrote: Mon Aug 21, 2023 14:10
Suryaputra wrote: Mon Aug 21, 2023 13:56
doko86 wrote: Mon Aug 21, 2023 13:42 1KR DE th 2014, oli selalu pakai 0w20 Dr pertama pakai di km 130 rb km.

Kalau sekarang sdh segini km nya
mantap kan mbah
mesin tetap enteng :big_okay:

so far ada gejala rembes?
0w20 nya biasa pakai apa mbah?
Sempe mbah, di km 170 rb, rembes ke busi, tp setelah d ganti aman mbah.
mantap mbah

klo agya jaman now, pk CVT, nyampai segitu gak yah KM nya? :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by omnyanaira »

Suryaputra wrote: Mon Aug 21, 2023 13:49
omnyanaira wrote: Mon Aug 21, 2023 12:09
Om, ini ptt dinamyc commonrail A5/B5 5w30 dibanding Bardhal S9 5w30 bagus mana utk dipakai long interval?? Terus lebih encer mana diantara 2 oli tsb om??
Sama boleh ga yaa ptt commonrail ini dipakai di mesin bensin?? Terimakasih
a5/b5 bisa bensin dan diesel

a5/b5 longer interval khusus buat diesel bisa, dgn kondisi stock engine, krn... klausul A5/b5 cukup ok spec nya.

https://360.lubrizol.com/Specifications ... A-A5-B5-21

klo udah operating temp / mesin panas / Viscocity @100 C mah encernya mirip2 mbah,
- Visco @ 100 C PTT a5/b5 w30, ada di 10.4 mm2/s
- Visco @ 100 C Bardahl S9 w30, ada di 11.1 mm2/s

cuma pas cold start @ 40 C, PTT vs Bardahal lbh enteng mayan,
- 58.5 VS 68.9
Wiihh.. mantap jg yaa ptt commonrail ini.
Klo gitu bisa dimasukin ke kandidat buat next ganti oli. Soalnya dgn q8 0w20 udah agak lumayan selisih harganya. Pilih ptt aja jadinya klo gitu dibanding bardhal s9. Soalnya oli rekomen bawaan beres 0w20, tp pake 5w30 jg masih diperbolehkan di manual book nyaa. Apalagi ptt yg commonrail ini lebih encer yaa, pas dehh klo gitu :mky_02:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 12:48
sh00t wrote: Mon Aug 21, 2023 6:59
Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 2:28

Yang Performa synthetic botol emas 5w40 API SN/CF, ACEA A3/B4-16 (light duty diesel high SAPS) betul yah?
Ini kayanya diesel bisa, bensin bisa
Kalau yang khusus diesel ada tulisan commonrail
Betul om saya pakai yang ini. Intinya kalau saya beli oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil saya ACEA A3/B4 saja om. Saya gak pernah perhatiin yang lainnya. :big_peace:
yang ini ?
https://www.tokopedia.com/pttlubricants ... %3D7554319

Mobilnya santa fee diesel?
Betul om.
awanggagesang
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jun 16, 2023 4:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by awanggagesang »

RezPrat wrote: Mon Aug 21, 2023 3:36
Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 2:30
RezPrat wrote: Sun Aug 20, 2023 9:48
PTT commonrail A5/B5 5w30 sama PTT semi synthetic 10w30 api Ci4. Oli Toyota diesel yg 15w40 juga gak nguap, cuma ini pake nya bentar aja.
Dari 2 diatas enak yang mana? A5/B5 5w30 atau 10w30 api Ci4
Jelas 5w30 A5/B5 om ini dah full synthetic, pake sampe 10k km juga Masi enak penguapan minim. Yg 10w30 CI4 ini Masi semi, menurut test Masi bisa 9-10k dalam waktu lebi singkat, cuma d 6000an km udah gak enak.
Btw yg commonrail A5/B5 itu gak semua mobil cocok ya liat d buku manual, sebab dia golongan 5w30 yg encer bgt, kalo mobil nya accept ai/B1 atau A5/B5 atau Ford diesel 913D boleh pake oli ini. Juga Masi full Saps, Jadi gak recommended buat mobil yg ada DPF.
klo buat santa fe TM bisa pake yg PTT 5w30 a5/b5 ato tetep pake PTT 5w40 a3/b4 om?

soalnya klo pake yg buntut 40 serasa lebih berat dan boros klo dibanding buntut 30..

cuma amannya pake yg mana ya?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

awanggagesang wrote: Tue Aug 22, 2023 3:23
RezPrat wrote: Mon Aug 21, 2023 3:36
Profith83 wrote: Mon Aug 21, 2023 2:30
Dari 2 diatas enak yang mana? A5/B5 5w30 atau 10w30 api Ci4
Jelas 5w30 A5/B5 om ini dah full synthetic, pake sampe 10k km juga Masi enak penguapan minim. Yg 10w30 CI4 ini Masi semi, menurut test Masi bisa 9-10k dalam waktu lebi singkat, cuma d 6000an km udah gak enak.
Btw yg commonrail A5/B5 itu gak semua mobil cocok ya liat d buku manual, sebab dia golongan 5w30 yg encer bgt, kalo mobil nya accept ai/B1 atau A5/B5 atau Ford diesel 913D boleh pake oli ini. Juga Masi full Saps, Jadi gak recommended buat mobil yg ada DPF.
klo buat santa fe TM bisa pake yg PTT 5w30 a5/b5 ato tetep pake PTT 5w40 a3/b4 om?

soalnya klo pake yg buntut 40 serasa lebih berat dan boros klo dibanding buntut 30..

cuma amannya pake yg mana ya?
Diesel yah?
w20 w30 atau w40 bisa

klo pk DPF, rekomen spec ACEA C3 atau C2
Klo gak pakai DPF, rekomen ACEA A3/B4

Image

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
awanggagesang
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jun 16, 2023 4:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by awanggagesang »

Suryaputra wrote: Tue Aug 22, 2023 3:44
awanggagesang wrote: Tue Aug 22, 2023 3:23
klo buat santa fe TM bisa pake yg PTT 5w30 a5/b5 ato tetep pake PTT 5w40 a3/b4 om?

soalnya klo pake yg buntut 40 serasa lebih berat dan boros klo dibanding buntut 30..

cuma amannya pake yg mana ya?
Diesel yah?
w20 w30 atau w40 bisa

klo pk DPF, rekomen spec ACEA C3 atau C2
Klo gak pakai DPF, rekomen ACEA A3/B4

Image

Image
iya om, diesel tanpa DPF

klo pake PTT Dynamic 5w30 a5/b5 amankah om?
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by sh00t »

Suryaputra wrote: Tue Aug 22, 2023 3:44
awanggagesang wrote: Tue Aug 22, 2023 3:23
RezPrat wrote: Mon Aug 21, 2023 3:36

Jelas 5w30 A5/B5 om ini dah full synthetic, pake sampe 10k km juga Masi enak penguapan minim. Yg 10w30 CI4 ini Masi semi, menurut test Masi bisa 9-10k dalam waktu lebi singkat, cuma d 6000an km udah gak enak.
Btw yg commonrail A5/B5 itu gak semua mobil cocok ya liat d buku manual, sebab dia golongan 5w30 yg encer bgt, kalo mobil nya accept ai/B1 atau A5/B5 atau Ford diesel 913D boleh pake oli ini. Juga Masi full Saps, Jadi gak recommended buat mobil yg ada DPF.
klo buat santa fe TM bisa pake yg PTT 5w30 a5/b5 ato tetep pake PTT 5w40 a3/b4 om?

soalnya klo pake yg buntut 40 serasa lebih berat dan boros klo dibanding buntut 30..

cuma amannya pake yg mana ya?
Diesel yah?
w20 w30 atau w40 bisa

klo pk DPF, rekomen spec ACEA C3 atau C2
Klo gak pakai DPF, rekomen ACEA A3/B4

Image

Image
Tanya dulu om. Itu santa fe yang pre fl atau fl.